Wonder Woman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Wonder Woman
Wonder Woman.jpg
Wonder Woman dalam Justice #5 (Juni 2006)
Seni oleh Doug Braithwaite dan Alex Ross
Informasi publikasi
Penerbit DC Comics
Penampilan pertama All Star Comics #8
(Oktober 1941)[1]
Dibuat oleh
Informasi dalam cerita
Alter ego Putri Diana dari Themyscira
Spesies
Amazon
(Setengah dewa 2011-sekarang)
Tempat asal Themyscira
Afiliasi tim
Kemitraan
Nama alias terkenal Diana Prince
Kemampuan

Wonder Woman adalah karakter perempuan superhero fiktif yang muncul di buku komik Amerika Serikat yang diterbitkan oleh DC Comics.[2] Karakter ini adalah putri pejuang dari bangsa Amazon (berdasarkan pada suku perempuan pejuang Amazon dari Mitologi Yunani) dan dikenal di tanah airnya, Themyscira, sebagai Putri Diana dari Themyscira. Ketika tengah berada di luar tanah airnya, dia kadang menggunakan identitas samaran sebagai Diana Prince. Dia memiliki berbagai kekuatan manusia super dan kemampuan berlaga dan bertarung yang hebat. Dia memiliki berbagai senjata, termasuk Laso Kebenaran, sepasang gelang yang tak terkalahkan, sebuah tiara yang dapat dijadikan sebagai proyektil, dan (pada kisah yang lama) serangkaian perangkat yang berdasarkan teknologi Amazon. Dalam beberapa dekade sejak debutnya, Wonder Woman telah mendapatkan pemeran musuh yang tangguh yang berusaha menyingkirkan Amazon, termasuk penjahat klasik seperti Ares, Cheetah, Doctor Poison, Circe, Doctor Psycho, dan Giganta, bersama dengan musuh yang lebih baru seperti Veronica Cale. Wonder Woman juga secara teratur tampil dalam buku komik yang menampilkan tim superhero Justice Society (dari 1941) dan Justice League (dari tahun 1960).[3]

Dia diperankan oleh aktris Lynda Carter di acara TV pada 1975 Wonder Woman. Dan dia diperankan kembali oleh Gal Gadot di film Batman v Superman: Dawn of Justice (2016) dan akan kembali di film Wonder Woman (2017) dan Justice League (2017)

Karakterisasi[sunting | sunting sumber]

Diana Prince[sunting | sunting sumber]

Wonder Woman telah menggunakan alias Diana Prince, diciptakan oleh William Moulton Marston, sebagai identitas rahasianya.

Selama menjalankan Marston, Diana Prince adalah nama seorang perawat tentara yang ditemui Wonder Woman. Perawat ingin bertemu tunangannya, yang dipindahkan ke Amerika Selatan, namun tidak dapat mengatur uang untuk melakukannya. Sebagai Wonder Woman membutuhkan identitas rahasia untuk memantau dan merawat Steve (yang dirawat di rumah sakit tentara yang sama dengan Diana Prince), dan karena keduanya tampak sama, Wonder Woman memberi uang perawat untuk pergi ke tunangannya dengan imbalan kredensial perawat dan membawa Diana Prince sebagai namanya.[4] Dia mulai bekerja sebagai perawat tentara dan kemudian sebagai sekretaris Angkatan Udara.[4][5]

Identitas Diana Prince sangat menonjol dalam rangkaian yang diterbitkan pada awal tahun 1970-an, di mana dia melawan kejahatan hanya di bawah Prince alias dan tanpa kekuatan mistisnya. Untuk mendukung dirinya sendiri, dia mengelola butik pakaian mod.[6][7]

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Diana digambarkan sebagai atlet ahli, akrobat, tempur dan ahli strategi, terlatih dan berpengalaman dalam berbagai bentuk tempur bersenjata dan tempur kuno dan modern, termasuk seni bela diri eksklusif Amazon. Dalam beberapa versi, ibunya melatihnya, sebagai Wonder Girl, untuk karir masa depan sebagai Wonder Woman. Sejak awal, dia digambarkan sangat terampil dalam menggunakan gelang Amazon untuk menghentikan peluru dan memegang laso emasnya.[8] Batman pernah memanggilnya "pejuang jarak dekat terbaik di dunia".[9] Versi modern karakter diketahui menggunakan kekuatan mematikan saat dia menganggap perlu.[10] Dalam kontinuitas New 52, keterampilan tempur superiornya adalah hasil dari pelatihan Amazon-nya, dan juga menerima pelatihan dari Ares, God of War, sejak awal masa kecilnya.[11] Golden Age Wonder Woman juga memiliki pengetahuan dalam bidang psikologi, begitu juga saudaranya Amazon.

Dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Film animasi[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2009, Warner Premiere merilis film animasi Wonder Woman yang menampilkan Keri Russell sebagai suara Wonder Woman. Film ini diterima dengan baik.[12] Warner Premiered film animasi yang menampilkan Justice League.

Versi Lego minifigure dari Wonder Woman muncul di The Lego Movie, yang dirilis pada bulan Februari 2014. Karakter ini disuarakan oleh Cobie Smulders. Ini menandai penampilan film teatrikalnya yang pertama.[13]

Film live-action[sunting | sunting sumber]

Gal Gadot muncul sebagai karakter di Batman v Superman: Dawn of Justice, dibintangi oleh Henry Cavill sebagai Superman dan Ben Affleck sebagai Batman.[14][15] Film ini dirilis pada bulan Maret 2016[16] dan menandai penampilan live film teatrikal pertamanya. Pakaiannya memiliki ban lengan di salah satu lengannya, sebuah tali di atas korsetnya, dan bagian bawahnya menyerupai rok perang Romawi atau Fustanella. Gadot juga akan membintangi film live action Wonder Wonder yang akan dirilis pada tanggal 2 Juni 2017, Justice League, yang akan dirilis pada 17 November 2017, dan Justice League 2, yang akan dirilis pada 14 Juni 2019.[17]

Televisi[sunting | sunting sumber]

Televisi animasi[sunting | sunting sumber]

DC Animated Universe[sunting | sunting sumber]

Dalam animasi, Wonder Woman telah muncul dalam berbagai acara — terutama Super Friends, Justice League, Justice League Unlimited dan Justice League Action.

Televisi live-action[sunting | sunting sumber]

Wonder Woman telah muncul di berbagai media di luar komik sejak penampilan awalnya termasuk komik, film, televisi dan permainan video.

Upaya serius pertama untuk menciptakan serial live action Wonder Woman adalah film percontohan 1974. Itu ditulis dan diproduksi oleh John D. F. Black, dan membintangi Cathy Lee Crosby sebagai Wonder Woman. Inkarnasi karakter ini berambut pirang, memakai jumpsuit merah dan biru, dan bertingkah lebih mirip agen rahasia daripada superhero.[18][19] Pilot ini tidak dijemput untuk serial televisi biasa.

Setahun kemudian pada tahun 1975, serial televisi Wonder Woman yang sangat sukses yang dibintangi Lynda Carter dalam peran judul diluncurkan. Ini disiarkan di ABC untuk musim pertamanya, diikuti oleh CBS untuk musim kedua dan ketiga. Versi karakter ini ditulis oleh Douglas S. Cramer, dan mempertahankan aspek signifikan dari versi buku komik, ditayangkan dari tahun 1975 sampai 1979.[19][20][21] Pertunjukan tersebut mendapatkan peringkat yang solid dan membantu Wonder Woman mencapai puncak popularitasnya.[22]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ All Star Comics #8 was cover-dated Dec/Jan 1941/1942, but released in October 1941 (see Mike's Amazing World of Comics).
  2. ^ a b Garner, Dwight (23 Oktober 2014). "Books – Her Past Unchained 'The Secret History of Wonder Woman,' by Jill Lepore". The New York Times. Diakses tanggal 23 Oktober 2014. 
  3. ^ Crawford, Philip. "The Legacy of Wonder Woman". School Library Journal. Diakses tanggal 1 Maret 2007. 
  4. ^ a b Gutierrez, Jon. "The 6 Worst Jobs Wonder Woman Ever Had". Topless Robot. Diakses tanggal 30 Maret 2011. 
  5. ^ Cronin, Brian. "Love Ya but You're Strange – That Time the Husband of Wonder Woman's Exact Double Chained Her to a Table". Comic Book Resources. Diakses tanggal 12 Juli 2012. 
  6. ^ Hanley, Tim. "A Book Look: Ads vs. Audience". Straitened Circumstances. Diakses tanggal 19 November 2010. 
  7. ^ "Diana's Memory Album". Dial B for Blog. 
  8. ^ Ambush Bug: Year None #4 (Desember 2008)
  9. ^ Justice League of America (vol. 2) #13 (Nov. 2007)
  10. ^ Wonder Woman (vol. 2) #219 (September 2005)
  11. ^ Azzarello, Brian (w), Chiang, Cliff (a). "The Lair of the Minotaur!" Wonder Woman v4, 0 (November 2012)
  12. ^ "Wonder Woman (2009)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 27 November 2009. 
  13. ^ http://brickset.com/article/9976/the-lego-movie-review
  14. ^ Fleming, Mike (2013-12-04). "Emerging Star Gal Gadot Set For Wonder Woman In 'Batman Vs. Superman'". Deadline.com. Diakses tanggal 2013-12-04. 
  15. ^ "Gal Gadot to Play Wonder Woman in 'Batman vs. Superman'". Variety. 2013-12-04. Diakses tanggal 2013-12-04. 
  16. ^ Busch, Anita. "Warner Bros Pushes Superman-Batman Movie To 2016". Deadline.com. Diakses tanggal 25 Agustus 2014. 
  17. ^ Cecchini, Mike. "Complete DC Comics Superhero Movie Release Calendar". Den of Geek. Den of Geek. Diakses tanggal 4 Mei 2016. 
  18. ^ Lambert, David (May 12, 2012). "Wonder Woman – 'The Cathy Lee Crosby Pilot' from 1974 Comes to DVD at Last!". TvShowsOnDVD.com. Diakses tanggal 30 Desember 2012. 
  19. ^ a b "Wonder Woman TV movie pilot DVD 1974 Cathy Lee Crosby". Hard to Find Films. Diakses tanggal 30 Desember 2012. 
  20. ^ "Wonder Woman". TV.com. Diakses tanggal 30 Desember 2012. 
  21. ^ "Wonder Woman S03 DVD Extras The Ultimate Feminist Icon". YouTube. 2014-04-16. Diakses tanggal 2016-12-14. 
  22. ^ Goldman, Eric. "The History of DC Comics on TV". IGN. Diakses tanggal 9 Oktober 2012. 

Pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]