X-23

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
X-23
Wolverine (Laura Kinney).jpg
X-23 sebagai Wolverine pada varian cover All-New Wolverine #6. Seni oleh Emanuela Lupacchino.
Informasi publikasi
PenerbitMarvel Comics
Penampilan pertamaX-Men: Evolution
"X-23"
Penampilan komik pertamaNYX #3 (Februari 2004)
Dibuat olehCraig Kyle
Informasi dalam cerita
Alter egoLaura Kinney
SpesiesManusia Mutan, Klon
Afiliasi timWeapon X
X-Men
New X-Men
Avengers Academy
X-Force
Thunderbolts
Nama alias terkenalLaura X, Talon, Captain Universe, X-23, Wolverine
Kemampuan
  • Indra super, refleks, dan atribut mirip hewan
  • Berumur panjang melalui faktor penyembuhan regeneratif
  • Cakar ditarik berlapis Adamantium di tangan dan kaki
  • Ahli menggunakan senjata dan tidak bersenjata

X-23 (Laura Kinney) adalah seorang pahlawan super fiktif yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comics, yang paling umum berkaitan dengan X-Men. Karakter awalnya diciptakan oleh penulis Craig Kyle untuk serial televisi X-Men: Evolution pada tahun 2003, sebelum memulai debutnya di seri komik NYX pada tahun 2004. Sejak saat itu ia telah memimpin dua miniseri enam isu yang ditulis oleh Kyle dan Christopher Yost, satu-seri dan seri self-titled yang ditulis oleh Marjorie Liu, dan All-New Wolverine oleh Tom Taylor.

X-23 adalah putri kloning Wolverine, diciptakan untuk menjadi mesin pembunuh yang sempurna. Selama bertahun-tahun, dia membuktikan dirinya sebagai pembunuh yang mampu bekerja untuk sebuah organisasi bernama Facility. Serangkaian tragedi akhirnya membawanya ke Wolverine dan X-Men. Dia menghadiri sekolah di X-Mansion, dan akhirnya menjadi anggota X-Force. Sama seperti Wolverine, X-23 memiliki faktor penyembuhan regeneratif dan indra, kecepatan dan refleks yang disempurnakan. Dia juga memiliki cakar tulang berlapis adamantium yang dapat ditarik di tangan dan kakinya. pada tahun 2015, karakter tersebut menggantikan ayahnya dalam mengadopsi nama dan kostum Wolverinedi seri All-New Wolverine.

Karakter telah muncul dalam adaptasi, termasuk film animasi dan serial TV dan permainana video. Dia digambarkan oleh Dafne Keen di film 2017 Logan.

Sejarah publikasi[sunting | sunting sumber]

X-23 pertama kali muncul di season 3, episode 11 dari serial televisi animasi X-Men: Evolution, berjudul "X-23". Debut komiknya ada pada tahun 2004 di seri NYX, dimana sejarah dan masa lalunya tidak pernah diungkapkan namun kemampuannya dipamerkan. Di X-23, miniseri pertamanya, asal usulnya sepenuhnya dijelaskan. Dia menjadi bagian dari X-Men yang pemain pendukung di Uncanny X-Men #450.

X-23 diciptakan oleh Craig Kyle. Dia mengungkapkan bahwa X-23 adalah upayanya untuk membuat Wolverine "terhubung lebih banyak dengan anak-anak yang lebih muda", sementara X-Men: Evolution adalah penemuan kembali X-Men yang membuat karakter remaja, "Wolverine adalah salah satu dari yang lama, orang beruban". Karakterisasi berlawanan dengan Wolverine, di mana alih-alih seorang pria "lebih tua dari kita tahu" tanpa mengingat masa lalunya dan nyawa yang dia hilang, X-23 adalah seorang gadis muda "terbelenggu dengan pembunuhan yang dia lakukan" yang keseluruhan hidupnya berkisar seputar proyek yang membuatnya menjadi pembunuh. Kyle menambahkan bahwa karakternya adalah "Pinocchio untuk Marvel Comics, dia adalah seorang pedang samurai yang berusaha menjadi gadis kecil sejati".[1] Dia dan Christopher Yost adalah penulis dari dua episode X-Men: Evolution di mana X-23 muncul ("X-23" dan "Target X"), dengan Yost menyatakan bahwa Kyle "memiliki semua ketukan asal-usulnya kepalanya saat saya masuk ke kapal".[2] Kyle dan Yost juga menulis X-23: Innocence Lost, enam edisi miniseri yang merinci asal karakter, dan juga X-23: Target X, enam isu miniseri yang mencakup pengalaman karakter antara kisah asalnya dan penampilannya di NYX. Mereka terus menulis X-23 ke dalam lagu mereka di New X-Men dan X-Force sebagai anggota tim.

X-23 membintangi sebuah serial komik bulanan pada tahun 2010, ditulis oleh Marjorie Liu. Pada tanggal 15 November 2011, Marvel mengumumkan bahwa seri komik X-23 akan berakhir pada edisi #21.[3]

X-23 tampil sebagai karakter reguler di Avengers Academy dari edisi #23 (Feb 2012) melalui edisi terakhir #39 (Jan 2013), dan juga muncul di Avengers Arena, seri oleh Dennis Hopeless dan Kev Walker.[4]

Setelah alur cerita "Secret Wars" tahun 2015, Laura diturunkan menjadi salah satu dari dua Wolverine baru dalam All-New, All-Different Marvel berkelanjutan, bersama dengan Old Man Logan.

Kekuatan dan kemampuan[sunting | sunting sumber]

X-23 adalah klon wanita yang dibuat dari bahan genetik Wolverine. Akibatnya, kekuatan mutannya serupa dengan miliknya. Seperti Wolverine, kemampuan mutan utama X-23 adalah faktor penyembuhan yang cepat yang memungkinkannya untuk meregenerasi jaringan yang rusak atau hancur dengan kecepatan, efisiensi, dan finalitas yang jauh lebih besar daripada manusia biasa. Cedera seperti luka tembak, luka teriris, dan luka tusukan benar-benar sembuh dalam hitungan detik. Dia juga telah ditunjukkan untuk dapat memasang kembali anggota badan; sebagai contoh, dia menyambungkan tangannya beberapa saat setelah dia memutuskan untuk melepaskan diri dari pengekangan yang ditinggalkan oleh Kimura. Efek dari kekuatan penyembuhannya yang cepat mencakup sistem kekebalan tubuhnya, membuatnya kebal terhadap penyakit dan infeksi. Dia juga kebal terhadap sebagian obat-obatan dan toksin, meski bisa terkena obat-obatan tertentu jika diberi dosis yang cukup. Mengingat sifat regeneratif selnya, dia berpotensi-abadi, sama seperti ayahnya.

Keahlian khusus[sunting | sunting sumber]

Lahir dan dibesarkan di penangkaran, X-23 telah dilatih untuk menjadi senjata hidup. Dia sangat terlatih dalam penggunaan senjata jarak jauh dan bahan peledak dan merupakan kombatan berat dari tangan-ke-tangan, dengan pelatihan intensif dalam banyak teknik bela diri bersenjata maupun tidak. Dia juga mengalami pengkondisian di mana "aroma pemicu" tertentu telah digunakan untuk mengirimnya ke dalam kemarahan yang mengamuk, membunuh apapun yang terlihat; Emma Frost tidak yakin apakah ini akan sepenuhnya ditekan. Dia juga berpendidikan tinggi sejauh ini telah menunjukkan kelancaran bahasa Prancis dan Jepang, sementara Zander Rice pernah menggambarkan kecerdasannya sebagai "di luar grafik".

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Ibu X-23, Dr. Sarah Kinney, melakukan yang terbaik untuk memastikan anak tersebut mempertahankan beberapa kemiripan kemanusiaan. X-23 jarang berbicara, atau menyatakan ketertarikannya pada ibunya yang terpaksa menolak kemajuan emosional yang mungkin dilakukan gadis itu, seperti meletakkan kepalanya di pangkuan ibunya, karena adanya Facility. Meski mendapat X-23 yang dibesarkan, dia selalu menunjukkan tanda-tanda kemanusiaan. Dalam satu misi tertentu ketika X-23 ditugaskan untuk membunuh Martin Sutter dan keluarganya, dia membunuh Sutter dan istrinya tanpa ragu, tetapi dia membebaskan anaknya, Henry.[5]

Ketika Blackheart memaksanya untuk menghadapi ketakutan yang terkandung dalam "musuh" tunggal yang sempurna, ketakutannya berbentuk "X-666", cheerleader stereotip dengan niat membunuh. X-666 kemudian menjelaskan bagaimana dia seharusnya menjadi orang yang tidak memiliki Laura untuk menjadi manusia sejati: sementara setiap manusia "bernuansa", memiliki sisi gelap dan batin jarang ditunjukkan kepada orang lain, asuhan Laura meninggalkan dia secara bidimensional, didorong dan tampaknya kurang memiliki ciri kepribadian lainnya selain yang dia tunjukkan, tidak dapat tumbuh lebih jauh lagi sebagai pribadi.[6]

Hubungan[sunting | sunting sumber]

Wolverine[sunting | sunting sumber]

Dikloning dari DNA Wolverine, Logan adalah hal yang paling dekat yang dimiliki Laura dengan seorang ayah. Pasangan ini berbicara dan berinteraksi satu sama lain dengan cara yang sesuai dengan hubungan ayah-anak perempuan (walaupun di New X-Men, Logan mengenalkannya kepada murid-muridnya sebagai saudara perempuannya). Logan bersikap protektif terhadap Laura dan tampaknya memiliki sifat baik hatinya, seperti saat dia secara terbuka menyuarakan ketidaksetujuannya terhadap Cyclops yang menempatkannya pada X-Force; namun, dia tidak memaksanya untuk pergi, meskipun dia mengatakan kepada Gambit bahwa dia pikir seharusnya. Ketika pasangan ini pertama kali bertemu, Logan menawarkan untuk membantunya memulai dari Institut Xavier dan mengatakan bahwa dia tahu lebih baik daripada siapa pun yang dilaluinya. Dalam serial solo X-23 Logan membuat rencana untuk mengadopsi Laura sebagai putrinya. Meskipun ada benturan di sana-sini keduanya memiliki hubungan keluarga yang kuat satu sama lain. Setelah kematian Logan, Laura secara resmi mengadopsi nama kode 'Wolverine' untuk menghormati ingatannya.

Sarah Kinney[sunting | sunting sumber]

Sarah adalah orang pertama yang menunjukkan rasa sayang pada X-23 meskipun dia mendapat perintah dari Facility untuk tidak memperlakukannya seperti anak kecil. Sarah sering membacanya Pinocchio saat masih kecil dan menunjukkan kekhawatiran saat melihat luka yang ditimbulkan Laura pada dirinya sendiri. Butuh Laura menyelamatkan hidup Henry Sutter agar Sarah menyadari bahwa dia sama bersalahnya dengan menggunakan Laura sebagai sisa Facility. Memutuskan untuk memperbaiki keadaan, Sarah menetas rencana untuk melarikan diri bersama Laura, menghancurkan pekerjaan Facility, dan memulai lagi dengan dia. Namun, berkat Zander Rice yang menahan aroma pemicu pada dirinya, Sarah dibunuh oleh Laura. Dengan napasnya yang sekarat, Sarah mengatakan pada X-23 namanya Laura. Pikiran terakhir Sarah ditinggalkan dalam sebuah surat kepada Laura yang merinci kesalahannya, bahwa dia adalah ibu Laura, dan kesadaran bahwa dia telah menyayanginya. Kematian Sarah sampai hari ini adalah kehidupan yang paling disesalkan Laura.

Megan Kinney[sunting | sunting sumber]

Sepupu Laura di sisi ibunya. Setelah melarikan diri dari Facility Laura pindah dengan saudara perempuan Sarah, Debbie dan putrinya, Megan. Untuk sementara keduanya terhubung dan Megan bahkan mengakui bahwa Laura adalah sahabat terbaiknya. Namun, ketika agen Facility datang untuk membawa Laura kembali, Laura membantu mereka melarikan diri dan membuat identitas baru sehingga mereka bisa bersembunyi. Laura dan Megan kemudian berpisah dan belum saling mendengar, meski Megan tetap menjadi salah satu orang yang paling dekat dengan hati Laura. Dalam edisi 18 All-New Wolverine, setelah membunuh Kimura dengan menenggelamkannya, Laura menemukan tempat persembunyian Megan dan mengatakan bahwa mereka (Megan dan Debbie) tidak perlu bersembunyi lagi.

Gambit[sunting | sunting sumber]

Gambit bepergian dengan Laura selama serial solo X-23. Keduanya menjadi teman dan saling pandang satu sama lain karena Gambit membantunya mengatasi perubahan dalam hidupnya dan juga memberikan saran hidup yang bermanfaat. Dia dengan sayang menyebutnya sebagai "Petite" dan bahkan berhasil membuatnya tenang dari gerombolan aroma yang menimbulkan rasa marah. Gambit memarahi Logan karena tidak melindungi Laura seperti melindungi Jubilee, yang oleh Logan mengakui kegagalannya sebagai ayah Laura. Gambit juga terus berkomentar bahwa Laura, meski rusak, tidak dipatahkan, bertentangan dengan persepsi setiap orang tentang dirinya. Jika Laura benar-benar patah dia tidak akan berusaha untuk berubah. Logan kemudian berterima kasih kepada Gambit karena telah berhasil menggantikan Laura dimana dia gagal. Ketika Laura pergi untuk bergabung dengan Avengers Academy, dia dan Gambit berbagi pelukan selamat tinggal dan dia mengatakan kepadanya kemanapun dia pergi, dia tidak sendiri.

Jubilee[sunting | sunting sumber]

Selama arc Touching Darkness dari seri X-23, Gambit menyuruh Wolverine datang untuk membantu Laura. Logan membawa Jubilee bersamanya dan Laura menyerangnya saat melihat dia sebagai vampir. Meski setelah sempat mendapat tempat di antara kedua gadis itu, semuanya berhasil tenang. Laura memiliki beberapa kecemburuan terhadap Jubilee dari tembakan X-23 saat Logan memperlakukannya lebih seperti anak perempuan daripada dia. Laura mencoba memancing Jubilee untuk membunuhnya dengan mengiris lehernya dan menghitung haus darahnya, meskipun Jubilee berhasil menghentikan dirinya sendiri setelah menyaksikan salah satu kenangan Laura. Setelah membicarakan semuanya, keduanya menyadari betapa mereka sama dan menjadi teman.

Angel[sunting | sunting sumber]

Sebelum alur cerita Secret Wars, Laura memulai hubungan dengan remaja Warren Worthington III, yang bertahan setelah dia mengambil codename Wolverine. Namun, Warren sering bertengkar dengannya tentang meningkatnya kecerobohannya. Setelah pemukulan brutal yang diterimanya dari Blob, dia memutuskan untuk mengakhiri hubungan tersebut untuk memastikan bahwa dia tidak perlu mengambil risiko. Keduanya, bagaimanapun, berdamai setelah saling memahami perasaan masing-masing.[7]

Psylocke[sunting | sunting sumber]

Laura dan Psylocke saling bersahabat satu sama lain dalam pertemuan pertama mereka di Uncanny X-Men #456, tak lama setelah Psylocke hidup kembali. Kedua gadis itu tampaknya menikmati kenikmatan berkelahi. Dalam satu kejadian, Laura tersingkir saat Psylocke melanjutkan, saat terbangun, Laura melihat semua musuh telah lenyap dan ketika dia bertanya kepada Psylocke apa yang terjadi, Betsy bercanda bahwa dia memakannya, yang menurut Laura sangat dingin. Saat bersama lainnya adalah ketika Betsy dan Laura mendiskusikannya untuk hidup kembali, yang Laura tidak anggap unik karena dia sendiri telah meninggal berulang kali saat dia bereksperimen untuk menguji faktor penyembuhannya, tapi dia selalu "menjadi lebih baik". Ketika Psylocke bertanya bagaimana perasaannya, Laura tersenyum dan berkata bahwa dia membunuh mereka, dan mereka tidak membaik. Betsy lalu tersenyum dan melingkarkan lengannya di bahu Laura, mengatakan bahwa dia memiliki kemungkinan yang sangat pasti. Ada juga gambar Laura yang meniru Betsy, termasuk mengepang rambutnya dan menirukan pose-posenya.[8]

Dalam media lain[sunting | sunting sumber]

Televisi[sunting | sunting sumber]

  • X-23 pertama kali muncul di X-Men: Evolution episode 41, "X-23". Dia disuarakan oleh Andrea Libman di "X23" dan oleh Britt Irvin di "Target X".
  • X-23 muncul dalam episode Season 1 "Stolen Lives" dari Wolverine and the X-Men, di mana dia digambarkan sebagai orang bisu, dan menyimpan keinginan untuk melawan Wolverine. Dia kemudian muncul di Episode 25-26 di masa depan sebagai satu dari empat klon yang membantu Wolverine dan Professor X melawan Sentinel. Wolverine rupanya menemukan mereka membeku di fasilitas Weapon X. Dia disuarakan oleh Tara Strong.
  • X-23 secara singkat disebutkan dalam episode The Super Hero Squad Show "Double Negation at the World's End!". Dia kemudian membuat penampilan yang tidak berbicara dalam episode "Too Many Wolverines!".

Film[sunting | sunting sumber]

  • Dalam film animasi direct-to-video Hulk vs Wolverine, X-23 muncul sebagai bayi dalam penampilan cameo di antara ratusan kloning di fasilitas penelitian Weapon X.
  • Laura / X-23 digambarkan oleh Dafne Keen dalam entri kesepuluh dari waralaba film X-Men, Logan, yang disutradarai oleh James Mangold.[9] Pada bulan Februari 2017, produser Simon Kinberg menyatakan bahwa adegan pasca-kredit X-Men: Apocalypse, di mana Essex Corporation mengakuisisi darah Logan / Wolverine, berkorelasi dengan bagaimana Transigen akhirnya mengakuisisi DNA-nya dan mulai menciptakan klon untuk digunakan sebagai senjata.[10]
  • Mangold telah menyatakan bahwa ia ingin melihat X-23 muncul di film X-Men masa depan, dan bahwa ia ingin terlibat dalam satu atau lain cara, jika itu terjadi. Kinberg juga menyatakan bahwa rencana studio untuk film masa depan sebenarnya termasuk X-23.[11]

Permainan video[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ferrante, Anthony C. (3 Oktober 2007). "Exclusive: CRAIG KYLE REVEALS THE FUTURE OF MARVEL'S ANIMATED FILMS - PART 3". If. 
  2. ^ "Chris Yost Gets Comic Booked!". ComicBooked.com. 20 Agustus 2012. 
  3. ^ Phegley, Kiel (15 November 2011). "Marvel Comics Cancels 'X-23'". CBR.com. 
  4. ^ Sunu, Steve (13 September 2012). "Hopeless and Walker Populate "Avengers Arena" For Marvel NOW!". CBR.com. Diakses tanggal 13 September 2012. 
  5. ^ X-23: Innocence Lost. trade paperback. Marvel Comics. Reprints X-23 miniseries 1 - 6 (Maret - Juli 2005).
  6. ^ Venom #13.1 (2012). Marvel Comics.
  7. ^ All-New X-Men Vols. 1 and 2. Marvel Comics.
  8. ^ Uncanny X-Men #458. Marvel Comics.
  9. ^ Zacharek, Stephanie (17 Februari 2017). "Review: Wolverine Reaches the Last Chapter in Grim, Overbearing Logan". Time. Diakses tanggal 19 Maret 2017. 
  10. ^ O'Connell, Sean (24 Februari 2017). "A Surprising Connection Between Logan And X-Men: Apocalypse Has Been Revealed". Cinema Blend. 
  11. ^ Douglas, Edward (24 Februari 2017). "X-Men: Simon Kinberg On That Rumored X-23 Movie... And Alpha Flight?". LRM. 
  12. ^ Reeves, Ben (16 September 2010). "X-23 Joins Cast of Marvel vs. Capcom 3". Game Informer.
  13. ^ "Voice of X-23: Marvel vs. Capcom 3: Fate of Two Worlds". Behind the Voice Actors. Retrieved 13 Maret 2017.
  14. ^ "Voice of X-23: Ultimate Marvel vs. Capcom 3". Behind the Voice Actors. Retrieved 13 Maret 2017.
  15. ^ "X-23 Now Available!". MarvelHeroes.com. Gazillion Entertainment. 10 Desember 2014. Diakses tanggal 22 November 2016. 
  16. ^ "Voice Of X-23". Behind The Voice Actors. Diakses tanggal 22 November 2016. 
  17. ^ Chabala, Ben (17 Maret 2016). "Entering Marvel Contest of Champions: All-New Wolverine". Marvel.com.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Weapon Plus

Templat:X-Men media