Brad Bird

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Brad Bird
Brad bird cropped 2009.jpg
Bird di Festival Film Venesia, September 2009
LahirPhillip Bradley Bird
24 September 1957 (umur 62)
Kalispell, Montana, AS
KebangsaanAmerican
PendidikanCorvallis High School
AlmamaterCalifornia Institute of the Arts
Pekerjaan
Tahun aktif1979–sekarang
Karya terkenal
Suami/istriElizabeth Canney (k. 1988)
Anak3

Phillip Bradley "Brad" Bird (kelahiran 24 September 1957) adalah seorang pembuat film, yang dikenal baik karena film-film animasinya maupun film-film aksi hidupnya.

Bird mengembangkan kecintaannya terhadap seni rupa animasi pada tahun awal dan dimentori oleh Milt Kahl, salah satu dari Nine Old Men Disney legendaris. Ia merupakan bagian dari salah satu anggota kelas kelulusan terawal dari California Institute of the Arts bersama dengan John Lasseter dan Tim Burton. Setelah itu, Bird bekerja sebagai seorang animator untuk Disney dan menulis permainan latar untuk Batteries Not Included (1987). Bird menjabat sebagai konsultan kreatif pada The Simpsons pada delapan musim pertamanya, di mana ia membantu mengembangkan gaya animasi acara tersebut.

Setelah itu, Bird keluar untuk menyutradarai film fitur animasi pertamanya, The Iron Giant (1999), yang meraih sambutan yang rendah di box office namun diakui sebagai film klasik animasi modern. Ia kembali bergabung dengan Lasseter di Pixar pada 2000, di mana ia mengembangkan film keduanya, The Incredibles (2004), dan film ketiganya, Ratatouille (2007). Kedua film tersebut menjadi salah satu film fitur dengan keuntungan tertinggi di Pixar dan memberikan Bird dua kemenangan Academy Award untuk Film Fitur Animasi Terbaik dan nominasi Academy Award untuk Permainan Latar Asli Terbaik.

Pada 2011, Bird beralih ke pembuatan film aksi hidup dengan film Mission: Impossible – Ghost Protocol, yang menjadi film dengan keuntungan tertinggi dari waralabanya. Film terakhirnya, Tomorrowland, yang dibintangi oleh George Clooney, dirilis pada Mei 2015.

Kehidupan awal[sunting | sunting sumber]

Bird lahir di Kalispell, Montana, sebagai anak bungsu dari empat bersaudara[1] dari pasangan Marjorie A. (née Cross) dan Philip Cullen Bird. Ayahnya bekerja dalam bisnis propana, dan kakeknya, Francis Wesley "Frank" Bird, yang lahir di County Sligo, Ireland, merupakan presiden dan ketua eksekutif Montana Power Company.[2][3][4] Pada sebuah tur dari Walt Disney Studios pada usia 11 tahun, ia mengumumkan bahwa suatu hari nanti ia akan menjadi bagian dari tim animasinya, dan setelah itu ia mulai mengerjakan film pendek animasi 15 menit buatannya sendiri. Selama dua tahun, Bird menyelesaikan animasikan, yang kemudian dikirimkan ke perusahaan kartun tersebut.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Brad Bird – Director Bio". Diakses tanggal 31 Desember 2009. 
  2. ^ Berens, Jessica (29 September 2007). "Ratatouille: Year of the rat". The Daily Telegraph. London. 
  3. ^ "Brad Bird ancestry". Freepages.genealogy.rootsweb.ancestry.com. Diakses tanggal 15 Agustus 2012. 
  4. ^ Gaiser, Heidi (12 November 2004). "Kalispell Native is the Superhero Behind "The Incredibles"". Daily Inter Lake. Diakses tanggal 7 Agustus 2011. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]