Toy Story 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Toy Story 3
Toy Story 3 poster.jpg
Poster film Toy Story 3
SutradaraLee Unkrich
Produser
PenulisSkenario:
Michael Arndt
Perawatan:
Andrew Stanton
Pemeran
MusikRandy Newman
PenyuntingKen Schretzmann
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Pictures
Tanggal rilis
  • Bendera Indonesia 18 Juni 2010
  • Bendera Amerika Serikat 18 Juni 2010
Durasi
103 Menit
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$200 Juta
Pendapatan kotor$1.067 Miliar

Toy Story 3 adalah film komedi animasi komputer Amerika 2010 yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios untuk Walt Disney Pictures. Ini adalah angsuran ketiga dalam seri Toy Story Pixar,[1] dan sekuel Toy Story 2 1999. Film ini disutradarai oleh Lee Unkrich, editor dari dua film pertama dan co-sutradara Toy Story 2, yang ditulis oleh Michael Arndt, sementara Unkrich menulis cerita bersama dengan John Lasseter dan Andrew Stanton, masing-masing sutradara dan penulis bersama dari dua film pertama.

Film ini dirilis di bioskop 18 Juni 2010, dan diputar di seluruh dunia dari Juni hingga Oktober[2] dalam format Disney Digital 3-D, RealD, dan IMAX 3D. Toy Story 3 adalah film pertama yang dirilis secara teatrikal dengan suara Dolby Surround 7.1. Seperti para pendahulunya, Toy Story 3 menerima pujian kritik saat dirilis, dengan kritik memuji penampilan vokal, skenario, kedalaman emosi, animasi, dan skor musik Randy Newman[3]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Andy sedang bersiap untuk pergi kuliah. Dia tidak bermain dengan mainannya selama bertahun-tahun, dan sebagian besar telah pergi, kecuali untuk Woody, Buzz Lightyear, Jessie, Bullseye, Rex, Slinky, Hamm, Mr dan Mrs Potato Head, Alien, dan tiga tentara mainan. Mainan sedih merenungkan masa depan mereka, dan para prajurit terjun payung ke luar jendela dan pergi.

Andy berniat membawa Woody ke perguruan tinggi dan memasukkan yang lainnya ke dalam kantong sampah untuk dimasukkan ke loteng; Namun, ibu Andy mengira kantong itu sampah dan meletakkannya di trotoar. Mainan-mainan itu kabur dan, percaya Andy membuangnya, masuk ke kotak sumbangan di mobil ibunya dengan boneka Barbie tua Molly, menuju Sunnyside Daycare. Woody mengikuti, tetapi tidak dapat meyakinkan mereka tentang niat Andy yang sebenarnya, dan berjalan seiring ketika ibu Andy pergi ke Sunnyside.

Di Sunnyside, mainan Andy disambut oleh mainan lain, dipimpin oleh Lot-O'-Huggin 'Bear ("Lotso"). Mainan (kecuali Woody) senang mengetahui bahwa Sunnyside tidak pernah kehabisan anak-anak, dan Barbie terpikat dengan boneka Ken.

Woody berusaha untuk kembali ke rumah, tetapi malah ditemukan oleh siswa Sunnyside, Bonnie, yang membawanya pulang dan bermain dengannya dan mainan lainnya. Mainan Bonnie terkejut bahwa Woody berasal dari Sunnyside, dan Chuckles, seorang badut mainan, menjelaskan bahwa dia, Lotso, dan Big Baby dimiliki oleh seorang gadis bernama Daisy, tetapi hilang selama perjalanan keluarga. Ketika mereka sampai di rumah, Lotso mengetahui bahwa dia telah diganti. Kepribadiannya berubah; dia berbohong kepada Big Baby, mengatakan Daisy telah menggantikan mereka semua. Mereka pergi ke Sunnyside, tempat Lotso mengambil alih, mengubahnya menjadi penjara mainan. Chuckles akhirnya rusak dan kemudian ditemukan oleh Bonnie.

Woody kembali ke Sunnyside, di mana Chatter Telephone memberitahunya bahwa sekarang hanya ada satu jalan keluar - tempat sampah. Mainan Andy menaklukkan Buzz, tetapi tidak sengaja mengatur ulangnya ke mode Spanyol-nya. Buzz bersekutu dengan Woody dan jatuh cinta dengan Jessie. Mainan mencapai tempat sampah, tetapi terpojok oleh geng Lotso. Ketika truk sampah mendekat, Woody mengungkapkan penipuan Lotso kepada Big Baby, yang melemparkan Lotso ke tempat sampah. Ketika mainan mencoba untuk pergi, Lotso menarik Woody ke tempat sampah tepat sebelum truk tiba. Sisa mainan Andy jatuh ke truk ketika mencoba menyelamatkannya. Buzz kembali normal setelah televisi jatuh padanya di dalam truk.

Truk membawa mainan ke tempat pembuangan sampah, di mana Aliens tersapu setelah melihat cakar industri, dan mainan lainnya disapu ke sabuk konveyor yang mengarah ke insinerator. Setelah menghindari mesin penggilas, Woody dan Buzz membantu Lotso mencapai tombol berhenti darurat, tetapi sayangnya Lotso mengabaikannya. Mainan hampir terbakar di insinerator dan pasrah dalam menghadapi nasib mereka, tetapi diselamatkan oleh Alien mengoperasikan cakar derek. Lotso kemudian ditemukan oleh seorang sopir truk sampah, yang mengikatnya di plat radiator truknya. Woody dan mainan lainnya naik truk sampah lain ke rumah Andy.

Woody meninggalkan pesan untuk Andy, yang, menganggap catatan itu dari ibunya, menyumbangkan mainan itu ke Bonnie. Andy memperkenalkan mainan secara individual kepada Bonnie, dan yang mengejutkan Andy, Woody ada di bagian bawah kotak sumbangan, dan Bonnie mengenalinya. Meskipun awalnya ragu-ragu, akhirnya Andy memberi Woody ke Bonnie, dan mereka bermain bersama sebelum dia pergi. Woody dan mainan lainnya menyaksikan kepergian Andy saat mereka memulai kehidupan baru mereka bersama Bonnie.

Dalam epilog film ini, Barbie, Ken, dan Big Baby telah membuat perbaikan besar untuk Sunnyside dan mempertahankan kontak dengan mainan Bonnie melalui surat. Para prajurit mainan parasut masuk dan disambut ke Sunnyside.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Menurut ketentuan kesepakatan tujuh film awal Pixar dengan Disney, semua karakter yang dibuat oleh Pixar untuk film mereka dimiliki oleh Disney.[7] Selain itu, Disney tetap memiliki hak untuk membuat sekuel film Pixar apa pun, meskipun Pixar tetap memiliki hak penolakan pertama untuk mengerjakan sekuel ini. Pada tahun 2004, ketika negosiasi kontroversial antara kedua perusahaan membuat perpecahan tampak mungkin, Michael Eisner, ketua Disney pada saat itu, mengajukan rencana untuk memproduksi Toy Story 3 di studio Disney baru, Circle 7 Animation. Tim Allen, suara Buzz Lightyear, menunjukkan keinginan untuk kembali, bahkan jika Pixar tidak berangkat. Awalnya akan mulai produksi pada 2006 dan ditetapkan untuk perilisan teater pada 2008[8].

Di antara skrip yang telah dipertimbangkan Circle 7 adalah salah satu dari penulis skenario Teacher's Pet, Bill dan Cheri Steinkellner. Gagasan mereka untuk film tersebut melibatkan Woody, Buzz dan geng lainnya yang dikirim ke rumah nenek Andy untuk malam itu, karena kamar Andy sedang direnovasi. Woody, Buzz, dan karakter baru Hee-Hee, dan Gladiola mencoba mencari tahu siapa yang mencuri mainan lain dalam misteri gaya detektif.[9]

Perilisan[sunting | sunting sumber]

Toy Story 3 memiliki pemutaran perdana di seluruh dunia pada 12 Juni 2010, dibuka di Taormina Film Fest di Italia. Di Amerika Serikat, pertunjukan perdana pada 13 Juni 2010, di Teater El Capitan di Hollywood, California. El Capitan juga menjadi tuan rumah pada 17 Juni 2010, sebuah maraton Toy Story, yang menunjukkan untuk pertama kalinya ketiga film Toy Story bersama-sama. Film ini memasuki perilisan luas pada 18 Juni 2010, bersama dengan perilisan ke teater IMAX 3D.[10]

Film ini secara teatrikal disertai dengan film pendek Pixar Day & Night, yang berfokus pada apa yang terjadi ketika animasi personifikasi Day bertemu lawannya, Night, dan pertumbuhan yang dihasilkan untuk keduanya.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Trailer teaser pertama film ini dirilis dengan Up in Disney Digital 3-D pada 29 Mei 2009. Pada tanggal 2 Oktober 2009, Toy Story dan Toy Story 2 dirilis ulang sebagai fitur ganda di Disney Digital 3-D. Trailer ukuran penuh pertama dilampirkan sebagai cuplikan pendek eksklusif dan cuplikan pertama dari fitur ganda Toy Story pada 12 Oktober 2009. Teaser kedua dirilis pada 10 Februari 2010, diikuti oleh trailer full-length kedua pada 11 Februari, dan muncul dalam pertunjukan 3D Alice in Wonderland dan How to Train Your Dragon. Pada 23 Maret 2010, Toy Story dan Toy Story 2 dirilis secara terpisah pada paket combo Blu-ray / DVD; Toy Story termasuk fitur kecil "The Story of Toy Story 3" dan Toy Story 2 termasuk satu di "Karakter Toy Story 3.

Media rumah[sunting | sunting sumber]

Toy Story 3 dirilis oleh Walt Disney Studios Home Entertainment di Amerika Utara pada 2 November 2010, dalam edisi DVD standar, cakram Blu-ray dua disk, dan dalam kombinasi empat cakram Blu-ray / DVD / Digital Copy Pak. Fitur-fitur termasuk di belakang layar, termasuk penggoda mengintip untuk Cars 2 yang akan datang (sekuel dari film Cars 2006).[11] Trilogi Toy Story 10-cakram, set kotak Blu-ray tiba di rak-rak toko pada hari yang sama. Versi 3D Blu-ray dirilis di Amerika Utara pada 1 November 2011.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

Toy Story 3 menghasilkan $ 415 juta di Amerika Utara dan $ 652 juta di negara lain dengan total $ 1,067 miliar di seluruh dunia, menghasilkan lebih banyak pendapatan daripada dua film seri sebelumnya yang digabungkan. Ini menjadi film animasi terlaris tertinggi, melampaui rekor enam tahun yang dipegang oleh Shrek 2 tahun 2004 ($ 919 juta), sampai musikal animasi komputer Walt Disney Animation Studios Frozen dilampaui pada tahun 2014, diikuti oleh Minion di 2015, Incredibles 2 pada 2018, dan versi remake animasi komputer The Lion King pada 2019. Ini adalah film terlaris ke-30 tertinggi, film terlaris tertinggi 2010, film animasi terlaris kelima tertinggi (di belakang Frozen, Incredibles 2, 2019 versi CGI dari The Lion King, dan Minions) , film terlaris tertinggi dalam seri Toy Story, film Pixar terlaris kedua tertinggi (di belakang Incredibles 2), dan film terlaris ke-15 tertinggi yang didistribusikan oleh Disney.

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Di situs agregasi ulasan Rotten Tomatoes, film ini memiliki peringkat persetujuan 98% berdasarkan 303 ulasan, dengan peringkat rata-rata 8,87 / 10. Konsensus kritis situs itu berbunyi, "Campuran komedi, petualangan, dan emosi yang jujur, Toy Story 3 adalah sekuel kedua yang langka yang benar-benar berfungsi." [3]Toy Story 3 adalah film terbaik tahun 2010 menurut Rotten Tomatoes.[12] Metacritic, agregator peninjau lain yang memberikan peringkat normalisasi untuk ulasan, memberikan film skor 92 dari 100 berdasarkan 39 kritikus, yang menunjukkan "pengakuan universal".[13] TIME menyebut Toy Story 3 sebagai "film terbaik tahun 2010,"[14] seperti yang dilakukan Quentin Tarantino. [15]Audiensi yang disurvei oleh CinemaScore memberi nilai rata-rata film "A" pada skala A + ke F, skor yang sama dengan film pertama, tetapi turun dari "A +" yang diperoleh oleh film kedua.[16]

Penayangan di Televisi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Di Indonesia, film ini sering ditayangkan di RCTI, Global TV, dan Disney Channel Asia dalam versi sulih suara Bahasa Indonesia. Versi ini pertama kali ditayangkan di RCTI dan Global TV pada bulan September 2012.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Times-Picayune, Mike Scott, NOLA com | The. "The Pixar way: With 'Toy Story 3' continuing the studio's success, one must ask: How do they do it?". NOLA.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-07. 
  2. ^ Toy Story 3 (2010) - IMDb, diakses tanggal 2019-11-07 
  3. ^ a b Toy Story 3 (2010) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-07 
  4. ^ Barker, Xanthi (September 12, 2011). "A Curious Calling: Javier Fernandez-Pena". London Confidential. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 20, 2013. Diakses tanggal March 6, 2013. 
  5. ^ "Big Baby says one line in Toy Story 3. And the name of the baby actor who supplied the voice? Woody. Truth". Twitter. June 22, 2010. Diakses tanggal May 6, 2011. 
  6. ^ Toy Story 3 DVD credits
  7. ^ "Pixar To Disney: Adios, Mouse". www.cbsnews.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-07. 
  8. ^ "Disney Plans Life After Pixar With Sequel Unit". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). 2005-03-16. Diakses tanggal 2019-11-07. 
  9. ^ "A look at the Toy Story 3 you didn't see..." www.joblo.com. 2010-06-21. Diakses tanggal 2019-11-07. 
  10. ^ Toy Story 3 in IMAX - IGN (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-11-07 
  11. ^ "'Toy Story 3' DVD and Blu-ray Released on November 2nd". Movieweb (dalam bahasa Inggris). 2010-08-13. Diakses tanggal 2019-11-07. 
  12. ^ "The 12th Annual Golden Tomato Awards : Wide Release - Rotten Tomatoes". www.rottentomatoes.com. Diakses tanggal 2019-11-07. 
  13. ^ Toy Story 3, diakses tanggal 2019-11-07 
  14. ^ Corliss, Richard (2010-12-09). "The Top 10 Everything of 2010 - TIME". Time (dalam bahasa Inggris). ISSN 0040-781X. Diakses tanggal 2019-11-07. 
  15. ^ "Quentin Tarantino's Surprising Choices for Best Films of 2010". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-11-07. 
  16. ^ "'Toy Story 3' is Pixar's biggest opening, but will it be Pixar's most successful movie?". LA Times Blogs - Company Town (dalam bahasa Inggris). 2010-06-20. Diakses tanggal 2019-11-07. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]