The Iron Giant

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Iron Giant
SutradaraBrad Bird
Produser
Penulis skenario
Penulis ceritaBrad Bird
Didasarkan
dari
The Iron Man
oleh Ted Hughes
Pemeran
Penata musikMichael Kamen
SinematograferSteven Wilzbach
PenyuntingDarren T. Holmes
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros.
Tanggal rilis
  • 31 Juli 1999 (1999-07-31)

(TCL Chinese Theatre)

  • 06 Agustus 1999 (1999-08-06)

(Amerika Serikat)

Durasi87 menit[1]
NegaraAmerika Serikat[2]
BahasaInggris
Anggaran$50 juta[3]
Pendapatan
kotor
$31.3 juta[3]

The Iron Giant adalah film aksi fiksi ilmiah animasi Amerika 1999 yang diproduksi oleh Warner Bros. Feature Animation dan disutradarai oleh Brad Bird dalam debutnya sebagai sutradara. Ini didasarkan pada novel 1968 The Iron Man oleh Ted Hughes (yang diterbitkan di Amerika Serikat sebagai The Iron Giant) dan ditulis oleh Tim McCanlies dari perlakuan cerita oleh Bird. Film ini dibintangi oleh suara Vin Diesel (mengisi suara karakter tituler), Eli Marienthal, Jennifer Aniston, Harry Connick Jr., Christopher McDonald dan John Mahoney. Berlatar Perang Dingin pada tahun 1957, film ini berpusat pada seorang anak laki-laki bernama Hogarth Hughes, yang menemukan dan berteman dengan robot logam raksasa yang jatuh dari luar angkasa. Dengan bantuan artis beatnik bernama Dean McCoppin, Hogarth berusaha mencegah militer AS dan Kent Mansley, agen federal paranoid, untuk menemukan dan menghancurkan Giant.

Perkembangan film dimulai pada tahun 1994 sebagai musikal dengan keterlibatan The Who's Pete Townshend, meskipun proyek tersebut berakar setelah Bird masuk sebagai sutradara dan menyewa McCanlies untuk menulis skenario pada tahun 1996. Film ini dianimasikan menggunakan animasi tradisional, dengan komputer- citra yang dihasilkan digunakan untuk menganimasikan karakter tituler dan efek lainnya. Kru film yang kekurangan staf menyelesaikannya dengan separuh waktu dan anggaran fitur animasi lainnya. Michael Kamen menyusun musik film, yang dibawakan oleh Czech Philharmonic.

The Iron Giant ditayangkan perdana di TCL Chinese Theatre di Los Angeles pada 31 Juli 1999, dan dirilis di seluruh dunia pada 6 Agustus. Film ini secara signifikan kurang tampil di box office, meraup $ 31,3 juta di seluruh dunia dengan anggaran produksi $ 50 juta, yang merupakan disalahkan pada Warner Bros. ' Kampanye pemasaran yang sangat buruk dan skeptisisme terhadap produksi film animasi menyusul penerimaan kritis yang beragam dan kegagalan box office dari Quest for Camelot di tahun sebelumnya. Meskipun demikian, film ini dipuji karena ceritanya, animasi, karakter, penggambaran karakter judul dan penampilan suara Aniston, Connick Jr., Diesel, Mahoney, Marienthal dan McDonald. Film ini dinominasikan untuk beberapa penghargaan, memenangkan sembilan Annie Awards dari 15 nominasi. Melalui rilis video rumahan dan sindikasi televisi, film ini mengumpulkan pengikut kultus dan secara luas dianggap sebagai klasik animasi modern.[4][5][6] Pada tahun 2015, versi diperpanjang, remaster dari film ini dirilis ulang secara teatrikal, yang melihat rilis video rumahan pada tahun berikutnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "The Iron Giant (U)". British Board of Film Classification. August 26, 1999. Diakses tanggal August 18, 2015. 
  2. ^ "The Iron Giant". American Film Institute. Diakses tanggal March 9, 2016. 
  3. ^ a b "The Iron Giant". The Numbers. Diakses tanggal November 17, 2012. 
  4. ^ Flores, Terry; Flores, Terry (2015-09-24). "Duncan Studios Adds New 'Iron Giant' Scenes for Remastered Re-release". Variety (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-01. 
  5. ^ Oregonian/OregonLive, Jamie S. Rich | For The (2014-01-20). "'The Iron Giant,' a modern classic of animation returns: Indie & art house films". oregonlive (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-11-01. 
  6. ^ "5 Things You Might Not Know About Brad Bird's 'The Iron G | The Playlist". web.archive.org. 2015-10-06. Diakses tanggal 2020-11-01.