X-Men Origins: Wolverine

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
X-Men Origins: Wolverine
Wolverinetheatricalposter a.jpg.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Gavin Hood
Produser
Skenario
Berdasarkan Wolverine 
oleh Len Wein
John Romita Sr.
Pemeran
Musik Harry Gregson-Williams
Sinematografi Donald McAlpine
Penyunting
  • Nicolas De Toth
  • Megan Gill
Perusahaan
produksi
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 9 April 2009 (2009-4-9) (Sydney)
  • 29 April 2009 (2009-4-29) (Indonesia)
  • 1 Mei 2009 (2009-5-1) (Amerika Serikat)
Durasi
107 menit
Negara Amerika Serikat[1][2]
Bahasa Inggris
Anggaran $150 juta[3]
Pendapatan kotor $373.1 juta[3]

X-Men Origins: Wolverine merupakan sebuah film pahlawan super Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2009, berdasarkan karakter Wolverine dari Marvel Comics. Film yang disutradarai oleh Gavin Hood, ditulis oleh David Benioff dan Skip Woods, dan diproduksi oleh dan dibintangi Hugh Jackman. Dibintangi oleh Liev Schreiber, Danny Huston, Dominic Monaghan dan Ryan Reynolds. Film ini adalah prekuel/spin-off yang berfokus pada masa lalu yang kejam dari mutan Wolverine dan hubungannya dengan saudara tirinya Victor Creed. Rincian plot masa kecil Wolverine sebagai James Howlett (Troye Sivan), pertemuan awal dengan Mayor William Stryker, waktunya bersama Team X, dan ikatan kerangka Wolverine dengan logam adamantium yang tidak dapat dihancurkan selama program Weapon X.

Film ini kebanyakan ditembak di Australia dan Selandia Baru, dengan Kanada juga berfungsi sebagai lokasi. Pembuatan film berlangsung dari bulan Januari sampai Mei 2008. Produksi dan pasca produksi bermasalah, dengan penundaan karena cuaca dan komitmen Jackman yang lain, skenario yang tidak lengkap yang masih ditulis di Los Angeles sementara fotografi utama bergulir di Australia, konflik timbul antara direktur Eksekutif Hood dan Fox, dan sebuah cetakan kerja yang belum selesai bocor di Internet satu bulan sebelum debut film tersebut.

X-Men Origins: Wolverine dirilis di seluruh dunia pada tanggal 1 Mei 2009, film ini sukses secara finansial, dibuka di puncak box office dan menghasilkan $179 juta di Amerika Serikat dan Kanada dan lebih dari $373 juta di seluruh dunia. Karena reaksi kritis yang buruk dan terlepas dari keberhasilannya di box office, rencana untuk X-Men Origins: Magneto akhirnya dibatalkan dan naskah rancangan kerjanya diserahkan kepada Matthew Vaughn dan prekuelnya; X-Men: First Class.

Film Wolverine kedua berjudul The Wolverine dirilis pada 2013 untuk ulasan positif dan sukses jauh lebih besar. Film ketiga berjudul Logan, kemudian diberi pujian kritis oleh para kritikus pada tahun 2017, dikutip sebagai salah satu film superhero terbaik sepanjang masa oleh para kritikus,[4] dan menandai peran terakhir Hugh Jackman tentang karakter tersebut.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Film ini mengisahkan perjalanan hidup Logan sebagai mutan sebelum bergabung dengan X-Men. Diawali dengan cerita masa kecil Logan Wolverine (Hugh Jackman) dan saudaranya Victor Creed Sabretooth (Liev Schreiber) . Pertemuannya dengan William Stryker (Danny Huston) pimpinan proyek Weapon-X akhirnya membuat kedua bersaudara ini saling bermusuhan.

Setelah kekasihnya dibunuh oleh Victor, Logan pun menuntut balas dan terjadilah pertarungan antara Logan dan Victor dan pertarungan tersebut dimenangkan oleh Victor dengan menghancurkan cakar tulang yang dimiliki Logan.

Kemudian Logan menerima tawaran Jenderal Stryker untuk menjadikan dirinya sebagai bahan percobaan dengan memasukkan bahan yang sangat keras ke dalam tubuhnya. Percobaanpun berhasil, cakar Logan yang semula berupa tulang biasa menjadi logam yang keras dan tajam.

Akhirnya Logan mencari Victor untuk membalas dendam kembali dan kemudian Logan mengetahui bahwa percobaan Jenderal Stryker terhadap dirinya merupakan usaha untuk menciptakan mutan kuat bernama Weapon X.

Akhirnya Logan dan Victor bergabung untuk melawan Weapon X, sebuah mutan hasil percobaan Jenderal Stryker. Di akhir cerita, Logan menjadi hilang ingatan karena tembakan peluru adamantium di kepalanya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Sekuel[sunting | sunting sumber]

Wolverine ditetapkan sebagai seri pertama dari prekuel X-Men Origins, dan yang lainnya difokuskan pada Magneto.[5] Namun, X-Men Origins: Magneto masuk pembangunan neraka dan akhirnya batal. X-Men: First Class, dirilis pada tahun 2011, merupakan prekuel lain dari seri ini. Ditetapkan pada tahun 1962, film ini menampilkan Professor X dan Magneto muda dan fondasi X-Men.[6][7] Pada tahun 2013, sebuah film Wolverine kedua dirilis berjudul The Wolverine, yang dibuat beberapa tahun setelah kejadian X-Men: The Last Stand, namun kebanyakan berfungsi sebagai sekuel yang berdiri sendiri.[8] Tindak lanjut ke First Class, film 2014 X-Men: Days of Future Past, dikonfirmasi untuk menghapus kejadian X-Men Origins: Wolverine melalui kontinuitas retroaktif, kecuali untuk urutan pembukaan.[9]

Film Wolverine ketiga berjudul Logan dirilis pada tanggal 3 Maret 2017. Ini ditetapkan untuk menjadi terakhir Hugh Jackman yang menggambarkan karakter tersebut.[10] Film spin-off 2016 Deadpool menampilkan Ryan Reynolds yang mengulangi perannya sebagai karakter utama. Beberapa lelucon ditujukan untuk mengorbankan versi Reynolds Deadpool di X-Men Origins karena reaksi negatif dari penggambaran karakter tersebut.[11]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "LUMIERE : Film: X-Men Origins: Wolverine". 
  2. ^ "X-Men Origins: Wolverine (2009) - Overview - TCM.com". 
  3. ^ a b "X-MEN ORIGINS: WOLVERINE (2009)". Box Office Mojo. Diakses tanggal 3 Mei 2009. 
  4. ^ "Why critics are calling 'Logan' the best superhero movie ever". Business Insider. March 4, 2017. Templat:Indent"Logan: The Greatest Superhero Movie of All Time". Wil Malone. March 4, 2017. Templat:Indent"'Logan' Is Hands-Down The Best Superhero Movie Ever Made". The Federalist. March 3, 2017. Templat:Indent"Logan is Among the Best Comic-Book Movies Ever". Pittsburgh Magazine. March 3, 2017. Templat:Indent"'Logan' is one of the best superhero movies, even though it's a Western". Omaha. March 9, 2017. Templat:Indent"Why We Needed 'Logan' to Kill the Modern Superhero Movie". Rolling Stone. March 7, 2017. Templat:Indent"Find Out The Reason Why 'Logan' Is The Best Superhero Movie Ever According To Critic". Gud Story. March 6, 2017. Templat:Indent"This Is What Makes Logan One Of The Greatest Superhero Films Ever Made". AskMen. March 7, 2017. Templat:Indent"How Logan Changed Comic Book Movies Forever". Screen Rant. March 10, 2017. Templat:Indent"Logan movie review: Hugh Jackman's last ride as Wolverine is raw, dark, gritty, brutal and one of the best superhero movies of all time". Bollywood Life. March 3, 2017. Templat:Indent"Logan's swan song one of the best superhero movies yet". The Examiner. March 9, 2017. Templat:Indent"'Logan' Has The Chance To Revolutionize The Superhero Movie Genre". The Fresh Toast. March 9, 2017. Templat:Indent"What Logan does is join the ranks of the greatest superhero movies of all time". Gleaner Company. March 6, 2017. Templat:Indent"10 Reasons Why "Logan" is the Best Superhero Movie Since "The Dark Knight"". Taste of Cinema. 13 Maret 2017. 
  5. ^ Spelling, Ian (April 22, 2009). "Magneto prequel still possible, depending on Wolverine". Sci Fi Wire / blastr. Diarsipkan dari versi asli tanggal 4 Juni 2012. Diakses tanggal 10 Juli 2009. 
  6. ^ Kit, Borys (21 Desember 2009). "Heat Vision Q&A: Bryan Singer on 'X-Men: First Class,' 'Avatar' and more". Heat Vision. Diakses tanggal 26 April 2010. 
  7. ^ Topel, Fred (23 Agustus 2010). "Lauren Shuler Donner on X-Men: First Class". CraveOnline. Diakses tanggal 2 September 2010. 
  8. ^ Hewitt, Chris (October 25, 2012). "James Mangold Talks The Wolverine". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 November 2012. Diakses tanggal 25 Oktober 2012. 
  9. ^ Wilding, Josh. "Lauren Shuler Donner on Retconning X-Men: The Last Stand and Making Deadpool". HeyUGuys. Diakses tanggal 26 Februari 2016. 
  10. ^ Lesnick, Silas (21 Maret 2014). "The Wolverine sequel finds a writer". SuperHeroHype. Diakses tanggal 2 September 2015. 
  11. ^ Yehl, Joshua (12 Februari 2016). "13 Coolest Deadpool Easter Eggs, Cameos and In-Jokes". IGN. Diakses tanggal 26 Februari 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]