Avengers: Infinity War

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Avengers: Infinity War
Infinity war.png
Logo film
SutradaraAnthony Russo
Joe Russo
ProduserKevin Feige
SkenarioChristopher Markus
Stephen McFeely
BerdasarkanThe Avengers
Stan Lee
Jack Kirby
Pemeran
MusikAlan Silvestri
SinematografiTrent Opaloch
Penyunting
  • Jeffrey Ford
  • Matthew Schmidt
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 23 April 2018 (2018-4-23) (Dolby Theatre, L.A.)
  • 25 April 2018 (2018-4-25) (Indonesia)
  • 27 April 2018 (2018-4-27) (Amerika Serikat)
Durasi
149 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$316-400 Juta
Pendapatan kotor$2.048 Miliar

Avengers: Infinity War adalah film pahlawan super Amerika 2018 yang didasarkan pada tim superhero Marvel Comics the Avengers, diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Ini adalah sekuel The Avengers 2012 dan Avengers: Age of Ultron 2015, dan film kesembilan belas di Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini disutradarai oleh Anthony dan Joe Russo, ditulis oleh Christopher Markus dan Stephen McFeely, dan menampilkan pemeran ansambel termasuk Robert Downey Jr, Chris Hemsworth, Mark Ruffalo, Chris Evans, Scarlett Johansson, Benedict Cumberbatch, Don Cheadle, Tom Holland, Chadwick Boseman, Paul Bettany, Elizabeth Olsen, Anthony Mackie, Sebastian Stan, Danai Gurira, Letitia Wright, Dave Bautista, Zoe Saldana, Josh Brolin, dan Chris Pratt. Dalam film tersebut, Avengers dan Guardians of the Galaxy berupaya mencegah Thanos dari mengumpulkan enam Batu Infinity yang sangat kuat sebagai bagian dari upayanya untuk membunuh setengah dari seluruh kehidupan di alam semesta.

Film ini diumumkan pada Oktober 2014 sebagai Avengers: Infinity War - part 1. The Russo brother datang untuk mengarahkan pada April 2015, dan sebulan kemudian Markus dan McFeely menandatangani untuk menulis naskah untuk film tersebut, yang mendapat inspirasi dari Buku komik Jim Starlin 1991, The Infinity Gauntlet, dan komik komik Jonathan Hickman 2013, Infinity. Pada 2016, Marvel memperpendek gelar menjadi Avengers: Infinity War. Pembuatan film dimulai pada Januari 2017 di Pinewood Atlanta Studios di Fayette County, Georgia, dengan pemain besar yang sebagian besar terdiri dari aktor yang mengulang peran mereka dari film MCU sebelumnya, termasuk Brolin sebagai Thanos. Dengan perkiraan anggaran $ 316-400 juta, ini adalah salah satu film termahal yang pernah dibuat.

Avengers: Infinity War mengadakan premier dunianya pada 23 April 2018, di Los Angeles, dan dirilis di Amerika Serikat pada 27 April. Penampilan Brolin dipuji, seperti juga bobot emosional dari cerita, efek visual, dan urutan aksi , tetapi film ini dikritik karena mengandalkan film MCU sebelumnya untuk ceritanya. Itu adalah film keempat dan film superhero pertama yang mendapat lebih dari $ 2 miliar di seluruh dunia, memecahkan banyak rekor box office. Ini menjadi film terlaris tahun 2018 dan film terlaris keempat sepanjang masa di seluruh dunia dan di Amerika Serikat dan Kanada. Efek visual film tersebut dinominasikan di 91 st Academy Awards, 24th Critics 'Choice Awards, dan 72nd British Academy Film Awards. Sekuelnya, Avengers: Endgame, dirilis pada April 2019.

Alur[sunting | sunting sumber]

Setelah memperoleh Batu kekuatan, salah satu dari enam Batu Infinity, dari planet Xandar, Thanos dan para letnannya — Ebony Maw, Cull Obsidian, Proxima Midnight, dan Corvus Glaive — mencegat pesawat ruang angkasa yang membawa korban selamat dari kehancuran Asgard baru-baru ini. Ketika mereka mengekstraksi Space stone dari Tesseract, Thanos menaklukkan Thor, mengalahkan Hulk, dan membunuh Loki. Thanos juga membunuh Heimdall setelah dia mengirim Hulk ke Bumi menggunakan Bifröst. Thanos dan para letnannya pergi, dan menghancurkan kapal.

Hulk mendarat di Sanctum Sanctorum di New York City, kembali ke bentuk Bruce Banner. Dia memperingatkan Stephen Strange dan Wong tentang rencana Thanos untuk membunuh setengah dari seluruh kehidupan di alam semesta, dan mereka merekrut Tony Stark. Maw dan Obsidian tiba untuk mengambil Time Stone dari Strange, menarik perhatian Peter Parker. Maw tidak dapat mengambil Time stone karena pesona dan menangkap Strange sebagai gantinya. Stark dan Parker menyelinap di pesawat ruang angkasa Maw sementara Wong tetap di belakang untuk menjaga Sanctum.

Di Edinburgh, Midnight dan Glaive menyergap Wanda Maximoff dan Vision untuk mengambil Batu Pikiran, yang ada di dahi Vision. Steve Rogers, Natasha Romanoff, dan Sam Wilson menyelamatkan mereka dan mereka berlindung dengan James Rhodes dan Banner di kawanan Avenger. Vision meminta Maximoff untuk menghancurkan dirinya sendiri dan Mind stone untuk dijaga dari Thanos, tetapi Maximoff menolak. Rogers menyarankan mereka melakukan perjalanan ke Wakanda, yang menurutnya memiliki sumber daya untuk menghilangkan Batu tanpa menghancurkan Vision.

Guardians of the Galaxy menanggapi panggilan darurat dari kapal Asgardian dan menyelamatkan Thor, yang menduga bahwa Thanos saat ini akan mengejar Reality Stone, yang dimiliki oleh Collector di Knowhere. Rocket dan Groot menemani Thor ke Nidavellir, di mana mereka dan Eitri menciptakan Stormbreaker, kapak perang yang mampu membunuh Thanos. Di Knowhere, Peter Quill, Gamora, Drax, dan Mantis menemukan Thanos dengan Reality Stone yang sudah dimilikinya. Thanos membawa Gamora, anak angkatnya, yang mengungkapkan Soul stone ada di Vormir untuk menyelamatkan adik angkatnya, Nebula, dari penyiksaan. Pada Vormir, penjaga Batu, Red skull, memberitahu Thanos bahwa ia hanya bisa mendapatkannya dengan mengorbankan seseorang yang ia cintai. Thanos membunuh Gamora, dan mendapatkan batunya.

Nebula lolos dari penawanan dan meminta Guardian yang tersisa untuk menemuinya di dunia rumah Thanos yang hancur, Titan. Stark dan Parker membunuh Maw dan menyelamatkan Strange. Mendarat di Titan, mereka bertemu Quill, Drax, dan Mantis. Strange menggunakan Time Stone untuk melihat jutaan kemungkinan masa depan, hanya melihat satu di mana Thanos kalah. Kelompok ini membentuk rencana untuk menundukkan Thanos dan menyingkirkan Infinity Gauntlet, yang ia gunakan untuk menggunakan infinity Stones. Thanos muncul dan membenarkan rencananya seperlunya untuk memastikan kelangsungan hidup alam semesta yang terancam oleh kelebihan populasi. Nebula tiba segera setelah itu, dan membantu yang lain menaklukkan Thanos sampai dia menyimpulkan bahwa Thanos telah membunuh Gamora. Marah, Quill menyerang Thanos, memungkinkannya untuk melepaskan dari cengkeraman kelompok dan mengalahkan mereka. Stark terluka parah oleh Thanos, tetapi terhindar setelah Strange menyerahkan Time Stone ke Thanos.

Di Wakanda, Rogers bersatu kembali dengan Bucky Barnes sebelum pasukan Thanos menyerbu. The Avengers, bersama T'Challa dan pasukan Wakanda, membangun pertahanan sementara Shuri bekerja untuk mengekstrak Mind stone dari Vision. Hulk menolak untuk bertarung setelah kalah dari Thanos, jadi Banner bertarung dalam baju baja Hulkbuster Stark. Thor, Rocket, dan Groot tiba untuk memperkuat para Avenger; Midnight, Obsidian, dan Glaive terbunuh dan pasukan mereka diarahkan, tetapi Shuri tidak dapat menyelesaikan ekstraksi Mind stone dari Vision sebelum Thanos tiba untuk mengambilnya. Maximoff menghancurkan Mind stone dan Vision, tetapi Thanos menggunakan Time stone untuk membalikkan tindakannya. Dia mengambil Mind stone yang diperbaiki dari dahi Vision, membunuhnya. Thor terluka parah Thanos dengan Stormbreaker, tapi Thanos mengaktifkan Gauntlet yang sudah selesai dengan menjentikkan jarinya. Dia kemudian teleport pergi.

Setengah dari semua kehidupan di alam semesta hancur, termasuk Barnes, T'Challa, Groot, Maximoff, Wilson, Mantis, Drax, Quill, Strange, dan Parker, serta Maria Hill dan Nick Fury, meskipun Fury mampu mengirimkan keadaan darurat memberi sinyal pada pager yang dimodifikasi sebelum berubah menjadi debu. Stark dan Nebula tetap berada di Titan sementara Banner, M'Baku, Okoye, Rhodes, Rocket, Rogers, Romanoff, dan Thor ditinggalkan di medan perang Wakanda. Sementara itu, Thanos menyaksikan matahari terbit di planet yang damai.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Production[sunting | sunting sumber]

Pada Oktober 2014, Marvel mengumumkan sekuel Avengers: Age of Ultron (2015) yang terdiri dari dua bagian berjudul Avengers: Infinity War. Bagian pertama dijadwalkan ditayangkan pada 4 Mei 2018, sementara bagian kedua dijadwalkan ditayangkan pada 3 Mei 2019.[1][2] Pada April 2015, Marvel mengumumkan Anthony dan Joe Russo akan menyutradarai kedua bagian Avengers: Infinity War,[3] dengan produksi dilakukan secara bersamaan yang dimulai sekitar tahun 2016.[4] Pada bulan berikutnya, Christopher Markus and Stephen McFeely menjadi penulis naskah kedua bagian film ini,[5] yang terilhami dari komik The Infinity Gauntlet (1991) karya Jim Starlin dan komik Infinity (2013) karya Jonathan Hickman.[6] Anthony Russo menambahkan film ini terilhami dari film perampokan tahun 1990.[7] Produser Kevin Feige mengatakan Avengers: Infinity War akan diberi subjudul Part 1 dan Part 2.[8] Pada Mei 2016, Russo bersaudara mengungkapkan mereka akan mengganti kedua judul film itu untuk menghilangkan kesalahpahaman bahwa film itu adalah film berdurasi lebih lama yang dibagi menjadi dua.[9] Dua bulan kemudian, Marvel mengganti judul Part 1 menjadi Avengers: Infinity War.[10]

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2017, Robert Downey Jr. dan organisasinya filantropis Random Act Funding bermitra dengan Omaze untuk kontes di mana pemenang yang dipilih secara acak dari mereka yang menyumbang akan menerima kunjungan set Infinity War.[11] Sebuah patung seukuran Thanos, dibuat oleh Legacy Effects, dipajang di D23 Expo 2017, di samping patung-patung Black Order / "Anak-anak Thanos": Corvus Glaive, Proxima Midnight, Ebony Maw, dan Cull Obsidian.[12] Selain itu, Feige, Joe Russo, Downey, Brolin, Bettany, Olsen, Klementieff, Gillan, Bautista, Cheadle, Mackie, Cumberbatch, Stan, Belanda, Boseman, Ruffalo, dan Hemsworth muncul di D23 Expo untuk menyajikan klip yang menyoroti 10 tahun Film MCU, bersama dengan cuplikan dari Infinity War.

Untuk mempromosikan trailer pertama film tersebut, Marvel merilis video kompilasi dari beberapa trailer sebelumnya sejak Iron Man (2008), "membandingkan dengan video reaksi penggemar dengan trailer tersebut". Trailer pertama untuk Avengers: Infinity War memulai debutnya di Good Morning America pada 29 November 2017.[13] Josh Spiegel dari The Hollywood Reporter mengatakan, "Bagian terpenting dari trailer adalah bagaimana trailer itu dengan hati-hati, dengan sengaja memperkenalkan gagasan bahwa film-film Infinity War akan berfungsi sebagai pelintas obor, dari satu set Avengers ke grup yang lebih baru. ". Scott Mendelson, yang menulis untuk Forbes, mencatat bahwa meskipun trailer itu tidak jauh berbeda dari rekaman konvensi yang diputar pada awal tahun, itu "sangat mengesankan. Selain itu, ia menggunakan pidato 'Avengers Initiative' besar Nick Fury, bersama dengan Alan Silvestri. Tema Avengers, untuk efek yang sangat baik ".[14]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Avengers: Infinity War mengadakan perdananya di Dolby Theatre di Los Angeles pada tanggal 23 April 2018, diputar juga di Teater El Capitan yang berdekatan dan Teater Cina Grauman. Album ini dirilis di sebagian besar negara di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, pada tanggal 27 April 2018, dengan beberapa debut dimulai pada tanggal 25 April,[15] dan ditunjukkan dalam IMAX dan 3D pada layar tertentu.[16] Di Amerika Serikat, film ini dibuka di 4.474 bioskop, 408 di antaranya adalah IMAX; ini adalah perilisan terluas untuk judul Disney dan yang terlebar kedua setelah 4.529 teater Despicable Me 3. Tiga lokasi AMC Theatres memutar film selama 24 jam berturut-turut, dengan 53 lokasi mereka memiliki waktu tayang pada jam 2 pagi atau jam 3 pagi untuk mengakomodasi permintaan.[17] Di India, film ini memiliki perilisan terbesar untuk film Hollywood, dibuka di hampir 2.000 layar dalam empat bahasa.[18] Film ini juga diputar di 515 bioskop 4DX di 59 negara. Avengers: Infinity War pada awalnya dijadwalkan akan dirilis pada 4 Mei 2018 di Amerika Serikat. Rilis film China, yang dibuka pada 11 Mei 2018,[19] pada awalnya dijadwalkan berakhir pada 10 Juni 2018, tetapi diberikan perpanjangan "langka" selama 30 hari, hingga berakhir pada 9 Juli 2018.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Avengers: Infinity War dirilis pada unduhan digital oleh Walt Disney Studios Home Entertainment pada 31 Juli 2018, dan pada Ultra HD Blu-ray, Blu-ray, dan DVD pada tanggal 14 Agustus. Perilisan digital dan Blu-ray termasuk di belakang Fitur-adegan layar, komentar audio, adegan dihapus, dan gulungan blooper. Rilis digital ini juga menampilkan diskusi meja bundar antara direktur MCU the Russos, Jon Favreau, Joss Whedon, James Gunn, Ryan Coogler, Peyton Reed, dan Taika Waititi.[20] Dalam hal penjualan media rumah, versi fisik film ini secara kolektif merupakan perilisan media rumah terbaik minggu ini ketika mereka pertama kali dirilis.[21]

Meskipun direkam dengan kamera IMAX dan dirilis di bioskop IMAX dalam aspek rasio 1,90: 1, perilisan media rumah tidak memasukkan film dalam rasio aspek, melainkan memasukkan rasio aspek 2,39: 1 yang dipangkas yang digunakan untuk pemutaran non-IMAX . Joe Russo mengatakan mereka "menghabiskan waktu lama untuk mencoba" memiliki versi IMAX di media rumah, tetapi karena IMAX Corporation memiliki "agensi atas format itu", situasinya "rumit". Dia tidak mengesampingkan kemungkinan bahwa versi ini bisa tersedia di kemudian hari.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Avengers: Infinity War mendapat $ 678,8 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 1,370 miliar di wilayah lain, dengan total $ 2,048 miliar di seluruh dunia. Itu menjadi film terlaris keempat tertinggi sepanjang masa,[22] serta film terlaris tertinggi tahun 2018,[23] film MCU terlaris tertinggi, dan film superhero terlaris tertinggi.

Akhir pekan pembukaannya di seluruh dunia sebesar $ 640,5 juta adalah yang terbesar sepanjang masa, mengalahkan The Fate of the Furious '(2017) $ 541,9 juta. Ia kemudian dikalahkan oleh sekuelnya, Avengers: Endgame, yang mendapat $ 1,481 miliar pada akhir pekan pembukaannya.[24] Itu adalah film tercepat yang menghasilkan $ 1 miliar di box office di seluruh dunia, melakukannya dalam 11 hari untuk melampaui rekor Star Wars: The Force Awakens (2015) selama 12 hari.[25] Juga, di akhir pekan keduanya, Infinity War mengeluarkan $ 13,5 juta dari layar 4DX, yang merupakan rekor sepanjang masa untuk format tersebut. Pada tanggal 12 Juni 2018, Avengers: Infinity War melewati angka $ 2 miliar di box office seluruh dunia, menjadi film keempat yang melewati tonggak sejarah setelah Avatar (2009), Titanic (1997), dan The Force Awakens. Melewati batas dalam 48 hari, itu tercepat kedua ke titik itu, setelah rekor 47 hari Avatar. Dengan $ 140 juta di seluruh dunia dari IMAX, film ini adalah yang terbesar ketiga di dunia dalam format, di belakang Avatar dan The Force Awakens,dan terbesar untuk film Marvel. Tenggat Hollywood memperkirakan laba bersih film menjadi $ 500 juta, terhitung untuk anggaran produksi, P&A, partisipasi bakat dan biaya lainnya, dengan penghasilan box office dan pendapatan tambahan dari media rumah, menempatkannya sebagai yang pertama dalam daftar 2018 "Most Valuable Blockbuster" ".[26]

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Situs agregator ulasan Rotten Tomatoes melaporkan peringkat persetujuan 85% dengan skor rata-rata 7,63 / 10, berdasarkan 451 ulasan. Konsensus kritis situs web itu berbunyi, "Avengers: Infinity War dengan cakap menyulap serangkaian pahlawan MCU yang memusingkan dalam perang melawan ancaman paling buruk mereka, dan hasilnya adalah sebuah blockbuster yang mendebarkan dan menggugah secara emosional yang (kebanyakan) mewujudkan ambisi gargantuannya."[27] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, menetapkan film skor 68 dari 100 berdasarkan 53 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menyukai".[28]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Avengers: Endgame dirilis pada 26 April 2019,[29] dengan para Russos kembali menjadi sutradara, dan Markus dan McFeely sekali lagi menulis skenario.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Oct2014Event
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama InfinityWar
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Russos2
  4. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Russos
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama MarkusMcFeely
  6. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Influences
  7. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama EWBTSPg2
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama FeigeApril2015
  9. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Retitled
  10. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Retitled2
  11. ^ "RDJ Offers AVENGERS: INFINITY WAR Set Visit". Newsarama (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  12. ^ ""Avengers: Infinity War's Children of Thanos (Black Order) Were Just Unveiled at D23"". www.webcitation.org. Diakses tanggal 2020-01-06. 
  13. ^ Rubin, Rebecca; Rubin, Rebecca (2017-11-29). "'Avengers: Infinity War' Explosive First Trailer Arrives". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  14. ^ "WebCite query result". www.webcitation.org. Diakses tanggal 2020-01-06. 
  15. ^ "'Avengers: Infinity War' release date moves up a week". EW.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  16. ^ Lieberman, David; Lieberman, David (2017-02-22). "Disney Films To Show On Imax Through 2019 With New Distribution Deal". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  17. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2018-04-30). "'Avengers: Infinity War' All-Time Opening Record Even Higher With $258M+ Domestic, $640M+ WW – Update". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  18. ^ ""Avengers: Infinity War expected to release in 2000 screens in India, unprecedented for any Hollywood film"". www.webcitation.org. Diakses tanggal 2020-01-06. 
  19. ^ Tartaglione, Nancy; Tartaglione, Nancy (2018-05-06). "'Avengers: Infinity War' Surges To $1.164B Global & #5 Superhero Movie Ever WW; $713M Overseas – International Box Office". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  20. ^ "Avengers: Infinity War Blu-ray, 4K, and Digital-HD Details Confirmed!". ComingSoon.net (dalam bahasa Inggris). 2018-07-10. Diakses tanggal 2020-01-06. 
  21. ^ "Top 20 Sellers for Week Ended 08-18-18 – Media Play News" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  22. ^ McNary, Dave; McNary, Dave (2018-06-12). "'Avengers: Infinity War' Soars to $2 Billion at Worldwide Box Office". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  23. ^ "Domestic Box Office For 2018". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2020-01-06. 
  24. ^ "Avengers: Endgame". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2020-01-06. 
  25. ^ ""Weekend Box Office: 'Avengers: Infinity War' Crosses $1B in Record Time"". www.webcitation.org. Diakses tanggal 2020-01-06. 
  26. ^ D'Alessandro, Anthony; D'Alessandro, Anthony (2019-04-09). "'Avengers: Infinity War' Is King Of Marvel Universe (For Now) – No. 1 In 2018 Most Valuable Blockbuster Tournament". Deadline (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 
  27. ^ Avengers: Infinity War (2018) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-01-06 
  28. ^ Avengers: Infinity War, diakses tanggal 2020-01-06 
  29. ^ Truitt, Brian. "It's finally here! Watch the first trailer for Marvel's newly titled 'Avengers: Endgame'". USA TODAY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-06. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "ColliderRussosMar2018" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Premise" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NewPremise" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "NewPremise2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]