Lost (seri TV)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Lost)
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Lost
Kata Lost putih dengan later belakang hitam
Genre
Pembuat
Pemeran
PenggubahMichael Giacchino
NegaraUnited States
BahasaEnglish
Jumlah musim6
Jumlah episode121 + epilogue (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutif
LokasiOahu, Hawaii
KameraSingle-camera
Durasi40–47 menit
104 menit (episode terakhir)
Rumah produksi
Distributor
Rilis
Jaringan penyiarABC
Format visual1080i (16:9 HDTV)
Format audioDolby Digital 5.1
Tanggal rilis22 September 2004 (2004-9-22) –
23 Mei 2010 (2010-5-23)

Lost adalah serial televisi Amerika Serikat mengenai sekelompok orang yang selamat dari kecelakaan pesawat terbang saat perjalanan dari Sydney ke Los Angeles, dan terdampar di sebuah pulau tropis misterius di sekitar Samudra Pasifik bagian Selatan. Acara ini diciptakan oleh Jeffrey Lieber, J. J. Abrams dan Damon Lindelof, dengan J.J. Abrams menyutradarai episode pertama. Ditayangkan pertama pada 22 September 2004 oleh American Broadcasting Company (ABC), dan terahkir pada 23 Mei 2010, Lost mengudara selama enam musim yang terdiri dari 121 episode. Lost juga pernah ditayangkan di Indonesia lewat stasiun Indosiar pada tahun 2005. Acara ini memadukan elemen supernatural dan fiksi ilmiah. Setiap episode biasanya memiliki cerita utama yang berada di pulau, diperkaya dengan cerita kilas balik atau kilas maju yang memberikan pemahaman lebih untuk karakter yang terlibat.

Karena mememiliki jumlah pemain yang banyak dan biaya pembuatan film yang sebagian besar di Oahu, Hawaii, seri ini adalah salah satu acara televisi paling mahal, dengan biaya episode pilot mencapai 14 juta USD[1]. Mitologi lost juga dikembangkan melalui bebragai media, termasuk seri mini yang berjudul Missing Pieces, dan epilog sepanjang 12-menit yang berjudul "The New Man in Charge".

Lost secara konsisten dipandang kritikus sebagai salah satu serial televisi terbaik sepanjang masa[2]. Musim pertama memiliki rata-rata 16 juta penonton tiap episode di ABC[3]. Pada musim terakhir, acara ini memperoleh lebih dari 11 juta penonton per episode di Amerika. Lost menerima ratusan nominasi penghargaan selama penayangannya dan memenangkan berbagai penghargaan, termasuk Penghargaan Emmy tahun 2005[4], Penghargaan Golden Globe tahun 2006. Pengguna IMDb Pro memberikan rata-rata rating tertinggi untuk seri televisi selama sepuluh tahun pertama situs tersebut beroperasi (2002-2012)[5].

Episode[sunting | sunting sumber]

Musim 1[sunting | sunting sumber]

Musim 1 dimulai setelah kecelakaan pesawat, yang menyebabkan penumpang Oceanic Airlines penerbangan 815 yang selamat terdampar di pulau yang tampaknya tidak berpenguni. Jack Shepard, seorang doktor menjadi pemimpin. Keselamatan mereka terancam oleh berbagai wujud misterius termasuk beruang kutub, makhluk tak terlihat yang berkeliaran di hutan ("Smoke Monster"), dan penghuni jahat yang dikenal sebagai "The Others". Mereka bertemu dengan seorang wanita Prancis bernama Daniele Rousseau, yang terdampar 16 tahun sebelum cerita utama dimulai dan putus asa mencari berita anaknya yang bernama Alex. Mereka juga menemukan bangunan yang tertanam di tanah. Ketika Locke dan Boone mencoba untuk membuka pintu bangunan ersebut, Michael, Jin, Walt, dan Sawyer berusaha untuk pergi dengan rakit yang mereka buat. Sementara itu, kilas balik yang berfokus pada tiap individu, menjelaskan kehidupan mereka sebelum kecelakaan pesawat.

Musim 2[sunting | sunting sumber]

Musim 2 bercerita tentang konflik yang berkembang antara penumpang selamat dengan the Others dan melanjutkan tema perselisihan antara kepercayaan dan keilmuan, sambil memecahkan misteri lama dan menemukan yang baru. Empat orang yang berada dalam rakit dihadang oleh the Others, dan mereka mengambil Walt, anak Michael. Yang lain dipaksa untuk kembali, dan dalam perjalanan mereka bertemu dengan penumang bagian ekor pesawat. Perpecahan kekuasaan muncul antara Jack dan John Locke mengenai senjata dan obat-obatan yang berada di bangunan bawah tanah, yang berakhir ketika Sawyer mengambil alih kedua benda. Bangunan tersebut ternyata sebuah bangunan riset yang dibangun sekitar tiga puluh tahun lalu oleh Dharma Intiative, proyek riset yang melakukan eksperimen di pulau. Seorang pria bernama Desmond Hume telah tinggal di bangunan tersebut selama tiga tahun, menjalanakan program komputer setiap 108 menit untuk mencegah peristiwa katastropik terjadi. Untuk menyelamatkan anaknya, Michael berkhianat dan menyebabkan Jack, Sawyer, dan Kate tertangkap. Michael diberi sebuah kapal dan meninggalkan pulau bersama anaknya. Pada saat yang sama John menghancurkan komputer yang menyebabkan peristiwa elektromagnetik mengguncang pulau. Hal ini menyebabkan pulau tersebut terdeteksi oleh ilmuan yang bekerja untuk Penelope Widmore, dan terungkap bahwa peristiwa serupa menyebabkan kecelakan pesawat.

Musim 3[sunting | sunting sumber]

Di Musim 3, penumpang selamat mengetahui lebih lanjut tentang the Others dan sejarang panjang mereka di pulau misterius, sejalan dengan takdir Dharma Initiative. Pemimpin the Others, Benjamin Linus diperkenalkan dan adanya pembelotan dari kedua belah pihak memunculkan konflik antar keduanya. Elemen perjalanan waktu mulai muncul, saat Desmond dipaksa mematikan kunci 'fail safe' untuk menghentikan peristiwa elektromagnetik, dan membawa pikirannya delapan tahun ke belakang. Ketika dia kembali ke masa sekarang, dia mampu untuk melihat ke masa depan. Kate dan Sawyer kabur dari the Other, sedangkan Jack tetap tinggal setelah Ben berjanji bahwa Jack bisa meninggalkan pulau dengan kapal selam jika mau mengoperasi Ben yang memiliki kanker. Jack melakukannya, tetapi kapal selam tersebut dihancurkan oleh John. Jack ditinggalkan oleh the Others dengan Juliet, anggota the Others yang juga ingin meninggalkan pulau, sedangkan John bergabung dengan the Others. Sebuah helikopter yang membawa Naomi jatuh di dekat pulau. Naomi berkata kapalnya, Kahuna berjarak dekat dan dikirim oleh Penelope Widmore, mantan pacar Desmond. Desmond memiliki firasat dimana Charlie akan tenggelam setelah mematikan sinyal yang mencegah komunikasi dengan dunia luar. Firasatnya menjadi nyata, tetapi saat Charlie berbicara dengan Penelope, dia tidak mengenal Naomi. Sebelum tenggelam, Charlie menulis di tangannya "Bukan Kapal Penny" sehingga Desmond bisa membacanya. Sementara itu, para penumpang selamat berhasil menghubungi tim penyelamat di kapal. Di episode terakhir, dalam adegan yang tampaknya kilas balik Jack depresi saat menghadiri pemakaman seseorang yang tak dikenal. Pada adegan terakhir, terungkap bahwa ini adalah kilas maju, dan Kate dan Jack keluar dari pulau. Bagaimanapun, Jack putus asa untuk kembali.

Musim 4[sunting | sunting sumber]

Musim ini fokus kepada para penumpang selamat mengahadapi orang yang datang dari kapal, yang dikirim untuk merebutnya dari Benjamin. Kilas maju berlanjut, menunjukkan bagaimana enam penumpang, yang disebut "Oceanic Six", melanjutkan hidup mereka setelah keluar dari pulau."Oceanic Six" terdiri dari Jack, Kate, Hurley, Sayid, Sun, dan Aaron. Di masa sekarang empat orang dari kapal datang dan begabung dengan para penumpang selamat untuk keluar dari pulau, mengingat orang dari kapat memerintahkan untuk membunuh semuanya yang masih tinggal.

Sementara itu, Ben melakukan perjalanan dengan John untuk bertemu Jacob, sang pemimpin pulau. John masuk ke dalam rumahnya tetapi menemukan Ayah Jack yang telah meninggal, Christian, yang berkata bahwa dia bisa berbicara untuk Jacob dan memerintahkan John untuk memindahkan pulau. Ben membawa John ke pos bawah tanah dimana tempat perjalanan waktu diteliti. John menjadi pemimpin baru the Others, sedangkan Ben memindahkan pulay dengan memutar sebuah kemudi raksasa, yang kemudian memindahkannya ke Sahara. Enam penumpang keluar pulau dengan helikopter saat pulau menghilang dan selanjutnya mereka diselamatkan oleh Penelope.

Pada episode terakhir, Terungkap bahwa pemakaman yang dihadiri Jack adalah John Locke, yang mencari semua Oceanic Six untuk membujuk mereka kembali ke pulau.

Daftar pemain[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Honolulu Star-Bulletin News /2005/01/26/". archives.starbulletin.com. Diakses tanggal 2018-08-06. 
  2. ^ "Favorites Hold Fast : In Depth : TVWeek - Television Industry news, TV ratings, analysis, celebrity event photos". 2013-03-29. Diakses tanggal 2018-08-06. 
  3. ^ "ABC Medianet". 2014-10-10. Diakses tanggal 2018-08-06. 
  4. ^ "Lost | Emmys.com". 2012-09-28. Diakses tanggal 2018-08-06. 
  5. ^ "Johnny Depp, 'The Dark Knight,' 'Lost' Named to IMDb's Top 10 of the Last Decade". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-08-06. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
The Sopranos
Emmy - Outstanding Drama Series
2005
Diteruskan oleh:
24
Didahului oleh:
Nip/Tuck
Golden Globe - Best Television Series Drama
2006
Diteruskan oleh:
Grey's Anatomy