Captain America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Captain America
CaptainAmerica109.jpg
Captain America #109 (Jan. 1969).
Seni by Jack Kirby dan Syd Shores.
Informasi publikasi
Penerbit Marvel Comics
Penampilan pertama Captain America Comics #1 (Maret 1941)
Dibuat oleh Joe Simon (penulis)
Jack Kirby (ilustrasi)
Informasi dalam cerita
Alter ego Steven "Steve" Rogers[1]
Afiliasi tim
Kemitraan
Nama alias terkenal Nomad, The Captain
Kemampuan
  • Kekuatan, kelincahan, kecepatan, dan stamina diatas rata rata manusia normal
  • Menguasai bela diri, taktik, dan seorang penembak jitu
  • Memegang perisai dari logam Vibranium
  • Komandan lapangan yang sangat cerdas dan disiplin

Captain America adalah sosok pahlawan super fiktif dari Marvel Comics. Memiliki musuh besar bernama Red Skull dan Baron Zemo, Rogers adalah tentara AS yang tidak memiliki kemampuan sama sekali. Berkat bantuan Dr. Joshef Reinstein dengan serum super soldiernya. Pahlawan yg lahir pada tahun 1920 ini menjadi pahlawan perang Amerika Serikat saat menghadapi sekutu NAZI yang dipimpin oleh Adolf Hitler. Dibuat oleh komikus Joe Simon dan Jack Kirby, karakter pertama kali muncul di Captain America Comics # 1 (cover Maret 1941) dari Timely Comics, pendahulu dari Marvel Comics.

Captain America memakai kostum yang dikenakan bendera bermotif bendera Amerika Serikat, dan dipersenjatai dengan perisai hampir tidak bisa dihancurkan saat ia melempar pada musuh. Karakter ini biasanya digambarkan sebagai alter ego dari Steve Rogers, seorang pemuda lemah yang ditingkatkan ke puncak kesempurnaan manusia oleh serum eksperimental untuk membantu upaya pemerintah Amerika Serikat dalam Perang Dunia II. Menjelang akhir perang, ia terjebak dalam es dan selamat dalam animasi ditangguhkan sampai dia dihidupkan kembali pada hari ini. Meskipun Captain America sering berjuang untuk mempertahankan cita-citanya sebagai seorang pria yang keluar dari waktunya dengan realitas modern, ia tetap menjadi tokoh yang sangat dihormati di masyarakat yang meliputi menjadi pemimpin lama dari Avengers.

Captain America adalah yang pertama karakter Marvel Comics telah muncul di media luar komik dengan rilis dari seri film tahun 1944, Captain America. Sejak itu, karakter telah ditampilkan dalam film lain dan serial televisi, baru-baru ini di Marvel Cinematic Universe (MCU) diperankan oleh Chris Evans di Captain America: The First Avenger, The Avengers, Captain America: The Winter Soldier, Avengers: Age of Ultron, Captain America: Civil War, dan film Avengers: Infinity War (2018) dan sekuelnya untitled sequel (2019).

Captain America berada di peringkat enam pada IGN "Top 100 Comic Book Heroes of All Time" pada tahun 2011,[2] peringkat kedua dalam daftar mereka "The Top 50 Avengers" tahun 2012,[3] dan kedua di daftar "Top 25 best Marvel superheroes" pada tahun 2014.[4]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Captain America Comics #1 (Maret 1941). Seni oleh oleh Joe Simon (tinta dan pensil) dan Jack Kirby (pensil).
Captain America #180 (Des. 1974). Captain America menjadi "Nomad". Seni oleh Gil Kane dan Frank Giacoia.

Kemampuan[sunting | sunting sumber]

Captain America tidak memiliki kekuatan super, tetapi melalui Serum Super-Soldier dan pengobatan "Vita-Ray", dia berubah dengan kekuatan, ketahanan, kelincahan, kecepatan, refleks, daya tahan, dan penyembuhan berada di puncak potensi alami manusia. Tubuh Rogers teratur mengisi ulang serum super prajurit; tidak luntur.

Meskipun ia tidak memiliki kekuatan super, Captain America adalah salah satu makhluk fana sedikit yang telah dianggap cukup layak untuk memegang palu Thor yaitu Mjolnir.[5]

Serum Super-Soldier[sunting | sunting sumber]

Rumusnya meningkatkan semua fungsi metaboliknya dan mencegah penumpukan racun kelelahan di ototnya, memberinya daya tahan jauh melebihi manusia biasa. Ini menyumbang banyak prestasi luar biasa, termasuk bangku yang menekan 1200 pound (545 kg) dan berlari sejauh (1.6 km) dalam waktu 73 detik (49 mph/78 kph).[6] Selanjutnya, perangkat tambahannya adalah alasan mengapa ia mampu bertahan dalam pembekuan dalam animasi yang dihentikan selama beberapa dekade. Dia sangat tahan terhadap hipnosis atau gas yang bisa membatasi fokusnya.[7] Rahasia menciptakan serum prajurit-super hilang karena kematian penciptanya, Dr. Abraham Erskine.[8] Dalam dekade-dekade berikutnya, banyak usaha untuk menciptakan kembali pengobatan Erskine, hanya untuk membuat mereka gagal. Yang lebih buruk lagi, usaha tersebut justru membuat penjahat super psikopat yang sering diadopsi oleh peniru Captain America tahun 1950-an dan Nuke adalah contoh yang paling terkenal.

Senjata dan peralatan[sunting | sunting sumber]

Perisai Captain America

Captain America telah menggunakan beberapa perisai sepanjang sejarahnya, yang paling lazim yang merupakan perisai berbentuk cakram yang tidak bisa dihancurkan yang terbuat dari campuran baja eksperimental dan vibranium fiktif.[9][10] Perisai dilemparkan oleh ahli metalik Amerika Dr. Myron MacLain, yang dikontrak oleh pemerintah A.S., dari perintah Presiden Franklin D. Roosevelt, untuk menciptakan zat yang tidak bisa ditembus untuk digunakan untuk tank selama Perang Dunia II.[9] Paduan ini diciptakan secara tidak sengaja dan tidak pernah diduplikasi, walaupun upaya untuk merekayasa balik menghasilkan penemuan adamantium.[11]

Captain America sering menggunakan perisainya sebagai senjata lempar ofensif. Contoh pertama dari perisai perisai merek dagang Captain America yang memiringkan terjadi pada komik-komik Stan Lee yang pertama, cerita teks dua halaman "Captain America Foils the Traitor's Revenge" di Captain America Comics #3 (Mei 1941).[12] Warisan perisai di antara karakter komik lainnya mencakup superhero mutan Cable yang bepergian dengan waktu yang memberi tahu Captain America bahwa perisainya masih ada di salah satu kemungkinan masa depan; Cable membawanya ke medan perang dan mengacungkannya sebagai simbol.[13]

Captain America telah menggunakan motor khusus, dimodifikasi oleh laboratorium senjata S.H.I.E.L.D., serta mobil pertempuran custom-built, yang dibangun oleh Wakanda Design Group dengan kemampuan untuk mengubah warnanya untuk tujuan penyamaran (merah, putih dan biru), dan dipasang untuk menyimpan dan menyembunyikan sepeda motor custom di bagian belakangnya. Dengan bingkai yang memungkinkan Rogers meluncur dari kendaraan yang mengendarainya.

Antagonis[sunting | sunting sumber]

Captain America telah menghadapi banyak musuh di lebih dari 70 tahun petualangan yang diterbitkan. Banyak dari musuh yang berulang-ulang mewujudkan ideologi yang bertentangan dengan nilai-nilai Amerika yang diketahui dan diyakini oleh Captain America. Beberapa contoh dari nilai-nilai yang bertentangan ini adalah Nazisme (Red Skull, Baron Zemo), Neo-Nazisme (Crossbones, Doctor Faustus) Fasisme teknokratik (AIM, Arnim Zola), Komunisme (Aleksander Lukin), anarkisme (Flag Smasher) dan terorisme internasional dan domestik (Hydra).

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Official Handbook of the Marvel Universe A-Z Softcover #2
  2. ^ "IGN's Top 100 Comic Book Heroes". IGN. 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 30, 2015. Diakses tanggal July 9, 2015. 
  3. ^ "The Top 50 Avengers". IGN. April 30, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 29, 2015. Diakses tanggal July 28, 2015. 
  4. ^ Yehl, Joshua; Lake, Jeff (September 10, 2014). "Top 25 Best Marvel Superheroes". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 31, 2014. Diakses tanggal October 19, 2015. 
  5. ^ DeFalco, Tom (w), Frenz, Ron (p), Breeding, Brett (i). "The Hero and the Hammer" Thor 390 (April 1988)
  6. ^ Brubaker, Ed (w), Pulido, Javier; Martín, Marcos; Perkins, Mike (p), Pulido, Javier; Martín, Marcos; Perkins, Mike (i). "Secrets of Iron & Fire" Captain America 65th Anniversary Special 1 (May 2006)
  7. ^ Busiek, Kurt (w), Pérez, George (p), Pérez, George (i). "Book Four: The Brave and the Bold" Avengers/JLA 4 (March 2005)
  8. ^ Lee, Stan (w), Kirby, Jack (p), Giacoia, Frank (i). "The Origin of Captain America!" Tales of Suspense 63 (March 1965)
  9. ^ a b Carlin, Mike (w), Neary, Paul (p), Janke, Dennis (i). "Double Dare" Captain America 303 (March 1985)
  10. ^ Carlin, Mike (w), Neary, Paul (p), Janke, Dennis (i). "Undercover of the Night" Captain America 304 (April 1985)
  11. ^ Thomas, Roy (w), Smith, Barry (p), Shores, Syd (i). "Betrayal" The Avengers 66 (July 1969)
  12. ^ Thomas, Roy (2006). Stan Lee's Amazing Marvel Universe. New York, New York: Sterling Publishing. hlm. 11. ISBN 978-1-4027-4225-5. The line reads: "With the speed of thought, he sent his shield spinning through the air to the other end of the tent, where it smacked the knife out of Haines' hand!" It became a convention starting the following issue, in which the art in a Simon and Kirby comics story illustrates the following caption: "Captain America's speed of thought and action save Bucky's life — as he hurls his shield across the room. 
  13. ^ Nicieza, Fabian (w), Medina, Lan (p), Tadeo, Ed (i). "Living Legends" Cable & Deadpool 25 (April 2006)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:GoldenAge