Stan Lee

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Stan Lee
Stan Lee by Gage Skidmore 3.jpg
Lee pada tahun 2014 pada Phoenix Comicon
Lahir Stanley Martin Lieber
28 Desember 1922 (umur 94)
New York City, New York, A.S.
Berkebangsaan Amerika
Area Penulis, editor, penerbit, produser, aktor, pembawa acara televisi, pengarang
Kolaborasi terkenal
Penghargaan
Pasangan Joan Clayton Boocock Lee (m. 1947)
Anak-anak 2
Tanda tangan
Signature of Stan Lee

therealstanlee.com

Stan Lee (Stanley Martin Lieber, lahir di New York, 28 Desember 1922; umur 94 tahun) adalah seorang penulis, editor, penerbit, produser, dan aktor dari Amerika.[1] Stan Lee mulai membuat komik untuk pertama kalinya pada tahun 1941 tentang Captain America.[2] Pada tahun 1960, Stan Lee mendirikan Marvel Comics yang memperkenalkan penokohan lebih lengkap dalam karakter seorang pahlawan yang kuat, sehingga menarik minat orang banyak, khususnya anak-anak.[3] Bekerja sama dengan beberapa seniman, termasuk Jack Kirby dan Steve Ditko, dia menciptakan Spider-Man, Hulk, Doctor Strange, Fantastic Four, Iron Man, Daredevil, Thor, X-Men, dan banyak karakter fiksi lainnya, mengenalkannya secara menyeluruh. Berbagi alam semesta menjadi komik superhero. Selain itu, dia menantang organisasi penyensoran industri komik, Otoritas Kode Komik, yang memaksanya untuk mereformasi kebijakannya.

Para pengarang yang disukai Lee antara lain Stephen King, H. G. Wells, Mark Twain, Arthur Conan Doyle, William Shakespeare, Charles Dickens, dan Harlan Ellison[4]. Dia juga menyukai film-film Bruce Lee.[5]

Dia dilantik ke dalam industri buku komik Will Eisner Award Hall of Fame pada tahun 1994 dan Jack Kirby Hall of Fame pada tahun 1995. Lee menerima National Medal of Arts pada tahun 2008.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Stanley Martin Lieber lahir pada tanggal 28 Desember 1922 di New York City, AS,[6] di apartemen orang tua imigran Yahudi kelahiran Rumania, Celia (née Solomon) dan Jack Lieber, di sudut West 98th Street and West End Avenue di Manhattan.[7][8] Ayahnya, yang dilatih sebagai pemotong pakaian, bekerja hanya secara sporadis setelah Depresi Besar,[7] dan keluarganya pindah ke kota Fort Washington Avenue,[9] di Washington Heights, Manhattan. Ketika Lee berusia hampir 9 tahun, satu-satunya saudara kandungnya, saudara Larry Lieber, lahir.[10] Dia mengatakan pada tahun 2006 bahwa saat kecil ia dipengaruhi oleh buku dan film, terutama film-film dengan Errol Flynn yang berperan heroik.[11] Pada saat Lee berusia belasan tahun, keluarga tersebut tinggal di sebuah apartemen dengan satu kamar tidur di 1720 University Avenue di The Bronx. Lee telah menggambarkannya sebagai "apartemen lantai tiga yang menghadap ke belakang", dengan dia dan saudaranya berbagi kamar tidur dan orang tuanya menggunakan sofa lipat.[10]

Penampilan film dan televisi[sunting | sunting sumber]

Televisi Marvel[sunting | sunting sumber]

Animasi[sunting | sunting sumber]

  • Salah satu kontribusi paling awal Lee untuk animasi berdasarkan properti Marvel adalah mengisahkan seri animasi Incredible Hulk tahun 1980an, yang selalu memulai narasinya dengan pengenalan diri dan diakhiri dengan "Ini adalah Stan Lee berkata, Excelsior!" Lee sebelumnya telah menceritakan episode "Seven Little Superheroes" dari Spider-Man and His Amazing Friends, yang serial Hulk dipasangkan untuk disiarkan.
  • Lee melakukan narasi untuk serial animasi tahun 1989 X-Men yang berjudul X-Men: Pryde of the X-Men.
  • Dia juga menyuarakan karakter "Frank Elson" dalam sebuah episode Spider-Man: The New Animated Series yang disiarkan oleh MTV pada tahun 2003, berjudul "Mind Games" (Bagian 1 dan 2, yang aslinya tayang pada tanggal 15 dan 22 Agustus 2003).
  • Dia menyuarakan seorang pekerja pemuatan-dok bernama Stan pada The Spectacular Spider-Man dalam episode "Blueprints".
  • Dalam beberapa episode The Super Hero Squad Show, Lee menyuarakan Mayor of Super Hero City.

Film Marvel[sunting | sunting sumber]

Animasi[sunting | sunting sumber]

  • Dalam Big Hero 6 (2014), suara dan kemiripan Lee digunakan untuk karakter ayah Fred. Meskipun ia muncul dalam potret di awal film, cameo Lee adalah adegan pasca-kredit di mana ia menunjukkan kepada anaknya bahwa mereka memiliki banyak hal untuk dibicarakan. Lee tidak terlibat dengan penciptaan Big Hero 6.

Live-action[sunting | sunting sumber]

  • Di X-Men (2000), Lee muncul sebagai vendor hotdog di pantai saat Senator Kelly yang baru saja bermutasi muncul di darat setelah melarikan diri dari Magneto.
  • Di Spider-Man (2002), ia muncul dalam pertempuran pertama Spider-Man dengan Green Goblin, menarik seorang gadis kecil dari puing-puing yang jatuh. Dalam adegan yang dihapus dari DVD, Lee memainkan seorang pedagang kaki lima yang mencoba menjual sepasang kacamata hitam Peter Parker.
  • Di Daredevil (2003), saat kecil, Matt Murdock menghentikan Lee dari persimpangan jalan dan tertabrak bus. Ini juga menjadi rujukan pada sebuah kejadian di komik yang dihilangkan dari cerita asal film tersebut.
  • Di Hulk (2003), ia tampil berjalan bersama mantan serial TV Hulk Lou Ferrigno dalam adegan awal, keduanya sebagai penjaga keamanan di laboratorium Bruce Banner. Itu adalah peran pertamanya dalam sebuah film berbicara berdasarkan salah satu karakternya.
  • Di Spider-Man 2 (2004), Lee menarik orang yang tidak bersalah menjauh dari bahaya saat pertempuran pertama Spider-Man dengan Doctor Octopus. Dalam adegan blooper yang muncul sebagai tambahan pada rilis DVD film tersebut, Lee memiliki cameo lain, dengan mengatakan, "Lihat, Spider-Man mencuri sepatu kets anak itu." Stan Lee juga muncul berbicara dengan Peter Parker.
  • Di Man-Thing (2005), foto Lee terlihat di papan orang hilang.[12]
  • Di Fantastic Four (2005), Lee tampil untuk pertama kalinya sebagai karakter yang ia ciptakan untuk komik, Willie Lumpkin, pembawa surat kabar yang menyapa Fantastic Four saat mereka memasuki Baxter Building.
  • Di X-Men: The Last Stand (2006), Lee dan Chris Claremont tampil sebagai dua tetangga Jean Grey dalam adegan pembukaan yang ditetapkan 20 tahun di masa lalu. Lee, yang dikreditkan sebagai "Waterhose Man", menyiram halaman rumput saat Jean secara telekinetis mengalihkan air dari selang ke udara.
  • Di Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer (2007), Lee tampil seperti dirinya di pernikahan Reed Richards dan Susan Storm, ditolak oleh satpam karena tidak masuk dalam daftar tamu. Dalam Fantastic Four Annual #3 (1965), di mana pasangan tersebut menikah, Lee dan Jack Kirby juga berpaling.
  • Di Spider-Man 3 (2007), Lee tampil dalam peran yang dikreditkan sebagai "Man in Times Square". Dia berdiri di sebelah Peter Parker, keduanya sedang membaca buletin berita tentang Spider-Man, dan berkomentar kepada Peter bahwa, "Anda tahu, saya kira satu orang bisa membuat perbedaan". Dia kemudian mengatakan slogannya, "Nuff said" dan membiarkan Peter memikirkan gagasan itu.
  • Di Iron Man (2008), Lee, yang dikreditkan sebagai "Dirinya Sendiri", muncul di sebuah gala yang berkesan dengan tiga orang wanita pirang, di mana Tony Stark telah menyiksanya karena Hugh Hefner.[13] Dalam rilis teatrikal film tersebut, Stark menyapa Lee sebagai "Hef" dan terus melanjutkan; versi lain dari adegan itu difilmkan di mana Stark menyadari kesalahannya, namun Lee dengan ramah menanggapi, "Tidak apa-apa, saya mendapatkan ini sepanjang waktu."[14] Pada tahun 2008, Stan Lee menamai ini sebagai penampilan cameo favoritnya sampai saat itu.[15]
  • Di The Incredible Hulk (2008), Lee muncul sebagai warga negara yang tidak suka dengan sengaja menelan minuman ringan yang dicampur dengan darah Bruce Banner, kemudian menjatuhkannya dan mengarah pada penemuan lokasi Dr. Banner di pabrik pembotolan di Brasil.
  • Di Iron Man 2 (2010), selama Stark Expo, Lee, mengenakan suspender dan kemeja merah dan dasi hitam dan ungu, secara keliru disambut oleh Tony Stark sebagai "Larry King".
  • Di Thor (2011), Lee muncul di antara banyak orang di lokasi di mana palu Thor Mjolnir mendarat di bumi. Dia meneteskan air mata dari truk pickupnya untuk menarik Mjolnir keluar dari tanah dengan rantai dan menyebabkan semua orang di tempat kejadian tertawa dengan bertanya, "Apakah itu berhasil?". Karakternya dikreditkan sebagai "Stan the Man", sebuah nama panggilan yang dia adopsi di Silver Age of Comic Books.
  • Di Captain America: The First Avenger (2011), Lee berperan sebagai jenderal dalam Perang Dunia II yang membuat kesalahan orang lain untuk Captain America/Steve Rogers, berkomentar, "Saya pikir dia akan lebih tinggi." Lee tidak ada hubungannya dengan penciptaan dasar karakter judul. Namun, Lee memulai karier menulisnya di serial asli karakter di mana ia menciptakan gagasan tentang Captain America menggunakan perisainya sebagai senjata lempar. Selanjutnya, dia bertanggung jawab untuk menghidupkan kembali karakter di Silver Age of Comic Books dan turut menulis sebagian besar cerita karakter di The Avengers dan kisah solonya pada periode itu.
  • Di The Avengers (2012), karakter Lee diwawancarai tentang Avengers yang menyelamatkan Manhattan. Karakter Lee merespon, "Superheroes in New York? Beri aku istirahat", dan kemudian kembali ke permainan caturnya.[16] Dia juga muncul dalam adegan yang dihapus, di mana, ketika seorang pelayan menggoda Steve Rogers, Lee berkata kepadanya, "Minta nomor teleponnya, kau bodoh!"[17]
  • Di The Amazing Spider-Man (2012), Lee adalah seorang pustakawan di Midtown Science High School, yang secara lucu tidak menyadari pertarungan antara Spider-Man dan Lizard yang terjadi di belakangnya (sebuah meja hampir menabraknya juga) karena dia sedang mendengarkan musik klasik. Dia berjalan keluar dari perpustakaan saat pertarungan terus berlanjut.[18]
  • Di Iron Man 3 (2013), Lee menggambarkan seorang hakim kontes kecantikan yang muncul di monitor televisi dan dengan senang hati memberikan salah satu kontestan 10.[19]
  • Di Thor: The Dark World (2013), Lee muncul sebagai pasien bangsal mental yang meminjamkan sepatunya ke Erik Selvig untuk demonstrasi tentang "Konvergensi" dalam khayalannya. Ketika Selvig selesai dan bertanya apakah ada yang memiliki pertanyaan, Lee berkata, "Ya, bisakah saya mengembalikan sepatuku?"[20]
  • Di Captain America: The Winter Soldier (2014), Lee berperan sebagai penjaga keamanan di Institusi Smithsonian yang setelah menemukan bahwa Captain America mencuri seragam Perang Dunia II dari sebuah pameran, mengatakan, "Oh man, saya dipecat."
  • Di The Amazing Spider-Man 2 (2014), Lee adalah tamu kelulusan Peter Parker dan Gwen Stacy. Dia mencatat bahwa dia mengenali Peter Parker.
  • Di Guardians of the Galaxy (2014), Lee tampil sebagai pria tua yang sedang bercakap-cakap dengan wanita yang secara signifikan lebih muda. Roket, melihat dia melalui alat pemindaian, menolaknya sebagai bagian dari apa yang dia lihat salah dengan planet Xandar. Kecuali Groot, Ronan dan The Collector, Lee tidak memiliki tangan dalam penciptaan Guardian of the Galaxy.
  • Di Avengers: Age of Ultron (2015), ia tampil sebagai veteran militer yang menghadiri pesta kemenangan Avengers. Dia mengklaim bahwa dia bertempur di Pantai Omaha dan itu membuktikan bahwa dia dapat menangani suntikan minuman keras Asgardian dari Thor, namun kemudian terbawa mabuk, mengoceh slogannya, "Excelsior!"[21] Lee mencatat bahwa ini adalah cameo favoritnya.[22]
  • Di Ant-Man (2015), Lee muncul sebagai bartender dalam sebuah cerita yang Luis sampaikan kepada Scott Lang yang menjelaskan bahwa Falcon sedang mencarinya.[23]
  • Di Deadpool (2016), Lee tampil sebagai dirinya sendiri, bekerja sebagai MC di sebuah klub strip.[24] Lee tidak memiliki tangan dalam penciptaan karakter Deadpool.
  • Di Captain America: Civil War (2016), Lee tampil sebagai tukang pos FedEx, mengantarkan sebuah paket dari Steve Rogers ke Tony Stark di akhir film, salah menyebut nama Stark sebagai Tony "Stank".
  • Dalam X-Men: Apocalypse (2016), Lee terlihat melihat meningkatnya senjata nuklir yang diluncurkan oleh Apocalypse di samping istrinya Joan.
  • Di Doctor Strange (2016), Lee tampil sebagai pembalap bus yang membaca The Doors of Perception Aldous Huxley, tidak menyadari adanya pertempuran antara Doctor Strange dan Mordo dan Kaecilius dan para pengikutnya.[25]
  • Lee membuat penampilan cameo di Deadpool: No Good Deed (2017), sebuah film pendek yang ditayangkan sebelum Logan di Amerika Utara, di mana Lee berperan dan mengatakan kepada Deadpool "Wow nice suit!" yang Deadpool menjawab "Zip it Stan Lee!"[26] Penampilan cameo Lee dipotong dari versi teatrikal film pendek tersebut, namun dipulihkan dalam versi yang dirilis di halaman akun Youtube Ryan Reynolds. Lee kemudian mengucapkan terima kasih pada Reynolds karena mengembalikan cameo-nya.
  • Lee akan membuat penampilan cameo di Guardians of the Galaxy Vol. 2 (2017).Lee muncul sebagai astronot yang menceritakan sebuah kisah kepada The Watchers. Dia muncul lagi di salah satu adegan akhir kredit, di mana Watchers pergi, bosan dengan ceritanya.
  • Lee akan membuat penampilan cameo di Spider-Man: Homecoming (2017).[27]
  • Lee akan membuat penampilan cameo di Deadpool 2 (2018).

Permainan video dan aplikasi[sunting | sunting sumber]

  • Lee menceritakan game video 2000 Spider-Man,[28] sekuel 2001 Spider-Man 2: Enter Electro,[29] dan 2010 Spider-Man: Shattered Dimensions.[30]
  • Lee membuat penampilan video game pertamanya yang pernah ada sebagai senator yang menamai dirinya di Marvel Ultimate Alliance 2.[31]
  • Lee adalah karakter yang dapat dimainkan dalam video game Activision The Amazing Spider-Man, yang dirilis pada bulan Juni 2012, sebagai hubungan untuk film dengan nama yang sama. Dalam game tersebut, Lee digambarkan memiliki negara adidaya yang sama seperti Spider-Man, dan menggunakannya untuk mengambil halaman naskah buku komik baru yang telah hilang dan kemudian tersebar di sekitar Manhattan.[32] Dia juga menyuarakan karakter dengan nama depannya dalam mode cerita utama, yang memanggil Peter tentang tagihan kartu kreditnya saat Peter berjalan ke laboratorium saluran pembuangan Dr. Connor.
  • Lee muncul sebagai versi Lego yang bisa dimainkan sendiri di Lego Marvel Super Heroes dimana dia bisa berubah menjadi Stan-Hulk[33] yang dirilis pada bulan Oktober 2013.[34]
  • Lee mengulangi perannya, tampil sebagai dirinya sendiri dalam video game The Amazing Spider-Man, yang dirilis pada bulan April 2014, sebagai hubungan dalam film dengan nama yang sama.
  • Lee muncul sebagai versi Lego yang bisa dimainkan sendiri di Lego Marvel's Avengers dimana dia bisa berubah menjadi Stan-Hulk, Iron Stan dan StanBuster.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Dia menikahi Joan Clayton Boocock pada tanggal 5 Desember 1947,[35] dan pada tahun 1949, pasangan tersebut membeli sebuah rumah bertingkat tiga dan tiga kamar tidur di 1084 West Broadway di Woodmere, New York, di Long Island, tinggal di sana sampai tahun 1952.[36] Putri mereka Joan Celia "J.C." Lee lahir pada tahun 1950. Anak lainnya, Jan Lee, meninggal tiga hari setelah melahirkan pada tahun 1953.[37] Lees tinggal di 226 Richards Lane di kota Long Island, Hewlett Harbor, New York, dari tahun 1952 sampai 1980.[38]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Film[sunting | sunting sumber]

Tahun Film Peran Catatan
1973 L'An 01 Cameo
1989 The Trial of the Incredible Hulk Jury Foreman TV movie
1990 The Ambulance Diri sendiri Cameo
1995 Mallrats
2000 X-Men Hotdog Stand Vendor
2000 Citizen Toxie: The Toxic Avenger IV Narrator (suara)
2000 The Adventures of Cinderella's Daughter Imam
2002 Spider-Man Pria yang menyelamatkan wanita
2003 Daredevil Pria menyeberang jalan
2003 Hulk Penjaga keamanan
2004 Spider-Man 2 Manusia menyelamatkan orang yang tidak bersalah
2004 Comic Book: The Movie Diri sendiri
2004 The Princess Diaries 2: Royal Engagement Three Stooges Wedding Guest
2005 Fantastic Four Willie Lumpkin
2005 Conflict Trevor Film pendek, cameo
2006 X-Men: The Last Stand Pria dengan selang air Cameo
2007 Fantastic Four: Rise of the Silver Surfer Diri sendiri
2007 Spider-Man 3 Pria di Times Square
2007 Mosaic Stanley
2007 The Condor Kakek
2008 Iron Man Diri sendiri;[39]
Tercatat sebagai Man mistaken as Hugh Hefner
2008 The Incredible Hulk Diri sendiri;[40]
Tercatat sebagai Warga negara tak berdaya
2010 Iron Man 2 Diri sendiri;[41]
Tercatat sebagai Man mistaken as Larry King
2011 Thor Diri sendiri;[42]
Tercatat sebagai Supir truk pickup
2011 Captain America: The First Avenger Diri sendiri;[43]
Tercatat sebagai Jenderal
2011 Pizza Man Himself
2012 The Avengers Random citizen
2012 The Amazing Spider-Man Librarian
2013 Jay & Silent Bob's Super Groovy Cartoon Movie Diri sendiri (suara)
2013 Iron Man 3 Diri sendiri;[44]
Tercatat sebagai Juri kontes kecantikan
2013 Thor: The Dark World Diri sendiri;[45]
Tercatat sebagai Mental ward patient
2013 Return to Nuke 'Em High Volume 1 Narator (Tidak tercatat)
2014 Captain America: The Winter Soldier[46] Himself;[47]
Tercatat sebagai penjaga Smithsonian
2014 The Amazing Spider-Man 2[48] Tamu wisuda
2014 Guardians of the Galaxy[49] Diri sendiri;[50]
Tercatat ssebagai pria Xandarian
2014 Big Hero 6 Ayah Fred (suara) Pasca-kredit cameo
2015 Avengers: Age of Ultron Diri sendiri;[51]
Tercatat sebagai Veteran militer
Cameo
2015 Ant-Man Bartender
2016 Deadpool Stripclub DJ
2016 Captain America: Civil War Diri sendiri;[52]
Tercatat sebagai Pekerja pengiriman FedEx
2016 X-Men: Apocalypse Diri sendiri
2016 Yoga Hosers Pengirim
2016 Doctor Strange Diri sendiri;[53]
Tercatat sebagai Penumpang bus
2017 Deadpool: No Good Deed Diri sendiri Film pendek, Ditayangkan sebelumnya Logan, cameo hanya muncul dalam versi online.
2017 Guardians of the Galaxy Vol. 2 Informan The Watchers Cameo
2017 Spider-Man: Homecoming TBA[19] Pasca-produksi, cameo
2017 Thor: Ragnarok Pasca-produksi, cameo

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Tahun Permainan Game Suara
2000 Spider-Man Narator
2001 Spider-Man 2: Enter Electro
2009 Marvel: Ultimate Alliance 2 Senator Lieber
Marvel Super Hero Squad Mayor of Superhero City
2010 Spider-Man: Shattered Dimensions Narator
2012 The Amazing Spider-Man Himself
2013 Lego Marvel Super Heroes
2014 The Amazing Spider-Man 2
Family Guy: The Quest for Stuff
2016 Lego Marvel Avengers

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Nominasi Hasil
1994 The Will Eisner Award Hall of Fame[54] Menang
1995 Jack Kirby Hall of Fame[55]
2002 Saturn Award The Life Career Award
2008 National Medal of Arts[56]
2009 Hugo Award Hugo Award for Best Dramatic Presentation- Iron Man Nominasi
Scream Awards[57] Comic-Con Icon Award Menang
2011 Hollywood Walk of Fame[58]
2012 Visual Effects Society Awards Lifetime Achievement Award
Producers Guild of America[59] Vanguard Award
2017 National Academy of Video Game Trade Reviewers[60] Performance in a Comedy, Supporting

Bibliografi komik[sunting | sunting sumber]

Komik-komik karya Stan Lee antara lain:

DC[sunting | sunting sumber]

Marvel[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Inggris) Stan Lee, lambiek.net. Diakses pada 10 Juni 2010.
  2. ^ (Inggris) Biography for Stan Lee, www.imdb.com. Diakses pada 10 Juni 2010.
  3. ^ Stan Lee Jadi Jagoan Komik, www.tempointeraktif.com. Diakses pada 10 Juni 2010.
  4. ^ Stan's Soapbox, Bullpen Bulletins, Oktober 1998
  5. ^ Stan's Soapbox, Bullpen Bulletins, Oktober 2000
  6. ^ Miller, John Jackson (June 10, 2005). "Comics Industry Birthdays". Comics Buyer's Guide. Iola, Wisconsin. Diarsipkan dari versi asli tanggal Oktober 29, 2010. 
  7. ^ a b Lee & Mair 2002, p. 5
  8. ^ The Celebrity Who's Who – World Almanac. Google Books. September 1986. p. 213. ISBN 978-0-345-33990-4. Diakses tanggal August 13, 2013. 
  9. ^ Edward, Lewine (September 4, 2007). "Sketching Out His Past: Image 1". The New York Times Key Magazine. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 24, 2009. Diakses tanggal April 27, 2010. 
  10. ^ a b Lewine. "Image 2". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 24, 2009. Diakses tanggal April 27, 2010. 
  11. ^ Kugel, Allison (March 13, 2006). "Stan Lee: From Marvel Comics Genius to Purveyor of Wonder with POW! Entertainment". PR.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal Juni 11, 2011. Diakses tanggal Mei 28, 2011. 
  12. ^ https://www.youtube.com/watch?v=sdeQphtq1Yc
  13. ^ Goldman, Eric (May 4, 2007). "Stan Lee's Further Superhero Adventures". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 15, 2014. Diakses tanggal Mei 14, 2007. 
  14. ^ Iron Man Ultimate 2-Disc Edition DVD, disc 2, I Am Iron Man documentary
  15. ^ "Stan Lee: Santa Monica, CA, July 2, 2008". AtGoogleTalks. Juli 18, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal Februari 6, 2016. Diakses tanggal September 15, 2015. 
  16. ^ "Stan Lee Talks Upcoming Cameo Roles". SuperheroHype.com. Mei 17, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal Juli 5, 2011. Diakses tanggal Juli 15, 2011. 
  17. ^ Couch, Aaron (Agustus 29, 2012). "Avengers Deleted Scene Focuses on Captain America, Features Bonus Stan Lee Cameo". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 27, 2013. Diakses tanggal Agustus 31, 2012. 
  18. ^ Douglas, Edward (Januari 10, 2011). "Stan Lee Back in Action for Next Spider-Man". SuperheroHype.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 15, 2014. Diakses tanggal Januari 10, 2011. 
  19. ^ a b "Exclusive: Stan Lee in Iron Man 3 is..". LatinoReview.com. July 11, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 3, 2012. Diakses tanggal Juli 17, 2012. 
  20. ^ "NTF Scoop – Stan Lee Confirms Cameo in Thor: The Dark World". NukeThe Fridge.com. September 15, 2012. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 17, 2012. Diakses tanggal September 17, 2012. 
  21. ^ Leston, Ryan (Juli 13, 2014). "Stan Lee Confirms Avengers: Age Of Ultron Cameo". Yahoo!. Diarsipkan dari versi asli tanggal Juli 13, 2014. Diakses tanggal Juli 13, 2014. 
  22. ^ "Stan Lee Comments on Favorite Cameo". Tomorrow Show YouTube Channel. Diakses tanggal 21 Oktober 2016. 
  23. ^ Errico, Marcus (Juli 17, 2015). "That Stealthy Spider-Man Reference and Every Other 'Ant-Man' Easter Egg We Spotted (Spoilers)". Yahoo! Movies. Diarsipkan dari versi asli tanggal Juli 18, 2015. Diakses tanggal Juli 18, 2015. Stan the Man makes his customary cameo, this time as a bartender in one of Luis’s scene-stealing stories, noting a patron is 'super fine.' Lee doesn’t actually speak, but mimes his lines over the narration.  Note: Click "Read More" link.
  24. ^ Wickline, Dan (Juli 11, 2015). "SDCC '15: Stan Lee's Cameo And More From Deadpool". BleedingCool.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal Juli 13, 2015. Diakses tanggal February 6, 2016. 
  25. ^ Buxton, Marc (Agustus 22, 2016). "Stan Lee Holds Forth On His Comic Book Origins & His Secret Disney Role". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal Agustus 22, 2016. Diakses tanggal Agustus 22, 2016. 
  26. ^ Reynolds, Ryan (4 Maret 2017). "Anyone know the number to 911? No Good Deed". Twitter. Diakses tanggal 5 Maret 2017. 
  27. ^ Tsirbas, Christos (September 5, 2016). "Stan Lee Reveals Next Three Marvel Cameos". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 5, 2016. Diakses tanggal September 5, 2016. 
  28. ^ Perry, Douglass C. (Agustus 25, 2000). "Spider-Man: In a case of style over substance, Neversoft's action game does almost all the right things". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal Februari 19, 2014. 
  29. ^ Villoria, Gerald (Oktober 16, 2001). "Spider-Man 2: Enter: Electro Review". GameSpot. Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 15, 2014. 
  30. ^ Lavallee, Jon (August 4, 2010). "Spider-Man: Shattered Dimensions Behind-the-Scenes with Stan Lee". Game Rant. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 14, 2013. 
  31. ^ "Stan Lee Appears in Activision's Marvel: Ultimate Alliance 2". IGN. Juli 22, 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 8, 2013. 
  32. ^ Sunu, Steve (Februari 28, 2012). "Play as Stan Lee in the Amazing Spider-Man Video Game". Comic Book Resources. Diarsipkan dari versi asli tanggal Oktober 21, 2013.  Archive requires scrolldown
  33. ^ Miller, Greg (Juli 20, 2013). "Lego Marvel Super Heroes: Characters and Cast Revealed". IGN. Diarsipkan dari versi asli tanggal Juli 23, 2013. 
  34. ^ "Lego Marvel Superheroes: Stan Lee Hulks Out – Comic-Con 2013". IGN. Juli 20, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 20, 2014. Diakses tanggal Juli 20, 2013. 
  35. ^ Lee, Mair, p. 69
  36. ^ Lewine. "Images 4–5". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 24, 2009. Diakses tanggal April 27, 2010. 
  37. ^ Lee, Mair, p. 74
  38. ^ Lewine. "Images 6–7". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 24, 2009. Diakses tanggal April 27, 2010. 
  39. ^ [1]
  40. ^ [2]
  41. ^ [3]
  42. ^ [4]
  43. ^ [5]
  44. ^ [6]
  45. ^ [7]
  46. ^ Weintraub, Steve (July 30, 2013). "Anthony Russo and Joe Russo Talk Captain America: The Winter Soldier, Stan Lee’s Cameo, the Post-Credits Scene, and Much More". Collider.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal September 17, 2013. Diakses tanggal July 30, 2013. 
  47. ^ [8]
  48. ^ "Photos of Stan Lee Filming His Amazing Spider-Man 2 Cameo". SuperHeroHype.com. Juni 3, 2013. Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 15, 2014. Diakses tanggal June 3, 2013. 
  49. ^ "Stan Lee Will Appear in Guardians of the Galaxy After All". ign.com. April 28, 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal Maret 14, 2014. Diakses tanggal April 28, 2014. 
  50. ^ [9]
  51. ^ [10]
  52. ^ [11]
  53. ^ [12]
  54. ^ "Will Eisner Hall of Fame". The Will Eisner Comic Industry Awards. 2014. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 10, 2014. 
  55. ^ Curry, Stormy (October 31, 2013). "Stan Lee: It's All In The Cameos With Marvel Movies". KTTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal March 13, 2014. 
  56. ^ Garreau, Joel (November 18, 2008). "Stan Lee and Olivia de Havilland Among National Medal of Arts Winners". The Washington Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 6, 2016. Diakses tanggal February 6, 2016. 
  57. ^ "TV: Video Highlights from the 2009 Spike TV Scream Awards". Bloody-disgusting.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 10, 2012. Diakses tanggal April 27, 2010. 
  58. ^ Simpson, David (January 4, 2011). "Video: Stan Lee Picks Up 2,428th Star on Hollywood Walk of Fame". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 2, 2012. Diakses tanggal September 14, 2012. 
  59. ^ "Stan Lee to Receive 2012 Producers Guild Vanguard Award". The Hollywood Reporter. November 9, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 24, 2012. Diakses tanggal March 4, 2012. 
  60. ^ "NAVGTR Awards (2016)". National Academy of Video Game Trade Reviewers. 
  61. ^ a b Meeks, Robert (Oktober 2, 2009). "L.B. Comic Con: It's Stan Lee Day!". Insidesocal.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal Januari 17, 2012. Diakses tanggal April 27, 2010. 
  62. ^ "Spidey Sunday Spectacular" by Stan Lee and Marcos Martin at Grand Comics Database

Bibliografi[sunting | sunting sumber]

Baca lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]