X-Men: The Last Stand

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
X-Men: The Last Stand
X3P 003.jpg
Poster rilis teatrikal
Sutradara Brett Ratner
Produser
Penulis
Berdasarkan X-Men 
oleh Jack Kirby
Stan Lee
Pemeran
Musik John Powell
Sinematografi Dante Spinotti
Penyunting
Perusahaan
produksi
Distributor 20th Century Fox
Tanggal rilis
  • 22 Mei 2006 (2006-5-22) (Cannes)
  • 25 Mei 2006 (2006-05-25) (Britania Raya)
  • 26 Mei 2006 (2006-05-26) (Amerika Serikat)
Durasi
104 menit[2]
Negara
  • Amerika Serikat
  • Britania Raya
Bahasa Inggris
Anggaran $210 juta
Pendapatan kotor $459.4 juta[3]

X-Men The Last Stand[4] merupakan sebuah film pahlawan super adaptasi ketiga dari komik produksi Marvel Comics X-Men, mengikuti X-Men (2000) and X2 (2003). Dirilis pada tahun 2006. Film ini disutradarai oleh Brett Ratner. Pemain di film ini ialah Hugh Jackman, Halle Berry, Ian McKellen, Famke Janssen, Anna Paquin, Kelsey Grammer, James Marsden, Rebecca Romijn, Shawn Ashmore, Aaron Stanford, Vinnie Jones, dan Patrick Stewart. Skrip film ini secara longgar didasarkan pada dua story arc buku komik X-Men: "The Dark Phoenix Saga" oleh penulis Chris Claremont dan seniman John Byrne, dan "Gifted" oleh penulis Joss Whedon dan artis John Cassaday, dengan sebuah plot yang berkisar Sebuah "penyembuhan mutan" yang menyebabkan dampak serius antara mutan dan manusia, dan pada kebangkitan Jean Grey.

Bryan Singer, yang telah mengarahkan dua film sebelumnya, X-Men (2000) dan X2, memutuskan untuk berangkat untuk mengerjakan Superman Returns, karena ia bahkan belum mendefinisikan alur cerita untuk film ketiga. Matthew Vaughn, yang awalnya dipekerjakan sebagai direktur baru, ditinggalkan karena masalah pribadi dan profesional, dan diganti dengan Ratner. Pembuatan film berlangsung dari Agustus 2005 sampai Januari 2006 dengan anggaran sebesar $210 juta, dan merupakan film paling mahal pada saat diluncurkan. Ini memiliki efek visual yang luas yang diciptakan oleh 11 perusahaan yang berbeda.

X-Men: The Last Stand dirilis pada tanggal 26 Mei 2006, sukses secara komersial. Ini meraup sekitar $459 juta di seluruh dunia, menjadi film terlaris ketujuh tahun 2006; Pada saat itu film terlaris tertinggi di seri ini dan saat ini merupakan film franchise terlaris keempat tertinggi. Resepsi kritis dicampur, dengan akting dan adegan aksi menerima pemberitahuan positif, dan kritik diarahkan pada skenario, dan terlalu sering menggunakan karakter dan gaya.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Mutan Kanada yang lahir dengan sensasi hiper-akut, seperti binatang, cakar di tangannya, dan faktor penyembuhan yang cepat yang memungkinkan untuk menanamkan lapisan logam adamantium yang tidak dapat dihancurkan pada kerangkanya.
Mutan dengan kekuatan telepati yang belum dipetakan, dan pendiri Xavier Institute for Gifted Mutants. Xavier adalah otoritas mutasi genetik dan advokat hubungan damai antara manusia dan jenis mutan.
Seorang mutan, yang merupakan salah satu murid Xavier sebelumnya dan pemimpin X-Men dalam ketidakhadiran Cyclops. Storm adalah wanita dengan kemampuan memanipulasi cuaca. Berry telah menyatakan selama wawancara untuk X2 bahwa dia tidak akan kembali kecuali karakter tersebut memiliki kehadiran yang signifikan dibandingkan dengan versi buku komik, yang mengarah ke peran lebih besar dalam naskah The Last Stand.[5]
Pemimpin dan pendiri Brotherhood, Magneto adalah korban selamat Holocaust mutan yang melakukan perang melawan kemanusiaan atas nama superioritas mutan. Dia memiliki kemampuan untuk mengendalikan dan memanipulasi logam, menjadikannya salah satu mutan paling kuat.
Mantan anggota X-Men, mutan kelas 5 yang memiliki kekuatan telepati dan telekinetik tanpa batas. X-Men mengetahui bahwa dia telah selamat dari bendungan banjir dari film sebelumnya, namun saat anggota tim lainnya menemukannya, Grey telah memberikan sepenuhnya kepribadian agresifnya pada kekuatannya, Phoenix. Kekuatan mutannya menyaingi Xavier.
* Haley Ramm sebagai Jean Grey muda
Seorang mutan dan mantan Xavier Institute for Gifted Mutants yang sekarang anggota Kabinet A.S. sebagai Sekretaris Mutant Affairs, Beast adalah ilmuwan brilian dan negarawan. Dia ditutupi bulu biru dan memiliki kekuatan, refleks dan kelincahan yang tinggi, serta taring yang runcing dan raungan seperti singa.
Seorang mutan muda, Iceman bisa membuat konstruksi es atau ledakan dingin. Komitmen Ashmore pada X-Men membuatnya menolak undangan Bryan Singer untuk bermain Jimmy Olsen di Superman Returns.
Seorang mutan yang merupakan mantan murid Xavier's School for Gifted Mutants dengan dendam terhadap mantan temannya Bobby Drake, Pyro memiliki kemampuan untuk memanipulasi api, yang dihasilkan melalui korek api pergelangan tangan. Stanford menyatakan bahwa dengan Brotherhood, Pyro "diizinkan untuk sepenuhnya mengeksplorasi tenaganya" karena tidak memiliki batasan moral.
Mutan dengan kemampuan untuk fase melalui materi dan berjalan melalui benda padat, kasih sayang yang jelas untuk Iceman lebih lanjut menambah ketegangan sudah ada antara Iceman dan Rogue. Maggie Grace dipertimbangkan untuk peran tersebut,[9] sebelum Ratner mengundang Page, yang mengesankan penampilan sutradaranya di Hard Candy.
Seorang wanita mutan muda yang kekuatannya menyebabkan dia untuk sementara mengambil alih kekuasaan siapa pun yang disentuhnya, membiarkan korbannya (mutan atau manusia) pingsan, kurangnya kontrol Rogue atas kekuatannya menyebabkan ketegangan pada hubungannya dengan Iceman.
Mutan dengan kemampuan mengubah tubuhnya menjadi baja organik, sekaligus memberi dia kekuatan super dan ketahanan terhadap kerusakan fisik saat berada dalam bentuk itu. Cudmore mengenakan setelan otot lateks busa yang ditutupi dengan plastik berlapis krom ditambah kepala plastik keras untuk memiliki kulit logam di lokasi syuting, dengan beberapa augmentasi digital digunakan untuk meningkatkan ekspresi wajah.
Seorang mutan, yang merupakan pemimpin lapangan X-Men, Cyclops mengeluarkan ledakan energi yang kuat dari matanya, dan harus mengenakan kacamata khusus untuk mencegah kehancuran apapun yang dia lihat. Meskipun dia dalam hubungan yang berkomitmen dengan Jean Gray, persona Phoenix-nya membunuhnya di awal film.
Wanita tangan kanan Magneto yang berkulit biru itu memiliki kemampuan untuk membentuk-bergeser untuk meniru penampilan seseorang, juga berperang dengan ketangkasan, refleks dan kekuatan yang luar biasa. Dia melompat ke depan obat dart yang ditujukan untuk Magneto dan, setelah kehilangan kemampuan mutannya, Magneto meninggalkannya.
Seorang penjahat mutan yang direkrut oleh Brotherhood di sebuah truk penjara, Juggernaut sangat kuat, cepat dan, begitu dia mendapatkan momentum, dia hampir tak terbendung. Versi film Juggernaut digambarkan sebagai mutan dan hubungannya dengan Charles Xavier tidak pernah disebutkan.
Putra mutan seorang industrialis, yang memiliki sayap berbulu yang memungkinkannya terbang. Sayap statis adalah model dengan lebar sayap 15 kaki (4.6 m) dan tinggi 5 kaki (1.5 m) yang menempel pada punggung Foster, diganti dengan yang dihasilkan komputer saat dibutuhkan gerakan.[10]
* Cayden Boyd sebagai Warren Worthington III muda
Seorang mutan dan pencuri yang direkrut oleh Brotherhood di sebuah truk penjara, Madrox memiliki kemampuan untuk menciptakan sejumlah besar salinan dirinya sendiri. Para penulis menganggap penampilan Dane mengesankan meski hanya ditampilkan dalam dua adegan.[11]
Pemimpin The Omegas, Callisto adalah mutan dengan indra super akut yang disempurnakan, yang merasakan mutan dan kekuatan mereka, dan memiliki kecepatan dan refleks super manusia. Karakter itu menggabungkan kekuatan komik Callisto dengan yang lain dari Morlocks, Caliban, dan ditulis sebagai seseorang yang bisa "cantik, tapi dengan kepribadian yang tangguh".[11]
Kepala Worthington Labs, perusahaan yang mengembangkan "penyembuhannya", Worthington mengharapkan untuk menyingkirkan kemampuan mutannya.
Seorang ilmuwan yang bekerja di Worthington Labs tentang penyembuhan mutan, dia dibunuh oleh Kid Omega.
Presiden Amerika Serikat toleran terhadap mutan, tapi takut akan ancaman Brotherhood. Sementara menciptakan peran, para produser merasa bahwa seorang presiden "berbeda", seperti seorang Afrika Amerika atau seorang wanita, telah menjadi klise dalam dirinya sendiri dan pergi untuk rute tradisional dengan seorang pria kulit putih tua.[12]
Kepala Departemen Keamanan Dalam Negeri, Sekretaris Trask membantu presiden Amerika Serikat selama perang melawan mutan tersebut. Nama depannya tidak pernah disebutkan dalam film tersebut dan digambarkan sebagai Afrika-Amerika. Dalam komiknya, Bolivar Trask adalah kepala Trask Industries dan pencipta pemburu mutan Sentinel.

Aktor lain yang memerankan mutan adalah: Meiling Melançon sebagai Psylocke, seorang mutan dengan kemampuan untuk teleport dirinya melalui area bayangan; Omahyra Mota sebagai Arclight, seorang mutan yang memiliki kemampuan untuk menghasilkan gelombang kejutan kekuatan gegar otak; Ken Leung sebagai Kid Omega, seorang mutan dengan kemampuan mengeluarkan lonjakan dari tubuhnya, terutama wajahnya (meski karakternya mirip dengan karakter buku komik Quill, namun, kredit resminya berjudul "Kid Omega"); dan Cameron Bright sebagai Jimmy / Leech, seorang mutan yang memiliki kemampuan untuk menetralkan kekuatan mutan terdekat.

Rilis[sunting | sunting sumber]

Dirilis pada tanggal 26 Mei 2006 di Amerika Serikat dan Kanada.

Sekuel dan prekuel[sunting | sunting sumber]

Pada bulan Februari 2006, Ratner mengatakan bahwa The Last Stand bisa menjadi film terakhir X-Men: "Kami ingin memastikan bahwa penonton mengetahui bahwa ini adalah sebuah trilogi. Meskipun mereka tidak dibuat bersama seperti Lord of the Rings, ini adalah benar-benar penutupan untuk seri X-Men .... Ini adalah yang terakhir yang pasti. "[13]

Namun, dua film X-Men berikutnya, X-Men Origins: Wolverine (2009) dan X-Men: First Class (2011) bukan prequel yang terjadi sebelum peristiwa film X-Men pertama. Angsuran pertama yang ditetapkan secara kronologis setelah The Last Stand adalah The Wolverine, dirilis pada tahun 2013. Sekuel yang berdiri sendiri,[14] The Wolverine menunjukkan Logan menuju Jepang untuk menghindari kenangan akan apa yang terjadi selama The Last Stand. Hugh Jackman dan Famke Janssen mereposisi peran mereka, sementara Ian McKellen dan Patrick Stewart tampil dalam adegan mid-credit.[15]

X-Men: Days of Future Past, sekuel First Class, dirilis pada tanggal 23 Mei 2014, dengan Jackman, Berry, Stewart, McKellen, Paquin, Page, Ashmore, Cudmore, Grammer, Janssen, dan Marsden kembali ke peran masing-masing.[16] Plot, yang terinspirasi oleh cerita "Days of Future Past", dimulai pada tahun-tahun depan dystopian setelah The Last Stand, dan kesadaran Wolverine dikirim kembali ke dalam diri 1973-nya sehingga dia bisa membimbing Xavier dan Magneto masa lalu untuk mencegah malapetaka tersebut. Peristiwa film ini akhirnya secara retroaktif mengubah kontinuitas seri ini, menghapus peristiwa penting di semua film sebelumnya (kecuali First Class) secara seri termasuk The Last Stand; dengan akhir yang ditetapkan dalam timeline yang berubah dimana Jean dan Cyclops masih hidup.[17][18]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "X-Men The Last Stand (2006)". London: British Film Institute. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Januari 2017. Diakses tanggal May 10, 2014.  For full data, click "Show more" link.
  2. ^ "X-Men – The Last Stand (12A)". British Board of Film Classification. 1 Mei 2006. Diakses tanggal 2 Mei 2016. 
  3. ^ "X-Men: The Last Stand (2006)". Box Office Mojo. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Januari 2017. Diakses tanggal 8 Januari 2017. 
  4. ^ Dargis, Manohla (26 Mei 2006). "X-Men: The Last Stand (2006)". The New York Times. Diakses tanggal 9 April 2014. 
  5. ^ Epstein, Daniel Robert (24 Mei 2006). "Halle Berry of X-Men: The Last Stand". UGO Networks. Diarsipkan dari versi asli tanggal 18 Juli 2006. Diakses tanggal 18 Juli 2006. 
  6. ^ [1]
  7. ^ [2]
  8. ^ [3]
  9. ^ Fleming, Michael & Clause Brodesser (5 Juni 2005). "New master for mutants". Variety. Diakses tanggal 11 Desember 2010. 
  10. ^ Duncan, Jody (Juli 2006). "Dark Phoenix Rising". Cinefex (106): 36–65. 
  11. ^ a b Brett Ratner, Simon Kinberg, Zak Penn (2006). Audio Commentary (DVD). 20th Century Fox. 
  12. ^ Lauren Shuler Donner, Avi Arad, Ralph Winter (2006). Audio Commentary (DVD). 20th Century Fox. 
  13. ^ Brandee J Tecson (14 Februari 2006). "'X-Men' Director Says Movie Will Really Be 'The Last Stand'". MTV News. Diakses tanggal 2 Juni 2014. 
  14. ^ Hewitt, Chris (October 25, 2012). "James Mangold Talks The Wolverine". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal 25 Oktober 2012. Diakses tanggal 25 Oktober 2012. 
  15. ^ Sullivan, Kevin P. (28 Maret 2013). "Exclusive: Hugh Jackman Digs Into 'The Wolverine' Trailer". MTV News. Diakses tanggal 10 Juni 2013. 
  16. ^ Douglas, Edward (13 Februari 2013). "Exclusive: Bryan Singer & Nicholas Hoult on X-Men: Days of Future Past". Superhero Hype!. Diakses tanggal 14 Februari 2013. 
  17. ^ "Bryan Singer Will Be "Fixing S**t" From X-Men: The Last Stand with Days of Future Past". IGN. 21 Februari 2013. Diakses tanggal 18 Maret 2014. 
  18. ^ Ryan, Mike (19 Mei 2014). "Writer-Producer Simon Kinberg on 'X-Men: Days Of Future Past' and Tearing Down 'The Last Stand'". Screencrush. Diakses tanggal 26 Mei 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]