Doctor Strange (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Doctor Strange
Doctor Strange poster.jpg
SutradaraScott Derrickson
ProduserKevin Feige
Penulis
BerdasarkanDoctor Strange
oleh Stan Lee
Steve Ditko
Pemeran
MusikMichael Giacchino
SinematografiBen Davis
Penyunting
  • Wyatt Smith
  • Sabrina Plisco
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 13 Oktober 2016 (2016-10-13) (Hong Kong)
  • 26 Oktober 2016 (2016-10-26) (Indonesia)
  • 4 November 2016 (2016-11-4) (Amerika Serikat)
Durasi
115 menit
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$165 juta
Pendapatan kotor$677.6 juta[1]

Doctor Strange adalah sebuah film pahlawan super Amerika yang menampilkan karakter Marvel Comics dengan nama yang sama, diproduksi oleh Marvel Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Motion Pictures. Film ini merupakan film ke-14 dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Film ini disutradarai oleh Scott Derickson, yang menulis skenario adalah C. Robert Cargill dari sebuah cerita oleh duo dan Jon Spahits, dan dibintangi oleh Benedict Cumberbatch, Chiwetel Ejiofor, Rachel McAdams, Benedict Wong, Michael Stuhlbarg, Benjamin Bratt, Scott Adkins, Mads Mikkelsen, dan Tilda Swinton. Dalam Doctor Strange, ahli bedah Stephen Strange belajar seni mistik dari Ancient One setelah kecelakaan mobil mengakhiri kariernya.

Berbagai inkarnasi dari film Doctor Strange telah dikembangkan sejak pertengahan 1980-an sampai Paramount Pictures memperoleh hak film pada bulan April 2005 atas nama Marvel Studios. Thomas Dean Donnelly and Joshua Oppenheimer bergabung pada bulan Juni 2010 untuk menulis skenario. Pada Juni 2014, Derrickson dipekerjakan untuk mengarah film. Cumberbatch dipilih untuk peran eponim pada Desember 2014, pada waktu yang sama, Spaiths dikonfirmasi untuk menulis ulang naskah, sementara Cargill bergabung dengan Doctor Strange untuk bekerja menulis naskah dengan Derrickson. Pembuatan film dimuali pada November 2015 di Nepal sebelum pindah ke Inggris, dan terakhir di New York City pada April 2016.

Doctor Strange dirilis di Amerika Serikat pada 4 November 2016, dalam 3D dan IMAX 3D. Di Indonesia sendiri film ini dirilis pada 27 Oktober 2016.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Hidup Stephen Strange (Benedict Cumberbatch), seorang dokter bedah pintar yang sombong, mendadak berubah drastis. Sebuah kecelakaan membuat kemampuan tangannya menjadi sangat terbatas. Bertekad untuk menyembuhkan kondisinya, ia pun berpetualang mencari obat untuk memulihkan lengannya.

Perjalanan tersebut mempertemukan sang doktor bedah dengan penyihir bernama The Ancient One (Tilda Swinton), yang kemudian mengangkat Strange menjadi murid, dengan tujuan menjadikan ia sebagai pelindung alam manusia. Kali ini Strange harus mengesampingkan egonya, dan menggunakan segala kemampuannya untuk mnenjadi perantara antara dimensi manusia dan dimensi lain.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Syuting[sunting | sunting sumber]

Pembuatan film dimulai di Nepal pada 4 November 2015, dibawah judul kerja Checkmate. Ben Davis sebagai sinematografer untuk film setelah melakukan hal yang sama pada Guardians of the Galaxy, Avengers: Age of Ultron, dan menjelaskan bahwa Doctor Strange sebagai "Fantasia" Marvel, dan juga mencatat bahwa banyak previsualisasi yang diperlukan untuk membuat film ini dan bagaimana cara membuat film dengan psikedelik yang terinspirasi dari citra Maurits Cornelis Escher.

Cumberbatch melakukan syuting Doctor Strange di Kathmandu, November 2015

Lokasi syuting di sekitar Lembah Kathmandu termasuk kuil Pashupatinath dan Swayambhunath; Thamel dan New Road di Kathmandu; dan Alun-alun Patan Durbar di Patan. Cumberbatch merasa bahwa pengambilan gambar di Nepal "benar-benar penting untuk film ini, saya pikir tidak sedikit karena berbasis pada sesuatu yang eksotis. Itu adalah cara yang ajaib untuk memulai syuting. Sangat penting untuk film seperti ini yang memiliki perpindahan persneling yang mendalam menjadi spiritual dan dunia dimensi lain bahwa portal untuk yang berada di tempat yang benar-benar terjadi dalam dirinya sendiri untuk menjadi sangat spiritual dan mengagumkan." Produksi berpindah ke Longcross Studios di Inggris pada 11 November 2015 dan dijadwalkan di sana sampai Maret 2016. Jalan Kathmandu asli yang menuju fiksi halaman Kamar-Taj direplikasi di Longcross, yang dijelaskan oleh desainer produksi Charles Wood sebagai "sangat sulit karena Kathmandu adalah kota yang paling indah dan penting di sejarah. Transisi dari tingkat detail dan sejarah, dengan bentuk jalan-jalan, pembengkokan bangunan, bata kuno, dan ubin kuno, adalah tantangan nyata. Untuk keaslian, set berpakaian dan makanan nyata, dan diisi dengan anjing, merpati, gaya khasa Nepal, serta orang-orangnya adalah kerabat dari orang asli yang tinggal di jalan Kathmandu.

Bagian dalam Kamar-Taj juga dibangun di Longcross dengan "pematung menciptakan kolom indah dan dekorasi dinding dan layar bangunan pengrajin dan pintu untuk membangkitkan nuansa eksotis dari tempat suci kuno." Tujuan Wood untuk membuat set merasa seperti di Ancient One dan muridnya benar-benar tinggal di sana, dan memberikan sentuhan "asli spiritual, gaib", sementara mengintegrasikannya ke dalam bangunan nyata yang produksi difilmkan di Kathmandu. Ini dan jalan Kathmandu adalah dua dari dua puluh satu set bahwa kru dibangun di Longcross. Selain pembuatan film di 2 negara film ini juga mengambil gambar di jalanan Hong Kong, dan Amerika Serikat tepatnya di Hell's Kitchen di New York dan setelah itu kembali lagi ke Inggris di London. Akhri November, pemilihan pemain Mikkelson dan Sthulbarg dikonfirmasi. Bersamaan dengan Amy Landecker dan Scott Adkins dalam peran yang belum ditentukan. Selain itu, Benedict Wong mendengar tentang film dari temannya Ejiofor, dan mencari peran dirinya sendiri. Ia dipilih menjadi pemain sebagai Wong pada Januari, dan segera bergabung dengan produksi untuk syuting.

Juga pada Januari 2016, pengambilan gambar mengambil tempat di Exter College, Oxford. Pada bulan berikutnya, Fiege mengungkapkan bahwa film ini awalnya memiliki prolog yang berlangsung di CERN karena penelitian dunia nyata yang dilakukan di fasilitas pada dimensi alternatif dan alam semesta paralel. Produksi berpindah di Flatiron District di New York pada bulan April.

Ulasan[sunting | sunting sumber]

Rating[sunting | sunting sumber]

Menurut situs IMDb, Doctor Strange mendapatkan rerata rating 8.0/10 dari 107,824 kritikus,[2] Rotten Tomatoes memberikan rating hampir sempurna yakni 90% dengan rerata rating 7.3/10 dari 252 kritikus.[3]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Doctor Strange merajai film dengan masuk Box Office Amerika Utara selama 2 minggu berturut-turut dengan mendaptkan keuntungan domestik sebesar $153 juta dan $492,6 juta di luar negeri. Selain itu Benedict Cumberbatch sukses menambah pundi-pundi uangnya sebesar $43 juta. Film ini berada di puncak atas Box Office disusul oleh Trolls.[4]

Penghargaan[sunting | sunting sumber]

Tahun Penghargaan Kategori Penerima Hasil Ref
2016 Hollywood Film Awards Hollywood Visual Effects Award Stephane Ceretti and Richard Bluff Menang
Hollywood Music in Media Awards Best Original Score – Sci-Fi/Fantasy Film Michael Giacchino Nominasi [5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Doctor Strange (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 14, 2016. 
  2. ^ "Doctor Strange (2016)". IMDb. Diakses tanggal 15 November 2016. 
  3. ^ "Doctor Strange (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal 15 November 2016. 
  4. ^ "Doctor Strange Kokoh di Puncak Box Office". Cinema 21. Diakses tanggal 15 November 2016. 
  5. ^ Pride, Ray (November 2, 2016). "7th Annual Hollywood Music In Media Awards Announces Nominees In Film, TV, & Video Games". Movie City News. Diarsipkan dari versi asli tanggal November 5, 2016. Diakses tanggal November 5, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Templat:Scott Derrickson Templat:Saturn Award untuk Film Komik-ke-Film Terbaik