Apocalypse (komik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Apocalypse
Apocalypse
Apocalypse, digambarkan dalam komik X-Men #183 (vol. 2, April 2006). Karya Salvador Larroca.
Informasi publikasi
PenerbitMarvel Comics
Penampilan pertamaX-Factor #5 (cameo) (Juni 1986) X-Factor #6 (penampilan penuh pertama) (Juli 1986)
Dibuat olehLouise Simonson
Jackson Guice
Informasi dalam cerita
Alter egoEn Sabah Nur
SpesiesManusia Mutan
Afiliasi tim
Kemitraan
Nama alias terkenalThe First One, Genesis, En Sabah Nur
Berbagai dewa mitologi[1]
Kemampuan
  • Genius-level intelek
  • Telekinesis
  • Telepati
  • Manipulasi Teknologi
  • Manipulasi Materi
    • Transmutasi Materi
      • Teleportasi
      • Keabadian
      • Kekebalan
      • Faktor penyembuhan regeneratif
      • Berubah bentuk
      • Dewa kekuatan, stamina, kecepatan dan refleks
  • Manipulasi energi

Apocalypse (En Sabah Nur) adalah penjahat super fiksi yang muncul dalam buku komik yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Dia adalah mutan yang sangat pertama di dunia, dan awalnya penjahat utama untuk tim X-Factor asli dan sekarang untuk X-Men dan tim spin-off terkait. Dibuat oleh penulis Louise Simonson dan artis Jackson Guice, Apocalypse pertama kali muncul di X-Factor #5 (Mei 1986).[2]

Sejak pengantarnya, karakter telah muncul dalam sejumlah judul X-Men, termasuk spin-off dan beberapa seri terbatas. Apocalypse juga tampil dalam berbagai bentuk media. Pada tahun 2016, Oscar Isaac digambarkan penjahat dalam film X-Men: Apocalypse.[3] Dia menduduki #24 di IGN 100 Greatest Comic Book Villains of All Time.[4] Apoclypse memiliki hasrat untuk membawa para mutan memasuki tahap evolusi yang lebih canggih. Ia telah mengubah beberapa mutan menjadi bentuk yang lebih kuat, pintar, dan lebih canggih, contohnya Archangel. Beberapa orang mengkategorikannya sebagai mutan jahat, tetapi sesungguhnya ia hanya bertujuan untuk menciptakan dunia yang dihuni oleh makhluk-makhluk superior.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Apocalypse dipercayai sebagai mutan pertama di muka bumi dan tidak ada yang tahu apa sesungguhnya jenis kekuatan mutan yang dimilikinya. Ia datang ke dunia masa kini dari suatu masa depan yang masih sangat jauh dengan tujuan untuk mempercepat proses evolusi dari para mutan. Dengan senang hati ia menggunakan pengetahuan dan kemampuannya untuk mengubah para mutan kedalam bentuk yang lebih sempurna,namun obsesi sesungguhnhya bukan sekadar mengubah para mutan tetapi sekaligus menguasai mereka dibawah kendalinya. Lahir pada ratusan ribu tahun yang lalu dalam lingkungan kelompok suku misterius di daerah padang pasir dari keluarga bangsawan pada zaman yang kemungkinan asal usul bangsa Mesir kuno, Apocalypse membuat takut orang-orang disekitarnya, bahkan ketika ia masih bayi para tua-tua suku memiliki firasat buruk tentang keberadaanya. Berwajah jelek dan tak beraturan, ia di telantarkan begitu saja oleh sukunya sendiri dengan maksud agar ia mati di tengah padang pasir yang kasar, panas dan tandus,sementara itu seluruh keluarganya tewas dalam pembantaian oleh kaum sesukunya. Mengembara di bumi, Apocalypse sampai di daratan China, dimana ia tersandung oleh sebuah benda aneh yang ternyata adalah pesawat luar angkasa yang telah jatuh di bumi. Kemudian ia menetap di pesawat tersebut selama beberapa tahun, mempelajari tekhnologi rahasia-rahasia Alien yang meningkatkan kemampuan mutannya dan menemukan baju zirah biologikal untuk dirinya. Zirah ini memberikan Apocalypse kemampuan untuk mengubah bentuk, begitupula tubuhnya tersebut bisa membentuk menjadi sangat lunak sehingga mudah dibentuk menjadi apapun. Setelah merasa cukup kuat ia kembali kesukunya dengan maksud membalas dendam, tetapi ternyata dengan kekuatannya itu ia mengejar tujuan yang lebih besar, yakni menguasai dunia. Apocalypse menjadi mutan yang lebih kuat daripada yang lain. Pada abad ke-20, Apocalypse menciptakan pasukan Empat Penunggang Kuda (Four Horsemen) untuk melaksanakan misinya tetapi usahanya selalu mendapatkan rintangan dari X-Men dan para sekutunya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "UncannyXmen.Net - For the Fans, By the Fans". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-08-05. Diakses tanggal 2009-05-05. 
  2. ^ "Walt Simonson Remasters "Star Slammers," Talks "X-Men: Apocalypse"". Comic Book Resources. 2014-01-29. Diakses tanggal 2014-05-27. 
  3. ^ "'X-Men: Apocalypse': Oscar Isaac Nabs Villain Role". Variety. November 24, 2014. Diakses tanggal November 24, 2014. 
  4. ^ Apocalypse is number 24 Diarsipkan 2013-07-01 di Wayback Machine. IGN. Retrieved 10-05-09.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]