Colossus (komik)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Colossus
Colossus
Seni oleh John Cassaday.
Informasi publikasi
Penerbit Marvel Comics
Penampilan pertama Giant-Size X-Men #1 (Mei 1975)
Dibuat oleh Len Wein
Dave Cockrum
Informasi dalam cerita
Alter ego Piotr "Peter" Nikolaievitch Rasputin
Spesies Manusia Mutan
Afiliasi tim X-Men
Defenders
Excalibur
Acolytes
Nama alias terkenal Rasputin, Peter Nicholas, Juggernaut
Kemampuan Mampu mengubah badannya menjadi "baja organik" yang dapat memberikan kekuatan lebih, stamina dan daya tahan tubuh
(Sebagai Juggernaut):
Kekuatan super tambahan dan ketahanan terhadap cedera
Momentum tak terbendung

Colossus (Rusia: Пётр Николаевич Распутин, Pyotr Nikolayevich Rasputin) adalah pahlawan super fiksi yang muncul dalam American comic book dan diterbitkan oleh Marvel Comics. Diciptakan oleh penulis Len Wein dan ilustrator Dave Cockrum. Ia pertama kali muncul di Giant-Size X-Men #1 (Mei 1975). Seorang mutan asal Rusia, tokoh ini anggota X-Men dan sejauh ini secara fisik, ia anggota X-Man terkuat. Walaupun tanpa kekuatannya, ia tetap terlihat lebih menonjol dengan tinggi 2 meter lebih.

Aktor Daniel Cudmore menggambarkan Colossus di X2, X-Men: The Last Stand, dan X-Men: Days of Future Past, dan Stefan Kapičić memberikan suara pada Colossus CGI di film 2016 Deadpool. Wizard menempatkan Colossus di nomor 184 di 200 Karakter Buku Komik Terbaik Sepanjang Masa.[1] Pada tahun 2006, IGN menempatkan Colossus di posisi 10 dari daftar mereka "The Top 25 X-Men".[2] Pada tahun 2013, ComicsAlliance menempatkan Colossus sebagai #22 dalam daftar "50 Karakter Pria Terseksi dalam Komik".[3]

Konsep dan penciptaan[sunting | sunting sumber]

Editor Roy Thomas, yang bertugas menghidupkan kembali X-Men untuk Giant Size Size X-Men #1 (1975), mengatakan kepada tim kreatif untuk pulang dan membuat beberapa karakter untuk tim baru tersebut. Dave Cockrum teringat:

Saya baru saja pulang dan Colossus adalah salah satu orang pertama yang muncul dalam pikiran. Kami membutuhkan orang yang kuat untuk tim, jadi saya menarik orang yang kuat. Armor karakter itu hanya jatuh ke tempatnya. Dia diterima cukup banyak seperti apa adanya, kecuali bahwa saya telah memberinya kaki telanjang karena sepertinya hanya logis jika kita ingin menunjukkan kepadanya lapis baja, kakinya harus telanjang seperti lengan. Tapi Len Wein tidak menyukai karakter pria dengan kaki telanjang. Jadi kami memutuskan bahwa kostumnya akan berwarna biru saat dia tidak berlapis baja, dan kami akan melihat kakinya saat dia lapis baja, karena molekul kostumnya yang tidak stabil.[4]

Sejarah publikasi[sunting | sunting sumber]

Sebagai andalan serial komik X-Men sampai tahun 1990an, Colossus tampil secara reguler di seri pertama Excalibur. Sementara menjadi anggota tim, dia memiliki self-titled satu tembakan yang menggambarkannya dan rekan setimnya Meggan yang sedang bertarung melawan Arcade di fasilitas Murderworld-nya yang baru.

Setelah kembali ke X-Men bersama rekan setimnya Excalibur Shadowcat dan Nightcrawler, Colossus tinggal dengan judul sampai kematiannya. Dia kemudian dibangkitkan dan merupakan seri reguler Anstonishing X-Men yang ditulis oleh Joss Whedon. Dia adalah fitur dari rangkaian terbatas, Colossus: Bloodlines, di mana ia melakukan perjalanan kembali ke Rusia. Colossus telah kembali tampil sebagai seri X-Men reguler, tampil dalam berbagai judul seperti X-Men: Manifest Destiny, X-Men: Secret Invasion, X-Men, dan Astonishing X-Men.

Colossus muncul di Cable and X-Force, sebuah seri baru oleh penulis Dennis Hopeless dan artis Salvador Larroca yang memulai debutnya pada bulan Desember 2012.[5] Dia tampil di Extraordinary X-Men, ditulis oleh Jeff Lemire dan digambar oleh Humberto Ramos. Dia adalah bagian dari tim yang dipimpin oleh Storm, dan termasuk saudara perempuannya Magik, Iceman, Jean Grey versi remaja, Nightcrawler, seorang Sentinel yang diberi tahu kembali bernama Cerebra, dan Old Man Logan.

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

Colossus adalah mutan dengan kemampuan mengubah seluruh tubuhnya menjadi bentuk "baja organik", dengan sifat yang mirip dengan osmium namun masih belum diketahui komposisinya. Colossus harus mengubah seluruh tubuhnya menjadi kesatuan lapis baja; dia tidak bisa mengubah hanya sebagian tubuhnya saja. Ketika dia berubah, dia mencapai ketinggian sekitar 1 kaki (30 cm); Angka resmi menyatakan tingginya sekitar 7 kaki 5 inci (230 cm) dalam keadaan berubah versus 6 kaki 6 inci (200 cm) dalam bentuk manusia normal) dan beratnya paling sedikit dua kali lipat.[6] Dalam bentuknya yang berlapis baja, Colossus memiliki tingkat kekuatan super, serta stamina dan daya tahan super. Kekuatan fisiknya saat ini lebih besar dari saat ia pertama kali bergabung dengan X-Men karena penunjukan kembali selnya oleh Magneto menyusul cedera saat Pembantaian Mutan.

Colossus handal dalam kombat tangan-ke-tangan, setelah mendapat pelatihan dari Wolverine dan Cyclops. Dia telah berlatih akrobatik dan beradu pedang dari Nightcrawler. Dalam wujud manusia, dia masih sangat kuat dan dalam kondisi fisik yang luar biasa, meski tidak super hebat. Dia telah menyelesaikan kursus tingkat perguruan tinggi di sekolah Xavier.

Dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

  • Colossus muncul dalam episode "The Education of a Superhero" dan "The X-Men Adventure" dari serial animasi 1981 Spider-Man and His Amazing Friends, disuarakan oleh John Stephenson.
  • Colossus, disuarakan oleh Dan Gilvezan, ditampilkan dalam animasi spesial 1989 Pryde of the X-Men, pilot serial animasi X-Men yang tidak diproduksi.
  • Colossus ditampilkan dalam X-Men, disuarakan oleh Rick Bennett dalam "The Unstoppable Juggernaut" dan oleh Robert Cait dalam "Red Dawn". Dia juga membuat beberapa cameo lainnya sepanjang seri.
  • Colossus menjadi cameo di episode pertama dan keenam dari The Super Hero Squad Show, disuarakan oleh Tom Kenny.[7]
  • Colossus muncul dalam cameo yang tidak berbicara di episode terakhir Marvel Anime: X-Men. Dia adalah salah satu anggota X-Men lainnya dan pahlawan lainnya yang Professor X hadapi untuk mengatasi krisis di seluruh dunia yang disebabkan oleh Takeo Sasaki.

Film[sunting | sunting sumber]

Berkas:Colossus X2.jpg
Daniel Cudmore sebagai Colossus dalam film X2
  • Colossus memiliki cameo singkat saat seorang siswa membuat sketsa di halaman Xavier Institute di film 2000 X-Men, dimainkan oleh Donald Mackinnon.
  • Colossus dimainkan oleh Daniel Cudmore di film X2 tahun 2003. Ia membantu beberapa mutan muda melarikan diri dari Institut Xavier selama penyergapan William Stryker di mansion tersebut. Ketika Colossus menawarkan untuk membantu Wolverine, dia memberi tahu Colossus untuk membantu murid-murid yang tidak dapat diangkat dari X-Mansion.
  • Cudmore mengulangi perannya dalam film 2006 X-Men: The Last Stand. Ia mengambil bagian dalam sesi Denger Room dengan X-Men lainnya, dan bergabung dalam pertempuran melawan Magneto di Pulau Alcatraz.
  • Cudmore mengulang perannya sebagai Colossus di film 2014 X-Men: Days of Future Past.[8] Dia adalah satu dari sedikit X-Men yang masih hidup di masa depan. Pada awal film, Colossus mencoba untuk menghentikan Sentinel sehingga Kitty dan Bishop bisa mengubah masa lalu, namun lengannya ditinju dan dipukul oleh Sentinel yang meniru daging baja organiknya dan menggunakan kekuatannya sendiri untuk melawannya. Sebuah situs pemasaran viral untuk X-Men: Days of Future Past menunjukkan Colossus sebagai salah satu bayi mutan yang lahir prematur setelah bencana Chernobyl.
  • Colossus muncul di film 2016 Deadpool via CGI.[9] Andre Tricoteux dan T.J. Storm memberikan gerak-ambil untuk Colossus dalam film tersebut,[10] Glenn Ennis menyediakan bentuk wajah awal,[11] pengawas pemogokan film Greg LaSalle memberikan penampilan wajah terakhir,[12] sementara karakternya disuarakan. Oleh aktor Serbia Stefan Kapičić.[13][14] Sutradara Deadpool Tim Miller menyatakan bahwa Cudmore awalnya ditawari peran tersebut, namun dia menolak untuk kembali.[15] Cudmore juga mengkonfirmasi di akun Twitter-nya bahwa dia tidak akan kembali sebagai Colossus untuk film tersebut,[16][17] dan dia menolak untuk kembali ketika dia diberitahu bahwa suaranya akan dubbed oleh Kapičić.[18]
  • Colossus akan kembali ke Deadpool 2.[19]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The 200 Greatest Comic Book Characters Of All Time, Part 2". WizardUniverse.com. May 13, 2008. Diarsipkan dari versi asli tanggal 3 Juni 2008. Diakses tanggal 22 Maret 2016. 
  2. ^ "The Top 25 X-Men". IGN. Ziff Davis. May 15, 2006. Diakses tanggal 28 Juli 2015. 
  3. ^ Wheeler, Andrew (2013-02-14). "ComicsAlliance Presents The 50 Sexiest Male Characters in Comics". ComicsAlliance. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-10-18. Diakses tanggal 2015-07-28. 
  4. ^ Meth, Clifford (August 1993). "How a Typhoon Blew in Success". Wizard: X-Men Turn Thirty. pp. 50–52. 
  5. ^ Richards, Dave (14 September 2012). "EXCLUSIVE: The Future is Hopeless for "Cable and X-Force"". Comic Book Resources. Diakses tanggal 14 September 2012. 
  6. ^ Official Handbook of the Marvel Universe (vol. 4) #19
  7. ^ "Comics Continuum". Comics Continuum. 2009-07-28. Diakses tanggal 2010-09-13. 
  8. ^ BryanSinger (March 15, 2013). "3 #Oscars, 6 #GoldenGlobes, 1 #BAFTA, 2 #Emmys, 2 #Tonys, 5 #Oliviers, 1 #Ceaser - Now let's blow s**t up! #XMEN" (Tweet). 
  9. ^ Ching, Albert (February 13, 2015). "Gina Carano, T.J. Miller Join 'Deadpool' Cast, Colossus Expected To Appear". Diakses tanggal March 22, 2016. 
  10. ^ Failes, Ian (February 15, 2016). "Deep inside Deadpool’s deadliest effects". fxguide.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 22, 2016. Diakses tanggal February 22, 2016. 
  11. ^ "How They Frankensteined the Giant Colossus for 'Deadpool'". IndieWire. February 26, 2016. 
  12. ^ "Deadpool Interview: Greg LaSalle is the Face of Colossus". Collider. February 12, 2016. 
  13. ^ Carano, Gina [ginacarano] (May 29, 2015). "You're the best #Colossus a person could ask for Andre" (Tweet). Diakses tanggal May 30, 2015. 
  14. ^ McGovern, Joe (December 23, 2015). "Meet Stefan Kapicic, the Serbian actor inside the 7-and-a-half-foot tall mutant Colossus in Deadpool". Entertainment Weekly. 
  15. ^ Williams, Owen (July 29, 2015). "Exclusive Deadpool Trailer Breakdown". EmpireOnline.com. [Tim Miller:] I did actually call Daniel Cudmore to ask him if he wanted to do this, even though he’d be entirely CG the whole time. He was very nice about it. He was like, 'I appreciate your offering, but nah.' 
  16. ^ Cudmore, Daniel [danielcudmore] (February 17, 2015). "Thanks everyone for all the support for me 2 reprise the role of #Colossus in #Deadpool but unfortunately it won't be happening for me con't" (Tweet). 
  17. ^ Cudmore, Daniel [danielcudmore] (February 17, 2015). "I've had a blast playing such an awesome character over the years! #Deadpool will be kick-ass with #TimMiller and @VancityReynolds #BestFans" (Tweet). 
  18. ^ Jayson, Jay (August 7, 2015). "Daniel Cudmore Confirms He Was Offered Colossus In Deadpool". ComicBook.com. Diakses tanggal March 22, 2016. 
  19. ^ Goldberg, Matt (January 12, 2107). "Exclusive: Colossus and Negasonic Teenage Warhead Will Return in ‘Deadpool 2’". Collider. 
  20. ^ Miller, Greg (July 20, 2013). "Lego Marvel Super Heroes: Characters and Cast Revealed". IGN.com. Diakses tanggal March 22, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Kitty Pryde