Mission: Impossible – Ghost Protocol

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mission: Impossible – Ghost Protocol
Mission impossible ghost protocol.jpg
Poster film Mission: Impossible – Ghost Protocol
Sutradara Brad Bird
Produser Tom Cruise
J. J. Abrams
Bryan Burk
Skenario Josh Appelbaum
André Nemec
Berdasarkan Mission: Impossible 
oleh Bruce Geller
Pemeran Tom Cruise
Jeremy Renner
Simon Pegg
Paula Patton
Musik Michael Giacchino
Sinematografi Robert Elswit
Penyunting Paul Hirsch
Perusahaan
produksi
Distributor Paramount Pictures[1]
Tanggal rilis
  • 7 Desember 2011 (2011-12-7) (Festival Film Internasional Dubai)
  • 16 Desember 2011 (2011-12-16) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 21 Desember 2011 (2011-12-21) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
133 menit[2]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $145 juta[3]
Pendapatan kotor $694,713,380[3]

Mission: Impossible – Ghost Protocol adalah film mata-mata Amerika Serikat tahun 2011 yang disutradarai oleh Brad Bird dan diproduseri oleh Tom Cruise, J. J. Abrams dan Bryan Burk. Naskah film ini ditulis oleh Josh Appelbaum dan André Nemec berdasarkan serial televisi Mission: Impossible karya Bruce Geller. Film ini dibintangi oleh Tom Cruise, Jeremy Renner, Simon Pegg dan Paula Patton.

Film Mission: Impossible – Ghost Protocol merupakan sekuel keempat dari serial film Mission: Impossible. Film ini ditayangkan secara perdana di Festival Film Internasional Dubai pada tanggal 7 Desember 2011[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 16 Desember 2011 secara terbatas dan 21 Desember 2011 secara luas.[5] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Ketika bertugas di Budapest untuk menghalangi seorang kurir yang bekerja pada orang yang memerlukan kode bersandi "Cobalt", agen IMF, Trevor Hanaway (Josh Holloway), dibunuh oleh pembunuh bayaran Sabine Moreau (Léa Seydoux). Agen Jane Carter (Paula Patton) dan agen Benji Dunn (Simon Pegg) membebaskan Ethan Hunt (Tom Cruise) dan Bodgan (Miraj Grbic) dari penjara Rusia. Ethan direkrut untuk memimpin Jane dan Benji untuk menyusup ke Kremlin dan menemukan berkas-berkas yang mengidentifikasi Cobalt. Selama misi, seseorang di siaran frekuensi IMF, memberitahu petugas di Rusia mengenai tim Ethan. Meskipun Jane dan Benji melarikan diri, Kremlin dibom dan agen intelijen Rusia, Anatoly Sidorov (Vladimir Mashkov), menangkap Ethan dan mencurigainya sebagai dalang dari serangan itu.

IMF membebaskan Ethan dari Moskow. Rusia menyatakan bahwa serangan itu merupakan tindakan perang yang tidak dideklarasikan dan presiden Amerika Serikat mengaktifkan "Ghost Protocol", sebuah operasi hitam yang membantah seluruh IMF. Ethan dan anggota timnya disalahkan atas serangan itu, namun mereka diizinkan keluar dari tahanan pemerintah sehingga mereka dapat melacak Cobalt. Sebelum Ethan melarikan diri, menteri IMF dibunuh oleh pasukan keamanan Rusia yang dipimpin oleh Anatoly Sidorov, menyisakan Ethan dan kepala analis William Brandt (Jeremy Renner) untuk menemukan jalan keluar. Mereka mengidentifikasi Cobalt sebagai Kurt Hendricks (Michael Nyqvist), berkebangsaan Swedia dan lahir di Rusia, yang percaya bahwa yang lemah harus mati dan yang lebih kuat untuk bertahan hidup, sehingga ia berencana memulai perang nuklir untuk tahap selanjutnya dari evolusi manusia. Kurt Hendriks mengebom Kremlin untuk mendapatkan perangkat peluncuran nuklir Rusia, namun ia membutuhkan kode aktivasi dari seorang kurir untuk meluncurkan rudal nuklir di Amerika Serikat.

Kesepakatan antara Sabine dan tangan kanan Kurt Hendricks, Marius Wistrom (Samuli Edelmann), berlangsung di Burj Khalifa, Dubai. Di sana, anggota tim Ethan secara terpisah meyakinkan Sabine dan Marius bahwa mereka telah membuat kesepakatan satu sama lain. Namun, Sabine mengetahui William sebagai agen dan perkelahian pun terjadi. Ethan mengejar Marius hanya untuk menyadari bahwa Marius sebenarnya adalah Kurt Hendricks yang menyamar, melarikan diri dengan kode. Sementara Jane menahan Sabine, namun Sabine mencoba membunuh Benji yang belum berpengalaman dan Jane menendang Sabine keluar dari jendela Burj Khalifa. William menuduh Jane mengorbankan misi hanya untuk membalas dendam kepada Sabine atas kematian Trevor, namun Ethan menuduh William menyimpan rahasia dari mereka. Ketika Ethan mencari informasi lebih lanjut dari Bogdan, William mengakui bahwa ia ditugaskan sebagai penjaga untuk Ethan dan istrinya, Julia (Michelle Monaghan), di Kroasia. Ketika William dan anggotanya sedang berpatroli, Julia dibunuh oleh penyerang Serbia, menyebabkan Ethan mengejar dan membunuh mereka sebelum Ethan tertangkap oleh polisi Rusia dan dijebloskan ke penjara.

Bogdan dan sepupunya, the Fog (Ilia Volok), memberitahu Hunt jika Kurt Hendricks berada di Mumbai, India. Kurt Hendricks memfasilitasi penjualan satelit militer Soviet yang telah ditutup kepada pengusaha telekomunikasi India, Brij Nath (Anil Kapoor). Satelit ini dapat digunakan untuk mengirimkan perintah untuk menembak rudal. Ketika William dan Benji menyusup ke ruang server untuk menonaktifkan satelit, Jane merayu dan memaksa Brij Nath untuk memberitahu kode satelit. Namun Kurt Hendricks mengantisipasi rencana Ethan dan mematikan daya listrik dan server Brij Nath sebelum mengirim sinyal dari menara penyiaran televisi ke kapal selam nuklir Rusia di Samudra Pasifik untuk diluncurkan ke San Francisco. Ethan mengejar Kurt Hendricks dan memperebutkan perangkat kontrol sebelum peluncuran, sementara anggota tim lainnya berupaya untuk membuat stasiun siaran kembali menjadi online. Kurt Hendricks bunuh diri dengan jatuh dari ketinggian untuk memastikan peluncuran. Benji menembak mati Marius Wistrom, membuat William untuk menyalakan kembali daya listrik di stasiun dan Ethan untuk menonaktifkan peluncuran rudal itu. Ethan berhadapan dengan Anatoly Sidorov, yang melihat bahwa Ethan mematikan rudal dan membuktikan bahwa IMF tidak bersalah dalam pengeboman Kremlin.

Seminggu kemudian, seluruh anggota tim berada di Seattle. Ethan memperkenalkan anggota timnya kepada Luther Stickell (Ving Rhames) dan memberikan tugas baru. Benji dan Jane menerima misinya, namun William ragu-ragu. Ethan mengungkapkan bahwa kematian Julia hanya sandiwara karena ia sadar ia tidak bisa melindungi Julia dan info kematiannya digunakan sebagai dalih untuk menyusup penjara dan dekat dengan Bogdan. Terbebas dari rasa bersalah, William menerima misinya. Ketika Ethan melihat Julia dari jauh, mereka berbagi senyum sebelum ia memulai misi berikutnya.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Tom Cruise sebagai Ethan Hunt, agen IMF
  • Jeremy Renner sebagai William Brandt, kepala analis menteri IMF sekaligus anggota tim Ethan
  • Simon Pegg sebagai Benji Dunn, teknisi IMF dan anggota tim Ethan
  • Paula Patton sebagai Jane Carter, agen IMF dan anggota tim Ethan
  • Michael Nyqvist sebagai Kurt Hendricks, dalang peluncuran rudal nuklir dan pengeboman
  • Vladimir Mashkov sebagai Anatoly Sidorov, agen inteligen Rusia yang mengincar Ethan
  • Samuli Edelmann sebagai Marius Wistrom, tangan kanan Kurt Hendricks
  • Ivan Shvedoff sebagai Leonid Lisenker, ahli kode nuklir yang dipaksa untuk bekerja dengan Kurt Hendricks
  • Anil Kapoor sebagai Brij Nath, pengusaha kaya di India
  • Léa Seydoux sebagai Sabine Moreau, pembunuh bayaran yang membunuh Trevor Hanaway
  • Josh Holloway sebagai Trevor Hanaway, agen IMF
  • Pavel Kriz sebagai Marek Stefanski
  • Miraj Grbic sebagai Bogdan, tahanan Russia yang dibebaskan oleh Ethan
  • Ilia Volok sebagai the Fog, bandar narkoba dan sepupu Bogdan
  • Tom Wilkinson sebagai menteri IMF
  • Ving Rhames sebagai Luther Stickell, sahabat dan mantan anggota tim Ethan
  • Michelle Monaghan sebagai Julia Meade-Hunt, istri Ethan
  • Mike Dopud sebagai penjaga lorong di Kremlin
  • Ivo Novák sebagai agen Rusia
  • April Stewart sebagai penerjemah dari Swedia
  • Nicola Anderson sebagai teman Julia

Soundtrack[sunting | sunting sumber]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]

  1. Give Her My Budapest (1:57)
  2. Light The Fuse (2:01)
  3. Knife To A Gun Fight (3:42)
  4. In Russia, Phone Dials You (1:40)
  5. Kremlin With Anticipation (4:12)
  6. From Russia With Shove (3:37)
  7. Ghost Protocol (4:58)
  8. Railcar Rundown (1:11)
  9. Hendricks' Manifesto (3:17)
  10. A Man, A Plan, A Code, Dubai (2:44)
  11. Love The Glove (3:44)
  12. The Express Elevator (2:31)
  13. Mission Impersonatable (3:55)
  14. Moreau Trouble Than She's Worth (6:44)
  15. Out For A Run (3:54)
  16. Eye Of The Wistrom (1:05)
  17. Mood India (4:28)
  18. Mumbai's The Word (7:14)
  19. Launch Is On Hendricks (2:22)
  20. World's Worst Parking Valet (5:03)
  21. Putting The Miss In Mission (5:19)
  22. Mission: Impossible Theme (Out With A Bang Version) (0:53)

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Mission: Impossible – Ghost Protocol mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 93%, berdasarkan 237 ulasan, dengan rating rata-rata 7.7/10.[6] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 73 dari 100, berdasarkan 47 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[7] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A-" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[8]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Mission: Impossible – Ghost Protocol mendapatkan $209,397,903 di Amerika Utara dan $485,315,477 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $694,713,380, melebihi anggaran produksi film $145 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $12,785,204, menempati posisi ketiga di box office di belakang film Sherlock Holmes: A Game of Shadows dan Alvin and the Chipmunks: Chipwrecked. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $29,556,629, menempati posisi teratas di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Mission: Impossible - Ghost Protocol". American Film Institute. Diakses tanggal February 18, 2017. 
  2. ^ "MISSION: IMPOSSIBLE - GHOST PROTOCOL (12A)". British Board of Film Classification. December 7, 2011. Diakses tanggal August 2, 2015. 
  3. ^ a b c d "Mission:Impossible – Ghost Protocol Box Office Data". Box Office Mojo. Diakses tanggal March 15, 2012. 
  4. ^ "Mission: Impossible – Ghost Protocol to open 8th Dubai International Film Festival". Dubai International Film Festival. November 14, 2011. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 17, 2011. 
  5. ^ McClintock, Pamela (September 28, 2011). "Paramount Opening 'Mission: Impossible – Ghost Protocol' Five Days Early in Imax". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 3, 2011. 
  6. ^ "Mission: Impossible – Ghost Protocol (2011)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal September 22, 2016. 
  7. ^ "Mission: Impossible – Ghost Protocol reviews". Metacritic. Diakses tanggal September 22, 2016. 
  8. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]