Gerak henti

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Animasi gerak henti koin yang bergerak.
Mary and Gretel (1916)

Gerak henti (bahasa Inggris: stop motion atau stop frame) adalah sebuah teknik animasi untuk membuat objek yang dimanipulasi secara fisik agar terlihat bergerak dengan sendirinya. Objek tersebut digerakan sedikit demi sedikit di setiap frame yang akan di foto sehingga menciptakan ilusi pergerakan saat serangkaian frame tersebut dimainkan secara berurutan dan berkelanjutan. Boneka dengan sendi yang digerakan atau figur tanah liat sering digunakan dalam gerak henti karena alasan kemudahan meletakkannya kembali. Animasi gerak henti yang menggunakan tanah liat disebut animasi tanah liat atau claymation.

Terminologi[sunting | sunting sumber]

Istilah "stop motion", yang berkaitan dengan teknik animasi, sering dieja dengan tanda hubung sebagai "stop-motion". Kedua varian ortografi, dengan dan tanpa tanda hubung, adalah benar, tetapi yang bertanda hubung memiliki arti kedua yang tidak terkait dengan animasi atau sinema: "perangkat untuk menghentikan mesin atau mesin secara otomatis ketika ada yang tidak beres" (The New Shorter Oxford Kamus Bahasa Inggris, edisi 1993). [1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

1849 hingga 1895: Sebelum film[sunting | sunting sumber]

Sebelum munculnya kronofotografi pada tahun 1878, sejumlah kecil rangkaian gambar difoto dengan subjek dalam pose terpisah. Ini sekarang dapat dianggap sebagai bentuk gerakan berhenti atau pixilation, tetapi sangat sedikit hasil yang dimaksudkan untuk dianimasikan. Sampai dasar film seluloid didirikan pada tahun 1888 dan menetapkan standar untuk gambar bergerak, animasi hanya dapat disajikan melalui mekanisme seperti zoetrope.

Pada tahun 1849, Joseph Plateau menerbitkan catatan tentang peningkatan untuk Fantascope-nya (alias phénakisticope). Variasi tembus pandang baru telah meningkatkan kualitas gambar dan dapat dilihat dengan kedua mata, oleh beberapa orang secara bersamaan. Plateau menyatakan bahwa ilusi dapat dikembangkan lebih jauh dengan ide yang dikomunikasikan kepadanya oleh Charles Wheatstone: kombinasi dari fantascope dan stereoskop Wheatstone. Plateau berpikir bahwa konstruksi serangkaian pasangan gambar stereoskopik berurutan akan menjadi bagian yang lebih sulit dari rencana daripada mengadaptasi dua salinan dari fantascope yang ditingkatkan untuk dipasang dengan stereoskop. Wheatstone telah menyarankan menggunakan foto di atas kertas dari benda padat, misalnya patung. Plateau menyimpulkan bahwa untuk tujuan ini 16 model plester dapat dibuat dengan 16 modifikasi reguler. Dia percaya proyek seperti itu akan memakan banyak waktu dan usaha yang hati-hati, tetapi akan sangat berharga karena hasil luar biasa yang diharapkan.[2] Sayangnya, rencana tersebut tidak pernah dilaksanakan, mungkin karena Plateau hampir sepenuhnya buta saat ini.

Pada tahun 1852, Jules Duboscq mematenkan cakram stroboskopik "Stéréoscope-fantascope ou Bïoscope" (atau disingkat stéréofantascope). Satu-satunya piringan yang masih ada yang diketahui berisi pasangan foto stereoskopik dari fase yang berbeda dari gerakan mesin. Karena waktu pemaparan yang lama yang diperlukan untuk menangkap gambar dengan emulsi fotografis pada masa itu, urutannya tidak dapat direkam secara langsung dan harus telah dirakit dari foto-foto terpisah dari berbagai posisi mesin.

Pada tahun 1855, Johann Nepomuk Czermak menerbitkan artikel tentang Stereophoroskopnya dan eksperimen lain yang ditujukan untuk gambar bergerak stereoskopik. Dia menyebutkan metode menusukkan jarum ke dalam cakram stroboskopik sehingga tampak seperti satu jarum didorong masuk dan keluar dari karton saat dianimasikan. Dia menyadari bahwa metode ini pada dasarnya memberikan kemungkinan tak terbatas untuk membuat animasi 3D yang berbeda. Dia kemudian memperkenalkan dua metode untuk menganimasikan pasangan gambar stereoskopik, satu pada dasarnya adalah penampil stereo menggunakan dua cakram stroboskopik dan yang lainnya kurang lebih mirip dengan zoetrop selanjutnya. Czermak menjelaskan bagaimana foto stereoskopik yang cocok dapat dibuat dengan merekam serangkaian model, misalnya untuk menghidupkan piramida yang sedang tumbuh.[3]

Pada 27 Februari 1860, Peter Hubert Desvignes menerima paten Inggris no. 537 untuk 28 variasi monokular dan stereoskopik dari perangkat stroboskopik silinder (seperti zoetrop selanjutnya).[4] Mimoskop Desvignes, menerima Sebutan Terhormat "untuk kecerdikan konstruksi" di Pameran Internasional 1862 di London.[5] Desvignes "menggunakan model, serangga, dan objek lain, alih-alih gambar, dengan kesuksesan sempurna."[6]

Pada tahun 1874, Jules Janssen membuat beberapa cakram latihan untuk merekam perjalanan Venus dengan senapan fotografinya. Dia menggunakan model planet dan sumber cahaya yang menggantikan matahari.[7] Sementara rekaman sebenarnya dari perjalanan Venus belum ditemukan, beberapa cakram latihan bertahan dan gambar salah satunya diubah menjadi film animasi pendek beberapa dekade setelah perkembangan sinematografi.

Pada tahun 1887, tienne-Jules Marey menciptakan zoetrope besar dengan serangkaian model plester berdasarkan chronophotographs burung yang sedang terbang.[8]

1895-1928: Era film bisu[sunting | sunting sumber]

Diperkirakan 80 hingga 90 persen dari semua film bisu hilang.[9] Katalog, ulasan, dan dokumentasi film kontemporer yang masih ada dapat memberikan beberapa detail tentang film yang hilang, tetapi dokumentasi tertulis semacam ini juga tidak lengkap dan seringkali tidak cukup untuk memberi tanggal yang tepat kepada semua film yang masih ada atau bahkan mengidentifikasinya jika judul aslinya tidak ada. Kemungkinan stop motion dalam film yang hilang bahkan lebih sulit untuk dilacak. Prinsip-prinsip animasi dan efek khusus lainnya sebagian besar dirahasiakan, tidak hanya untuk mencegah penggunaan teknik tersebut oleh pesaing, tetapi juga untuk membuat penonton tertarik pada misteri trik sulap.

Stop motion terkait erat dengan trik stop, di mana kamera dihentikan sementara selama perekaman adegan untuk membuat perubahan sebelum pembuatan film dilanjutkan (atau yang penyebab perubahannya diedit dari film). Dalam film yang dihasilkan perubahannya akan tiba-tiba dan penyebab logis dari perubahan tersebut akan hilang secara misterius atau diganti dengan penyebab palsu yang disarankan dalam adegan. Contoh tertua yang diketahui digunakan untuk pemenggalan kepala dalam film Edison Manufacturing Company tahun 1895 The Execution of Mary Stuart. Teknik stop motion dapat diartikan sebagai penerapan stop trick secara berulang-ulang. Pada tahun 1917 pelopor animasi tanah liat Helena Smith-Dayton menyebut prinsip di balik karyanya sebagai "stop action",[10] sinonim dari "stop motion".

Pionir film trik Prancis Georges Méliès mengklaim telah menemukan stop-trick dan mempopulerkannya dengan menggunakannya di banyak film pendeknya. Dia dilaporkan menggunakan animasi stop-motion pada tahun 1899 untuk menghasilkan bentuk huruf bergerak.

Segundo de Chomon[sunting | sunting sumber]

Pembuat film Spanyol Segundo de Chomón (1871–1929) membuat banyak film trik di Prancis untuk Pathé. Dia sering dibandingkan dengan Georges Méliès karena dia juga membuat banyak film fantasi dengan trik berhenti dan ilusi lainnya (dibantu oleh istrinya, Julienne Mathieu). Pada tahun 1906 Chomón menggunakan animasi stop motion. Le théâtre de Bob (April 1906) menampilkan lebih dari tiga menit animasi stop motion dengan boneka dan objek untuk mewakili teater otomatis fiksi milik Bob, dimainkan oleh aktor cilik live-action. Ini adalah film tertua yang masih ada dengan stop motion yang tepat dan tanggal rilis yang pasti.

Sculpteur moderne karya Segundo de Chomón dirilis pada 31 Januari 1908[11] dan menampilkan tumpukan cetakan tanah liat itu sendiri menjadi pahatan mendetail yang mampu melakukan gerakan kecil. Patung terakhir menggambarkan seorang wanita tua dan berjalan-jalan sebelum diambil, diremas dan dibentuk kembali menjadi seorang wanita tua yang sedang duduk.[12]

Edwin S. Porter dan Wallace McCutcheon Sr.[sunting | sunting sumber]

Pelopor film Amerika Edwin S. Porter memfilmkan film single-shot "lightning sculpting" dengan cetakan wajah pembuat roti dari sepetak adonan di Fun in a Bakery Shop (1902), yang dianggap sebagai pertanda animasi tanah liat.

Pada tahun 1905, Porter menunjukkan huruf animasi dan animasi potongan yang sangat sederhana dari dua tangan di intertitles di Bagaimana Jones kehilangan gulungannya.

Porter bereksperimen dengan sedikit animasi stop-motion kasar dalam film triknya Dream of a Rarebit Fiend (1906).

The "Teddy" Bears (2 Maret 1907), dibuat bekerja sama dengan Wallace McCutcheon Sr.,[13] terutama menampilkan orang-orang dengan kostum beruang, tetapi film pendek ini juga menampilkan segmen stop-motion pendek dengan boneka beruang kecil.[14]

Pada tanggal 15 Februari 1908, Porter merilis film trik A Sculptor's Welsh Rabbit Dream yang menampilkan cetakan tanah liat itu sendiri menjadi tiga patung lengkap.[15] Belum ada salinan dari film tersebut. Itu segera diikuti oleh film serupa yang masih ada The Sculptor's Nightmare (6 Mei 1908) oleh Wallace McCutcheon Sr.[16]

J. Stuart Blackton[sunting | sunting sumber]

The Haunted Hotel karya J. Stuart Blackton (23 Februari 1907)[17] menampilkan kombinasi live-action dengan efek khusus praktis dan animasi stop motion dari beberapa objek, boneka dan model hotel berhantu. Itu adalah film stop motion pertama yang menerima apresiasi skala luas. Terutama tampilan close-up yang besar dari sebuah meja yang dibuat dengan sendirinya membuat penonton bingung; tidak ada kabel yang terlihat atau trik terkenal lainnya yang terlihat. [18] Ini menginspirasi pembuat film lainnya, termasuk animator Prancis mile Cohl[19] dan Segundo de Chomón. De Chomón akan merilis serupa The House of Ghosts dan El hotel eléctrico pada tahun 1908, dengan yang terakhir juga mengandung beberapa pixilation yang sangat awal.

The Humpty Dumpty Circus (1908, dianggap hilang) oleh Blackton dan mitra Vitagraph Inggris-Amerika Albert E. Smith menunjukkan kinerja animasi dari angka-angka dari set mainan kayu yang populer. Smith kemudian mengklaim bahwa ini adalah "film stop-motion pertama di Amerika". Inspirasi akan datang dari melihat bagaimana kepulan asap berperilaku dalam rekaman yang terputus untuk film stop trick yang mereka buat. Smith akan menyarankan untuk mendapatkan paten untuk teknik ini, tetapi Blackton berpikir itu tidak terlalu penting. Ingatan Smith tidak dianggap sangat dapat diandalkan.[20][21]

Émile Cohl[sunting | sunting sumber]

The Haunted Hotel dari Blackton membuat kesan besar di Paris, di mana ia dirilis sebagai L'hôtel hanté: fantasmagorie épouvantable. Ketika Gaumont membeli salinan untuk mendistribusikan film lebih lanjut, itu dipelajari dengan cermat oleh beberapa pembuat film mereka untuk mengetahui bagaimana film itu dibuat. Kabarnya pendatang baru mile Cohl yang mengungkap misteri itu.[22] Tidak lama kemudian, Cohl merilis film pertamanya, Japon de fantaisie (Juni 1907),[23] yang menampilkan penggunaan teknik stop-motion secara imajinatif. Itu diikuti oleh Fantasmagorie yang digambar tangan secara revolusioner (17 Agustus 1908) dan banyak lagi film animasi karya Cohl.

Film stop-motion terkenal lainnya oleh Cohl termasuk Les allumettes animées (Animated Matches) (1908),[24] dan Mobilier fidèle (1910, bekerja sama dengan Romeo Bosetti).[25] Mobilier fidle sering dikacaukan dengan objek animasi Bosetti tour de force Le garde-meubles automatique (The Automatic Moving Company) (1912).[26][27] Kedua film tersebut menampilkan furnitur yang bergerak dengan sendirinya.

Arthur Melbourne-Cooper[sunting | sunting sumber]

Dari lebih dari 300 film pendek yang diproduksi antara tahun 1896 dan 1915 oleh perintis film Inggris Arthur Melbourne-Cooper, diperkirakan 36 berisi bentuk animasi. Berdasarkan laporan selanjutnya oleh Melbourne-Cooper dan putrinya Audrey Wadowska, beberapa orang percaya bahwa Cooper's Matches: an Appeal diproduksi pada tahun 1899 dan oleh karena itu merupakan animasi stop-motion pertama. Film hitam-putih yang masih ada menunjukkan sosok batang korek api yang menulis seruan untuk menyumbangkan sebuah Guinea di mana Bryant dan May akan menyediakan korek api yang cukup bagi tentara. Tidak ada catatan arsip yang diketahui yang dapat membuktikan bahwa film tersebut memang dibuat pada tahun 1899 pada awal Perang Boer Kedua. Lainnya menempatkannya pada tahun 1914, selama awal Perang Dunia I.[28][29] Cooper menciptakan lebih banyak adegan Animated Matchs dalam pengaturan yang sama. Ini diyakini juga telah diproduksi pada tahun 1899,[30] sementara tanggal rilis 1908 juga telah diberikan.[31] Film Animated Matches tahun 1908 oleh mile Cohl mungkin telah menyebabkan lebih banyak kebingungan tentang tanggal rilis animasi batang korek api Cooper. Ini juga menimbulkan pertanyaan apakah Cohl mungkin terinspirasi oleh Melbourne-Cooper atau sebaliknya.

Film-film Melbourne-Cooper yang hilang Dolly's Toys (1901) dan The Enchanted Toymaker (1904) mungkin menyertakan animasi stop-motion. Dreams of Toyland (1908) menampilkan adegan dengan banyak mainan animasi yang berlangsung sekitar tiga setengah menit.

Alexander Shiryaev[sunting | sunting sumber]

Sebagai sarana untuk merencanakan penampilannya, penari balet dan koreografer Alexander Shiryaev mulai membuat boneka setinggi sekitar 20 hingga 25 sentimeter dari papier-mâché di atas bingkai kawat yang dapat berpose. Dia kemudian membuat sketsa semua gerakan berurutan di atas kertas. Ketika ia mengatur ini secara vertikal pada strip panjang, adalah mungkin untuk memberikan presentasi tarian lengkap dengan proyektor home cinema. Kemudian, dia membeli kamera film dan antara tahun 1906 dan 1909 dia membuat banyak film pendek, termasuk animasi boneka. Sebagai penari dan koreografer, Shiryaev memiliki bakat khusus untuk menciptakan gerak dalam film animasinya. Menurut animator Peter Lord karyanya puluhan tahun lebih maju dari zamannya. Bagian dari karya animasi Shiryaev ditampilkan dalam film dokumenter Viktor Bocharov "Alexander Shiryaev: A Premiere Terlambat" (2003).[32][33]

Władysław Starewicz (periode Rusia)[sunting | sunting sumber]

Władysław Starewicz (1882–1965) dari Polandia-Rusia, memulai karir filmnya sekitar tahun 1909 di Kaunas yang merekam serangga hidup. Dia ingin mendokumentasikan jejak kumbang rusa, tetapi makhluk itu tidak mau bekerja sama atau bahkan mati di bawah lampu terang yang dibutuhkan untuk syuting. Dia memecahkan masalah dengan menggunakan kawat untuk kaki kumbang kering dan kemudian menganimasikannya dalam gerakan berhenti. Film pendek yang dihasilkan, mungkin berdurasi 1 menit,[34] mungkin diberi judul dengan nama Latin untuk spesies: -олень (Lucanus Cervus) (1910, dianggap hilang).

Setelah pindah ke Moskow, Starewicz terus menghidupkan serangga mati, tetapi sekarang sebagai karakter dalam cerita imajinatif dengan kompleksitas yang jauh lebih dramatis. Dia mengumpulkan banyak perhatian dan pengakuan internasional dengan film pendek ini, termasuk 10 menit Прекрасная Люканида, или ойна усачей с огачами (The Beautiful Leukanida) (03-1912), dua menit Веселые енки отных dari Animal (Happy Scenes dari Animal Life), 12 menit екрасная Люканида, или Война усачей с огачами (Pembalasan Kameraman) (10-1912) dan 5 menit Стрекоза авей (Belalang dan Semut ) (1913). Kabarnya banyak penonton yang terkesan dengan seberapa banyak yang bisa dicapai dengan serangga terlatih, atau setidaknya bertanya-tanya trik apa yang bisa digunakan, karena hanya sedikit orang yang mengetahui rahasia animasi stop motion. ождество обитателей еса (Natal Serangga) (1913) menampilkan boneka animasi lainnya, termasuk Ayah Natal dan katak. Starewicz membuat beberapa film stop motion lainnya dalam dua tahun berikutnya, tetapi sebagian besar melanjutkan untuk mengarahkan film pendek dan fitur live-action sebelum ia melarikan diri dari Rusia pada tahun 1918.

Film awal Willis O'Brien[sunting | sunting sumber]

Film stop motion pertama Willis O' Brien adalah The Dinosaur and the Missing Link: A Prasejarah Tragedi (1915). Selain dinosaurus tituler dan kera "mata rantai yang hilang", itu menampilkan beberapa manusia gua dan "puyuh gurun" seperti burung unta, semua model yang relatif seperti manusia yang dibuat dengan tanah liat.[35] Hal ini menyebabkan serangkaian komedi animasi pendek dengan tema prasejarah untuk Edison Company, termasuk Unggas Prasejarah (1916), R.F.D. 10.000 SM (1917), The Birth of a Flivver (1917) dan Curious Pets of Our Ancestors (1917). O'Brien kemudian disewa oleh produser Herbert M. Dawley untuk menyutradarai, membuat efek, menulis bersama, dan membintangi bersamanya untuk The Ghost of Slumber Mountain (1918). Film kolaboratif ini menggabungkan aksi langsung dengan model dinosaurus animasi dalam film berdurasi 45 menit, tetapi setelah pemutaran perdana film tersebut dipotong menjadi sekitar 12 menit. Dawley tidak memberikan kredit O'Brien untuk efek visual, dan sebaliknya mengklaim proses animasi sebagai penemuannya sendiri dan bahkan mengajukan paten.[36] Karya stop motion O'Brien diakui sebagai teknik untuk menciptakan makhluk hidup untuk film petualangan. O' Brien selanjutnya mempelopori teknik dengan urutan dinosaurus animasi untuk fitur live-action The Lost World (1925).

Helena Smith Dayton[sunting | sunting sumber]

Seniman New York Helena Smith Dayton, mungkin animator wanita pertama, telah banyak sukses dengan patung tanah liat "Caricatypes" sebelum dia mulai bereksperimen dengan animasi tanah liat. Beberapa film pendek pertamanya yang dihasilkan diputar pada 25 Maret 1917. Dia merilis adaptasi dari Romeo and Juliet karya William Shakespeare kira-kira setengah tahun kemudian. Meskipun film dan tekniknya mendapat banyak perhatian pers, tampaknya dia tidak melanjutkan pembuatan film setelah dia kembali ke New York dari mengelola YMCA di Paris sekitar tahun 1918. Tidak ada filmnya yang muncul, tetapi artikel majalah yang ada telah menyediakan beberapa gambar diam dan sekitar 20 bingkai yang dicetak dengan buruk dari dua strip film.[37]

Starewicz di Paris[sunting | sunting sumber]

Pada 1920 Starewicz telah menetap di Paris, dan mulai membuat film stop motion baru. Dans les Griffes de L'araignée (selesai 1920, dirilis 1924) menampilkan boneka serangga buatan tangan yang dapat menyampaikan ekspresi wajah dengan gerakan bibir dan kelopak mata.

Gerakan berhenti diam lainnya[sunting | sunting sumber]

Salah satu film animasi tanah liat paling awal adalah Modeling Extraordinary, yang memukau penonton pada tahun 1912. Film fitur Italia awal Cabiria (1914) menampilkan beberapa teknik stop motion.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Stanley, E. G. (1995-03-01). "Brown, L. (ed), the New Shorter Oxford English Dictionary on Historical Principles. 2 vols, pp. xxvii + 1876, viii + 1877–3801. Oxford: Clarendon Press, 1993. £60.00". Notes and Queries. 42 (1): 84–87. doi:10.1093/notesj/42.1.84-a. ISSN 1471-6941. 
  2. ^ Mémoires couronnés et autres mémoires publiés par l'Académie royale des sciences, des lettres et des beaux-arts de Belgique. Bruxelles :: F. Hayez,. 1858. 
  3. ^ Czermak, Erich (1933-04). "Betriebsnachrechnung und Kostenplanung im Stahlwerksbetrieb". Archiv für das Eisenhüttenwesen. 6 (10): 459–469. doi:10.1002/srin.193300442. ISSN 0003-8962. 
  4. ^ Zone, Ray (2007). Stereoscopic cinema & the origins of 3-D film, 1838-1952. Lexington, Ky.: University Press of Kentucky. ISBN 978-0-8131-7271-2. OCLC 182523038. 
  5. ^ Anonymous. DECISIONS REGARDING JURIES. Cambridge: Cambridge University Press. hlm. 166–169. 
  6. ^ Chambers, William; Chambers, Robert (1884). Chambers's information for the people; edited by William and Robert Chambers. London,: Chambers,. 
  7. ^ Viljoen, C. C.; Botes, D. P.; Schabort, J. C. (1975-11). "Spectral properties of Bitis gabonica venom phospholipase A2 in the presence of divalent metal ion, substrate and hydrolysis products". Toxicon: Official Journal of the International Society on Toxinology. 13 (5): 343–351. doi:10.1016/0041-0101(75)90194-4. ISSN 0041-0101. PMID 1874. 
  8. ^ Rivkin, Joshua (2014-12). "Zoetrope". The Iowa Review. 44 (3): 168–171. doi:10.17077/0021-065x.7545. ISSN 0021-065X. 
  9. ^ Mekas, Jonas (2009). Lost Lost Lost. London: British Film Institute. hlm. 121–122. ISBN 978-1-84457-264-9. 
  10. ^ Shakespeare, William (2012-06-15). Romeo and Juliet. LA Theatre Works. doi:10.5040/9781580819015.01. Periksa nilai |doi= (bantuan). 
  11. ^ Fitzmaurice-Kelly, James (1908-10). "Espronceda". The Modern Language Review. 4 (1): 20. doi:10.2307/3713731. ISSN 0026-7937. 
  12. ^ BULLICH, Vincent; LAFON, Benoit (2019-04-20). "Dailymotion : le devenir média d'une plateforme. Analyse d'une trajectoire sémio-économique (2005-2018)". Tic & société (Vol. 13, N° 1-2): 355–391. doi:10.4000/ticetsociete.3540. ISSN 1961-9510. 
  13. ^ Sleeping with Teddy Bears. The Chinese University of Hong Kong Press. 2020-03-15. hlm. 20–28. 
  14. ^ McDonald, Archie P. (2000-02). Porter, Edwin Stanton (1870-1941), pioneer director-producer-inventor of cinema. American National Biography Online. Oxford University Press. 
  15. ^ D'Unger, Giselle (1913). "A Sculptor's Dream of the Chicago Beautiful". Fine Arts Journal. 29 (5): 669. doi:10.2307/25603450. ISSN 2151-2760. 
  16. ^ Kaufman, J.B. (1999). The Sculptor’s Nightmare. British Film Institute. 
  17. ^ Sofiani, Sofiani (2020-05-31). "PENGARUH SOSIAL MEDIA TERHADAP BRAND AWARENESS AMARIS HOTEL". Kepariwisataan: Jurnal Ilmiah. 14 (02): 53–61. doi:10.47256/kepariwisataan.v14i02.19. ISSN 2716-2664. 
  18. ^ Crafton, Donald (1993). Before Mickey. University of Chicago Press. ISBN 978-0-226-11667-9. 
  19. ^ Crafton, Donald (1990). Emile Cohl, caricature, and film. Princeton, New Jersey. ISBN 978-1-4008-6071-5. OCLC 889253445. 
  20. ^ Film before Griffith. John L. Fell. Berkeley: University of California Press. 1983. ISBN 0-520-04738-9. OCLC 8475666. 
  21. ^ Fielding, Raymond (2011). The American newsreel : a complete history, 1911-1967 (edisi ke-Second edition). Jefferson, N.C. ISBN 978-1-4766-0794-8. OCLC 908551779. 
  22. ^ Crafton, Donald (1990). Emile Cohl, caricature, and film. Princeton, New Jersey. ISBN 978-1-4008-6071-5. OCLC 889253445. 
  23. ^ The Magic of Identity: Magic Realism in Modern Japanese Fiction. Duke University Press. 2020-12-31. hlm. 451–476. 
  24. ^ Jackson, Kathy Merlock (2000-02). Avery, Tex (1908-1980), director of animated films. American National Biography Online. Oxford University Press. 
  25. ^ Zeynep, KÖYLÜ (2018). "'Thank you so much! mystery solved': online expressions of gratitude by IMDb* members = Çok teşekkürler! gizem çözüldü: IMDb kullanıcılarının çevrimiçi şükran ifadeleri". Dil Dergisi. 0 (169): 21–50. doi:10.1501/dilder_0000000246. ISSN 1300-3542. 
  26. ^ Ohyama, Kunio; Uchide, Noboru; Toyoda, Hiroo (2010-09-03). "Current Advances in Developments of New Influenza Vaccines~!2010-01-10~!2010-05-09~!2010-08-27~!". The Open Antimicrobial Agents Journal. 2 (2): 58–70. doi:10.2174/1876518101002020058. ISSN 1876-5181. 
  27. ^ Romeo and Juliet. The Arden Shakespeare. 2021. 
  28. ^ dx.doi.org http://dx.doi.org/10.17658/issn.2058-5462/issue-20/jwatts/figure54. Diakses tanggal 2022-03-18.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  29. ^ Vries, Tjitte de (2009). "They thought it was a marvel" : Arthur Melbourne-Cooper (1874-1961), pioneer of puppet animation. Ati Mul. [Amsterdam]: Amsterdam University Press. ISBN 978-90-485-0782-5. OCLC 607886675. 
  30. ^ dx.doi.org http://dx.doi.org/10.17658/issn.2058-5462/issue-20/jwatts/figure54. Diakses tanggal 2022-03-18.  Tidak memiliki atau tanpa |title= (bantuan)
  31. ^ "Table 2: IMDB results". dx.doi.org. Diakses tanggal 2022-03-18. 
  32. ^ "Balgonie, Lord, (David Alexander Leslie Melville) (26 Jan. 1954–14 Feb. 2007)". Who Was Who. Oxford University Press. 2007-12-01. 
  33. ^ "Reminder: HBO's documentary Addiction to premiere in March". PsycEXTRA Dataset. 2007. Diakses tanggal 2022-03-18. 
  34. ^ "Figure 1: Mitochondrial genome map of Lucanus cervus". dx.doi.org. Diakses tanggal 2022-03-18. 
  35. ^ "Missing link between dinosaur nests and bird nests". AAAS Articles DO Group. 2021-10-18. Diakses tanggal 2022-03-18. 
  36. ^ Webber, Roy P. (2004). The dinosaur films of Ray Harryhausen : features, early 16mm experiments and unrealized projects. Jefferson, N.C.: McFarland & Co. ISBN 0-7864-1666-1. OCLC 54001212. 
  37. ^ Jenkins, C. Francis (1926-05). "The Jenkins Chronoteine Camera for High Speed Motion Studies". Transactions of the Society of Motion Picture Engineers. 10 (25): 25–30. doi:10.5594/j10281. ISSN 0096-6460. 
Catatan
  • Tayler, Richard. The Encyclopedia of Animation Techniques. Running Press, Philadelphia, 1996. ISBN 1-56138-531-X
  • Lord, Peter and Brian Sibley. Creating 3-D Animation. Harry N. Abrams, New York, 1998. ISBN 0-8109-1996-6
  • Sibley, Brian. Chicken Run: Hatching the Movie. Harry N. Abrams, New York, 2000. ISBN 0-8109-4124-4
  • Smith, Dave. Disney A to Z. Hyperion Books, New York, 1998. ISBN 0-7868-6391-9
  • Maltin, Leonard Movie and Video Guide. Signet Reference Paperbacks, New American Library, Penguin Putnam, New York, 2006.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]