Captain Marvel

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Captain Marvel (film))
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Captain Marvel
CaptainMarvelPoster2019.jpg
Poster film Captain Marvel
SutradaraAnna Boden
Ryan Fleck
ProduserKevin Feige
Skenario
Cerita
BerdasarkanCarol Danvers
oleh Roy Thomas dan Gene Colan
Pemeran
MusikPinar Toprak
SinematografiBen Davis
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 27 Februari 2019 (2019-2-27) (London)
  • 6 Maret 2019 (2019-3-6) (Indonesia)
  • 8 Maret 2019 (2019-3-8) (Amerika Serikat)
Durasi
124 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$152 - 172 Juta[1]
Pendapatan kotor$1,128 miliar[2]

Captain Marvel adalah film superhero Amerika Serikat tahun 2019 yang disutradarai oleh Anna Boden dan Ryan Fleck dan diproduseri oleh Kevin Feige. Ini adalah film kedua puluh satu dari seri Marvel Cinematic Universe. Naskah film ini ditulis oleh Anna Boden, Lili Qadriana, Ryan Fleck, Geneva Robertson-Dworet dan Jac Schaeffer, sementara ceritanya ditulis oleh Nicole Perlman, Joe Schrapnel dan Anna Waterhouse berdasarkan komik Carol Danvers karya Roy Thomas dan Gene Colan. Film ini dibintangi oleh Brie Larson, Samuel L. Jackson, Ben Mendelsohn, Djimon Hounsou, Lee Pace, Lashana Lynch, Gemma Chan, Annette Bening, Clark Gregg dan Jude Law.

Pengembangan film dimulai pada bulan Mei 2013. Film ini secara resmi diumumkan pada Oktober 2014 sebagai film superhero pertama yang dipimpin perempuan Studios Marvel. Nicole Perlman dan Meg LeFauve dipekerjakan sebagai tim penulis pada bulan April berikutnya setelah menyerahkan karakter secara terpisah. Cerita ini meminjam elemen-elemen dari alur cerita buku komik Roy Thomas tahun 1971 "Kree – Skrull War". Larson diumumkan sebagai Danvers di San Diego Comic-Con 2016, dengan Boden dan Fleck disewa untuk mengarahkan pada April 2017. Pemotretan lokasi dimulai pada Januari 2018, dengan fotografi utama dimulai pada bulan Maret di California sebelum diakhiri di Louisiana pada Juli 2018. Jackson dan Gregg — yang, antara lain, mengulangi peran mereka dari film MCU sebelumnya — secara digital ditiadakan dalam pasca-produksi hingga mencerminkan pengaturan film tahun 1990-an.

Captain Marvel ditayangkan perdana di London pada 27 Februari 2019, dan dirilis secara teatrikal di Amerika Serikat pada 8 Maret. Film ini mendapat lebih dari $ 1,1 miliar di seluruh dunia, menjadikannya film superhero yang dipimpin oleh wanita pertama yang melampaui angka miliaran dolar. Ini peringkat sebagai film terlaris kelima tertinggi tahun 2019, dan menjadi film superhero terlaris kesembilan tertinggi dan film terlaris ke-22 secara keseluruhan. Film ini menerima pujian untuk penampilan para pemeran, terutama Larson. Sebuah sekuel sedang dalam pengembangan.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Pada 1995, di planet ibu kota Kekaisaran Kree, Hala, anggota Starforce Vers menderita amnesia dan mimpi buruk berulang yang melibatkan seorang wanita yang lebih tua. Yon-Rogg, mentor dan komandannya, melatihnya untuk mengendalikan kemampuannya sementara Intelejen Tertinggi, kecerdasan buatan yang mengatur Kree, mendesaknya untuk mengendalikan emosinya.

Selama misi untuk menyelamatkan seorang agen rahasia yang menyusup ke sebuah kelompok Skrulls, alien berubah-ubah dengan siapa Kree berperang, Vers ditangkap oleh komandan Skrull, Talos. Sebuah penyelidikan ingatan Vers membawa mereka ke Bumi. Vers lolos dan crash-tanah di Los Angeles. Kehadirannya menarik bagi S.H.I.E.L.D. agen Nick Fury dan Phil Coulson, yang penyelidikannya terganggu oleh serangan Skrull. Dalam pengejaran berikutnya, Vers pulih kristal yang mengandung kenangan yang diekstraksi sementara Fury membunuh Skrull menyamar sebagai Coulson. Talos, yang menyamar sebagai bos Fury Keller, memerintahkan Fury untuk bekerja dengan Vers dan mengawasi dia.

Menggunakan ingatannya yang diekstraksi, Vers dan Fury pergi ke instalasi Project Pegasus di pangkalan Angkatan Udara AS. Mereka menemukan Vers adalah seorang pilot yang diduga telah meninggal pada tahun 1989 ketika menguji mesin jet eksperimental yang dirancang oleh Dr. Wendy Lawson, yang diakui Vers sebagai wanita dari mimpi buruknya. After Fury menginformasikan kepada S.H.I.E.L.D. dari lokasi mereka, sebuah tim yang dipimpin oleh Talos menyamar sebagai Keller tiba. Fury menemukan tipu muslihat Talos dan membantu Vers melarikan diri dengan jet kargo bersama Goose, kucing hitam Lawson. Mereka terbang ke Louisiana untuk bertemu dengan mantan pilot Maria Rambeau, orang terakhir yang melihat Vers dan Lawson hidup.

Rambeau dan putrinya Monica mengungkapkan bahwa Vers adalah Carol Danvers, yang dulunya seperti keluarga bagi mereka. Talos, yang tiba tanpa senjata, menjelaskan bahwa Skrull adalah pengungsi yang mencari rumah baru dan Lawson adalah Mar-Vell, seorang ilmuwan Kree pemberontak yang membantu mereka. Talos memainkan rekaman pulih dari jet Lawson, mendorong Danvers untuk mengingat kecelakaan itu: Lawson dibunuh oleh Yon-Rogg untuk mencegahnya menghancurkan mesin sebelum Kree bisa memulihkannya. Menghancurkan mesin sendiri, Danvers menyerap energi dari ledakan berikutnya, mendapatkan kekuatan tetapi kehilangan ingatannya.

Danvers, Talos, Fury, dan Rambeau menemukan laboratorium jubah Lawson yang mengorbit Bumi, tempat Lawson menyembunyikan beberapa Skrull, termasuk keluarga Talos, dan Tesseract, sumber daya mesin Lawson. Di sana, Danvers ditangkap oleh Starforce dan berinteraksi dengan Supreme Intelligence. Selama percakapan mereka, Danvers menghapus implan Kree yang menekan kekuatannya, memungkinkannya untuk mencapai potensi penuhnya. Dalam pertempuran berikutnya, Fury mengambil Goose, yang dinyatakan sebagai alien Flerken. Goose menelan Tesseract dan menggaruk bulunya, membutakan matanya dengan satu mata. Danvers menghancurkan pembom Kree, memaksa perwira Kree Ronan si Penuduh dan skuadronnya mundur, sebelum mengalahkan Yon-Rogg di Bumi dan mengirimnya kembali ke Hala dengan peringatan kepada Intelejen Tertinggi.

anvers pergi untuk membantu Skrulls menemukan dunia rumah baru, meninggalkan Fury pager yang dimodifikasi untuk menghubunginya dalam keadaan darurat. Sementara itu, Fury menyusun inisiatif untuk menemukan pahlawan seperti Danvers, menamakannya setelah tanda panggilan Angkatan Udara, "Pembalas". Dalam adegan mid-credit, diatur pada 2018, pager diaktifkan sedang dipantau oleh Avengers ketika Danvers muncul. Dalam adegan pasca-kredit, Goose naik ke meja Fury dan memuntahkan kembali Tesseract.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Brie Larson sebagai Carol Danvers / Vers / Captain Marvel :

Seorang mantan A.S. Pilot pesawat tempur Angkatan Udara dan anggota unit militer elit Kree bernama Starforce yang DNA-nya diubah selama kecelakaan, yang memberinya kekuatan super, proyeksi energi, dan penerbangan. Larson menggambarkan Danvers sebagai "orang yang percaya pada kebenaran dan keadilan" dan "jembatan antara Bumi dan luar angkasa", yang harus menyeimbangkan sisi Kree "tidak emosional" nya yang merupakan "pejuang yang luar biasa" dengan separuh manusia "cacat" nya yaitu "Hal yang akhirnya dia pimpin.

Direktur masa depan S.H.I.E.L.D., yang saat ini adalah seorang birokrat tingkat rendah. Fury muncul tanpa penutup mata khasnya saat film ini dibuat sebelum ia kehilangan matanya. Feige menjelaskan bahwa Danvers adalah superhero pertama yang ditemui Fury, yang membuatnya berada di jalur ke mana karakter berada dalam film MCU modern/

Pemimpin berubah bentuk dari invasi Skrull Bumi, yang bekerja menyamar dalam S.H.I.E.L.D. sebagai bos Fury, Keller. Mendelsohn menggambarkan kepribadian manusia Talos sebagai "kancing" dibandingkan dengan kepribadian Skrull yang "lebih santai". Mendelsohn membedakan antara keduanya dengan menggunakan aksen Amerika yang diilhami oleh mantan Menteri Pertahanan Amerika Serikat Donald Rumsfeld untuk penyamaran manusia, dan aksen Australia asalnya untuk Talos; yang terakhir dipilih, setelah "diskusi panjang", karena apa yang Mendelsohn sebut sebagai "kebenaran bumi". Riasan dan prosthetics yang diperlukan untuk menggambarkan Talos membutuhkan "beberapa jam" untuk diterapkan.

Komandan Starforce dan Danvers, yang melatihnya untuk menggunakan kekuatan barunya. Law mengatakan bahwa karakternya "didorong oleh kepercayaan pada kepemimpinan ilahi dari orang-orang Kree. Jadi dia hampir seorang pejuang yang saleh — tidak diragukan lagi, konservatif, tetapi inspirasional." Law juga menyatakan bahwa karakternya memiliki hubungan khusus dengan Danvers, yang ia pandang sebagai anak didik, yang menjadi sumber ketegangan dalam film dengan anggota Starforce lainnya.

  • Annette Bening sebagai Supreme Intelligence / Dr. Wendy Lawson / Mar-Vell :

Kecerdasan buatan yang merupakan perwujudan kolektif dari pikiran terbesar rakyat Kree, dan penguasa Kekaisaran Kree. Kecerdasan Agung muncul dalam bentuk yang berbeda untuk setiap orang, khususnya sebagai Dr. Wendy Lawson ke Vers. Jude Law menyatakan setiap anggota Starforce memiliki "hubungan khusus" dengan Intelejen Tertinggi, dan bahwa karakternya memiliki "perasaan tujuan ilahi karena hubungannya dengan makhluk yang lebih besar ini"

Pendekar pedang Kree dan komandan Starforce nomor dua. Hounsou menjelaskan bahwa Korath "pada masa pertumbuhannya" dalam film dibandingkan dengan penampilannya di Guardians of the Galaxy (2014), tetapi "masih merupakan mesin tanpa humor.

Seorang pejabat tinggi Kree. Dibandingkan dengan penampilannya di Guardians of the Galaxy, Ronan belum menjadi "fanatik radikal", dengan perannya dalam militer Kree bersinggungan dengan Starforce "dengan cara yang menarik".

Salah satu teman tertua Danvers dan sesama pilot Angkatan Udara yang menggunakan tanda panggilan "Foton". Dia adalah ibu tunggal untuk putri Monica. Lynch menggambarkan Rambeau sebagai "tangguh" dan seseorang "yang Anda rasa tidak perlu Anda bantu". Larson menyebut Rambeau "representasi cinta" dalam film dan "seorang bajingan luar biasa". Dia menggambarkan persahabatan antara Danvers dan Rambeau sebagai sama, dengan "daya saing main-main [dan] saling menghormati".

Penembak jitu Kree dan anggota Starforce. Chan menjelaskan bahwa Minn-Erva adalah "bintang Starforce" sebelum Danvers bergabung dengan tim dan "sedikit terancam oleh orang lain yang telah datang dan juga sangat berbakat.

Agen pemula dari S.H.I.E.L.D. yang bekerja sama dengan Fury. Gregg menyatakan bahwa Coulson akan lebih muda dalam film dan "sedikit orang baru di SHIELD ... Ini yang paling awal kita akan melihatnya [di MCU], jadi ketika dia berkata, 'Mr. Stark, ini bukan Pada rodeo pertama saya di Iron Man (2008), ini mungkin rodeo yang dia bicarakan. "Dia merasa" ada sesuatu yang sangat istimewa tentang kembali ke masa-masa awal ketika [Coulson] baru saja akan muncul jajaran "dan harus bekerja untuk menggambarkan Coulson" sedikit kurang berkerak dan letih "karena ia hadir di MCU.

Selain itu, Algenis Pérez Soto dan Rune Temte memerankan Att-Lass dan Bron-Char, masing-masing, keduanya anggota Starforce; Att-Lass adalah penembak jitu tim, sementara Bron-Char adalah "pria yang lebih besar, lebih kuat yang bertarung dengan tinjunya". Monica Rambeau muncul sebagai Putri Maria, , diperankan oleh Akira Akbar saat berusia sebelas tahun, sementara Azari Akbar menggambarkannya sebagai anak berusia lima tahun. Sharon Blynn menggambarkan Soren, istri Talos. Robert Kazinsky muncul sebagai seorang pengendara motor yang dijuluki "Sang Don". Vik Sahay memainkan Torfan. Chuku Modu menggambarkan Soh-Larr. Colin Ford muncul sebagai saudara lelaki Danvers, Steve, sementara Kenneth Mitchell berperan sebagai ayah mereka. Buku komik Danvers, kucing Chewie (dinamai untuk karakter Star Wars yaitu Chewbacca) muncul dalam film, berganti nama menjadi Goose for the Top Gun (1986) karakter Nick "Goose" Bradshaw, dan digambarkan oleh empat kucing yang berbeda, Reggie , Archie, Rizzo dan Gonzo. Setiap kucing dipilih berdasarkan tindakan dan kepribadian mereka.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada Mei 2013, ruang tulis Marvel Studios telah menghasilkan naskah untuk film yang menampilkan Ms. Marvel, alias yang digunakan oleh karakter Carol Danvers sebelum ia mengambil mantel Kapten Marvel. Belakangan tahun itu, produser eksekutif Louis D'Esposito mengatakan studio tertarik pada film superhero yang digerakkan oleh wanita dan memiliki banyak "karakter wanita yang kuat" dari mana untuk memilih, menyarankan Kapten Marvel, Black Widow, Pepper Potts, atau Peggy Carter sebagai kandidat yang memungkinkan. Kevin Feige, Presiden Marvel Studios, mengatakan bahwa jika Marvel ingin membuat film yang dipimpin oleh wanita, ia akan lebih suka film itu menjadi karakter baru daripada Marvel Cinematic Universe seperti Captain Marvel, yang kepadanya cerita asli dapat diceritakan. Pada bulan Agustus 2014, Feige menyatakan bahwa pengembangan telah dimulai pada film Captain Marvel, dan mengatakan bahwa publik bertanya tentang proyek lebih sering daripada Iron Man 4 atau Avengers: Infinity War.[3]

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Marvel mempekerjakan Anna Boden dan Ryan Fleck untuk mengarahkan Kapten Marvel pada April 2017, setelah keduanya mengesankan studio selama banyak pertemuan dengan visi mereka untuk karakter dan karena pengalaman mereka bekerja di televisi dan film. Feige mengatakan bahwa ia dan Marvel sangat terkesan dengan kemampuan Boden dan Fleck untuk menciptakan beragam kisah yang didorong oleh karakter dalam semua karya mereka. Feige merasa film ini harus fokus pada kerumitan dan keterkaitan karakter Carol Danvers 'tanpa dihambat oleh penjahat dan efek khusus, dan berpikir bahwa Boden dan Fleck dapat memberikan fokus karakter ini. Syuting dijadwalkan akan dimulai pada Januari 2018, di Pinewood Atlanta Studios di Fayette County, Georgia, tetapi Feige mengatakan ia tidak berharap untuk memulai sampai Februari.

Syuting[sunting | sunting sumber]

Lokasi syuting dilaksanakan pada akhir Januari 2018.[4] Foto-foto yang diambil pada waktu itu menunjukkan Larson dalam seragam hijau dan hitam alih-alih setelan merah dan biru karakter yang akrab. Feige menanggapi dengan mengatakan bahwa Marvel menerima risiko set foto bocor sebagai akibat dari pemotretan lokasi, dan merasa bahwa "kebanyakan orang cukup paham untuk mengetahui bahwa mereka sedang melihat foto di belakang layar, sepenuhnya di luar konteks. " Dia menambahkan bahwa sejumlah besar adegan dalam film akan diambil di lokasi.[5]

Pasca produksi[sunting | sunting sumber]

Fotografi tambahan dikonfirmasi telah dimulai melalui set foto pada akhir November 2018.[6] Dengan perilisan poster teatrikal pada awal Desember, Marvel mengungkapkan bahwa tim penulis Joe Shrapnel dan Anna Waterhouse telah mengerjakan cerita film tersebut, sementara Jac Schaeffer berkontribusi dalam skenario film tersebut. Schaeffer sebelumnya disewa oleh Marvel untuk menulis Black Widow (2020). Peran Bening dan Law secara resmi dikonfirmasi pada Februari 2019 sebagai Supreme Intelligence dan Yon-Rogg.[7]

Efek visual untuk film ini dibuat dengan Animal Logic, Cantina Creative, Digital Domain, Framestore, Industrial Light & Magic (ILM), Lola VFX, Luma Pictures, Rise, Rising Sun Pictures, Scanline VFX, Trixter, dan Elastic,[8] dengan Lola VFX bekerja pada de-aging dari Jackson dan Gregg.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Teatrikal[sunting | sunting sumber]

Captain Marvel perdana di London pada 27 Februari 2019, dan di Hollywood pada 4 Maret. Premier Hollywood termasuk flyover oleh Angkatan Udara Amerika Serikat Thunderbirds untuk menghormati pilot Thunderbirds Mayor Stephen Del Bagno, yang berkonsultasi dengan Larson pada film sebelum meninggal dalam kecelakaan pelatihan pada April 2018. Film ini dirilis dalam IMAX dan 3D, di Amerika Serikat pada 8 Maret, bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional. Awalnya dijadwalkan untuk rilis pada 6 Juli 2018, tetapi pada Februari 2015 dipindahkan ke 2 November 2018 untuk memberikan ruang bagi Spider-Man: Homecoming (2017),[9] dan pada Oktober 2015 didorong hingga tanggal akhir Maret 2019 untuk Ant-Man and Wasp (2018). film ini sempat ditunda perilisan di Pakistan selama empat minggu . Pada saat itu, divisi Disney South Asia, yang berkantor pusat di India, belum memberi Pakistan hak untuk mendistribusikannya. Komentator online berspekulasi bahwa ini adalah karena ketegangan Indo-Pakistan yang sedang berlangsung, tetapi kepala Disney South Asia Nadeem Mandviwalla menyebut klaim ini "tidak berdasar".

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Captain Marvel akan menjadi film yang pertama kali didistribusikan Walt Disney Studios Motion Pictures untuk tidak streaming di Netflix, setelah Disney memutuskan untuk membiarkan perjanjian lisensi mereka dengan Netflix berakhir, dan dimaksudkan untuk menjadi rilis Disney teater pertama yang streaming secara eksklusif di Disney +. Ini dirilis pada unduhan digital oleh Walt Disney Studios Home Entertainment pada 28 Mei 2019, dan pada Ultra HD Blu-ray, Blu-ray, dan DVD pada 11 Juni. Rilis digital dan Blu-ray termasuk fitur di belakang layar , adegan yang dihapus, dan gulungan lelucon. [10]

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Captain Marvel mendapat $ 426,8 juta di Amerika Serikat dan Kanada, dan $ 701,4 juta di wilayah lain, dengan total seluruh dunia $ 1,128 miliar.[11] Ini memiliki pembukaan di seluruh dunia sebesar $ 456,7 juta, terbesar keenam sepanjang masa. Deadline Hollywood memperkirakan film ini memiliki total biaya produksi dan iklan $ 300 juta, dan memperkirakan bahwa itu akan melampaui titik impasnya dengan mencapai $ 750 juta dalam minggu pertama. Ini adalah film terlaris kelima tertinggi di tahun 2019. Pada tanggal 2 April 2019, film ini melampaui tanda $ 1 miliar di seluruh dunia, menjadi film superhero pertama yang dipimpin wanita untuk melakukannya,[12] serta judul Marvel ketujuh, film Disney ke-19, dan film ke-38 secara keseluruhan.

24 jam pertama dari penjualan tiket muka, yang dimulai pada 7 Januari 2019, fim ini berada peringkat ketiga di Fandango untuk film MCU, di belakang Avengers: Infinity War dan Black Panther, dan kedua di Atom Tickets, di belakang Infinity War.[13] Menurut Fandango, Kapten Marvel memiliki penjualan tiket maju ketiga terbesar dari setiap film MCU, di belakang Infinity War dan Black Panther, dan melampaui Wonder Woman dan Aquaman (2018) selama periode waktu yang sama. Film ini menghasilkan $ 61,4 juta pada hari pertama, termasuk $ 20,7 juta dari preview Kamis malam, yang merupakan total tertinggi kelima untuk film Marvel dan tertinggi kedua untuk perilisan bulan Maret di belakang Batman v Superman: Dawn of Justice (2016). Ini menghasilkan $ 153,4 juta selama akhir pekan pembukaannya, pembukaan Maret terbaik ketiga dan ketujuh tertinggi MCU. Film ini tetap menjadi yang pertama selama akhir pekan kedua dengan $ 69,3 juta, akhir pekan kedua tertinggi kedua di bulan Maret di belakang Beauty and the Beast (2017). Film ini mendapat $ 35,2 juta di akhir pekan ketiga, turun ke urutan kedua di belakang Us. Pada minggu-minggu berikutnya ia turun ke posisi ketiga, kelima, keenam, dan keempat, sebelum naik ke posisi kedua lagi di akhir pekan kedelapan dengan merilis Avengers: Endgame.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Situs agregator ulasan Rotten Tomatoes melaporkan peringkat persetujuan 78% dengan skor rata-rata 6.8 / 10, berdasarkan 498 ulasan. Konsensus kritis situs web tersebut berbunyi, "Dikemas dengan aksi, humor, dan kegembiraan visual, Captain Marvel memperkenalkan pahlawan MCU terbaru dengan kisah asal yang memanfaatkan formula tanda tangan waralaba secara efektif."[14] Metacritic, yang menggunakan rata-rata tertimbang, menetapkan film skor 64 dari 100 berdasarkan 55 kritik, yang menunjukkan "ulasan yang umumnya menguntungkan". [15] Menurut The New York Times, penerimaan keseluruhan film itu "cukup positif", tetapi itu tidak diterima dengan baik seperti film-film lain di MCU.[16] Hindustan Times mencatat pujian yang diterima untuk kinerja Brie Larson tetapi juga kritik untuk film "alur berbelit-belit dan kurangnya orisinalitas.[17]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2019, Larson menyatakan minatnya untuk memasukkan karakter Kamala Khan / Ms. Marvel dalam sekuel; Feige sebelumnya mengatakan ia memiliki rencana untuk memperkenalkan Khan ke MCU setelah rilis Kapten Marvel. Bulan berikutnya, Feige mengatakan dia punya ide "cukup luar biasa" untuk sekuel Kapten Marvel. Feige menambahkan bahwa sekuel yang mungkin bisa mengeksplorasi kesenjangan waktu antara akhir film ini dan penampilan Danvers berikutnya di Avengers: Endgame. Lashana Lynch menyatakan minatnya untuk mengulangi perannya sebagai Maria Rambeau di lautan seperti itu

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Film Application Details - Open World". Louisiana Entertainment. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 10, 2018. Diakses tanggal September 10, 2018. 
  2. ^ "Captain Marvel". Box Office Mojo. 2019. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 20, 2019. Diakses tanggal May 19, 2019. 
  3. ^ Marvel Head Says Fans Want Black Panther and Captain Marvel - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-01-05 
  4. ^ Chitwood, Adam (2018-01-25). "Brie Larson's Captain Marvel Revealed in First Set Photos". Collider (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-05. 
  5. ^ "WebCite query result". www.webcitation.org. Diakses tanggal 2020-01-05. 
  6. ^ "Captain Marvel: Brie Larson & Clark Gregg Return For Reshoots". CBR (dalam bahasa Inggris). 2018-11-20. Diakses tanggal 2020-01-05. 
  7. ^ Booth, Kaitlyn (2019-02-25). "Behind-the-Scenes Featurette for Captain Marvel Teases the Starforce". Bleeding Cool News And Rumors (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-05. 
  8. ^ "CAPTAIN MARVEL". The Art of VFX (dalam bahasa Prancis). 2019-02-04. Diakses tanggal 2020-01-05. 
  9. ^ McWhertor, Michael (2015-02-10). "Marvel delays Thor, Black Panther and Captain Marvel movies to make room for Spider-Man". Polygon. Diakses tanggal 2019-07-03. 
  10. ^ Studios, Marvel (2019T15.00). "Witness the rise of a hero in Marvel Studios' @CaptainMarvel on Digital & @Movies_Anywhere May 28 and Blu-ray June 11. Pre-order now: http://bit.ly/CMARVEL pic.twitter.com/yqlCo7HT79". @MarvelStudios (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-07-03.  Hapus pranala luar di parameter |title= (bantuan)
  11. ^ "Captain Marvel". Box Office Mojo. Diakses tanggal 2020-01-05. 
  12. ^ Bowenbank, Starr (2019-04-04). "'Captain Marvel' Is the First Female Superhero Movie to Gross $1 Billion Worldwide". ELLE (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-05. 
  13. ^ Whitten, Sarah (2019-01-10). "'Captain Marvel' presale tickets soar, signaling big box-office debut for female-led superhero film". CNBC (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-01-05. 
  14. ^ Captain Marvel (2019) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2020-01-05 
  15. ^ Captain Marvel, diakses tanggal 2020-01-05 
  16. ^ Cohn, Gabe (2019-03-10). "'Captain Marvel' Has the Year's Best Opening Weekend at the Box Office". The New York Times (dalam bahasa Inggris). ISSN 0362-4331. Diakses tanggal 2020-01-05. 
  17. ^ "First Captain Marvel reviews are in, critics praise Brie Larson, criticise lack of freshness". Hindustan Times (dalam bahasa Inggris). 2019-03-06. Diakses tanggal 2020-01-05. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]