Spider-Man 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Spider-Man 3
Spider-Man 3, International Poster.jpg
Poster film teatrikal
Sutradara Sam Raimi
Produser
Skenario
Cerita
  • Sam Raimi
  • Ivan Raimi
Berdasarkan Spider-Man 
karya Stan Lee
Steve Ditko
Pemeran
Musik
Sinematografi Bill Pope
Penyunting Bob Murawski
Perusahaan
produksi
Distributor Columbia Pictures
Tanggal rilis
  • 16 April 2007 (2007-04-16) (Roppongi Hills Mori Tower)
  • 04 Mei 2007 (2007-05-04) (Amerika Serikat)
  • 2 Mei 2007 (2007-5-2) (Indonesia)
Durasi
139 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $258 juta[2]
Pendapatan kotor $890.9 juta

Spider-Man 3 adalah film pahlawan super yang diproduksi oleh Marvel Studios, dan didistribusikan oleh Columbia Pictures. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Sam Raimi. Film ini adalah film ketiga dari serial film layar lebar Spider-Man yang dibuat berdasarkan karakter fiksi dari Marvel Comics, Spider-Man. Film ini dibintangi oleh Tobey Maguire (Peter Parker), Kirsten Dunst (Mary Jane Watson), James Franco (Harry Osborn), Thomas Haden Church (Flint Marko / Sandman), dan Topher Grace (Eddie Brock).

Pengembangan Spider-Man 3 dimulai segera setelah rilis Spider-Man 2 untuk rilis tahun 2007. Selama pra-produksi, Raimi awalnya menginginkan penjahat lain untuk disertakan bersama Sandman, namun atas permintaan produser Avi Arad ia menambahkan Venom, dan produsen juga meminta tambahan Gwen Stacy. Fotografi utama untuk film ini dimulai pada bulan Januari 2006, dan berlangsung di Los Angeles dan Cleveland, sebelum pindah ke New York City dari bulan Mei sampai Juli 2006. Gambar pick-up tambahan dilakukan setelah Agustus dan film tersebut dibungkus pada bulan Oktober 2006. Selama masa jabatan produksi, Sony Pictures Imageworks menciptakan 900 efek visual.

Spider-Man 3 dirilis secara komersial di banyak negara pada 1 Mei 2007. Di Amerika Serikat, film ini dirilis pada 4 Mei 2007 baik untuk bioskop konvensional maupun IMAX. Di Indonesia, film ini dirilis serentak di berbagai kota pada 2 Mei 2007. Sebuah film keempat berjudul Spider-Man 4 direncanakan akan dirilis pada tanggal 6 Mei 2011, namun dibatalkan karena melakukan reboot, The Amazing Spider-Man, dirilis pada tahun 2012.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini dimulai pada masa Peter Parker telah sukses sebagai Spider-Man, sementara Mary Jane Watson memulai kariernya diBroadway. Harry Osborn masih terus berusaha membalas dendam atas kematian ayahnya, dan Flint Marko jatuh ke dalam sebuah akselerator partikel dan berubah menjadi makhluk pasir yang dapat mengubah-ubah bentuk. Ditambah lagi dengan alien yang jatuh ke bumi dan mengikatkan diri kepada Peter Parker - meningkatkan sisi gelap Peter. Ketika Peter berhasil melepaskan diri, alien tersebut berhasil menguasai Eddie Brock Jr., fotografer saingan Peter. Simbiosis alien tersebut dengan Eddie menyebabkan Peter masuk ke dalam salah satu pertempurannya yang paling hebat.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Seorang mahasiswa fisika brilian di Columbia University dan fotografer untuk "Daily Bugle," yang mendapatkan kemampuan seperti laba-laba dari seekor laba-laba yang dimodifikasi secara genetik dan menggunakannya untuk mengangkat kepribadian seorang petugas seks berbasis laba-laba yang melindungi New York City dari dunia kriminalnya.
Putra Norman Osborn dan teman terbaik Peter yang terasing, yang percaya Spider-Man membunuh ayahnya, tapi setelah mengetahui Peter adalah Spider-Man dan ayahnya adalah Green Goblin, dia cenderung untuk melawan Peter secara langsung sebagai pembunuh psikopat yang dipersenjatai dengan peralatan yang sama seperti ayahnya.
Seorang aktris Broadway, dan pacar Peter.
Seorang preman kecil dengan istri yang terasing dan anak perempuan yang sakit, yang perjuangannya merampok uang untuk mendapatkan perawatan putrinya memikatnya ke dalam kecelakaan aneh yang mengubahnya menjadi master manipulator pasir yang diburu oleh Spider-Man sejak dia adalah pembunuh paman Peter.
Saingan fotografer "Daily Bugle", yang diperlihatkan oleh Peter karena telah menciptakan citra palsu Spider-Man, dan siap membalas dendam saat ia terikat dengan symbiote, mengubahnya menjadi makhluk mengerikan dengan kekuatan mirip laba-laba yang sama.
Mitra lab Peter dan teman baik, yang diselamatkan oleh Spider-Man jatuh dari kematiannya.
Bibi Peter, yang memberikan keponakannya cincin pertunangannya agar dia bisa melamar Mary Jane, dan mengajari dia maaf.
Kepala agresif Daily Bugle, yang membenci Spider-Man.
Ayah Gwen, dan Kapten Departemen Kepolisian New York City.
Istri Flint
Profesor fisika Peter, yang meneliti sela simbiosis dan memberi tahu Peter bahwa "memperkuat karakteristik tuan rumah... terutama agresi."
Seorang karyawan lama di "Daily Bugle."
Resepsionis Jameson di "Daily Bugle."
Seorang karyawan "Daily Bugle", yang menyarankan sebuah slogan kepada Jameson.
Putri Flint dan Emma yang sakit.
Halusinasi mendiang ayah Harry, yang mendorong anaknya untuk menghancurkan Spider-Man.
Mendiang paman Peter. Ini akan menjadi penampilan akting terakhir Robertson; Dia meninggal empat tahun setelah dibebaskan, berusia 88 tahun.
Tuan tanah Peter, yang serakah untuk menyewa Peter.
Anak perempuan Dr. Ditkovitch yang sederhana.
Seorang carjacker, yang diyakini telah membunuh paman Peter, Ben.
Mantan pacar Mary Jane, dan pengganggu Peter dari film aslinya. Dia muncul dalam cameo diam di akhir film, di mana dia menghadiri pemakaman Harry.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Spider-Man 3". British Board of Film Classification. Diakses tanggal 22 Juli 2015. 
  2. ^ Diane Garrett (2007-04-16). "Red carpet becoming more global". Variety. Diakses tanggal 2007-04-17. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Situs resmi[sunting | sunting sumber]

Lainnya[sunting | sunting sumber]

Templat:Film Spider-Man

Templat:Keluarga Symbiote dan Tuan Rumah