Luca

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Luca adalah sebuah film animasi-komputer fantasi remaja Amerika Serikat yang akan dirilis dan diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios dan didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Film ini disutradarai oleh Enrico Casarosa dalam debut penyutradaraannya, ditulis oleh Mike Jones dan Jesse Andrews, dan diproduksi oleh Andrea Warren. Film ini menampilkan pengisi suara dari Jacob Tremblay, Jack Dylan Grazer, Emma Berman, Maya Rudolph, Marco Barricelli, Jim Gaffigan dan Saverio Raimondo. Luca telah dirilis di Disney+ pada 18 Juni 2021.[1]

Luca
Poster film
SutradaraEnrico Casarosa
ProduserAndrea Warren
Ditulis oleh
  • Mike Jones
  • Jesse Andrews
Pemeran
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 18 Juni 2021 (2021-06-18) (Amerika Serikat)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Pendapatan
kotor
$49,8 juta

Premis[sunting | sunting sumber]

Terletak di kota tepi pantai yang indah di Riviera Italia, film fitur asli Disney dan Pixar Luca adalah kisah yang akan datang tentang satu anak laki-laki yang mengalami musim panas yang tak terlupakan yang penuh dengan gelato, pasta, dan naik skuter tanpa akhir. Luca berbagi petualangan ini dengan sahabatnya yang baru ditemukan, tetapi semua kesenangan terancam oleh rahasia yang sangat dipegang: mereka adalah monster laut dari dunia lain tepat di bawah permukaan air.

Pemain[sunting | sunting sumber]

  • Jacob Tremblay sebagai Luca Paguro, monster laut berusia 12 tahun yang penasaran dengan dunia di atas laut[2]
  • Jack Dylan Grazer sebagai Alberto Scorfano, monster laut remaja yang antusias menjelajahi dunia manusia[2]
  • Emma Berman sebagai Giulia, seorang gadis Italia yang berteman dengan Luca dan Alberto[2]
  • Maya Rudolph sebagai Daniela, ibu Luca[2]
  • Marco Barricelli sebagai Massimo, ayah Giulia[2]
  • Jim Gaffigan sebagai Lorenzo, ayah Luca[2]
  • Saverio Raimondo mengisi suara penjahat dari kota.[3]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2020, Pixar mengumumkan film baru berjudul Luca, dengan sutradara Enrico Casarosa dan diproduseri oleh Andrea Warren.[4] Casarosa menyatakan bahwa film tersebut akan terinspirasi dari masa kecilnya di Genova dan menggabungkan unsur sutradara Federico Fellini dan Hayao Miyazaki.[5] Untuk mempersiapkan pembuatan film, Pixar mengirim beberapa seniman film ke Riviera Italia untuk perjalanan penelitian, di mana mereka mengambil foto pemandangan dan masyarakat di daerah tersebut.[6]

Penulisan[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2020, penulis Soul, Mike Jones mengumumkan bahwa dia akan menulis skenario film ini bersama Jesse Andrews.[7]

Animasi[sunting | sunting sumber]

Saat perjalanan penelitian, Deanna Marsigliese, kepala seni film, mencatat bahwa mereka ditonton oleh penonton yang penasaran dan memilih untuk memasukkannya ke dalam desain karakter. Sosok tanah liat monster laut Luca diukir untuk membantu proses desain karakter.[6]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Luca telah dirilis di Disney+ pada 18 Juni 2021 oleh Walt Disney Studios Motion Pictures.[8]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Luca Image: New Look At Main Characters In Pixar's Next Original Film". ScreenRant (dalam bahasa Inggris). January 19, 2021. Diarsipkan dari versi asli tanggal January 23, 2021. Diakses tanggal January 22, 2021. 
  2. ^ a b c d e f Evans, Greg (February 25, 2021). "'Luca' Teaser: Disney And Pixar Announce Voice Cast, Unveil Trailer For Upcoming Animated Feature". Variety. Diakses tanggal February 25, 2021. 
  3. ^ "Pixar's Luca teaser trailer gives Jacob Tremblay a sun-soaked Italian summer with sea monsters". Entertainment Weekly (dalam bahasa Inggris). February 25, 2021. Diakses tanggal February 26, 2021. 
  4. ^ Grater, Tom (July 30, 2020). "Pixar Unveils Italy-Set Coming Of Age Story 'Luca' From 'La Luna' Director & 'Lava' Producer". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 18, 2020. Diakses tanggal July 30, 2020. 
  5. ^ Travis, Ben (January 18, 2021). "Luca: The Inspiration Behind Pixar's Mythical Coming-Of-Age Adventure - Exclusive Image". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal February 10, 2021. Diakses tanggal February 11, 2021. 
  6. ^ a b "Inspired: Deanna Marsigliese, The Art of the Pivot ", Inside Pixar, season 1, episode 2, Disney, 2021.
  7. ^ Jones, Mike [@whereisjones] (July 30, 2020). "Proud to write this with @_jesse_andrews_" (Tweet). Diarsipkan dari versi asli tanggal July 30, 2020. Diakses tanggal December 16, 2020 – via Twitter. 
  8. ^ Rubin, Rebecca (July 30, 2020). "Pixar Shares Details About Next Original Film 'Luca'". Variety. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 18, 2020. Diakses tanggal August 3, 2020. 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "AlbertoInvestorDay" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LucaEW" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "LucaPixarUpcoming" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]