Spider-Man: Homecoming

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Spider-Man: Homecoming
Spider-Man Homecoming poster.jpg
Poster perilisan teatrikal
SutradaraJon Watts
ProduserKevin Feige
Amy Pascal
SkenarioJonathan M. Goldstein
John Francis Daley
Jon Watts
Christopher Ford
Chris McKenna
Erik Sommers
BerdasarkanSpider-Man
oleh Stan Lee
Steve Ditko
Pemeran
MusikMichael Giacchino
SinematografiSalvatore Totino
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorSony Pictures Releasing
Tanggal rilis
  • 28 Juni 2017 (2017-6-28) (Hollywood)
  • 5 Juli 2017 (2017-7-5) (Indonesia)
  • 7 Juli 2017 (2017-7-7) (Amerika serikat)
Durasi
133 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$175 juta[1]
Pendapatan kotor$880.2 juta[1]

Spider-Man: Homecoming adalah film superhero Amerika 2017 berdasarkan karakter Marvel Comics Spider-Man, diproduksi bersama oleh Columbia Pictures dan Marvel Studios, dan didistribusikan oleh Sony Pictures Releasing. Ini adalah reboot film Spider-Man kedua dan film keenam belas di Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini disutradarai oleh Jon Watts, dari sebuah skenario oleh tim penulis Jonathan Goldstein dan John Francis Daley, Watts dan Christopher Ford, dan Chris McKenna dan Erik Sommers. Tom Holland berperan sebagai Peter Parker / Spider-Man, bersama Michael Keaton, Jon Favreau, Zendaya, Donald Glover, Tyne Daly, Marisa Tomei, dan Robert Downey Jr. Dalam Spider-Man: Homecoming, Peter Parker mencoba menyeimbangkan kehidupan sekolah menengah dengan menjadi Spider-Man saat menghadapi Vulture.

Pada Februari 2015, Marvel Studios dan Sony mencapai persetujuan untuk berbagi lisensi karakter Spider-Man yang akan mengintegrasikan karakter tersebut ke dalam MCU. Pada bulan Juni, Holland terpilih untuk memerankan Spider-Man sementara Watts bergabung sebagai sutradara, diikuti oleh masuknya Tomei ke jajaran pemain dan ditunjuknya Daley dan Goldstein untuk menulis skenario. Pada April 2016, dungkapkan judul lengkap film dan pemeran lainnya termasuk Downey. Pengambilan gambar dimulai pada Juni 2016 di Studio Pinewood Atlanta di Fayette County, Georgia dan berlanjut di kota New York sebelum berakhir di Berlin pada Oktober. Selama proses pembuatan film, Watts, Christopher Ford, Chris McKenna, dan Erik Sommers diungkapkan sebagai penulis skenario tambahan.

Spider-Man: Homecoming ditayangkan perdana di Hollywood pada 28 Juni 2017, dan dirilis di Amerika Serikat dalam 3D, IMAX, dan IMAX 3D pada 7 Juli 2017. Ini mendapat lebih dari $ 880 juta di seluruh dunia, menjadi Spider- yang paling sukses kedua Man film dan film terlaris keenam tertinggi tahun 2017. Ia menerima pujian untuk nada ringan dan fokus pada kehidupan sekolah menengah Parker, dan pertunjukan Belanda dan Keaton. Sekuelnya, Spider-Man: Far From Home, dirilis pada 2 Juli 2019. Film ketiga sedang dalam pengembangan, dan dijadwalkan akan dirilis pada 16 Juli 2021.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Setelah Pertempuran New York, Adrian Toomes dan perusahaan penyelamatnya dikontrak untuk membersihkan kota, tetapi operasi mereka diambil alih oleh Department of Damage Control (DODC), kemitraan antara Tony Stark dan pemerintah AS . Marah karena diusir dari bisnis, Toomes membujuk karyawannya untuk menjaga teknologi Chitauri yang telah mereka peroleh dan menggunakannya untuk membuat dan menjual senjata canggih. Delapan tahun kemudian, Peter Parker direkrut ke dalam Avengers oleh Stark untuk membantu dengan perselisihan internal di Berlin, tetapi melanjutkan studinya di Sekolah Sains dan Teknologi Midtown ketika Stark mengatakan kepadanya bahwa ia belum siap untuk menjadi Avenger sepenuhnya.

Parker keluar dari tim dekathlon akademik sekolahnya untuk menghabiskan lebih banyak waktu dengan fokus pada kegiatan memerangi kejahatannya sebagai Spider-Man. Suatu malam, setelah mencegah penjahat merampok ATM dengan senjata canggih mereka, Toomes menjualnya, Parker kembali ke apartemennya di Queens, tempat sahabatnya Ned menemukan identitas rahasianya. Pada malam lain, Parker bertemu dengan rekan kerja Toomes, Jackson Brice / Shocker dan Herman Schultz yang menjual senjata kepada penjahat lokal Aaron Davis. Parker menyelamatkan Davis sebelum ditangkap oleh Toomes dan jatuh di sebuah danau, hampir tenggelam setelah kusut dalam parasut yang terpasang di jasnya. Dia diselamatkan oleh Stark, yang memantau jas Spider-Man yang dia berikan kepada Parker dan memperingatkannya agar tidak terlibat lebih jauh dengan para penjahat. Toomes secara tidak sengaja membunuh Brice dengan salah satu senjata mereka, dan Schultz menjadi Shocker baru.

Parker dan Ned mempelajari senjata yang ditinggalkan Brice, melepaskan inti kekuatannya. Ketika alat pelacak di Schultz mengarah ke Maryland, Parker bergabung kembali dengan tim dasalomba dan menemani mereka ke Washington, D.C. untuk turnamen nasional mereka. Ned dan Parker menonaktifkan pelacak yang ditanamkan Stark di setelan Spider-Man, dan membuka fitur-fitur canggihnya. Parker mencoba menghentikan Toomes dari mencuri senjata dari D.O.D.C. truk, tetapi terjebak di dalam, menyebabkan dia ketinggalan turnamen dasalomba. Ketika ia menemukan bahwa inti kekuatan adalah granat Chitauri tidak stabil, Parker berlari ke Monumen Washington, di mana inti meledak dan menjebak Ned dan teman-teman mereka di lift. Menghindari pihak berwenang setempat, Parker menyelamatkan teman-temannya, termasuk teman sekelasnya dan kekasih Liz. Kembali ke New York City, Parker membujuk Davis untuk mengungkapkan keberadaan Toomes. Di atas Staten Island Ferry, Parker menangkap pembeli baru Toomes, Mac Gargan, tetapi Toomes lolos dan senjata yang tidak berfungsi merobek setengah kapal itu. Stark membantu Parker menyelamatkan penumpang dan menghilangkan pakaiannya itu karena kecerobohannya.

Parker kembali ke kehidupan sekolah menengahnya, dan akhirnya meminta Liz untuk pergi ke pesta dansa bersamanya. Pada malam pesta dansa, Parker menemukan bahwa Toomes adalah ayah Liz. Mengaburkan identitas rahasia Parker dari akun Liz tentang dirinya, Toomes mengancam akan pembalasan jika ia mengganggu rencananya. Selama tarian, Parker menyadari Toomes berencana untuk membajak seorang D.O.D.C. pesawat mengangkut senjata dari Avengers Tower ke markas baru tim, mengenakan setelan Spider-Man buatannya, dan berlari ke sarang Toomes. Meskipun dia disergap oleh Schultz, dia mengalahkannya dengan bantuan Ned. Di sarang, Toomes menghancurkan balok penyangga gedung dan membiarkan Parker mati. Parker lolos dari puing-puing dan mencegat pesawat, mengarahkannya untuk jatuh di pantai dekat Pulau Coney. Dia dan Toomes terus bertarung, berakhir dengan Parker menyelamatkan nyawa Toomes setelah jas Vulture yang rusak meledak, dan meninggalkannya untuk polisi bersama dengan kargo pesawat. Setelah penangkapan ayahnya, Liz pindah, Parker menolak undangan dari Stark untuk bergabung dengan Avengers penuh waktu, dan Stark melamar Pepper Potts. Dia juga mengembalikan setelan Spider-Man ke Parker, yang mengenakannya di kamarnya tepat saat Bibi May masuk.

Dalam adegan mid-credit, Gargan dipenjara mendekati Toomes di penjara, mengatakan ia telah mendengar bahwa yang terakhir tahu identitas asli Spider-Man, yang Toomes bantah.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

(Kiri:Kanan) Tom Holland, Laura Harrier, Tony Revolori, Jacob Batalon, Zendaya dan sutradara Jon Watts mempromosikan Spider-Man: Homecoming dalam San Diego Comic-Con International tahun 2016.
Seorang anak berusia 15 tahun yang memperoleh kemampuan seperti laba-laba setelah digigit oleh laba-laba radioaktif.[2] Produser Kevin Feige dan Amy Pascal terkesan dengan penampilan Belanda di The Impossible (2012), Wolf Hall (2015), dan In the Heart of the Sea (2015).[3] Holland mengambil inspirasi dari aktor Spider-Man sebelumnya Tobey Maguire dan Andrew Garfield, tetapi juga berharap untuk memberikan sesuatu yang "baru dan menarik" dengan karakternya, yang pertama berfokus pada Parker sebagai "berurusan dengan sehari-hari masalah yang ditangani oleh seorang anak berusia 15 tahun serta mencoba menyelamatkan kota. "
  • Michael Keaton sebagai Adrian Toomes / Vulture: Seorang penyelamat yang menjadi pedagang senjata setelah perusahaannya terpaksa gulung tikar. Ia menggunakan setelan jas dengan sayap mekanik yang ditempa dari teknologi Chitauri.[4] Toomes diturunkan menjadi ayah Liz, minat cinta Parker. Sutradara Jon Watts ingin dia menjadi "orang biasa", lebih dekat dengan John C. Reilly Nova Corpsman Rhomann Dey dari Guardians of the Galaxy (2014) daripada penjahat MCU lain seperti Thanos dan Ultron, untuk pergi dengan Spider-Man sebagai "biasa" anak yang menjadi pahlawan super ". Ini membantu menghindari Toomes yang menarik perhatian para Avengers, dan memberikan seseorang yang bisa dikalahkan Parker sementara masih belajar menggunakan kemampuannya.
  • Jon Favreau sebagai Harold "Happy" Hogan: Mantan kepala keamanan untuk Stark Industries dan pengemudi dan pengawal Tony Stark. Hogan "menjaga" Parker dalam film, dengan Favreau mengatakan bahwa Parker "membutuhkan seseorang untuk membantunya". Favreau sebelumnya memerankan Hogan dalam film-film Iron Man, setelah juga menyutradarai dua yang pertama, dan menggambarkan kembali sebagai aktor yang menyenangkan, yang memungkinkan dia "mempertahankan hubungan dengan MCU".
  • Donald Glover sebagai Aaron Davis: Penjahat yang ingin membeli senjata dari Toomes.[5] Davis adalah paman Miles Morales, versi Spider-Man, dalam komik. Glover menyuarakan Morales dalam serial televisi Ultimate Spider-Man, dan berkampanye untuk memerankan Spider-Man dalam sebuah film pada tahun 2010. Watts mengetahui kampanye tersebut, dan segera setelah ia dipekerjakan ia bertanya kepada Feige tentang casting Glover. Peran ini dirancang sebagai "suguhan kejutan untuk penggemar", dengan Davis menyebutkan keponakannya untuk mengatur Morales yang berpotensi muncul dalam film MCU di masa depan.[6]
  • Tyne Daly sebagai Anne Marie Hoag: Kepala Departemen Damage Control Amerika Serikat.[7]

Bibi Peter.[8] Laporan pertama pengisian suara Tomei menyebabkan reaksi di media sosial, dengan penggemar buku komik berpendapat bahwa aktris itu "terlalu muda dan menarik untuk memerankan karakter", terutama setelah karakter sebelumnya telah digambarkan oleh aktris yang lebih tua dari Tomei. Mengenai casting, Kapten Amerika: co-penulis Perang Saudara Stephen McFeely mengatakan bahwa, untuk MCU, mereka berusaha membuat Peter "sealami mungkin ... Itu sebagian alasan mengapa bibinya belum berusia 80 tahun; jika dia adalah saudara perempuan dari ibunya yang sudah meninggal, mengapa dia harus menjadi dua generasi di depan? "Carroll menambahkan bahwa tim kreatif mencari lebih dari" kakak perempuan "atau seseorang yang lebih dekat dengan Peter Parker dalam proses pengisian suara.

Seorang jenius, miliarder, playboy, dan dermawan yang menggambarkan diri sendiri dengan baju elektromekanis dari penemuannya sendiri yang merupakan mentor Parker dan pencipta Departemen Kontrol Kerusakan A.S. Ketua Sony Pictures Motion Picture Group Tom Rothman mencatat bahwa, di luar keuntungan komersial menampilkan Downey dalam film, dimasukkannya Stark penting karena hubungan yang dibangun antara dia dan Parker di Captain America: Civil War.[9]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

"Kami ingin bermain dengan Spider-Man pada tahun-tahun sekolah tinggi karena terus terang sudah ada lima film Spider-Man dan...ada begitu banyak dari hal komik yang belum selesai. Bukan hanya karakter atau penjahat atau karakter pendukung, namun sisi karakternya...Saya pikir itu dipertengahan film pertama saat ia lulus SMA. Pada awal film kedua Marc Webb, ia lulus SMA. Dan beberapa busur Spider-Man favorit saya dan certia Spider-Man, ia di SMA untuk banyak hal. Kami ingin menjelajahi itu. Itu juga membuat ia sangat, sangat berbeda dari karakter kami yang lain di MCU...

Kevin Feige, Presiden Marvel Studios[10]

Diikuti November 2014 komputer Sony Pictures yang diretas, surel antara Sony Pictures Entertainment Wakil-Kepala Amy Pascal dan presiden Doug Belgard yang dirilis menyatakan bahwa Sony ingin Marvel Studios untuk memproduksi trilogi baru film Spider-Man sementara Sony mempertahankan "kontrol kreatif, pemasaran, dan distribusi". Diskusi antara Sony dan Marvel hancur dan Sony berencana untuk melanjutkan sendiri Spider-Man.[11] Namun, pada Februari 2015, Sony Pictures dan Marvel Studios mengumumkan bahwa mereka akan merilis film Spider-Man dengan Kevin Feige produksi Pascal. Karakter pertama akan muncul dalam film Marvel Cinematic Universe sebelumnya, [12] dilaporkan untuk menjadi Captain America: Civil War.[13] Marvel Studios akan mencari peluang untuk mengintegrasikan karakter MCU menjadi film Spider-Man masa depan, yang mana Sony Pictures akan melanjutkan finansial, distribusi, dan kontrol kreativitas.[12] Lone Star Funds juga membantu memberikan finansial film dengan Sony, melalui persetujuan LSC Film Corporation.[14]

Feige menyatakan bahwa Marvel telah bekerja untuk menambahkan Spider-Man ke MCU setidaknya sejak Oktober 2014, ketika mereka mengumumkan daftar calon pemain untuk tahap ketiga film, mengatakan, "Marvel tidak mengumumkan sesuatu secara resmi sampai itu diatur". Jadi kami atur terlebih dahulu Rencana A pada Oktober, dan baru Rencana B, jika kesepakatan terjadi dengan Sony, bagaimana semua akan beralih. Kami telah memikirkan Spider-Man selama kami pikir tentang Tahap Ketiga."[15] Hal itu terungkap bahwa Avi Arad dan Matt Tolmach, produsen sutradara sutradara serial Marc Webb Amazing Spider-Man, akan berfungsi sebagai produser eksekutif,[16] dan bahwa baik Webb atau aktor Amazing Spider-Man akan kembali ke dalam film.[17] Sony dilaporkan mencari aktor muda dari Garfield untuk membintangi Spider-Man,[16] dengan Logan Lerman dan Dyaln O'Brien dipertimbangkan untuk memerankan karakter utama.[18]

Pada Maret 2015, Drew Goddard dipertimbangkan untuk menulis naskah dan mengarah film,[19][20] sementara O'Brien menolak bahwa ia telah mencapai persetujuan untuk mengambil peran.[21] Goddard, yang sebelumnya terikat dengan film Sony berdasarkan Sinister Six, kemudian mengatakan ia menolak untuk bekerja pada film baru karena ia pikir ia "tidak benar-benar mempunyai ide" untuk itu menambahkan "itu sangat sulit untuk dikatakan, 'Baiklah, sekarang menulis sebuah film baru,'" setelah menghabiskan setahun untuk mengerjakan film Sinister Six dan memulai di dalam pola pikir.[22] Pada bulan berikutnya, saat mempromosikan Avengers: Age of Ultron, Fiege menyatakan bahwa karakter dari Peter Parker akan berusia antara 15 atau 16 tahun.[10] Ia juga menambahkan bahwa film tidak akan mengambil dari cerita asli untuk karakter, mengatakan, "Dalam kasus Spider-Man yang sangat spesifik, di mana ada dua menceritakan kembali yang di babak apapun itu sudah 13 tahun - untuk kita, kita akan menerima begitu saja bahwa orang-orang tahu itu, dan secara spesifik. Tapi...itu melekat dengan karakternya. Kami ingin mengungkapkan dengan cara berbeda dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk fokus dalam anak sekolahan SMA di MCU berurusan dengan kekuatannya."[15] Feige juga mengatakan, "Ada berapa peristiwa yang membuat Peter menanyakan dirinya, dan kita pasti menyinggung peristiwa itu, tapi kami jauh lebih terfokus pada masa depan dan bagaimana ia terus berkembang...dalam menjadi pahlawan."[23] Kemudian pada April dilaporkan bahwa Nat Wolff, Asa Butterfield, Tom Holland, Timothée Chalamet dan Liam James di bawah pertimbangan oleh Sony dan Marvel untuk berperan menjadi Spider-Man,[24] dengan Holland dan Butterfield yang lebih dipertimbangkan.[25]

Pada Mei 2015, Jonathan Levine, Ted Melfie, Jason Moore, John Francis Daley, Jonathan Goldstein, dan Jared Hess dipertimbangkan untuk mengarah film..[26] Butterfield, Holland, Judah Lewis, Matthew Lintz, Charlie Plummer, dan Charlie Rowe tes layar untuk peran utama melawan Robert Downey Jr., yang memerankan Tony Stark / Iron Man di MCU, untuk "kecocokan".[27][28] Enam terpilih dari pencarian lebih dari 1,500 aktor untuk melakukan tes di depan Feige, Pascal, dan Russo Brothers, sutradara dari Captain America: Civil War.[28] Pada awal Juni 2015, Levine dan Melfi menjadi sutradara favorit untuk film, dengan Daley, Goldstein, dan Jon Watts juga dalam pertimbangan,[29] dan Feige dan Pascal mulai mempertimbangkan untuk Holland dan Rowe, yang mana keduanya dites kembali di layar dengan Downey lagi. Holland juga dites dengan Chris Evans, yang mana berperan Steve Rogers / Captain America di MCU, dan muncul sebagai favorite.[30] Russos "cukup mengeluarkan pendapat siapa mereka yang akan menjadi bagian", sejak karakter muncul pertama kali di Civil War, mendorong untuk memilih aktor yang dekat dengan usia Peter Parker untuk membedakan dengan peran sebelumnya. Mereka juga memuji Holland karena memiliki latar belakang menari dan senam.[31] Watts yang juga di Civil War bersiap untuk proses perfilman dalam adengan-adengan Spider-Man.[32]

Feige menyatakan bahwa film-film John Hughes akan menjadi pengaruh paling besar dan bahwa pertumbuhan pribadi Peter dan pengembangan akan menjadi sama pentingnya dengan perannya sebagai Spider-Man, mengatakan, "Apa yang kami inginikan adalah sebuah film di mana taruhnya bisa setinggi 'orang jahat ini akan melakukan hal yang buruk ini, dan banyak orang bisa mati' atau kamu tidak pulang ke rumah tepat waktu dan bibi kamu akan mencari tahu ini, dan seluruh hidup kamu akan berubah.' Terutama pada seusia seperti itu, di SMA, semuanya terasa seperti hidup atau mati." Ia juga mengatakan bahwa film berharap untuk menggunakan satu dari musuh Spider-Man yang belum difilimkan sama sekali,[33] dan bahwa pembuatan film akan dimulai pada Juni 2016.[34] pada Juli 2015, dilaporkan bahwa Marisa Tomei telah ditawarkan untuk berperan sebagai Bibi May, bibi Peter.[35] Hal itu diungkapkan bahwa Daley dan Goldstein, setelah kehilangan peran sutradara, telah memulai negosiasi untuk menulis skenario,[36] dengan keduanya mengkonfirmasi tak lama setelah itu mereka telah mencapai kesepakatan untuk melakukannya.[37] Pada Oktober 2015, Watts mengatakan ia ingin membuat sebuah film tentang pertumubuhan dari anak-anak hingga dewasa coming-of-age-story untuk melihat pertumbuhan dari Parker, mengutip Say Anything, Almost Famous, dan Can't Buy Me Love dan beberapa film favorite dengan genre yang sama.[38] Pada Desember, Oliver Scholl telah menandatangani untuk menjadi produksi desainer untuk film.[39]

Pra-produksi[sunting | sunting sumber]

Watts mempromosikan Spider-Man: Homecomingdi San Diego Comic-Con International 2016.

Pada Januari 2016, Sony mempercepat tanggal rilis dari 28 Juli 2017 menjadi 7 Juli 2017,[40] dan mengungkapkan bahwa film ini akan diremaster secara digital untuk IMAX 3D dalam pasca-produksi.[41] J. K. Simmons menyatakan minatnya untuk mengulangi perannya sebagai J. Jonah Jameson dari Sam Raimi Spider-Man film.[42] Pada awal Maret, Zendaya dipilih untuk memerankan sebagai Michelle, sementara Tomei dikonfirmasi sebagai May Parker.[43][44] Pada bulan berikutnya, Feige mengkonfirmasi bahwa karakter dari MCU sebelumnya akan muncul di film,[45] sementara juga mencatat bahwa kesepakatan dibentuk dengan Sony tidak secara khusus menunjukkan karakter yang bisa dan tidak bisa dimainkan,[23] mengatakan pembagian antara studio dilakukan dengan "itikad baik" dalam rangka "untuk memiliki lebih banyak boneka mainan untuk bermain seperti mengumpulkan cerita."[46] Selain itu, Fiege memperluas hubungannya dengan Sony dan Marvel, ia mengatakan, "Saya tida tahu secara pasti kreditnya seperti apa, tapi ini produksi Sony Pictures dari film Marvel Studios. Perjanjian itu bahwa sangat banyak film Sony Picturs... kami adalah produser yang kreatif. Kamilah yang mempekerjakan aktor, mengenali ia dalam Captain America: Civil War, dan kemudian bekerja sekarang pada naskah dan sekera melakukan syuting".[23] Kepala Sony Pictures Thomas Rothman lebih lanjut menambahkan pada hubungan, bahwa Sony memiliki kewenangan Lampu hijau, tapi menunda kreatif untuk Marvel.[47]

Juga pada April, di Cinemacon tahun 2016, Sony mengumumkan judul film menjadi Spider-Man: Homecoming,[48][49] dengan Rothman menjelaskan bahwa keduanya mengambil referensi dari Homecoming, tradisi SMA umum di Amerika Serikat, dan karakter kembali ke Marvel dengan bergabung ke Marvel Cinematic Universe.[49] Tony Revolori bergabung dengan pemain sebagai saingan Parker (sebelumnya bernama Manuel) bersamaan dengan Laura Harrier sebagai teman sekelas Parker,[50][51] sementara Downey Jr. dikonfirmasi untuk muncul dalam film mengulangi perannya sebagai Tony Stark / Iron Man dari film MCU sebelumnya.[52][53] Michael Keaton masuk dibicarakan sebagai penjahat,[54] namun keluar dari diskusi untuk bergabung film segera sesudahnya.[55] Namun, Keaton segara masuk kembali membicarakan perannya, dan ditutup dengan persetujuan pada Mei kemudian.[56] Pada Juni, Michael Barbieri diperankan sebagai teman Parker,[57][58] Kenneth Choi diperankan sebagai kepala sekolah SMA Parker,[59] dan Logan Marshall-Green diperankan sebagai penjahat lainnya bersamaan dengan karakter Keaton,[60][61] sementara Donald Glover dan Martin Starr bergabung ke dalam pemain dalam peran yang dirahasiakan.[62][63] Mengenai perbedaan pemain, Watts mengatakan sejak film diatur di Queens "salah-jika tempat tidak-paling beragam di dunia ... Saya hanya ingin para pemain untuk mencerminkan apa yang benar-benar terlihat seperti dirinya."[32] Feige menambahkan, "Seperti komik telah dilakukan, kami ingin semua orang untuk mengenali diri mereka sendiri dalam setiap bagian dari alam semesta kita. Dengan...para pemain khususnya, itu benar-benar terasa seperti ini benar-benar apa yang terjadi dan terus dilanjutkan."[64] Feige kemudian menjelaskan bahwa perbedaan dalam pemain akan membantu membedakan itu dari film-film Spider-Man sebelumnya, yang mana semuanya "telah diset di Queens".[65]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Pembuatan film dimulai pada 20 Juni 2016, [66] di Studio Pinewood Atlanta di Fayette County, Georgia,[67] dibawah pekerjaan judul Summer of George.[68] Syuting diambil di lokasi Grady High School di Atlanta,[69] Downtown Atlanta,[70] dan Atlanta Marriott Marquis.[71] Mengambil syuting di Atlanta, Holland mengatakan bahwa itu akan "lebih murah untuk membangun set New York dari pada syuting di New York" di New York di New York, lokasi terkait erat dengan karakter, meskipun produksi bisa "berakhir di New York selama satu minggu atau dua minggu."[72] Pemilihan pemain dilanjutkan setelah awal dari produksi, dengan masuknya Isabella Amara, Jorge Lendeborg Jr., J. J. Totah.[73] Hannibal Buress,[74] Selenis Leyva,[75] Abraham Attah,[76] Michael Mando,[61] Tyne Daly,[77] Garcelle Beauvais, Tiffany Espensen,[78] dan Angourie Rice dalam peran yang tidak ditentukan,[79] sementara Bookeem Woodbine bergabung sebagai penjahat tambahan untuk film.[80]

Pada San Diego Comic-Con International tahun 2016, Marvel mengkonfirmasi pemilihan pemain dari Keaton, Zendaya, Glover, Harrier, Revolori, Daly dan Woodbine, sementara menunjukkan Zendaya, Harrier, dan peran Revolori sebagai Michelle, Liz Allan dan Flash Thompson, masing-masing, bersama dengan pemilihan pemain Jacob Batalon sebagai Ned Leeds.[81][82][83][64] Diungkapkan juga Vulture akan menjadi penjahat dalam film, sementara tim penulis dari Watts & Christopher Ford dan Chris McKenna & Erik Sommers bergabung dengan Goldstein & Daly dalam menulis naskah skenario film.[81] Harrier mencatat bahwa aktor muda dalam film "terus-menerus menyebut diri sebagai The Breakfast Club."[82] Tak lama setelah, Martha Kelly bergabung ke dalam pemain dengan peran yang tidak ditentukan.[84] Pada Agustus, Michael Chernus berperan sebagai Tinkerer,[85] sementara Jona Xiao bergabung ke dalam pemain dengan peran yang tidak ditentukan,[86] dan Buress mengungkapkan bahwa ia berperan sebagai guru gym di dalam film..[87] Pada September 2016, diungkapkan bahwa Jon Favreau akan mengulangi perannya sebagai Happy Hogan dari seri Iron-Man.[88] Pada akhir bulan, syuting diakhiri di Atlanta dan berpindah ke New York, dengan lokasi film di Astoria, Queens serta St. George, Staten Island dan Manhattan.[89][90][91] Selain itu, petarung UFC Tyron Woodley mengungkapkan bahwa ia dipertimbangkan untuk menjadi seorang penjahat dalam film, tetapi harus keluar karena kontraknya dengan Fox Sports.[92] Principal photography diakhiri pada 2 Oktober 2016, di New York City, [93] dengan beberapa film tambahan dimulai akhir bulan ini di Berlin, Jerman dekat dengan gerbang Brandenburg.[94]

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Pada November 2016, Feige mengkonfirmasi bahwa Keaton akan berperan sebagi Vulture,[95] kemudian diungkapkan pada bulan berikutnya versi karakter dari Adrian Toomes,[96] sementara Woodbine diungkapkan sebagai Shocker.[97]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Watts, Holland, Batalon, Harrier, Revolori, dan Zendaya muncul di San Diego Comic-Con 2016 untuk menunjukkan klip eksklusif film ini,[98] yang juga memiliki panel di Comic Con Experience 2016. Trailer pertama untuk Homecoming ditayangkan perdana di Jimmy Kimmel Live! pada 8 Desember 2016,[99] dan dirilis secara online bersama versi internasional, yang menurut Feige cukup berbeda sehingga "akan menyenangkan bagi orang-orang untuk melihat keduanya." Foto-foto Hering turun melalui atrium hotel dan Spider-Man berayun dengan Iron Man yang terbang di sampingnya diciptakan khusus untuk trailer. Watts menjelaskan bahwa bidikan Vulture diciptakan untuk Comic-Con dan "tidak pernah dimaksudkan untuk berada di film", tetapi ia mampu mengubah sudut untuk pengungkapan Vulture dalam film. Tembakan Spider-Man dan Iron Man diciptakan karena tim pemasaran menginginkan suntikan keduanya, dan tembakan yang ada "hanya tidak terlihat bagus" saat itu. Tembakan trailer menggunakan pelat latar belakang yang diambil saat merekam kereta bawah tanah di Queens. Kedua trailer tersebut dilihat lebih dari 266 juta kali secara global dalam seminggu.[100]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Spider-Man: Homecoming mengadakan premier dunianya di TCL Chinese Theatre di Hollywood pada 28 Juni 2017, dan dirilis di Inggris dan Indonesia pada 5 Juli.[101] Ini dibuka di pasar internasional tambahan pada 6 Juli, dengan 23.400 layar (277 di antaranya adalah IMAX) di 56 pasar untuk akhir pekan pembukaannya. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada 7 Juli di 4.348 bioskop (392 adalah IMAX dan IMAX 3D, dan 601 adalah format besar premium), termasuk pemutaran 3D. Awalnya dijadwalkan untuk rilis pada 28 Juli.[102]

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Spider-Man: Homecoming dirilis pada unduhan digital oleh Sony Pictures Home Entertainment pada 26 September 2017, dan pada Blu-ray, Blu-ray 3D, Ultra HD Blu-ray, dan DVD pada 17 Oktober 2017. Digital dan Blu Rilis -ray termasuk fitur di belakang layar, adegan yang dihapus, dan gulungan blooper.[103]

Perilisan fisik dalam minggu pertama penjualannya adalah rilis media rumah terbaik, menurut data NPD VideoScan. Versi Blu-ray menyumbang 79% dari penjualan, dengan 13% dari total penjualan berasal dari versi Blu-ray Ultra HD.[104]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Spider-Man: Homecoming mendapat lebih dari $ 334,2 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 546 juta di wilayah lain, dengan total total $ 880,2 juta di seluruh dunia.[105] Film ini memiliki pembukaan IMAX global terbesar kedua untuk film Sony dengan $ 18 juta. Pada bulan Mei 2017, sebuah survei dari Fandango menunjukkan bahwa Homecoming adalah film musim panas yang paling ditunggu-tunggu di belakang Wonder Woman.[106] Pada 24 September 2017, film ini telah menghasilkan 874,4 juta di seluruh dunia, menjadi film pahlawan super terlaris di tahun 2017, dan film terbesar keenam berdasarkan karakter Marvel. Deadline Hollywood menghitung laba bersih film menjadi $ 200.1 Juta, akuntansi untuk anggaran produksi, cetakan dan iklan, partisipasi bakat dan biaya lainnya, terhadap gros box office dan pendapatan tambahan dari media rumah, menempatkannya ketujuh dalam daftar mereka tahun 2017 "Blockbuster yang sangat Berharga ".[107]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Situs agregator ulasan Rotten Tomatoes melaporkan peringkat persetujuan 92% dengan skor rata-rata 7,66 / 10, berdasarkan 377 ulasan. Konsensus kritis situs web itu berbunyi, "Spider-Man: Homecoming melakukan apa pun yang bisa dilakukan reboot kedua, memberikan petualangan penuh warna dan menyenangkan yang tepat di MCU yang luas tanpa terjebak dalam pembangunan waralaba."[108] Metacritic, yang mendapat rata-rata tertimbang, menetapkan nilai film 73 dari 100, berdasarkan pada 51 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan".[109] Penonton yang disurvei oleh CinemaScore memberi film tersebut nilai rata-rata "A" pada skala A + ke F, sementara PostTrak melaporkan penonton film memberikan skor positif keseluruhan 89% dan 74% "rekomendasi pasti".[110]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Spider-Man: Far From Home[sunting | sunting sumber]

Spider-Man: Far From Home dirilis pada 2 Juli 2019. Watts kembali untuk mengarahkan, dari naskah karya McKenna dan Sommers. Holland, Zendaya, Tomei, dan Batalon memainkan peran mereka, dengan Jake Gyllenhaal bergabung sebagai Mysterio.[111] Samuel L. Jackson dan Cobie Smulders juga mengubah peran mereka sebagai Nick Fury dan Maria Hill dari media MCU sebelumnya.[112]

Film ketiga tanpa judul[sunting | sunting sumber]

Pada bulan September 2019, Marvel Studios dan Sony Pictures mengumumkan bahwa mereka akan memproduksi film ketiga, setelah kebuntuan antara kedua perusahaan selama negosiasi. Film ketiga dijadwalkan untuk dirilis pada 16 Juli 2021, dengan Holland kembali menjadi bintang. Pada saat itu, Watts memasuki negosiasi akhir untuk kembali sebagai direktur.[113] Zendaya dipastikan akan kembali untuk sekuelnya pada Oktober 2019.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b "Spider-Man: Homecoming (2017)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 5 Juli 2017.  Kesalahan pengutipan: Tanda <ref> tidak sah; nama "BOM" didefinisikan berulang dengan isi berbeda
  2. ^ "Spider-Man Director Jon Watts Talks Origins And Tom Holland". web.archive.org. 2016-03-21. Diakses tanggal 2020-02-08. 
  3. ^ "Marvel News, Blog, Articles & Press Releases | Marvel". Marvel Entertainment (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  4. ^ Truitt, Brian. "'Spider-Man': Check out the first photos of Michael Keaton as Vulture". USA TODAY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  5. ^ Jr, Mike Fleming; Jr, Mike Fleming (2016-06-14). "Donald Glover Joins 'Spider-Man: Homecoming'". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  6. ^ "How Donald Glover wound up in 'Spider-Man: Homecoming,' and what it might mean for an inclusive future". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). 2017-07-06. Diakses tanggal 2020-02-08. 
  7. ^ Jr, Mike Fleming; Jr, Mike Fleming (2016-06-29). "Tyne Daly On The Case For 'Spider-Man: Homecoming'". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  8. ^ Kroll, Justin; Kroll, Justin (2015-07-08). "Marisa Tomei to Play Aunt May in New 'Spider-Man' Movie (EXCLUSIVE)". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  9. ^ "Tom Rothman On Why Tom Holland's Spider-Man Is The Best Incarnation". Marvel (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  10. ^ a b Chitwood, Adam (April 11, 2015). "SPIDER-MAN: Kevin Feige Confirms Peter Parker; Talks High School Spidey". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 11, 2015. Diakses tanggal April 11, 2015. 
  11. ^ Fritz, Ben (December 9, 2014). "Sony, Marvel Discussed Spider-Man Movie Crossover". The Wall Street Journal. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2014. Diakses tanggal December 9, 2014. 
  12. ^ a b "Sony Pictures Entertainment Brings Marvel Studios Into The Amazing World Of Spider-Man". Marvel.com. February 9, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 10, 2015. Diakses tanggal February 10, 2015. 
  13. ^ Fritz, Ben (February 10, 2015). "Marvel and Sony Reach Deal on Spider-Man Movie Production". The Wall Street Journal. Diakses tanggal February 10, 2015. 
  14. ^ Masters, Kim (November 2, 2016). "Sony Feels More 'Ghostbusters' Pain Due to Finance Partners' Exit". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 2, 2016. Diakses tanggal November 2, 2016. 
  15. ^ a b Bibbiani, William (April 11, 2015). "Exclusive: Marvel's Spider-Man Reboot is NOT an Origin Story". CraveOnline. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 11, 2015. Diakses tanggal April 11, 2015. 
  16. ^ a b Kit, Borys (February 9, 2015). "'Spider-Man' Swings to Marvel Studios in Major Sony Partnership". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 10, 2015. Diakses tanggal February 10, 2015. 
  17. ^ Chitwood, Adam (February 10, 2015). "Details of the Sony/Marvel SPIDER-MAN Deal Revealed; Looking to Cast Younger Actor". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 10, 2015. Diakses tanggal February 10, 2015. 
  18. ^ Graser, Marc (February 10, 2015). "The Next 'Spider-Man' Will Go Back to High School". Variety. Diakses tanggal March 5, 2015. 
  19. ^ Fleming Jr, Mike (March 2, 2015). "Drew Goddard Meeting To Script, Helm New 'Spider-Man'". Deadline.com. Diakses tanggal March 2, 2015. 
  20. ^ Kit, Borys (March 2, 2015). "'Spider-Man' Reboot Circling Director Drew Goddard". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal March 2, 2015. 
  21. ^ Wieselman, Jarett; Vary, Adam B. (March 3, 2015). "Dylan O'Brien Says He Is Not Playing Spider-Man". Buzz Feed. Diakses tanggal March 5, 2015. 
  22. ^ O'Connell, Sean (September 13, 2015). "Why Drew Goddard Isn't Directing Marvel And Sony's New Spider-Man Movie". Cinema Blend. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 14, 2015. Diakses tanggal September 14, 2015. 
  23. ^ a b c Chitwood, Adam (April 12, 2016). "'Spider-Man' Reboot: Kevin Feige Says Marvel Are the "Creative Producers" on the Film". Collider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 12, 2016. Diakses tanggal April 12, 2016. 
  24. ^ Sneider, Jeff (April 22, 2015). "'Spider-Man' Shortlist Includes 'Paper Towns' Star Nat Wolff, 'Hugo's' Asa Butterfield (Exclusive)". TheWrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 23, 2015. Diakses tanggal April 23, 2015. 
  25. ^ Chitwood, Adam (May 1, 2015). "Spider-Man Finalists Reportedly Down to Tom Holland and Asa Butterfield". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2015. Diakses tanggal May 1, 2015. 
  26. ^ Fleming Jr., Mike (May 5, 2015). "Spider-Man Movie: Sony and Marvel Spin Web Of Directors For New Franchise". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2015. Diakses tanggal May 5, 2015. 
  27. ^ Kit, Borys; Siegel, Tatiana (June 23, 2015). "Robert Downey Jr. and Secret Screen-Tests: How the New 'Spider-Man' Team Was Chosen". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 25, 2015. Diakses tanggal June 25, 2015. 
  28. ^ a b Kit, Borys (May 30, 2015). "Spider-Man Hopefuls Screen-Test in Atlanta as Marvel Decision Nears (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 31, 2015. Diakses tanggal May 30, 2015. 
  29. ^ Fleming Jr., Mike (June 2, 2015). "'Spider-Man' Director Short List Topped By Ted Melfi & Jonathan Levine". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2015. Diakses tanggal June 2, 2015. 
  30. ^ "Sony Pictures and Marvel Studios Find Their 'Spider-Man' Star and Director". Marvel.com. June 23, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 24, 2015. Diakses tanggal June 23, 2015. 
  31. ^ Breznican, Anthony (December 3, 2015). "Spider-Man's Captain America: Civil War role revealed". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 4, 2015. Diakses tanggal December 4, 2015. 
  32. ^ a b Schager, Nick (June 17, 2016). "Jon Watts on His Bizarre Journey From The Onion to 'Spider-Man: Homecoming'". The Daily Beast. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 17, 2016. Diakses tanggal June 17, 2016. 
  33. ^ Faraci, Devin (June 28, 2015). "Kevin Feige: Next Spider-Man Will Have New Villains, John Hughes Vibe". Birth. Movies. Death. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 28, 2015. Diakses tanggal June 28, 2015. 
  34. ^ Chitwood, Adam (June 30, 2015). "Kevin Feige Reveals When SPIDER-MAN, THOR 3, and More Start Filming". Collider. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 30, 2015. Diakses tanggal June 30, 2015. 
  35. ^ Kroll, Justin (July 8, 2015). "Marisa Tomei to Play Aunt May in New 'Spider-Man' Movie (EXCLUSIVE)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 8, 2015. Diakses tanggal July 8, 2015. 
  36. ^ Fleming Jr., Mike (July 16, 2015). "'Spider-Man' Reboot Finds Its Writers: 'Vacation' Duo In Talks". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 16, 2015. Diakses tanggal July 16, 2015. 
  37. ^ "Back To Walley World: The Griswolds Go On 'Vacation' Again". NPR. July 25, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2015. Diakses tanggal July 26, 2015. 
  38. ^ Singer, Leigh (October 19, 2015). "How Classic Coming-Of-Age Films Will Influence The New Spider-Man Movie". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 19, 2015. Diakses tanggal October 19, 2015. 
  39. ^ Caranicas, Peter (December 11, 2015). "Artisans Booked on 'Fifty Shades Darker,' 'Mr. Robot,' 'Divorce' and 'Furious 8'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 3, 2016. Diakses tanggal January 3, 2016. 
  40. ^ Ford, Rebecca (January 20, 2016). "'Jumanji' Release Date Pushed, 'Spider-Man' Shifts Up". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 20, 2016. Diakses tanggal January 20, 2016. 
  41. ^ Osborn, Alex (January 26, 2016). "Spider-Man Reboot Will Be Released In IMAX". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 26, 2016. Diakses tanggal January 26, 2015. 
  42. ^ VanMetre, Elizabeth (February 28, 2016). "Exclusive: J.K. Simmons Reacts to 'Spider-Man' Petition Calling for His Return: 'I'll Never Close the Door on Anything'". Entertainment Tonight. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 2, 2016. Diakses tanggal March 2, 2016. 
  43. ^ Fleming Jr., Mike (March 7, 2016). "Zendaya Lands A Lead In Spider-Man Reboot At Sony And Marvel Studios". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 7, 2017. Diakses tanggal March 7, 2016. 
  44. ^ Kroll, Justin (March 7, 2016). "Zendaya Joins 'Spider-Man' Reboot". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 7, 2017. Diakses tanggal March 7, 2016. 
  45. ^ Breznican, Anthony (April 8, 2016). "Marvel Studios characters will join Spider-Man standalone movie". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 8, 2016. Diakses tanggal April 8, 2016. 
  46. ^ Foutch, Haleigh (May 3, 2016). "Kevin Feige Talks 'Captain America: Civil War', 'Spider-Man', 'Black Panther' and More". Collider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2016. Diakses tanggal May 5, 2016. 
  47. ^ Galloway, Stephen (June 23, 2016). "Tom Rothman on 'Spider-Man' Plans and Loving 'Ghostbusters' Trolls: "Can We Please Get Some More Haters to Say Stupid Things?"". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 23, 2016. Diakses tanggal June 23, 2016. 
  48. ^ Lang, Brett (April 12, 2016). "'Spider-Man' Movie Gets Official Title". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2016. Diakses tanggal April 13, 2016. 
  49. ^ a b Siegel, Lucas (April 13, 2016). "Marvel and Sony's Spider-Man Reboot is Officially Spider-Man: Homecoming". Comicbook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2016. Diakses tanggal April 13, 2016. 
  50. ^ Sneider, Jeff (April 15, 2016). "'Spider-Man: Homecoming' Casts Laura Harrier From 'One Life to Live' (Exclusive)". TheWrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 15, 2016. Diakses tanggal April 15, 2016. 
  51. ^ Kroll, Justin (April 15, 2016). "Tony Revolori and Laura Harrier Join 'Spider-Man: Homecoming'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 16, 2016. Diakses tanggal June 16, 2016. 
  52. ^ Kit, Borys (April 21, 2016). "Robert Downey Jr. Joins 'Spider-Man: Homecoming'". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2016. Diakses tanggal April 21, 2016. 
  53. ^ Cavanaugh, Patrick (April 21, 2016). "Robert Downey Jr. Joins the Cast of Marvel's 'Spider-Man: Homecoming'". Marvel.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 27, 2016. Diakses tanggal April 27, 2016. 
  54. ^ Kroll, Justin (April 13, 2016). "Michael Keaton Eyed to Play Villain in 'Spider-Man: Homecoming' (EXCLUSIVE)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 13, 2016. Diakses tanggal April 13, 2016. 
  55. ^ Hipes, Patrick; Fleming Jr., Mike (April 21, 2016). "'Spider-Man' Reboot Loses One Superhero But Gains Another". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 21, 2016. Diakses tanggal April 21, 2016. 
  56. ^ Hipes, Patrick (May 20, 2016). "Michael Keaton Joins 'Spider-Man: Homecoming' After All – Is He The Vulture?; 'Thor: Ragnarok' Beefs Up Cast". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 20, 2016. Diakses tanggal May 20, 2016. 
  57. ^ McNary, Dave (June 6, 2016). "'Spider-Man: Homecoming' Casts 'Little Men' Star Michael Barbieri". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 6, 2016. Diakses tanggal June 6, 2016. 
  58. ^ Watts, Jon (June 15, 2016). "What The--?! Michael Barbieri was never playing "a version of or a character based on/similar to" Ganke... Ok, back to work for reals now!!!". Twitter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 15, 2016. Diakses tanggal June 15, 2016. 
  59. ^ Busch, Anita (June 9, 2016). "Kenneth Choi Joins Sony/Marvel's 'Spider-Man: Homecoming'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 9, 2016. Diakses tanggal June 9, 2016. 
  60. ^ Kit, Borys (June 16, 2016). "Logan Marshall-Green in Talks to Join Michael Keaton in 'Spider-Man: Homecoming' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 16, 2016. Diakses tanggal June 16, 2016. 
  61. ^ a b Kit, Borys (June 22, 2016). "'Better Call Saul' Actor Joins 'Spider-Man: Homecoming' (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2016. Diakses tanggal June 22, 2016. 
  62. ^ Fleming Jr., Mike (June 14, 2016). "Donald Glover Joins 'Spider-Man: Homecoming'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2016. Diakses tanggal June 14, 2016. 
  63. ^ Fleming Jr, Mike (June 16, 2016). "'Silicon Valley's Martin Starr Joins 'Spider-Man: Homecoming'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 16, 2016. Diakses tanggal June 16, 2016. 
  64. ^ a b Truitt, Brian (July 24, 2016). "Comic-Con: 'Captain Marvel,' 'Black Panther' boost Marvel diversity". USA Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 24, 2016. Diakses tanggal July 24, 2016. 
  65. ^ Buchanan, Kyle (November 1, 2016). "Kevin Feige Is Ready to Move Beyond the 'Completely White' Casts of Comic-Book Movies". Vulture. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 1, 2016. Diakses tanggal November 1, 2016. 
  66. ^ Coggan, Devan (June 20, 2016). "Chris Pratt, Tom Holland cross paths as Spider-Man: Homecoming starts filming". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 20, 2016. Diakses tanggal June 20, 2016. 
  67. ^ Leslie, Jennifer (May 5, 2016). ""Captain America: Civil War" was shot in, around Atlanta". WXIA-TV. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 5, 2016. Diakses tanggal May 5, 2016. 
  68. ^ Jayson, Jay (May 13, 2016). "Spider-Man: Homecoming Now Casting High School Extras". Comicbook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 14, 2016. Diakses tanggal May 14, 2016. 
  69. ^ Walljasper, Matt (June 22, 2016). "What's filming in Atlanta now? Spider-Man: Homecoming, Fast 8, and Georgia's new movie milestone". Atlanta. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 24, 2016. Diakses tanggal June 24, 2016. 
  70. ^ Brett, Jennifer (September 1, 2016). ""Spider-Man" films right next to where "Captain America" did". Atlanta Journal-Constitution. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 1, 2016. Diakses tanggal September 1, 2016. 
  71. ^ Watters, Bill (December 8, 2016). "[Update] Spider-Man: Homecoming's Domestic as well as International Trailers Are Here!!". Bleeding Cool. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 11, 2016. Diakses tanggal December 11, 2016. 
  72. ^ Douglas, Edward (November 28, 2015). "Exclusive: Tom Holland Reveals an Interesting Spider-Man Tidbit". SuperHeroHype.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 28, 2015. Diakses tanggal November 28, 2015. 
  73. ^ Kit, Borys (June 20, 2016). "'Spider-Man: Homecoming' Adds Trio of Newcomers (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 20, 2016. Diakses tanggal June 20, 2016. 
  74. ^ Kroll, Justin (June 20, 2016). "Hannibal Buress Joins 'Spider-Man: Homecoming' (EXCLUSIVE)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 20, 2016. Diakses tanggal June 20, 2016. 
  75. ^ Scott, Sydney (June 22, 2016). "'Beasts of No Nation' Star Abraham Attah Joins 'Spider-Man: Homecoming'". Essence. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 23, 2016. Diakses tanggal June 23, 2016. 
  76. ^ Fleming Jr., Mike (June 22, 2016). "'Beasts Of No Nation' Revelation Abraham Attah Joins 'Spider-Man: Homecoming'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 22, 2016. Diakses tanggal June 22, 2016. 
  77. ^ Fleming Jr., Mike (June 29, 2016). "Tyne Daly On The Case For 'Spider-Man: Homecoming'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 29, 2016. Diakses tanggal June 29, 2016. 
  78. ^ Lincoln, Ross A. (June 30, 2016). "'Spider-Man: Homecoming' Adds Garcelle Beauvais & Tiffany Espensen; Q'orianka Kilcher Joins 'Hostiles'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 1, 2016. Diakses tanggal July 1, 2016. 
  79. ^ Ford, Rebecca (July 6, 2016). "'Spider-Man: Homecoming' Adds 'Nice Guys' Breakout Angourie Rice (Exclusive)". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 6, 2016. Diakses tanggal July 6, 2016. 
  80. ^ Kit, Borys (June 23, 2016). "'Spider-Man: Homecoming' Finds Another Villain With 'Fargo' Actor". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 23, 2016. Diakses tanggal June 23, 2016. 
  81. ^ a b Strom, Marc (July 23, 2016). "SDCC 2016: 'Spider-Man: Homecoming' Introduces Its Villain". Marvel.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 23, 2016. Diakses tanggal July 23, 2016. 
  82. ^ a b Romano, Nick (July 24, 2016). "Spider-Man director confirms Zendaya character name". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 24, 2016. Diakses tanggal July 24, 2016. 
  83. ^ Arrant, Chris (July 25, 2016). "Confirmed: Flash Thompson, Liz Allan, Ned Leeds Actors For Spider-Man: Homecoming, While Zendaya Still Mum". Newsarama. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 26, 2016. Diakses tanggal July 26, 2016. 
  84. ^ Hipes, Patrick (July 29, 2016). "Geoff Stults Jumps Into 'Granite Mountain'; Martha Kelly Joins 'Spider-Man: Homecoming'". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 30, 2016. Diakses tanggal July 30, 2016. 
  85. ^ Fleming Jr, Mike (August 10, 2016). "Michael Chernus Joins 'Spider-Man: Homecoming' As The Tinkerer". Deadline.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 10, 2016. Diakses tanggal August 10, 2016. 
  86. ^ McNary, Dave (August 22, 2016). "Jona Xiao Joins 'Spider-Man: Homecoming'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 23, 2016. Diakses tanggal August 23, 2016. 
  87. ^ Eisenberg, Eric (August 31, 2016). "Who Hannibal Buress Is Playing In Spider-Man: Homecoming". Cinema Blend. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 31, 2016. Diakses tanggal August 31, 2016. 
  88. ^ Kroll, Justin (September 1, 2016). "Jon Favreau to Reprise 'Iron Man' Role in 'Spider-Man: Homecoming' (EXCLUSIVE)". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 1, 2016. Diakses tanggal September 1, 2016. 
  89. ^ Burlingame, Russ (September 23, 2016). "Spider-Man: Homecoming - Cast Wraps Filming In Atlanta". Comicbook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 23, 2016. Diakses tanggal September 23, 2016. 
  90. ^ Bord, Christine (September 21, 2016). "'Spider-Man: Homecoming' is filming in NYC next week". On Location Vacations. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 23, 2016. Diakses tanggal September 23, 2016. 
  91. ^ Bord, Christine (September 23, 2016). "More 'Spider-Man: Homecoming' filming locations in NYC this weekend". On Location Vacations. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 26, 2016. Diakses tanggal September 26, 2016. 
  92. ^ Tyron Woodley on why he won't be playing a Spider-Man villain. Fox Sports. September 22, 2016. Berlangsung pada 5:27. Diakses tanggal September 26, 2016. 
  93. ^ Peters, Megan (October 2, 2016). "Tom Holland Shares Photo From Spider-Man: Homecoming's Last Day Of Filming". Comicbook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 2, 2016. Diakses tanggal October 2, 2016. 
  94. ^ Anisiobi, John James (October 11, 2016). "Spider-Man Homecoming actor Tom Holland impresses as he performs his own stunts on a moving double decker bus". Daily Mirror. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 11, 2016. Diakses tanggal October 11, 2016. 
  95. ^ Daniell, Mark (November 2, 2016). "Marvel's Kevin Feige on 'Doctor Strange', replacing Downey and the blueprint for the MCU". Toronto Sun. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 9, 2016. Diakses tanggal November 9, 2016. 
  96. ^ Truitt, Brian (December 8, 2016). "Exclusive photo: Spider-Man Tom Holland unmasked in 'Homecoming'". USA Today. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 8, 2016. Diakses tanggal December 8, 2016. 
  97. ^ Gallagher, Brian (December 8, 2016). "Shocker Revealed in Spider-Man: Homecoming International Trailer". MovieWeb. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 9, 2016. Diakses tanggal December 9, 2016. 
  98. ^ "SDCC: Marvel Studios Reveals Latest Phase 3 Secrets". CBR (dalam bahasa Inggris). 2016-07-23. Diakses tanggal 2020-02-08. 
  99. ^ "Spider-Man Takes Flight in the First, Tiny Glimpse at Spider-Man: Homecoming". io9 (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  100. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2017-07-09). "'Spider-Man: Homecoming' Still Swinging In As Sony's Second Best Domestic Opening Ever With $116M-$118M". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  101. ^ Babbage, Rachel (2017-05-22). "Spider-Man: Homecoming's arriving earlier than expected". Digital Spy (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  102. ^ "'Jumanji' Release Date Pushed, 'Spider-Man' Shifts". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  103. ^ Bell, Crystal. "Go Behind The Scenes Of Tom Holland's Spidey Stunts In This Spider-Man: Homecoming Exclusive". MTV News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  104. ^ Arnold, Thomas K.; Arnold, Thomas K. (2017-10-28). "Newest 'Spider-Man' Movie Shoots to Top of DVD, Blu-ray Disc Charts". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  105. ^ "Spider-Man: Homecoming". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2020-02-08. 
  106. ^ "'Wonder Woman' Tops Fandango Survey of Most Anticipated Summer Movies". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  107. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2018-03-21). "No. 7 'Spider-Man: Homecoming' Box Office Profits – 2017 Most Valuable Blockbuster Tournament". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  108. ^ Spider-Man: Homecoming (2017) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-02-08 
  109. ^ Metacritic (7 Juli 2017). ""Spider-Man: Homecoming Reviews"". Diakses tanggal 9 Febuari 2020. 
  110. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2017-07-09). "'Spider-Man: Homecoming' Still Swinging In As Sony's Second Best Domestic Opening Ever With $116M-$118M". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  111. ^ "Tom Holland Reveals Next 'Spider-Man' Movie Is Called 'Far From Home'". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  112. ^ "Samuel L. Jackson, Cobie Smulders join 'Spider-Man: Far From Home'". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 
  113. ^ Lang, Brent; Lang, Brent (2019-09-27). "Spider-Man Will Stay in the Marvel Cinematic Universe". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-08. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "TomeiBacklash" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SpideyAge" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "HollandHeyUGuys" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Revolori" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "AuntMayAge" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "StarrTIH" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "RothmanDowney" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "SDCC2016CBR" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "FeigeFuture" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "HollandJuly2016" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LeeCameo" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "HollandSequelOct2016" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "CCXPPanel" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Giacchino" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ZendayaTHRNov2016" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "HollandContract" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "TieInComic" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "FavreauDec2016" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Kimmel" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "DeadlineSequel" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "HollandHSVisit" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Premise" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]