Sabretooth (komik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Sabretooth
Sabrexd2.jpg
Sabretooth, pada kover komik X-Men vol. 2 #162.
Seni oleh Salvador Larroca.
Informasi publikasi
Penerbit Marvel Comics
Penampilan pertama Iron Fist #14 (Agustus 1977)
Dibuat oleh Chris Claremont (penulis)
John Byrne (ilustrasi)
Informasi dalam cerita
Alter ego Victor Creed
Spesies Manusia Mutan
Afiliasi tim X-Men
Brotherhood of Evil Mutants
Team X
Marauders
X-Factor
Weapon X
"Avengers" (1959)
Hand[1]
Astonishing Avengers[2]
Avengers Unity Division
Nama alias terkenal Slasher, El Tigre, Der Schlächter ("The Butcher" di Jerman)
Kemampuan
  • Regenerasi faktor penyembuhan
  • Indera yang tajam, kekuatan, stamina, ketangkasan dan refleks kebal serangan telepati, dan memiliki kuku yang dapat ditarik masuk serta bertaring
  • Berumur panjang

Sabretooth (Victor Creed) adalah sebuah karakter fiksi yang diterbitkan oleh Marvel Comics yang dibuat oleh penulis Chris Claremont dan seniman / co-writer John Byrne. Karakter ini pertama kali muncul di Iron Fist #14 (Agustus 1977). Sabretooth adalah mutan binatang yang memiliki kemampuan fisik yang luar biasa, terutama kemampuannya untuk regenerasi dengan cepat, taring dan kuku yang tajam, dan memiliki indera yang luar biasa tajam. Ia adalah seorang pembunuh sadis, banyak kematian yang terjadi atas perbuatannya, baik dibayar sebagai pembunuh atau hanya untuk kenikmatan pribadi.

Wolverine merupakan musuh utamanya, walaupun secara khusus mereka bermusuhan, seperti kebanyakan aspek Wolverine sebelumnya masa lalunya yang selalu samar, diketahui bahwa ia dan Sabretooth adalah korban Perang Dingin supersoldier program Weapon X. Sabretooth melihat Wolverine sebagai saingannya dan selalu mencoba untuk membuat hidup Wolverine sengsara. Kedua telah bermusuhan sejak itu. Berbeda dengan Wolverine saat selalu berusaha untuk memberangus sisi kelam dan sifat binatangnya dan Sabretooth adalah lawan yang tepat, ia telah lama ingin merangkul sisi kelam dan sifat binatangnya.

Karakter telah muncul di beberapa X-Men seri animasi dan video game. Diperankan oleh Tyler Mane, Sabretooth adalah antek dari Magneto dalam film pertama X-Men dan X-Men: The Official Game. Liev Schreiber memainkan dia di film 2009 X-Men Origins: Wolverine. Pada bulan Mei 2008, majalah Wizard peringkat Sabretooth #193 dari 200 karakter buku komik terbaik sepanjang masa.[3] Pada tahun 2009, Sabretooth juga menempati peringkat ke-44 dalam IGN Greatest Comic Book Villain of All Time.[4]

Asal usul[sunting | sunting sumber]

Awal kisah[sunting | sunting sumber]

Kenangan buruk masa kecil Sabretoothh.

Memori Sabretooth yang telah dirusak dengan diam-diam oleh organisasi Weapon X dan banyak dari kenangan yang nampak tentang masa lalunya, tidak dapat dipercaya. Memori yang kuat dan melibatkan awal kenangannya adalah kekerasan terhadap dirinya yang dilakukan oleh ayah kandungnya, saat ia diikat di ruang bawah tanah rumah orang tuanya. Ayahnya sangat membenci bakat mutan alami yang ada pada diri Victor Creed. Namun, apakah kenangan ini akurat atau bahkan benar terjadi, sangatlah tidak jelas.

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Sabretooth adalah mutan dengan sejumlah baik perbaikan alami dan buatan untuk fisiologinya dibandingkan dengan manusia normal. Kekuatan mutan utamanya adalah kemampuan penyembuhan yang cepat yang memungkinkan dia untuk meregenerasi daerah yang rusak atau hancur di tubuhnya dan struktur selular jauh melampaui kemampuan manusia biasa. kekuatan penyembuhannya, seperti Wolverine, telah digambarkan dengan variabel derajat kontradiksi oleh berbagai penulis buku komik dan seniman. Atribut meningkat alami Sabretooth ini berasal dari, setidaknya sebagian, faktor penyembuhan cepatnya. Ini "faktor penyembuhan" juga memberikan kepadanya kekebalan terhadap sebagian besar obat, racun, dan penyakit, dan kekebalan terbatas pada racun kelelahan yang dihasilkan oleh tubuh sendiri.[5] Kualitas regeneratif kekuatan penyembuhan dan "faktor usia penindasan", menyebabkan dia untuk usia pada tingkat luar biasa lambat. Sementara ia adalah usia lanjut yang tidak diketahui, Sabretooth memiliki penampilan dan vitalitas seorang pria di prima fisiknya.

Dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

  • Sabretooth pertama kali muncul di Wolverine and X-Men episode "Past Discretions". Disuarakan oleh Peter Lurie. Dia terlihat sebagai anggota Weapon X. Dia bekerja sebagai mitra dan pengawas Wolverine pada misi, meskipun ia menyebut Wolverine sebagai Logan (atau istilah merek dagang, "kerdil"). Dia memegang dendam terhadap Wolverine untuk memilih untuk tidak menyakiti putri target dan menyerang dia sebagai gantinya.
  • Sabretooth muncul di The Super Hero Squad Show episode "Enter Dormammu", disuarakan oleh Charlie Adler.[6] Dia bekerja sama dengan Juggernaut untuk mencari Infinity Fractal hanya untuk dikalahkan oleh Super Hero Squad. Dalam episode "Oh Brother", Sabretooth mengambil bagian dalam serangan di Asgard. Dalam episode "Stranger From a Savage Land", Dia bekerja dengan Toad, Thunderball dan Batroc the Leaper untuk menangkap batu bintang Quartz dari kerah Zabu, harimau peliharaan Sabretooth dari Ka-Zar, yang ia ingin menjaga untuk hewan peliharaan.

Film[sunting | sunting sumber]

Seri film X-Men[sunting | sunting sumber]

  • Sabretooth muncul dalam film X-Men digambarkan oleh Tyler Mane (yang bekerja sebagai stuntman sampai Bryan Singer melemparkan dia sebagai Sabretooth). Sabretooth dipandang sebagai anggota dari Brotherhood of Mutant.

Animasi[sunting | sunting sumber]

  • Sabretooth muncul di Wolverine bagian dari Hulk Vs disuarakan oleh Mark Acheson. Sabretooth muncul sebagai anggota Weapon X dipekerjakan oleh Profesor Thornton.[8]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

  • Sabretooth adalah bos terakhir di NES permainan video Wolverine.
  • Sabretooth muncul di Capcom pertempuran game X-Men vs Street Fighter dan Marvel vs Capcom 2, disuarakan oleh Don Francks. Birdy rekannya juga terlihat dalam salah satu serangan dan pose-nya.
  • Sabretooth adalah karakter yang dapat dimainkan di X-Men: Mutant Academy pertempuran game, disuarakan kembali oleh Don Francks.
  • Sabretooth adalah karakter yang dapat dimainkan di X-Men: Next Dimension, disuarakan oleh Fred Tatasciore.
  • Sabretooth muncul di X2: Wolverine's Revenge, disuarakan kembali oleh Fred Tatasciore.
  • Dalam X-Men: The Official Game, Sabretooth (disuarakan oleh Tyler Mane) berfungsi sebagai bos pertama dan terakhir untuk Wolverine.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Wolverine vol. 5 #12
  2. ^ Avengers & X-Men: AXIS #6
  3. ^ "The 200 Greatest Comic Book Characters of All Time". Wizard: The Magazine of Comics, Entertainment and Pop Culture. May 13, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 16, 2009. Diakses tanggal April 19, 2011. 
  4. ^ Sabretooth is number 44. IGN.
  5. ^ Official Handbook of the Marvel Universe vol. 4 #6
  6. ^ "Marvel Super Hero Squad Voice Cast". Comics Continuum. July 28, 2009. 
  7. ^ O'Hara, Helen (January 2009). "Weapon X". Empire. pp. 85–90. 
  8. ^ Mel Valentin (January 28, 2009). "Movie Review - Hulk Vs.". efilmcritic.com. Diakses tanggal September 8, 2010. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Brotherhood of Evil Mutants

Templat:Ultimate X-Men Templat:Weapon Plus Templat:Iron Fist