Michael Giacchino

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Michael Giacchino
Michael Giacchino 2010 (cropped).jpg
Latar belakang
Lahir 10 Oktober 1967 (umur 50)
Riverside Township, New Jersey, AS
Genre Musik film, soundtrack
Pekerjaan Komponis musik film, televisi, dan permainan video
Tahun aktif 1994 – sekarang

Michael Giacchino (/əˈkn/;[1] lahir 10 Oktober 1967; umur 50 tahun) adalah seorang komponis musik untuk film, televisi dan permainan video asal Amerika. Ia mengkomposisikan musik untuk serial televisi Lost, Alias dan Fringe, serial permainan video Medal of Honor dan Call of Duty dan beberapa film seperti The Incredibles, Mission: Impossible III, Ratatouille, Star Trek, Up, Super 8, Mission: Impossible - Ghost Protocol, Star Trek Into Darkness, Dawn of the Planet of the Apes, Jurassic World, Inside Out, Zootopia, Star Trek Beyond, Doctor Strange, Rogue One, Spider-Man: Homecoming, War for the Planet of the Apes dan Coco.

Giacchino meraih sebuah Emmy Award dan sejumlah Grammy Award, serta sebuah Golden Globe Award dan sebuah Academy Award atas karyanya pada film Up.

Biografi[sunting | sunting sumber]

Giacchino lahir di Riverside Township, New Jersey. Dia memiliki kewarganegaraan ganda Amerika dan Italia. Giacchino besar di Edgewater Park Township, New Jersey dan lulus dari Holy Cross High School di Delran Township, New Jersey pada tahun 1986.

Giacchino mulai menggabungkan musik dan visual sejak berumur 10 tahun, dengan membuat animasi stop motion menggunakan musik buatan sendiri di basement rumah. Saat SMA, seorang guru seni yang mengajar Giachino merekomendasikan orangtuanya untuk mendatangi School of Visual Arts di kota New York. Giacchino menggambarkan kunjungannya dengan orangtuanya:

Saya pikir, wow, ini fantastis. Mereka benar-benar memiliki kampus seperti ini? DImana aku bisa melakukan hal yang benar-benar ingin saya lakukan? Ini mengensankan untukku. Saya cinta SVA(School of Visual Arts). Saya cinta kebebasan yang diberikan. Ini seperti sebuah ekperimen hebat—oke, kamu disini karena kamu suka sesuatu. Jadi mari kita lihat seberapa banyak kamu menyukainya. Kami tidak akan mengatur terlalu banyak. Kita akan lihat seberapa besar semangatmu, dan seberapa besar kamu ingin hal ini.

Giacchino masuk SVA, mengambil mayor dalam produksi film dan minor dalam sejarah. Di tahun terakhirnya, dosennya mengumumkan ada magang tanpa bayaran di Universal Pictures.Giacchino, satu-satunya yang tertarik mendapatkan posisi tersebut selama enam bulan. Ia melakukkannya saat malam sambil kuliah di pagi hari dan bekerja di Macy's. Dia lulus dari SVA pada tahun 1990, dan dilanjutkan dengan kelas musik di Julliard School.

Karir[sunting | sunting sumber]

Video Game[sunting | sunting sumber]

Setelah Giacchino menyelesaikan magang, Unversal mempekerjakannya, memberinya pekerjaan setelah lulus kuliah.Dia kemudian pindah ke Disney, dan ketika Disney pindah ke Los Angeles, Giacchino turut serta, berkerja di bagian publikasi, sambil mengambil kelas malam dalam instrumentasi dan okestrasi di UCLA. Pekerjaannya di Disney memperkenalannya dengan berbagai orang yang bekerja film, seperti produser yang mempekerjakan komposer. Ketika ada lowongan pekerjaan produser di Disney Interactive, Giacchino melamar, berfikir dia bisa mempekerjakan dirinya sendiri menulis musik untuk permainan yang dia produksi.

Karya Giacchino untuk Disney Interactive selama era 16-bit termasuk permaian Sega Genesis, Gargoyles; permainan SNES Maui Mallard in Cold Shadow; dan berbagai versi konsol dari The Lion King. Meski demikian karya besar pertamanya adalah video game buatan DreamWorks, adaptasi dari film tahun 1997, The Lost World: Jurrasic Park. Permainan ini adalah salah satu judul PlayStation(juga tersedia di Sega Saturn) dengan musik orkestra langsung. Giacchino juga melanjutkan hubunganya dengan DreamWorks, salah satunya membuat musik untuk permainan video Small Soldier di tahun 1998, menyediakan musik orkestra untuk beberapa video game buatan mereka. Giacchino juga bekerja dengan Pandemic studios untuk membuat lagu tema untuk Mercenaries: Playground of Destruction. Karya Giacchino yang memenangkan penghargaan termasuk empat judul pertama dari seri Medal of Honor, (Medal of Honor, Underground, Allied Assault, dan Frontline), Heroes: 2, dan juga beberapa musik untuk video game lain dengan tema Perang Dunia II seperti Secret Weapons Over Normandy, Call of Duty, dan Call of Duty: Finest Hour.

Giacchino menulis lagu tema untuk The Incredibles: Rise of The Underminer, dan menulis lagu tema Black bersama Chris Tilton. Dia juga membuat musik untuk Alias, yang berdasarkan seri televisi dengan nama yang sama. Pada tahun 2007, Giacchino kembali ke seri Medal of Honor dengan menulis musik untuk Medal of Honor: Airborne.

Film dan Televisi[sunting | sunting sumber]

Karya Giacchino dalam video game meberikannya pintu masuk ke dunia televisi.

Pada tahun 2001, J. J. Abrams, produser dari seri televisi Alias, menemukan Giacchino melalui video game dan memintanya membuat soundtrack untuk seri terbarunya. Sountracknya meliputi campuran orkestra lengkap yang diacampur dengan musik elektronik, berbeda dengan karya-karya sebelumnya. Giacchino lalu menjadi komposer untuk seri televisi Lost, membuat musik dengan proses unik menggunakan onderdil dari rangka pesawat unuk bagian perkusi. Score Lost juga tekenal mengunakan motif tema yang khas; suara instrumen brass yan melemah di tema tertentu. Seperti rekannya Stu Phillips, dia bekerja dengan pencipta acara televisi Abrams di acaranya dengan musik skor sedangKan Abrams memberikan tema musik utama pada beberapa seri seperti Alias.

Pada tahun 2004, GIacchino mendapatkan film besar pertamanya. Brad Bird, sutradara film The Incredibles, meminta Giacchino utnuk memberikan soundtrack di filmnya setelah mendengar karyanya di Alias. Musik upbeat jazz orkestra adalah gaya yang baru bukan hanya untuk Giacchino tetapi juga untuk Pixar yang sebelumnya bergantung pada Randy dan Thomas Newman untuk filmnya. Brad Bird awalnya mengingkan John Barry - yang dikenal sebagai komponis film James Bond - tetapi Barry menolak untuk mengulangi gaya karyanya terdahulu. Giacchino mendapatkan dua nominasi Grammy Awards tahun 2005 untuk The Incredibles.

Seperti rekannya Joel McNeely, J.A.C Redford dan Frank DeVol, GIacchino diasosiasikan dengan Disney sejak awal karir hingga sekarang, meliputi video game sperti Mickey Mania dan Gargoyles hingga film sepert The Incredibles, dan akhirnya berkolaborasi dengan Walt Disney Imagineering membuat dua soundrack untuk versi pembaruan Space Mountain di Disneyland, Space Mountain: Mission 2 di Disneyland Paris, dan Space Mountain di Disneyland Hong Kong.

Giacchino juga membuat score untuk film tahun 2005 Sky HIgh.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]