Justice League of America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Justice League
The Justice League stand among rubble
Digambarkan searah jarum jam, dari kanan atas: Green Lantern Simon Baz, Cyborg, the Flash, Wonder Woman, Batman, Superman, Aquaman, dan Green Lantern Jessica Cruz.
Seni oleh Jason Fabok dan Alex Sinclair.
Informasi publikasi
Penerbit DC Comics
Penampilan pertama The Brave and the Bold #28 (Maret 1960)
Dibuat oleh Gardner Fox
Informasi dalam cerita
Basis The Hall
Watchtower
The Refuge
JLI Embassies
Detroit Bunker
Satellite
Secret Sanctuary
Daftar
Lihat:Daftar anggota Justice League

Justice League of America atau disebut juga Justice League (JLA) adalah sebuah kelompok superhero dari penerbit DC Comics. Pada awal pembentukannya kelompok ini terdiri dari Superman, Batman, Wonder Woman, Flash, Green Lantern, Aquaman dan Martian Manhunter. seiring berkembangnya waktu anggota JLA semakin bervariasi dan anggota pionirnya menghilang satu demi satu. JLA dan JSA (Justice Society of America) adalah grup Superhero yang sangat dikenal dalam dunia DC Comic atau yang dikenal sebagai DC Universe. Seiring dengan berjalannya waktu, para personel JLA mulai bertambah. Zatanna, Green Arrow, Hawkman, Black Lightning, Black Cannary, dll.

Pada tahun 2004 DC comic bekerjasama dengan Warner Bros. menerbitkan film serian JLA. Di mana skuat utamanya ialah Superman, Batman, Wonder Woman, The Flash, Green Lantern, Martian Manhunter dan Hawkgirl. Cerita dimulai dengan penyerangan dari negara asing ke Amerika Serikat. Anggota JLA yang pada waktu itu belum diperkuat Martian Manhunter menyusup ke dalam markas musuh dan menemukan Martian Manhunter yang tengah ditawan. Mereka mencoba menolongnya dan mulai menjalankan misi bertujuh. Namun ada episode dimana ketujuh anggota inti tersebut menghilang dan digantikan oleh Green Arrow sebagai ketua dan anggota lainnya.

Pada tahun 2007, DC mengumumkan skuat baru dari JLA, berupa Superman, Batman, Wonder Woman, Red Tornado, Black Cannary, Green Lantern, Hawkgirl, dan Black Lightning. Lalu ditambah 1 personel lagi yang belum diketahui nama dan kekuatannya. Belum jelas apakah DC akan memfilm seri 'kan lagi versi JLA yang ini.

Justice League menerima judul buku komiknya sendiri yang berjudul Justice League of America pada bulan November 1960. Dengan peluncuran kembali judul-judulnya pada tahun 2011, DC Comics merilis volume kedua Justice League. Pada bulan Juli 2016, prakarsa DC Rebirth kembali meluncurkan judul buku komik Justice League dengan volume ketiga Justice League. Sejak awal, tim ini telah tampil di berbagai program televisi dan permainan video dan dijadwalkan untuk tampil dalam film aksi langsung dengan nama yang sama.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Justice League dalam media populer Templat:Gardner Fox Templat:Justice League International