Rotten Tomatoes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Rotten Tomatoes
Rotten Tomatoes logo.svg
Jenis situs
Film dan televisi Aggregator pengulas and Komunitas pengguna
Pemilik[1]
PendiriSenh Duong
Tokoh pentingSenh Duong
Patrick Y. Lee
Stephen Wang
Situs webrottentomatoes.com
Peringkat Alexa 658 (April 2019)
KomersialYes
Daftar akunOptional
Diluncurkan12 Agustus 1998; 21 tahun lalu (1998-08-12)
OCLC48768329
[2][3][4]

Rotten Tomatoes adalah situs web yang menyediakan informasi tentang film dari seluruh dunia, termasuk orang-orang yang terlibat di dalamnya mulai dari aktor/aktris, sutradara, penulis sampai penata rias dan musikus. Situs web ini didirikan oleh Senh Duong.

Sejak Januari 2010, Rotten Tomatoes telah dimiliki oleh Flixster, yang pada gilirannya diakuisisi oleh Warner Bros pada 2011. Pada Februari 2016, Rotten Tomatoes dan situs induknya Flixster dijual kepada Comcast's Fandango[5]. Warner Bros mempertahankan saham minoritas di entitas yang bergabung, termasuk Fandango.[6]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Rotten Tomatoes diluncurkan pada 12 Agustus 1998, sebagai proyek waktu luang oleh Senh Duong. Tujuannya dalam menciptakan Rotten Tomatoes adalah "untuk membuat situs di mana orang dapat memperoleh akses ke ulasan dari berbagai kritik di A.S" Sebagai penggemar Jackie Chan, Duong terinspirasi untuk membuat situs web setelah mengumpulkan semua ulasan film aksi Hong Kong Chan saat mereka dirilis di Amerika Serikat. Katalis utama untuk pembuatan situs web ini adalah Rush Hour (1998), crossover Hollywood utama pertama Chan, yang pada awalnya direncanakan akan dirilis pada Agustus 1998. Duong membuat kode situs web dalam dua minggu dan situs tersebut ditayangkan bulan yang sama, tetapi Rush Hour sendiri akhirnya didorong kembali ke September 1998. Selain film-film Jackie Chan, ia mulai memasukkan film-film lain tentang Rotten Tomatoes, memperluasnya di luar fandom Chan. Film Hollywood non-Chan pertama yang ulasannya ditampilkan di Rotten Tomatoes adalah Your Friends & Neighbors (1998). Situs web ini langsung sukses, menerima sebutan oleh Netscape, Yahoo!, dan USA Today dalam minggu pertama peluncurannya; itu menarik "600-1.000 pengunjung unik setiap hari" sebagai hasilnya.

Pengunjung[sunting | sunting sumber]

Rotten Tomatoes adalah 1000 situs teratas, menempatkan sekitar # 400 secara global dan 150 teratas hanya untuk AS, menurut situs web ranker Alexa. Pengunjung unik bulanan ke domain rottentomatoes.com adalah 26 juta global (14,4 juta AS) menurut layanan pengukuran pemirsa Quantcast.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Skor aggreagator pengulas[sunting | sunting sumber]

Staf Rotten Tomatoes pertama-tama mengumpulkan ulasan online dari para penulis yang merupakan anggota bersertifikat dari berbagai guild penulisan atau asosiasi kritikus film. Agar dapat diterima sebagai kritik di situs web, ulasan asli seorang kritikus harus mengumpulkan sejumlah "suka" dari pengguna. Mereka yang diklasifikasikan sebagai "Top Critics" umumnya menulis untuk surat kabar besar. Para kritikus mengunggah ulasan mereka ke halaman film di situs web, dan perlu menandai ulasan mereka "segar" jika itu umumnya menguntungkan atau "busuk" sebaliknya. Penting bagi pengkritik untuk melakukannya karena beberapa ulasan bersifat kualitatif dan tidak memberikan skor numerik, sehingga sistem tidak mungkin otomatis.

Situs web ini melacak semua ulasan yang dihitung untuk setiap film dan menghitung persentase ulasan positif. Kebanyakan, film yang baru dirilis ini dapat menarik lebih dari 400 ulasan. Jika ulasan positif mencapai 60% atau lebih, film ini dianggap "Fresh", di mana supermajority dari para pengulas menyetujui film tersebut. Jika ulasan positif kurang dari 60%, film ini dianggap "Rotten". Skor rata-rata pada skala 0 hingga 10 juga dihitung. Dengan setiap ulasan, kutipan singkat dari ulasan dikutip yang juga menyajikan hyperlink ke esai ulasan lengkap bagi siapa saja yang tertarik untuk membaca pemikiran penuh kritik tentang masalah tersebut.

Ranking Tomatoes[sunting | sunting sumber]

Ikon Skor Deskripsi
Certified Fresh 2018.svg 70–100% Certified Fresh: Wide-release film dengan skor 75% atau lebih tinggi yang ditinjau oleh setidaknya 80 kritik, di antaranya 5 adalah "Top Critics", diberi cap ini. Rating "Segar Bersertifikat" tetap ada hingga skor turun di bawah 70%. Yang berati, film tersebut memiliki kualitas terbaik.[7] Film dengan rilis terbatas hanya membutuhkan 40 ulasan (termasuk 5 dari "Top Critics") untuk memenuhi syarat untuk rating ini. Untuk acara TV, hanya musim individu yang berhak dipertimbangkan, dan harus memiliki setidaknya 20 ulasan kritikus.[7]
Rotten Tomatoes.svg 60–100% Fresh: Film atau acara TV dengan skor 60% atau lebih tinggi yang tidak memenuhi persyaratan untuk rating "Bersertifikat Segar".Dalam hal ini , film atau acara tersebut memiliki kualitas rata-rata sedang
Rotten Tomatoes rotten.svg 0–59% Rotten: Film atau acara TV dengan skor 0–59% menerima rating ini. Yang berati, film tersebut mungkin sedikit tidak memiliki kualitas yang bagus

Ketika sebuah film atau acara TV mencapai persyaratan untuk "Segar Bersertifikat," itu tidak secara otomatis diberikan meterai, melainkan ditandai untuk pertimbangan staf. Setelah tim menilai ulasan dan tanggapan terhadap film atau acara TV, dan memutuskan bahwa skornya tidak akan jatuh di bawah persyaratan minimum di masa depan, mereka kemudian akan menandainya sebagai "Segar Bersertifikat.[8]

Penghargaan Golden tomaotes[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2000, Rotten Tomatoes mengumumkan RT Awards untuk menghormati film-film terbaik tahun ini menurut sistem penilaian situs web. Ini kemudian dinamai Golden Tomato Awards. Para calon dan pemenang diumumkan di situs web, meskipun tidak ada upacara penghargaan yang sebenarnya.

Film-film dibagi menjadi kategori perilisan luas dan perilisan terbatas. Rilis terbatas didefinisikan sebagai pembukaan di 599 atau lebih sedikit teater pada rilis awal. Rilis platform, film yang awalnya dirilis di bawah 600 bioskop tetapi kemudian menerima distribusi yang lebih luas, termasuk dalam definisi ini. Setiap pembukaan film di lebih dari 600 teater dianggap rilis luas. Ada juga dua kategori murni untuk film-film Inggris dan Australia. Kategori "Pengguna" mewakili film dengan peringkat tertinggi di antara para pengguna, dan "Moldy" -award mewakili film-film dengan ulasan terburuk tahun ini. Sebuah film harus memiliki 40 (awalnya 20) atau lebih banyak ulasan yang dinilai untuk dipertimbangkan untuk kategori domestik. Itu harus memiliki 500 atau lebih peringkat pengguna untuk dipertimbangkan untuk kategori "Pengguna".

Konsensus kritik[sunting | sunting sumber]

Setiap film menampilkan ringkasan singkat dari ulasan yang digunakan dalam skor agregat Tomatometer entri itu. Ini ditulis oleh Jeff Giles, seorang penulis lama untuk situs tersebut

Skor audisi dan pengulas[sunting | sunting sumber]

Setiap film menampilkan "rata-rata pengguna", yang menghitung persentase pengguna terdaftar yang menilai film ini secara positif pada skala 10 bintang, mirip dengan perhitungan ulasan kritik yang diakui.

Versi lokasi[sunting | sunting sumber]

Versi lokasi dari situs yang tersedia di Inggris, India, dan Australia dihentikan setelah akuisisi Rotten Tomatoes oleh Fandango. Versi situs Meksiko (Tomatazos) tetap aktif.

API[sunting | sunting sumber]

API Rotten Tomatoes menyediakan akses terbatas ke kritik dan penilaian serta penilaian audiens, memungkinkan pengembang untuk memasukkan data Rotten Tomatoes di situs web lain. Layanan gratis ini dimaksudkan untuk digunakan di AS saja; izin diperlukan untuk digunakan di tempat lain.[9]

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Studio-studio besar Hollywood datang untuk melihat Rotten Tomatoes sebagai ancaman bagi pemasaran mereka. Pada 2017 beberapa film blockbuster seperti Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales, Baywatch dan The Mummy diproyeksikan untuk dibuka dengan penerimaan bruto masing-masing $ 90 juta, $ 50 juta dan $ 45 juta, tetapi akhirnya memulai debutnya dengan $ 62,6 juta, $ 23,1 juta dan $ 31,6 juta. Rotten Tomatoes, yang memberi film skor rendah 30%, 19% dan 16%, disalahkan karena merusak mereka. Pada musim panas yang sama, film-film seperti Wonder Woman dan Spider-Man: Homecoming (keduanya 92%) menerima skor tinggi dan dibuka setara atau melampaui harapan dengan trek $ 100 + juta.

Sebagai hasil dari keprihatinan ini, 20th Century Fox menugaskan penelitian tahun 2015, berjudul "Rotten Tomatoes and Box Office", yang menyatakan situs web yang dikombinasikan dengan media sosial akan menjadi komplikasi yang semakin serius untuk bisnis film: "Kekuatan Rotten Tomatoes dan dari mulut ke mulut yang cepat akan semakin kuat. Banyak generasi Millenial dan bahkan Gen X-ers sekarang memeriksa setiap pembelian melalui Internet, baik itu restoran, video game, make-up, elektronik atau film konsumen. bagian yang lebih besar dari total penonton bioskop, perilaku ini tidak mungkin berubah ". Studio lain telah menugaskan sejumlah studi pada subjek, dengan mereka menemukan bahwa tujuh dari 10 orang mengatakan mereka akan kurang tertarik melihat film jika skor Rotten Tomatoes adalah 0-25, dan bahwa situs memiliki pengaruh paling besar pada orang 25 dan lebih muda.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Spangler, Todd; Spangler, Todd (2019-05-23). "Rotten Tomatoes Revamps Movie Audience Scores to Focus on Verified Ticket Buyers". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-05-23. 
  2. ^ "Fandango snaps up Rotten Tomatoes and Flixster". Engadget(AOL). Diakses tanggal February 19, 2016. 
  3. ^ Anthony D'Alessandro. "Fandango Acquires Rotten Tomatoes & Flixster - Deadline". Deadline Hollywood. Penske Media Corporation. Diakses tanggal February 19, 2016. 
  4. ^ "Rottentomatoes.com Traffic, Demographics and Competitors - Alexa". www.alexa.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal April 12, 2019. 
  5. ^ Pallotta, Frank (2016-02-17). "Fandango acquires review site Rotten Tomatoes, Flixster". CNNMoney. Diakses tanggal 2019-06-30. 
  6. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2016-02-17). "Fandango Acquires Rotten Tomatoes & Flixster From Warner Bros Entertainment". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-30. 
  7. ^ a b "Rotten Tomatoes: Licensing". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal June 3, 2016. 
  8. ^ "Rotten Tomatoes: About". Rotten Tomatoes (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-06-30. 
  9. ^ "Rotten Tomatoes API - Welcome to the Rotten Tomatoes API". web.archive.org. 2014-12-19. Diakses tanggal 2019-06-30. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]