Avengers: Age of Ultron

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Avengers: Age of Ultron
Avengers Age of Ultron.jpg
SutradaraJoss Whedon
ProduserKevin Feige
SkenarioJoss Whedon
BerdasarkanThe Avengers
oleh Stan Lee
Jack Kirby
Pemeran
MusikBrian Tyler
SinematografiBen Davis
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 1 April 2015 (2015-4-1) (Amerika Serikat)
  • 28 April 2015 (2015-4-28) (Indonesia)
Durasi
141 menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$279.9 juta
Pendapatan kotor$1.383 milyar

Avengers: Age of Ultron adalah sebuah film pahlawan super berdasarkan komik Avengers, produksi Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Film ini merupakan sekuel Marvel Cinematic Universe dari Marvel's Avengers. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Joss Whedon dan dperankan oleh Robert Downey, Jr., Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Chris Evans, Scarlett Johansson, Jeremy Renner, Don Cheadle, Aaron Johnson, Elizabeth Olsen, Paul Bettany, Cobie Smulders, Stellan Skarsgård, James Spader, dan Samuel L. Jackson.

Avengers: Age of Ultron perdana di Los Angeles pada 13 April 2015, dan dirilis pada tanggal 1 Mei 2015, di Amerika Utara, dalam 3D dan IMAX 3D. Film ini mendapat review positif dari kritikus dan mendapatkan pendapatan kotor lebih dari $1,4 miliar di seluruh dunia, menjadikannya film dengan pendapatan terlaris ketujuh dalam sejarah dan film keempat terlaris tahun 2015. Sebuah sekuel, Avengers: Infinity War, dijadwalkan akan dirilis pada 4 Mei 2018, dan sekuel berjudul Avengers: Endgame dijadwalkan untuk tanggal 3 Mei 2019.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini dibuka dengan adegan para Avengers menyerang markas Hydra yang dipimpin oleh Baron Wolfgang von Strucker. Target utama mereka adalah merebut tongkat Loki yang digunakan Hydra untuk bereksperimen membentuk manusia super. Usaha mereka berhasil, tongkat Loki dapat direbut.

Sebagai ilmuwan, Tony Stark atau Iron Man memiliki ketertarikan khusus pada tongkat Loki. Ia ingin melengkapi program pelindung yang ia sebut ULTRON. Ia mendapat izin dari Thor untuk meneliti tongkat tersebut. Bersama Bruce Banner (Hulk), Tony mendapati otak super komputer di tongkat Loki yang massanya lebih besar daripada otak komputer JARVIS milik Tony. Kedua otak komputer ini dihubungkan secara offline. Ketika mereka terhubung, otak dalam permata Loki menguasai otak Jarvis yang penuh informasi misi Avengers. Hasilnya, Ultron yang digagas Tony memiliki otak super canggih dengan informasi kehancuran yang dibuat para Avengers. Ultron berpikir bahwa bumi dalam bahaya dan ia harus menyelamatkan bumi meski harus membunuh lebih banyak manusia di prosesnya. Untuk mengalahkan seluruh Avengers, sebuah tubuh super canggih harus dibuat. Ultron dan si kembar, Pietro Maximoff (Quicksilver) dan Wanda Maximoff (Scarlet Witch) bersatu untuk satu tujuan ini.

Ketiganya ke Afrika untuk mengambil Vibrarium (besi imaginer yang digunakan untuk membuat perisai Captain Amerika). Di sini mereka diserang oleh Avengers yang tahu rencana mereka. Wanda memanipulasi otak mereka dan mengacaukan pertarungan. Masing-masing Avengers (kecuali Iron Man dan Hawkeye) melihat ketakutan terbesar mereka. Namun sebenarnya, sasaran utama Wanda adalah Hulk yang sulit dikendalikan. Hulk mengamuk dan membuat banyak kehancuran di kota. Hanya tersisa Iron Man yang terpaksa mengeluarkan program VERONICA yang memang disiapkan untuk menahan kemarahan Hulk jika tidak ada Natasha Romanov. VERONICA adalah Iron Man raksasa seukuran Hulk.

Dunia mengutuk para Avengers atas kehancuran kota. Para Avengers sendiri juga perlu menjernihkan pikiran mereka yang dimanipulasi oleh Wanda. Mereka bersembunyi di rumah Hawkeye yang ternyata memiliki istri dan anak. Para Avengers yang hebat bersembunyi sampai akhirnya Fury datang untuk membujuk mereka kembali. Banner memutuskan mengundurkan diri dari Avangers jika Ultron sudah terkalahkan. Romanov menyatakan akan menemaninya kemana pun.

Setelah bahan dasar vibrarium didapat, Ultron dan si kembar memaksa Dr Helen Cho untuk membuat tubuh baru untuk Ultron. Gabungan dari teknologi temuan DrCho, vibranium dan permata di tongkat loki bisa membentuk tubuh sempurna Ultro yang tak terkalahkan. Ketika Ultron mulai memasukkan dirinya ke tubuh itu, Wanda melihat tujuan Ultron adalah untuk menghancurkan dunia. Si kembar memutuskan bergabung dengan para Avengers untuk merebut tubuh baru diciptakan Ultron. Mereka berhasil merebutnya dan mengirim ke Tony Stark. Sekali lagi, atas nama perdamaian, Tony Stark mengupload Jarvis ke dalam tubuh tersebut. Para Avengers sempat saling berselisih. Kali ini Tony Stark didukung Thor yang mengetahui permata di tongkat Loki adalah satu dari 6 permata infinite di dunia. Penciptaan robot ini bagian dari visi yang dilihat oleh Thor. Robot baru ini bernama Vision. Setelah yakin Vision di pihak mereka, para Avengers dan sekutu baru segera berangkat ke Sokovia kembali untuk menggagalkan rencana Ultron menghancurkan dunia.

Pertarungan terakhir antara Ultron Jahat dengan semua Avengers dan sekutu baru mereka di mulai. Diawali dengan mengungsikan seluruh penduduk keluar dari Sokovia. Mereka harus bertarung dengan ribuan robot ciptaan Ultron.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Lagu tema[sunting | sunting sumber]

No. JudulPenyusun musik Durasi
1. "Avengers: Age of Ultron Title"  Brian Tyler 0:43
2. "Heroes" (not featured in the film)Danny Elfman 2:07
3. "Rise Together"  Brian Tyler 2:23
4. "Breaking and Entering"  Brian Tyler 3:04
5. "It Begins"  Danny Elfman 2:42
6. "Birth of Ultron"  Brian Tyler 3:05
7. "Ultron-Twins"  Danny Elfman 4:13
8. "Hulkbuster"  Brian Tyler 4:32
9. "Can You Stop This Thing?"  Danny Elfman 1:03
10. "Sacrifice"  Brian Tyler 2:42
11. "Farmhouse"  Danny Elfman 4:02
12. "The Vault"  Brian Tyler 2:58
13. "The Mission"  Brian Tyler 2:48
14. "Seoul Searching"  Brian Tyler 2:48
15. "Inevitability-One Good Eye" (not featured in film)Danny Elfman 5:07
16. "Ultron Wakes"  Danny Elfman 1:43
17. "Vision"  Brian Tyler 3:47
18. "The Battle"  Brian Tyler 4:24
19. "Wish You Were Here"  Brian Tyler 1:36
20. "The Farm"  Danny Elfman 1:14
21. "Darkest of Intentions"  Brian Tyler 2:26
22. "Fighting Back"  Brian Tyler 2:33
23. "Avengers Unite"  Danny Elfman 1:08
24. "Keys to the Past"  Brian Tyler 1:48
25. "Uprising"  Brian Tyler 2:32
26. "Outlook"  Brian Tyler 2:38
27. "The Last One"  Brian Tyler 2:14
28. "Nothing Lasts Forever"  Danny Elfman 1:57
29. "New Avengers - Avengers: Age of Ultron"  Danny Elfman 3:09
Durasi total:
1:17:26

Pranala luar[sunting | sunting sumber]