Cloverfield

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Cloverfield
Cloverfield theatrical poster.jpg
Theatrical release poster
Sutradara Matt Reeves
Produser J.J. Abrams
Bryan Burk
Penulis Drew Goddard
Pemeran Michael Stahl-David
T. J. Miller
Jessica Lucas
Odette Yustman
Lizzy Caplan
Mike Vogel
Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis
18 Januari 2008[1]
Durasi
85 min.
Negara Bendera Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Rusia
Anggaran $30 juta[2]
Pendapatan kotor Domestic
$78,778,933
Foreign
$74,180,860
Worldwide
$152,959,793[3]

Cloverfield adalah sebuah film monster/horor produksi Amerika Serikat yang diluncurkan pada tahun 2008. Film ini diproduseri oleh J.J. Abrams, disutradarai oleh Matt Reeves, dan ditulis oleh Drew Goddard. Sebelum film ini diluncurkan, Paramount Pictures melakukan kampanye viral marketing untuk mempromosikan film ini. Termasuk dalam kampanye ini adalah tie-in viral yang mirip dengan alternate game reality berjudul Lost Experience. Film ini berkisar pada lima orang muda penduduk New York yang mengadakan pesta perpisahan untuk seorang teman pada malam yang sama ketika monster Cloverfield menyerang New York. Cloverfield pertama kali dipublikasikan dalam teaser trailer saat screening film Transformers dan diluncurkan pada tanggal 17 Januari di New Zealand dan Australia, 18 Januari di Amerika Serikat, 1 Februari di Republik Irlandia, Inggris, dan Italia.

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini disajikan sebagai serangkaian adegan yang diambil dengan kamera digital tangan yang diperoleh Departemen Pertahanan Amerka Serikat berhubungan dengan Case Designate "Cloverfield" di US-447, suatu daerah yang dulu dikenal sebagai Central Park. Seluruh gambar yang ada di dalam film ini diambil dalam konteks kamera video personal yang dioperasikan oleh beberapa karakter di sepanjang film.

Pada 27 April, pukul 6:42 AM, Rob Hawkins (Michael Stahl-David) terbangun setelah bermalam dengan sahabatnya, Beth (Odette Yustman) di apartemen ayah Beth di Colombus Circle, New York. Mereka kemudian berencana untuk mengunjungi Coney Island pada hari itu.


Pada 22 Mei, saudara Rob, Jason (Mike Vogel) dan kekasihnya, Lily (Jessica Lucas), mempersiapkan sebuah pesta perpisahan untuk Rob di sebuah apartemen di Manhattan karena ia telah menerima tawaran pekerjaan pada sebuah perusahaan di Jepang. Jason memberikan kamera pada Hud (T.J. Miller), sahabat Rob, untuk merekam ucapan selamat jalan dari teman dan keluarga di pesta tersebut. Hud memanfaatkan tugas ini untuk merayu gadis yang disukainya, Marlena (Lizzy Caplan), dan gagal.

Beth datang dengan teman kencannya, Travis (Ben Feldman), yang membuat Rob marah. Ia makin gusar saat menyadari bahwa Hud merekam pesta itu dengan kaset yang digunakan Rob untuk merekam dirinya dan Beth, beserta perjalanan ke Coney Island. Akibatnya, adegan perjalanan ke Coney Island ini muncul berulang kali secara acak. Rob kemudian mengabaikan hal tersebut dan mengatakan pada Hud bahwa itu bukan masalah.

Lily mengungkapkan bahwa Rob dan Beth telah bermalam bersama beberapa minggu sebelumnya, dan Beth marah pada Rob karena tidak berbicara padanya sejak saat itu. Rob membuat Beth dan teman kencannya meninggalkan pesta dengan tiba-tiba.

Kemudian, ketika pesta sedang berlangsung, gedung bergoyang seolah sedang terjadi gempa, terdengar suara seperti raungan hewan dari luar, dan Hud menangkap berbagai reaksi dari suara itu di kamera. Tamu pesta yang panik dan penuh rasa ingin tahu naik ke atap dan menyaksikan ledakan di dalam kota dan berlari turun ke jalan saat tiba-tiba kepala Patung Liberty yang babak belur jatuh di dekat mereka. Hud berhasil mengabadikan dengan sekilas sesuatu yang berbentuk seperti makhluk raksasa dengan kamera. Gedung Woolworth kemudian runtuh, membuat Rob, Jason, Hud, dan Lily harus berlindung di sebuah minimarket di dekat mereka. Setelah kebingungan dan kepanikan massal luar biasa, jalanan menjadi hening saat mereka kembali keluar dan menemukan Marlena yang tampak syok oleh kejadian itu. Marlena mengatakan bahwa ia melihat makhluk itu dan bahwa makhluk itu memakan siapa pun yang ia temukan.

Rob, Jason, Hud, Marlena, dan Lily bergabung dengan orang-orang yang meninggalkan kota berjalan kaki melalui Jembatan Brooklyn. Saat melintasi jembatan, Rob mendapat telepon dari Beth yang terperangkap dalam apartemen ayahnya dan tidak dapat bergerak. Daya baterai telepon Rob melemah beberapa saat sebelum jembatan diserang oleh makhluk tersebut. Jason diperkirakan meninggal saat sebagian dari jembatan runtuh. Empat orang yang tersisa dari kelompok tersebut kembali ke Manhattan sembari berduka atas meninggalnya Jason. Rob memasuki sebuah toko elektronik dan memperoleh baterai baru untuk teleponnya. Hud menyadari bahwa anggota militer berdatangan di luar toko dan melihat pertempuran yang disiarkan televisi yang menunjukkan para tentara diserang oleh artropoda parasitik berukuran sebesar anjing yang keluar dari karapas monster itu. Setelah berargumen di antara mereka sendiri, kelompok ini akhirnya memutuskan untuk pergi bersama Rob untuk menyelamatkan Beth.

Setelah terperangkap dalam perang antara monster dan militer, mereka bergerak menuju sebuah stasiun kereta bawah tanah. Saat berjalan dalam terowongan, mereka diserang oleh sekelompok parasit. Salah satunya menyerang dan menggigit Marlena. Kelompok ini berhasil melarikan diri ke dalam sebuah department store dan ditemukan oleh Sersan Pryce beserta pasukan infaterinya. Mereka ternyata berada di rumah sakit lapangan militer yang merawat ratusan orang yang terluka. Saat itulah Marlena merasa pusing dan mulai mengalami pendarahan. Ia dibawa ke balik sebuah layar, di mana akhirnya ia tampak meledak dari dalam. Sisa anggota kelompok akhirnya bisa melanjutkan perjalanan untuk menyelamatkan Beth setelah berargumen dengan Sersan Pryce. Sersan Pryce memperingatkan bahwa mereka harus melapor ke lokasi evakuasi militer sebelum pukul 06:00 AM, saat helikopter terakhir meninggalkan Manhattan dan pihak militar akan melaksanakan protokol bumihangus yang akan meratakan seluruh pulau.

Kelompok ini melanjutkan perjalanan ke apartemen Beth, gedung Time Warner Center, dan menemukan gedung itu telah ambruk ke sebuah gedung lain yang ada di sebelahnya. Mereka kemudian menaiki gedung yang masih berdiri dan menyeberang ke atap gedung yang ambruk dan turun ke apartemen Beth. Ketiganya menemukan Beth dengan bahu tertusuk besi beton. Setelah berhasil memindahkan Beth, seekor parasit muncul dan dihajar oleh Rob dengan kapak untuk keadaan darurat kebakaran. Saat mereka menuju tempat evakuasi udara, mereka bertemu dengan monster itu lagi. Saat mereka mencapai zona pendaratan, Lily terpaksa berpisah dan diangkut dengan helikopter marinir tanpa teman-temannya. Rob, Beth, dan Hud menaiki helikopter yang lain ketika mereka menyaksikan stealth bomber melakukan carpet bombing terhadap makhluk itu. Monster itu tampak kalah dan mereka merayakan kemenangan. Namun, beberapa detik kemudian, makhluk itu muncul kembali dari dalam asap dan menyerang helikopter yang mereka tumpangi. Helikopter itu jatuh di tengah Central Park. Ketiga tokoh selamat dan mendengar peringatan dari radio helikopter tentang akan diadakannya protokol bumihangus dalam 15 menit. Mereka keluar dari bangkai pesawat dan harus berhadapan dengan monster itu. Monster itu menyerang Hud, membuat Rob mengambil alih kamera dan lari bersama Beth.

Pasangan ini kemudian berlindung di bawah sebuah jembatan di Central Park saat sirene serangan udara mulai terdengar di kejauhan. Beberapa ledakan terjadi saat Rob dan Beth merekam kesaksian mereka sebelum jembatan runtuh dan rekaman terhenti.

Rekaman ini kemudian menunjukkan gambar rekaman perjalan Rob dan Beth ke Coney Island beberapa minggu sebelumnya. Dalam salah satu gambar tampak benda di kejauhan jatuh ke dalam laut. Di bagian akhir credit title terdapat sebuah transmisi radio pendek yang berbunyi "Help Us" yang berarti "Tolong Kami"

Pemain[sunting | sunting sumber]


Untuk mencegah bocornya plot, audisi para aktor dilakukan dengan naskah dari serial televisi Alias dan Lost yang juga diproduksi oleh J.J. Abrams. Beberapa adegan juga ditulis khusus untuk proses audisi dan tidak digunakan dalam film.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Cloverfield UK Release Date". Paramount Pictures. Diakses tanggal 2007-12-18. 
  2. ^ "Box office/business for Cloverfield". IMDb. Diakses tanggal 2008-02-13. 
  3. ^ "Weekend Box Office". Boxofficemojo. Diakses tanggal 2008-02-26. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]