Zootopia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Zootopia
Zootopia.jpg
Poster film Zootopia
SutradaraByron Howard
Rich Moore
ProduserClark Spencer
Penulis skenarioJared Bush
Phil Johnston[1]
Penulis ceritaByron Howard
Rich Moore
Jared Bush
Josie Trinidad
Jim Reardon
Phil Johnston
Jennifer Lee
PemeranGinnifer Goodwin
Jason Bateman
Idris Elba
Jenny Slate
Nate Torrence
Bonnie Hunt
Don Lake
Tommy Chong
J. K. Simmons
Octavia Spencer
Alan Tudyk
Shakira
Penata musikMichael Giacchino
SinematograferNathan Warner
Brian Leach
Thomas Baker
PenyuntingFabienne Rawley
Jeremy Milton
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 13 Februari 2016 (2016-2-13)

(Festival Film Animasi Brussels)

  • 17 Februari 2016 (2016-2-17)

(Indonesia)

  • 4 Maret 2016 (2016-3-4)

(Amerika Serikat)

Durasi108 menit[2][3]
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$150 juta[4]
Pendapatan
kotor
$1.023.784.195[5]

Zootopia (atau Zootropolis dalam versi Eropa)[6][7] adalah film animasi 3D Amerika Serikat tahun 2016[8] yang disutradarai oleh Byron Howard dan Rich Moore serta diproduseri oleh Clark Spencer. Naskah film ini ditulis oleh Jared Bush dan Phil Johnston, sementara cerita film ini ditulis oleh Byron Howard, Rich Moore, Jared Bush, Josie Trinidad, Jim Reardon, Phil Johnston dan Jennifer Lee. Film ini diisi oleh suara Ginnifer Goodwin, Jason Bateman, Idris Elba, Jenny Slate, Nate Torrence, Bonnie Hunt, Don Lake, Tommy Chong, J. K. Simmons, Octavia Spencer, Alan Tudyk dan Shakira.

Film Zootopia ditayangkan secara perdana di Festival Film Animasi Brussels pada tanggal 13 Februari 2016[9] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 4 Maret 2016.[10] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Di kota Bunnyburrow, kelinci berusia 9 tahun, Judy Hopps tampil dalam drama sekolahnya. Drama tersebut menjelaskan bahwa hewan, yang dulu primitif dan liar, kini telah berevolusi ke tempat pemangsa dan mangsa dapat hidup berdampingan secara harmonis. Kota mamalia pendiri, Zootopia, dipuji sebagai tempat di mana siapa pun bisa menjadi apa saja. Judy kemudian mengumumkan bahwa dia ingin menjadi seorang polisi. Seorang anak rubah di antara penonton, Gideon Gray, mencibir gagasan itu dan bahkan orang tua Judy, Bonnie dan Stu mengatakan kepadanya bahwa tidak pernah ada petugas kelinci. Namun, Judy bersedia untuk mencoba melawan segala rintangan. Ketika Judy melihat Gideon menggertak beberapa anak dengan mengambil tiket adil mereka, dia dengan berani menghadapinya, tetapi Gideon merespons dengan mengejek mimpi Judy dan menebas wajahnya. Dia pergi dan, meskipun dia terluka, Judy menunjukkan kepada teman-temannya tiket yang dia dapatkan kembali dan menyatakan bahwa dia tidak tahu kapan harus berhenti.

Bertahun-tahun kemudian Judy menghadiri Akademi Polisi Zootopia. Judy kecil dibandingkan dengan rekrutan lain dan menghadapi kesulitan mengelola rintangan yang dijalankan oleh sersan bor. Tetapi melalui tekad yang kuat, dan dengan menggunakan akalnya, Judy berhasil lulus sebagai valedictorian. Walikota Zootopia Lionheart mengawasi upacara tersebut dan Asisten Walikota Bellwether, seekor domba, secara resmi mengucapkan selamat kepada Judy sebagai petugas polisi kelinci pertama, dengan mengatakan bahwa ini adalah hari besar bagi semua hewan kecil. Dia ditugaskan ke Precinct 1 di jantung Zootopia, yang membuat orang tuanya khawatir.

Beberapa hari kemudian, Judy, orang tuanya, dan banyak saudaranya pergi ke stasiun kereta. Stu meyakinkan Judy untuk membawa sekaleng pengusir rubah sebelum dia naik kereta ke Zootopia. Judy mendengarkan lagu hit penyanyi pop, Gazelle, saat ia menjelajahi berbagai distrik kota, dari tundra yang membeku hingga hutan hujan yang gerah. Dia menemukan apartemennya, kamar single yang rusak dengan tempat tidur reyot, dinding tipis kertas, dan dua tetangga yang berisik, Bucky dan Pronk Oryx-Antlerson. Meskipun demikian, dia sangat bersemangat untuk hari pertamanya. Dia bangun pagi-pagi sekali dan berhasil sampai ke kantor polisi di mana dia diarahkan untuk panggilan peran oleh sersan meja gemuk, seekor cheetah bernama Benjamin Clawhauser. Semua petugas lainnya (gajah, badak, kuda nil, dan beruang) menjulang di atas Judy. Kapolsek Bogo memanggil mereka untuk memesan dan menjelaskan bahwa prioritas pertama mereka adalah menangani kasus empat belas hewan yang hilang; semua predator. Bogo membagi semua orang menjadi beberapa tim tetapi menugaskan Judy untuk tugas parkir.

Judy kecewa tetapi menetapkan standarnya tinggi dan menggunakan telinganya yang tajam untuk membantunya menulis 200 tiket sebelum tengah hari. Sekitar saat itu, dia melihat seekor rubah yang tampaknya merencanakan sesuatu memasuki toko es krim lokal yang dijalankan oleh Jerry Jumbeaux Jr. Meski awalnya curiga, Judy kemudian melihat rubah, Nick Wilde, hanya mencoba membelikan jumbo-pop untuk putranya yang mengenakan kostum gajah. Jerry menolak melayani rubah dengan kefanatikan mencibir dan ini membuat marah Judy yang masuk dan mengusulkan kompromi; dia akan membiarkan gajah pergi dengan peringatan pelanggaran kode kesehatan menyajikan es krim tanpa sarung tangan di belalai mereka jika Nick bisa makan jumbo-pop. Ketika Nick mengaku dia tidak memiliki dompetnya, dan meminta maaf kepada putranya untuk ulang tahun terburuknya, Judy melangkah lebih jauh dan membayar hadiahnya. Dia memberi tahu Nick bahwa dia tidak tahan ketika orang dianiaya karena menjadi pemangsa atau mangsa dan berjalan pergi dengan pegas di langkahnya, senang telah membantu seseorang yang membutuhkan.

Kemudian pada hari itu, Judy menulis lebih banyak tiket ketika dia melihat rubah kecil dalam setelan gajahnya. Dia mendekati untuk menyapa tetapi kemudian memperhatikan bahwa dia dan Nick sedang melelehkan pop jumbo dari atap sebuah bangunan dan membiarkan tetesannya terkumpul di stoples besar. Mereka pergi bersama, dengan rubah kecil di belakang kemudi. Judy mengikuti mereka ke Tundratown dan melihat mereka membuat pops mini dengan jus cair. Mereka membawanya ke Distrik Savannah dan menjualnya kepada hamster yang baru pulang kerja. Hamster mengunyah pops dan meninggalkan tongkat di tempat sampah daur ulang. Rubah kecil mengumpulkan tongkat dan dia dan Nick membawanya ke zona konstruksi di Little Rodentia di mana mereka dijual sebagai kayu. Kemudian, Nick dan 'putranya', rubah fennec dewasa bernama Finnick, berpisah dan Judy menghadapi Nick. Nick tidak menyangkal bahwa dia seorang penipu tetapi memberi Judy semua dokumen yang dia butuhkan untuk membuat usahanya legal secara teknis dan merendahkannya dengan mengatakan bahwa kota itu bukanlah tanah ajaib di mana mimpi menjadi kenyataan dan pelayan meteran tidak akan pernah menjadi nyata. polisi.

Judy kembali ke apartemennya, cemberut, dan menanggung panggilan menghina secara tidak sengaja dari orang tuanya yang tanpa berpikir lega melihat dia bukan "polisi sungguhan" di mata mereka dan malah memiliki pekerjaan teraman di kepolisian. Keesokan harinya, Judy menulis lebih banyak tiket dan menanggung pelecehan verbal tanpa henti dari warga untuk tugasnya ketika dia didekati oleh babi panik yang mengatakan kepadanya bahwa dia baru saja dirampok. Judy beraksi dan mengejar musang pencuri melalui alun-alun kota dan masuk ke Little Rodentia. Selama pengejaran, di mana Judy harus bersusah payah untuk menghindari bahaya yang tidak disengaja pada warga kecil dan properti mereka, Duke menendang donat plastik dari sebuah toko ke arah Judy dan hampir meremukkan seorang wanita shrew, tetapi Judy menghentikannya tepat waktu. waktu dan menggunakan donat untuk menangkap musang. Judy menggulungnya ke stasiun tetapi dipanggil ke kantor Bogo. Dia menegurnya karena meninggalkan posnya dan membahayakan publik untuk mengambil sekantong bawang berjamur. Judy keberatan, mengatakan bahwa 'bawang' sebenarnya adalah umbi bunga yang disebut Midnicampum holicithias dan bahwa dia hanya ingin menjadi polisi sungguhan. Namun, Kepala Bogo menjawab bahwa dia mendapat perintah sebagai petugas parkir dan tidak mematuhinya, membuat pejabat politik seperti dia tidak dapat ditoleransi olehnya.

Saat itu, berang-berang bernama Mrs Otterton menerobos masuk, memohon Kepala Bogo untuk menemukan suaminya, Emmitt, yang telah hilang selama sepuluh hari. Bogo menawarkan jaminan kosong sampai Judy melangkah dan berjanji untuk menemukannya. Bogo mengantar Nyonya Otterton keluar dari kantor sebelum memecat Judy karena pembangkangan. Namun, ketika dia membuka pintu lagi, dia menemukan Nyonya Otterton berbicara dengan Asisten Walikota Bellwether yang segera mengirimkan pemberitahuan kepada walikota tentang kesediaan Judy untuk menangani kasus ini dan memberitahu Judy untuk datang kepadanya untuk meminta bantuan. Bogo dengan enggan mengizinkan Judy untuk menangani kasus ini tetapi memberinya ultimatum 48 jam; dia menemukan berang-berang atau mengundurkan diri. Yudi setuju.

Di meja depan, Clawhauser memberi Judy file kasus tetapi tidak ada petunjuk atau saksi dan, karena dia baru, dia tidak memiliki sumber daya teknologi. Namun, Judy memperhatikan dalam satu-satunya foto yang mereka miliki bahwa Emmitt sedang memakan es loli yang terlihat familiar. Dia menempatkan Nick di jalanan dan meminta bantuannya tetapi dia menolak. Ketika dia mengatakan bahwa mini pops senilai sepuluh dolar dapat menunggu, dia mengklaim telah menghasilkan dua ratus sehari sejak dia berusia dua belas tahun. Judy mencatat Nick pada perekam pena wortel dan menempatkan kata-katanya sendiri terhadap file pajaknya yang menunjukkan dia mengklaim penghasilan nol. Judy bilang dia akan melaporkannya untuk penghindaran pajak, pelanggaran federal, kecuali dia membantunya. Finnick, yang tertidur di kereta dorong yang didorong Nick, menertawakan hiruk-pikuk terbalik dan berharap Nick beruntung bekerja dengan bulu halus sebelum berjalan pergi.

Nick membawa Judy ke Mystic Springs Oasis, tempat terakhir dia melihat Otterton pergi. Mereka bertemu dengan seekor yak bernama Yax, melakukan yoga di belakang meja. Dia mengenali Tuan Otterton tetapi mengatakan dia tidak melihatnya dalam beberapa minggu. Dia kemudian membawa mereka ke oasis untuk menemukan instruktur yoga Emmitt, seekor gajah bernama Nangi, dan Judy terkejut menemukan oasis adalah surga bagi naturalis; hewan telanjang. Nangi tidak memiliki ingatan tentang Otterton, tetapi Yax tanpa disadari memberi Judy semua informasi yang dia butuhkan, termasuk nomor plat mobil yang diambil Otterton terakhir kali dia berada di sana. Nick bilang dia punya teman di DMV yang bisa membantu mereka menjalankan plat nomor. Di sana, Judy berkecil hati melihat bahwa DMV dijalankan hanya oleh sloth. Teman Nick, Flash dapat menjalankan plat nomor untuk mereka tetapi, tentu saja, membutuhkan waktu lama untuk  melakukannya. Ini tidak membantu ketika Nick, dalam upaya untuk menekan tombol Judy, menunda mereka dengan lelucon. Pada saat mereka keluar, sudah malam.

Judy mengetahui mobil yang dimaksud adalah limusin di Tundratown tetapi, pada saat dia dan Nick tiba, tempat parkirnya sudah tutup. Tanpa surat perintah, Judy tidak bisa masuk. Dikalahkan, dia mengulurkan pena rekamannya kepada Nick tetapi melemparkannya ke atas pagar. Nick pergi untuk mengambilnya dan Judy bertemu dengannya di sisi lain, dengan licik mengatakan bahwa dia tidak memerlukan surat perintah jika dia memiliki kemungkinan penyebab - dan rubah yang tampak licik memanjat gerbang memenuhi syarat. Mereka menemukan limusin dan mencarinya, menemukan bulu beruang kutub, bekas cakar di seluruh kursi belakang, dan dompet Otterton. Kemudian, Nick mengenali lencana di gelas minum dan panik; dia tahu mobil siapa ini. Ketika mereka membuka pintu mobil untuk pergi, mereka dihadapkan oleh sepasang beruang kutub yang mendorong mereka ke dalam mobil.

Terjepit di kursi belakang di antara dua beruang kutub, Nick menjelaskan bahwa mobil itu milik bos preman bernama Mr. Big dengan siapa dia tidak berhubungan baik karena Nick menjualnya permadani mahal yang terbuat dari bulu pantat sigung. Nick dan Judy dibawa ke ruang belajar di mana Mr. Big, seekor tikus, dibawa oleh penjaga beruang kutubnya. Dia mencaci maki Nick karena menodai kepercayaannya dan keramahan neneknya yang baru saja dia kubur di karpet sigung, dan menegurnya karena kembali pada hari pernikahan putrinya. Tanpa rasa takut, Judy melangkah maju dan memberi tahu Mr. Big bahwa dia tahu Emmitt Otterton terakhir bersamanya dan akan mencari tahu apa yang terjadi padanya jika itu adalah hal terakhir yang dia lakukan. Tidak terpengaruh, Tuan Big memerintahkan beruangnya untuk 'membekukan' Nick dan Judy dan e kesempatan untuk mendaftar sebagai pasangannya. Nick tersanjung dan melihat saat Judy dipanggil ke tribun untuk menjawab beberapa pertanyaan. Judy memulai dengan sederhana, menyebutkan bahwa semua mamalia buas adalah predator, tetapi ketika ditekan mengapa, dia berspekulasi bahwa itu mungkin ada hubungannya dengan DNA mereka. Sebagai predator, yang terkena mungkin telah kembali ke asal asalnya. Para wartawan menjadi hiruk-pikuk sebelum Bellwether menutup konferensi. Judy lega turun dari podium tetapi Nick marah dengan apa yang dia katakan. Judy mengatakan dia hanya menyatakan fakta tetapi Nick bertanya padanya apakah rubah seperti dirinya memang harus dipercaya. Ketika dia mengangkat tangannya, menanyakan apakah Judy takut padanya, dia secara naluriah meletakkan tangannya di pengusir rubahnya. Dia menyerahkan kembali aplikasi itu, mengatakan kepadanya bahwa yang terbaik adalah dia tidak memiliki pemangsa untuk pasangan, sebelum pergi.

Sebuah irisan didorong antara predator dan populasi mangsa, dengan mangsa bertindak takut terhadap semua predator. Gazelle menjadi tuan rumah protes damai terhadap diskriminasi, meskipun ada serangan balasan, dan serangan biadab terus berlanjut di kota karena lebih banyak predator menjadi primal. Judy merasa bertanggung jawab atas ketegangan yang terjadi antara hewan dan pergi menemui Mrs. Otterton di mana dia melihat Emmitt berkelok-kelok tanpa berpikir di kamar rumah sakitnya. Di kantor polisi, Judy dipanggil oleh Bogo untuk menemui walikota baru, Bellwether. Bellwether menjelaskan bahwa dengan populasi di Zootopia menjadi 90% mangsa, dia ingin Judy sebagai wajah ZPD untuk menginspirasi harapan. Tapi Judy mengklaim bahwa dia bukan pahlawan dan mengatakan dia melakukan kebalikan dari apa yang dia inginkan; untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Dia mengatakan polisi yang baik harus membantu kota, tidak mengobrak-abriknya, dan menyerahkan lencananya sebelum pergi.

Judy kembali ke Bunnyburrow di mana dia mengelola kios sayuran orang tuanya. Dia bertanya-tanya kepada mereka bagaimana dia pernah berpikir dia bisa membuat perbedaan tetapi mereka menghiburnya saat truk pai berhenti. Saat pengemudinya, Gideon Grey yang sudah dewasa, keluar, orang tua Judy menjelaskan bahwa mereka telah bermitra dengannya dan tidak akan pernah melakukannya jika Judy tidak membuka mata mereka. Gideon meminta maaf kepada Judy atas apa yang dia lakukan ketika dia masih muda, menyatakan bahwa rasa tidak amannya sendiri dimanifestasikan menjadi kemarahan yang tidak terkendali, tetapi Judy memaafkannya dan mengatakan dia tahu satu atau dua hal tentang menjadi brengsek. Saat itu, beberapa anak kelinci berlari melalui ladang di belakang mereka dan ayah Judy memperingatkan mereka untuk menjauh dari midnicampum holicthias yang tumbuh di dekat tepi. Gideon tertawa dan berkata bahwa keluarganya baru saja menyebut mereka pelolong malam. Judy senang dengan hal ini dan ayahnya menjelaskan bahwa bunga itu menjauhkan hama tetapi beracun. Saudaranya Terry makan satu dan menjadi marah, menggigit ibu Judy. Judy menyadari bahwa night howler bukanlah serigala - mereka adalah bunga. Tidak hanya itu, mereka juga membuat hewan menjadi buas.

Dia mengambil kunci truk dan berlari kembali ke Zootopia. Dia menemukan Finnick dan dia mengarahkannya ke Nick, duduk di bawah sinar matahari di samping jembatan kecil. Judy berlari ke arahnya dan mengungkapkan kebenaran tentang pelolong malam tapi dia berjalan pergi. Putus asa, Judy meminta maaf kepadanya dan mengatakan dia membutuhkan bantuannya. Dia mulai menangis dan mengakui bahwa dia brengsek baginya dan benar-benar kelinci bodoh seperti yang pernah dia katakan. Nick tampaknya tidak bereaksi sampai dia memutar ulang rekaman pertobatannya dan mengangkat perekam penanya dan tersenyum, mengatakan dia akan menghapusnya setelah 48 jam, sebelum memeluk Judy yang sangat lega. Mereka naik ke truk dan Nick mengambil beberapa blueberry Judy sementara dia menunjukkan gambar pencuri musang yang dia tangkap sedang mencuri Midnicampum holicthias; Duke Musang. Mereka menemukannya di sudut jalan yang menjual DVD bajakan seperti 'Wrangled', 'Pig Hero 6', dan 'Meowana'. Judy menghadapkannya dan menuntut untuk mengetahui apa yang dia lakukan dengan bola lampu night howler, tapi dia bilang dia tidak mau bicara. Judy dan Nick tersenyum licik dan membawa musang itu ke Mr. Big. Duke tidak percaya mengapa Mr. Big mau membantu polisi, tapi Mr. Big tersenyum dan mengatakan Judy adalah ibu baptis dari cucunya di masa depan. Fru Fru yang sangat hamil mengatakan dia akan menamai putrinya dengan nama Judy. Diancam akan dibekukan, Duke mengalah dan mengaku dia menjual bola lampu kepada seekor domba jantan bernama Doug yang bekerja di stasiun kereta yang ditinggalkan.

Nick dan Judy mengikuti petunjuk arah menuju kereta bawah tanah berkarat di bawah tanah. Mereka menyelinap masuk dan menemukan Doug dalam jumpsuit kuning menyiapkan bunga biru dan memanennya secara kimia untuk menghasilkan serum yang dia masukkan ke dalam pelet rapuh. Dia memasukkan pelet ke dalam pistol saat teleponnya berdering, memberi tahu dia bahwa tanda berikutnya adalah seekor cheetah di Sahara Square. Dia meyakinkan penelepon bahwa dia dapat melakukan pukulan karena dia bisa mendapatkan berang-berang di dalam mobil yang bergerak. Dia menempatkan pistol di tas dan pergi untuk menjawab ketukan di bagian belakang mobil, mengatakan bahwa Woolter dan Jesse telah kembali dengan kopi. Judy mengambil kesempatan untuk menjatuhkan Doug dari mobil dan mengunci pintu sebelum memerintahkan Nick untuk memindahkan mobil. Dengan beberapa finagling, mereka dapat memulainya dan mobil bergerak menuruni trek, perlahan-lahan mendapatkan kecepatan. Judy bermaksud membawa bukti ke markas polisi tetapi dua domba jantan melompat ke mobil yang bergerak. Mereka berhasil menjatuhkan Jesse dari mobil di dalam terowongan, menyerempetnya saat dia memeluk dinding dan mencukur perutnya yang berwarna merah muda. Woolter menerobos masuk ke bagian depan mobil saat mereka keluar, tetapi mereka segera menghadapi kereta lain yang akan datang. Judy memberitahu Nick untuk mempercepat dan menendang Woolter ke tuas sakelar tepat pada waktunya, tetapi mereka berjalan terlalu cepat di tikungan berikutnya dan mobil tergelincir ke stasiun kosong berikutnya. Judy dan Nick melompat dari mobil saat gesekan menyebabkannya terbakar dan menonton dari peron saat mobil itu meledak. Judy mengira semua bukti telah dihancurkan, tetapi Nick mengangkat koper dengan pistol di dalamnya.

Mereka berlari ke atas dari stasiun dan masuk ke Museum Sejarah Alam, kosong karena renovasi. Saat mereka mendekati pintu keluar menuju kantor polisi, mereka dipanggil dari belakang oleh Walikota Bellwether, ditemani oleh dua ekor domba jantan berseragam polisi. Bellwether berterima kasih kepada Judy karena telah menemukan pelaku di balik konspirasi pemangsa dan meraih tas kerja, tetapi Judy bertanya-tanya bagaimana dia tahu di mana menemukannya. Mereka beringsut menuju pintu keluar tetapi terhalang oleh Woolter yang acak-acakan. Menyadari Bellwether berada di belakang plot selama ini, Judy dan Nick berlari dan berusaha bersembunyi di koridor. Sepanjang jalan Judy bertemu dengan gading mamut yang menonjol dan kakinya terluka. Nick mengeluarkan saputangan dari sakunya, blueberry tumpah ke mana-mana, dan membalut kaki Judy tetapi dia menyuruhnya meninggalkannya karena dia tidak bisa berjalan. Mereka mencoba memikirkan sesuatu saat mereka dikelilingi oleh domba.

Bellwether memanggil Judy, mengatakan bahwa di kota jumlah mangsa melebihi predator 10 banding 1. Mereka harus bersatu untuk mengakhiri penganiayaan mereka terhadap predator yang lebih kuat dan keras dan, setelah bersatu, tidak akan terbendung. Judy dan Nick lari untuk itu tetapi terlempar ke dalam diorama cekung dan Nick menjatuhkan koper. Bellwether mengambilnya dan memandang rendah Nick dan Judy sebelum membidik dengan pistol dan menembak Nick. Solusi biru menutupi lehernya dan dia gemetar sementara Bellwether memanggil polisi dan berpura-pura waspada, mengatakan Petugas Judy turun dan diserang oleh rubah buas. Judy memberi tahu Bellwether rencananya tidak akan berhasil saat Nick mendekatinya, menggeram. Bellwether mengatakan bahwa rasa takut selalu bekerja dan, dengan kecenderungan kebiadaban, predator akan dipaksa keluar dari Zootopia dan dia akan menembak setiap orang untuk tetap seperti itu.

Nick kemudian menerjang Judy dan mengalungkan rahangnya di lehernya, tetapi dengan cepat melepaskannya saat Judy melakukan pertunjukan dramatis. Nick dan Judy kemudian mengungkapkan bahwa mereka mengganti serum di pistol dengan blueberry dan telah merekam semua yang dikatakan Bellwether pada perekam pena Judy. Ngeri, Bellwether mundur untuk melarikan diri hanya untuk dihentikan dan ditangkap oleh ZPD yang merespons.

Di berita, seorang pembawa berita membaca bahwa Bellwether didakwa karena mendalangi konspirasi pemangsa yang biadab. Mantan Walikota Lionheart memberikan wawancara di mana dia mengatakan dia tidak tahu tentang plot Bellwether dan hanya mengurung predator buas untuk melindungi kota, dengan alasan dia melakukan hal yang salah untuk alasan yang benar. Diumumkan bahwa penangkal telah dibuat dengan efek positif. Judy pergi ke rumah sakit di mana dia melihat Emmitt Otterton pulih dan memeluk istrinya yang peduli.

Beberapa bulan kemudian, Judy, seorang perwira polisi lagi dan banyak dikeriput oleh pengalamannya, berbicara kepada lulusan akademi kepolisian yang baru, salah satunya adalah Nick Wilde. Dia berkata, "Ketika saya masih kecil, saya pikir Zootopia adalah tempat yang sempurna di mana semua orang bergaul dan siapa pun bisa menjadi apa saja. Ternyata, kehidupan nyata sedikit lebih rumit daripada slogan di stiker bumper. Kehidupan nyata itu berantakan. Kita semua memiliki keterbatasan. Kita semua membuat kesalahan, yang berarti... hei, gelas setengah penuh! Kita semua memiliki banyak kesamaan. Dan semakin kita mencoba untuk memahami satu sama lain, kita akan semakin luar biasa. harus mencoba. Tidak peduli jenis hewan apa Anda, dari gajah terbesar hingga rubah pertama kami, saya mohon Anda: Cobalah. Cobalah untuk membuat perbedaan. Cobalah untuk membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Cobalah untuk melihat ke dalam diri Anda dan mengenali perubahan itu dimulai dari Anda. Itu dimulai dari saya. Itu dimulai dari kita semua."

Nick mendekati panggung dan Judy menyematkan lencana polisinya. Keesokan harinya, Chief Bogo membagikan tugas, memberi Nick dan Judy tugas untuk menangkap hot-rodder yang mengobrak-abrik jalan di pusat kota. Judy dan Nick menemukan speeder di mobil patroli mereka dan menepinya, terkejut melihat Flash si sloth di belakang kemudi. Flash tersenyum licik pada Nick dan pujian bergulir saat Gazelle melakukan 'Coba Segalanya' di sebuah konser di Zootopia dengan semua orang yang hadir kecuali Bellwether yang menonton acara di TV dari penjara.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

  • Ginnifer Goodwin sebagai Judy Hopps
  • Jason Bateman sebagai Nick Wilde
  • Idris Elba sebagai Ketua Bogo
  • Jenny Slate sebagai Dawn Bellwether
  • J. K. Simmons sebagai Wali Kota Leodore Lionheart
  • Nate Torrence sebagai Benjamin Clawhauser
  • Bonnie Hunt sebagai Bonnie Hopps
  • Don Lake sebagai Stu Hopps
  • Tommy Chong sebagai Yax
  • Octavia Spencer sebagai Mrs. Otterton
  • Alan Tudyk sebagai Duke Weaselton
  • Shakira sebagai Gazelle
  • Raymond S. Persi sebagai Flash
  • Maurice LaMarche sebagai Mr. Big
  • Jesse Corti sebagai Manchas
  • Tom Lister Jr. sebagai Finnick
  • Kristen Bell sebagai Priscilla
  • Katie Lowes sebagai Dr. Madge Honey Badger
  • Mark Smith sebagai McHorn
  • Rich Moore sebagai Doug
  • Phil Johnston sebagai Gideon Grey

Musik[sunting | sunting sumber]

Selain perannya sebagai Gazelle, bintang pop Shakira juga akan memberikan sebuah lagu original untuk film berjudul "Try Everything", yang akan ditulis oleh Sia dan Stargate.[11]

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Zootopia mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 97%, berdasarkan 265 ulasan, dengan rating rata-rata 8/10.[12] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 78 dari 100, berdasarkan 43 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[13] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[14]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Zootopia mendapatkan $341.268.248 di Amerika Utara dan $682.515.947 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $1.023.784.195, melebihi anggaran produksi film $150 juta.[5]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $75.063.401, menempati posisi teratas di box office.[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Welcome to Zootopia at D23 EXPO!". D23. August 15, 2015. Diakses tanggal August 30, 2015. 
  2. ^ "Ionia, MI - Official Website - "Zootopia"". Diarsipkan dari versi asli tanggal April 2, 2016. 
  3. ^ "Zootropolis (PG)". British Board of Film Classification. February 17, 2016. Diakses tanggal February 17, 2016. 
  4. ^ "'Zootopia' Tops the Box Office". The New York Times. Diakses tanggal March 13, 2016. 
  5. ^ a b c "Zootopia (2016)". Box Office Mojo. IMDb. Diakses tanggal October 3, 2016. 
  6. ^ Rosser, Stephen (11 March 2015). "Disney's 'Zootopia' renamed 'Zootropolis' for UK". ScreenDaily. Screen International. Diakses tanggal 11 March 2015. 
  7. ^ White, James (11 March 2014). "Disney's Zootopia Is Now Zootropolis". Empire. Bauer Media Group. Diakses tanggal 11 March 2014. 
  8. ^ McNary, Dave (June 11, 2015). "Watch: Disney's 'Zootopia' Trailer Introduces Animal-Run World". Zootopia. Diakses tanggal July 25, 2015. 
  9. ^ Hazelton, John (February 13, 2016). "'Zootopia': Review". ScreenDaily. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 6, 2016. Diakses tanggal October 4, 2016. 
  10. ^ Yamato, Jen (November 10, 2014). "Disney Dates 2016 Animated Pics 'Zootopia' & 'Moana'". deadline.com. Diakses tanggal November 10, 2014. 
  11. ^ "This News Don't Lie: Shakira is Coming to a Disney Movie Near You". Disney Playlist. August 14, 2015. Diakses tanggal August 15, 2015. 
  12. ^ "Zootopia (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal October 23, 2016. 
  13. ^ "Zootopia reviews". Metacritic. Diakses tanggal October 23, 2016. 
  14. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]