Black Panther (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Black Panther
Black Panther poster.jpg
Sutradara Ryan Coogler
Produser Kevin Feige
Skenario
  • Joe Robert Cole
  • Ryan Coogler
Berdasarkan Black Panther 
oleh Stan Lee
Pemeran
Musik Ludwig Göransson
Sinematografi Rachel Morrison
Penyunting
  • Claudia Castello[1]
  • Michael P. Shawver[1]
Perusahaan
produksi
Distributor Walt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 14 Februari 2018 (2018-2-14) (Indonesia)
  • 16 Februari 2018 (2018-2-16) (Amerika Serikat)
Durasi
134 menit
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris

Black Panther adalah film pahlawan super Amerika berdasarkan karakter Marvel Comics dengan nama sama. Diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures, film ini merupakan film kedelapan belas dari Marvel Cinematic Universe. Film ini disutradarai oleh Ryan Coogler yang juga bertindak sebagai penulis skenario bersama Joe Robert Cole, dan dibintangi oleh Chadwick Boseman sebagai T'Challa / Black Panther, berdampingan dengan Michael B. Jordan, Lupita Nyong'o, Danai Gurira, Martin Freeman, Daniel Kaluuya, Angela Bassett, Forest Whitaker, dan Andy Serkis. Dalam Black Panther, T'Challa kembali ke Wakanda untuk memerintah sebagai raja, namun mendapati kekuasaannya ditentang oleh seorang musuh lama dalam konflik yang memiliki konsekuensi mendunia.

Wesley Snipes pertama kali mengutarakan niatnya untuk menggarap film Black Panther pada tahun 1992, di mana proyek ini mengalami beberapa perkembangan selama dekade selanjutnya, namun pada akhirnya tak membuahkan hasil. Pada bulan September 2005, sebuah film Black Panther terungkap sebagai salah satu film yang akan dikembangkan oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Paramount Pictures, dengan Mark Bailey ditunjuk untuk menulis skenario pada Januari 2011. Black Panther secara resmi diumumkan pada Oktober 2014, dengan Boseman tampil terlebih dahulu untuk pertama kalinya dalam Captain America: Civil War. Cole dan Coogler bergabung dengan film ini pada akhir 2015, sementara jajaran pemain lainnya mulai diumumkan pada Mei 2016. Syuting untuk film ini berlangsung dari bulan Januari sampai April 2017 di EUE/Screen Gems Studios dan Pinewood Atlanta Studios di Atlanta, serta Busan, Korea Selatan.

Black Panther dijadwalkan akan dirilis di Amerika Serikat pada 16 Februari 2018.

Plot[sunting | sunting sumber]

Setelah peristiwa dalam Captain America: Civil War, Raja T'Challa kembali ke Wakanda namun tak lama kemudian mendapati kekuasaannya ditentang oleh sebuah kelompok. Saat dua musuh bersekongkol untuk menjatuhkan kerajaan, T’Challa sebagai Black Panther harus bekerja sama dengan agen C.I.A., Everett K. Ross, dan anggota Dora Milaje—pasukan khusus Wakanda—untuk mencegah sebuah perang dunia.[2]

Pemeran[sunting | sunting sumber]

(Kiri-kanan) Produser Kevin Feige, sutradara Ryan Coogler, beserta para pemeran film Lupita Nyong'o, Michael B. Jordan, Danai Gurira dan Chadwick Boseman mempromosikan Black Panther di 2016 San Diego Comic-Con International.

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film ini meraup keuntungan sebanyak $1,3 miliar dari seluruh dunia. Indonesia menyumbang $12,4 juta dengan perkiraan 3.901.000 penonton.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Strom, Marc (January 26, 2017). "Marvel Studios Begins Production On 'Black Panther'". Marvel.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 26, 2017. Diakses tanggal January 26, 2017. 
  2. ^ Anderson, Jenna (May 18, 2017). "New Black Panther Synopsis Revealed". Comicbook.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 20, 2017. Diakses tanggal May 19, 2017. 
  3. ^ Black Panther di Twitter Sunting ini di Wikidata

Pranala luar[sunting | sunting sumber]