Juggernaut (komik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Juggernaut
Juggernaut.PNG
Juggernaut pada kover New Excalibur #12.
Seni oleh Michael Ryan.
Informasi publikasi
Penerbit Marvel Comics
Penampilan pertama The X-Men #12 (Juli 1965)
Dibuat oleh Stan Lee (penulis)
Jack Kirby (ilustrasi)
In-story information
Alter ego Cain Marko
Spesies Manusia (diberdayakan)
Kemitraan Black Tom Cassidy
Nama alias terkenal Captain Universe, Kuurth: Breaker of Stone
Kemampuan Kekuatan super dan daya tahan
Kebal melalui medan gaya mistis
Momentum hampir tak terbendung
Kekebalan terhadap serangan mental yang melalui helmnya

Juggernaut (Cain Marko) adalah penjahat super fiksi di yang berasal dari Marvel Comics. Karakter ini pertama muncul di X-Men #12 (Juli 1965) dan diciptakan oleh penulis Stan Lee dan artist Jack Kirby. Cain Marko adalah adik tiri pendiri X-Men Professor Charles Xavier, Marko memiliki kekuatan yang tak bisa dihentikan setelah menyentuh permata yang memiliki kekuatan gaib. Sang Juggernaut muncul dalam film X-Men: The Last Stand yang diperankan oleh Vinnie Jones.

Pada tahun 2008, Juggernaut menduduki peringkat 188 dalam daftar Wizard of Top 200 Karakter Komik.[1] Pada tahun 2009, Juggernaut menduduki peringkat ke-19 pada daftar IGN dari Top 100 Comic Book Villains.[2]

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Juggernaut memiliki kekuatan yang diperoleh dari batu permata berkekuatan magis yaitu batu rubi Cyttorak. Karena hubungan dekatnya dengan X-Men, kadang-kadang sering diartikan bahwa ia juga seorang mutan. Dalam film X-Men: The Last Stand, Juggernaut digambarkan seorang mutan, bukan manusia berkekuatan magis. Batu itu telah mengubah jiwa dan raganya, kekuatannya hampir bisa disamakan dengan Thor dan Hulk.

Dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

  • Juggernaut muncul sebagai penjahat di Spider-Man and His Amazing Friends episode "A Firestar is Born", disuarakan oleh William H. Marshall dengan dengkur saham oleh Bob Holt dari 1982 seri Incredible Hulk.[3]
  • Juggernaut muncul di pilot 1989 Pryde of the X-Men, disuarakan oleh Ron Gans. Dia muncul sebagai anggota Brotherhood of Mutants dari Magneto.
  • Di Fantastic Four, Juggernaut membuat penampilan cameo di "Nightmare in Green" bersama dengan X-Men dan Scarlet Spider.

Film[sunting | sunting sumber]

  • Dalam naskah pertama X-Men, yang ditulis oleh Andrew Kevin Walker, Juggernaut ditetapkan untuk menjadi bagian dari Brotherhood of Mutants dan salah satu kaki tangan dari Magneto.[4] Namun, ini dibatalkan dan Walker menulis ulang script.
  • Dalam X-Men: The Last Stand, Juggernaut (diperankan oleh Vinnie Jones) berfungsi sebagai salah satu dari tentara Ikhwanul Alliance Magneto. Dalam versi ini, dia adalah mutan tanpa koneksi eksplisit untuk Charles Xavier atau Crimson Gem dari Cyttorak.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Brotherhood of Evil Mutants