Metacritic

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Metacritic
URLMetacritic.com
TipeAgregator pengulas
Perdagangan ?Yes
Registration (en)Free/subscription
LangueInggris
Online Computer Library Center911795326
PemilikFandom, Inc.[1]
PembuatJason Dietz, Marc Doyle, Julie Roberts
Service entry (en)Januari 2001
NegaraAmerika Serikat
Peringkat Alexa2791 (hingga Maret 2011)[2]
KeadaanOnline
Facebook: Metacritic Twitter: metacritic Instagram: metacritic

Metacritic adalah sebuah situs web yang memberi pendapat tentang album, video game, film, acara televisi dan DVD. Untuk setiap produk, nilai numerik dari setiap ulasan diperoleh dan total adalah rata-rata. Kutipan dari review masing-masing diberikan bersama dengan hyperlink ke sumber. Tiga kode warna Hijau, Kuning dan Merah merangkum rekomendasi kritikus. Hal ini memberikan ide daya tarik umum dari produk antara tinjauan dan, pada tingkat lebih rendah, masyarakat.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Metacritic diluncurkan pada Januari 2001 oleh Marc Doyle, saudara perempuannya Julie Doyle Roberts, dan teman sekelas dari sekolah hukum University of Southern California, Jason Dietz, setelah dua tahun mengembangkan situs tersebut. Rotten Tomatoes sudah mengumpulkan ulasan film, tetapi Doyle, Roberts dan Dietz melihat peluang untuk meliput berbagai media yang lebih luas. Mereka menjual Metacritic ke CNET pada tahun 2005. CNET dan Metacritic kemudian diakuisisi oleh CBS Corporation.

Pada Agustus 2010, penampilan situs web diubah. Pada Juni 2018, situs web memperkenalkan label 'Metacritic: Must-See' untuk film-film yang memperoleh skor 81% atau lebih, dengan setidaknya 15 ulasan profesional untuk film yang diberikan. Pada bulan September 2018, ia menambahkan sertifikasi 'Metacritic: Must-Play' untuk video game yang mencapai skor 90% atau lebih, dan minimal 15 ulasan dari para profesional industri.

Metascore[sunting | sunting sumber]

Skor adalah rata-rata tertimbang. Publikasi tertentu diberikan lebih penting "karena perawakannya". Metacritic mengatakan bahwa itu tidak akan mengungkapkan bobot relatif yang ditetapkan untuk setiap pengulas.

Editor Game Marc Doyle diwawancarai oleh Keith Stuart dari The Guardian untuk "melihat di balik proses metascoring". Stuart menulis: "Fenomena met SofaScore, yaitu Metacritic dan GameRankings, telah menjadi elemen yang sangat penting dari jurnalisme game online selama beberapa tahun terakhir". Doyle mengatakan bahwa karena permainan video mengarah pada investasi waktu dan uang yang lebih besar, gamer lebih banyak mendapat informasi tentang ulasan daripada penggemar film atau musik; mereka ingin tahu "apakah gelar yang ditunggu-tunggu itu akan diberikan".

Indikasi peringkat metascores adalah:

Indikasi Permainan video Film/televisi/musik
Penghargaan universal 90–100 81–100
Ulasan yang umumnya menyukai 75–89 61–80
Ulasan campuran atau rata-rata 50–74 40–60
Ulasan yang umumnya tidak menyukai 20–49 20–39
Tidak suka luar biasa 0–19 0–19

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Weprin, Alex (3 Oktober 2022). "TV Guide, Metacritic, GameSpot Acquired by Fandom in $55M Deal With Red Ventures". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal 7 Desember 2022. Diakses tanggal 3 Oktober 2022. 
  2. ^ "metacritic.com Site Info". Alexa Internet, Inc. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-12-26. Diakses tanggal 25 March 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]