Onward

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Onward
SutradaraDan Scanlon
ProduserKori Rae
Ditulis oleh
  • Dan Scanlon
  • C. S. Anderson
Pemeran
Penata musik
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 21 Februari 2020 (2020-02-21) (Berlinale)
  • 4 Maret 2020 (2020-03-04) (Indonesia)
  • 6 Maret 2020 (2020-03-06) (Amerika Serikat)
Durasi103 menit[2]
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$175-200 Juta
Pendapatan
kotor
$140 Juta

Onward adalah film animasi komputer 3D fantasi urban tahun 2020 yang diproduksi Pixar Animation Studios untuk Walt Disney Pictures. Film ini disutradarai Dan Scanlon, diproduksi Kori Rae, serta disulihsuarakan Tom Holland, Chris Pratt, Julia Louis-Dreyfus dan Octavia Spencer. Film ini mulai ditayangkan pada tanggal 6 Maret 2020 di Amerika Serikat dan dua hari sebelumnya di Indonesia. Akibat dari pandemi COVID-19, maka film ini mulai dirilis dalam bentuk digital pada tanggal 20 Maret 2020 di Amerika Serikat.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Di dunia yang dihuni oleh makhluk mitos, sihir pernah menjadi hal yang biasa. Setelah kemajuan teknologi selama bertahun-tahun, sihir menjadi usang karena sulit untuk dikuasai dan akhirnya dilupakan. Dalam waktu yang setara dengan zaman modern, Ian Lightfoot, seorang siswa sekolah menengah yang kurang percaya diri—yang adalah seorang elf—, dan kakak laki-lakinya Barley, seorang penggemar sejarah dan permainanan role-playing sejarah sihir, tinggal di kota New Mushroomton.

Ayah mereka, Wilden, meninggal tak lama sebelum Ian lahir, dan ibu mereka, Laurel, memiliki pacar baru, petugas kepolisian centaur, Colt Bronco. Pada ulang tahun Ian yang keenam belas, Laurel memberi anak-anaknya hadiah dari Wilden: sebuah staf ajaib, permata langka, dan sepucuk surat yang menggambarkan "mantra kunjungan" yang dapat membangkitkan kembali ayah mereka selama satu hari. Ian tidak sengaja berhasil mengucapkan mantranya, tetapi hanya bagian bawah tubuh Wilden yang berhasil kembali sebelum permata itu hancur.

Ian dan Barley memulai pencarian untuk mendapatkan permata lain dan menyelesaikan mantranya, dengan membawa van tercinta Barley, "Guinevere". Menemukan anak-anaknya hilang, Laurel pun akhirnya menyusul mereka. Ian dan Barley mengunjungi Manticore's Tavern, dinamai dari monster yang memiliki peta untuk permata. Kedai itu ternyata telah menjadi restoran keluarga yang dikelola oleh Manticore, Corey. Berdebat dengan Ian karena tak mau memberikan peta, Corey menyadari betapa membosankannya hidupnya dan membuat para pelanggan marah dengan merubah menjadi ganas, dan secara tidak sengaja membakar restoran dan peta permata. Satu-satunya petunjuk mereka tentang permata adalah teka-teki di menu anak-anak Manticore's Tavern—yang kata Corey dibuat berdasarkan peta permata yang asli—yang menunjukkan bahwa mereka harus pergi ke "Raven's Point", gunung terdekat. Laurel kemudian tiba di Manticore's Tavern yang sudah dilahap api dan akhirnya berteman dengan Corey, yang setuju untuk membantunya ke tempat permata itu berada. Corey memperingatkan bahwa perjalanan anak-anaknya itu dapat membangkitkan kutukan yang hanya bisa dikalahkan oleh pedang istimewanya, yang dia dan Laurel curi dari toko gadai.

Sampai di Raven's Point, Ian dan Barley secara sengit melarikan diri dari polisi dan sekelompok geng motor, bergantung pada kemampuan mengeluarkan mantra Ian yang baru terbangun dan naluri permainan role-playing Barley. "Raven's Point" menuntun mereka pada jejak yang ditunjukkan oleh serangkaian patung gagak, tetapi Colt mengikuti mereka, memanggil bala bantuan. Barley mengorbankan Guinevere untuk menyebabkan tanah longsor, menghalangi para polisi mengejar mereka. Mengikuti patung-patung itu, mereka sampai ke sebuah gua dan menghindari serangkaian jebakan dan makhluk mematikan. Dan setelah melewati serangkaian jebakan berbahaya dari gua, mereka pun sampai kembali ke atas tanah namun malah menemukan bahwa mereka berada di depan sekolah Ian. Ian marah dengan Barley karena merasa perjalanan mereka sia-sia karena memakai ide-idenya dan akhirnya berjalan pergi dengan Wilden. Membaca kembali daftar hal-hal yang selalu ingin dilakukannya dengan ayahnya, Ian menyadari bahwa Barley telah menjadi figur ayah sepanjang hidupnya, dan kembali untuk menebus kesalahan dan meminta maaf. Barley menemukan permata di dalam air mancur bersejarah dan mengambilnya, tanpa disadari memicu kutukan yang mengubah sekolah menjadi naga buatan yang ingin mengambil permata. Ian dibantu Barley, dan Laurel beserta Corey yang sampai disana menghadapi naga itu, tetapi tongkatnya tak sengaja terlempar ke laut; dia akhirnya membuat tongkat baru dari serpihan kayu tongkat lama dan sebuah mantra lalu melanjutkan pertarungan melawan naga itu. Corey terbang membawa Laurel, yang memasukkan pedang sihir ke jantung naga buatan, memberi waktu pada Ian untuk menyerukan mantra kunjungan dan sepenuhnya membentuk kembali tubuh Wilden. Ian meminta Barley untuk memberikan selamat tinggal untuknya pada Wilden, dan menahan naga cukup lama untuk Laurel menghancurkannya. Setelah Wilden menghilang, Barley memberi tahu Ian bahwa ayah mereka bangga padanya, dan mereka saling berpelukan.

Keyakinan Ian dan kehebatan mantranya pun semakin meningkat dan dia mengejutkan Barley dengan mengecat van barunya, "Guinevere 2". Corey membuka kembali kedai minumannya dalam semangat aslinya sebagai Manticore, menarik pelanggan dengan kisah-kisah petualangan masa lalunya, dan Ian dan Barley mulai menerima Bronco dengan baik, dan mereka pun menjadi keluarga sihir yang harmonis.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Pada Juli 2017, Pixar mengumumkan film bertema dunia fantasi pinggiran kota di D23 Expo, dengan sutradara Dan Scanlon dan produser Kori Rae.[10] Film ini terilhami dari kematian ayah Dan ketika Dan dan saudaranya lebih muda. Dan memutuskan menulis cerita setelah mendengar klip audio ayahnya.[11] Pada 12 Desember 2018, judul film ini diumumkan dan C. S. Anderson diumumkan juga menulis naskah bersama Dan.[12]

Pemeranan[sunting | sunting sumber]

Pada 12 Desember 2018, Tom Holland, Chris Pratt, Julia Louis-Dreyfus, dan Octavia Spencer diumumkan sebagai pengisi suara film ini.[13] Meskipun telah merekam sebagian besar lagu secara terpisah, Tom dan Chris melakukan beberapa sesi perekaman mereka secara bersama sejak itu, yang ditanggapi Dan bahwa mereka telah bekerja bersama sebelumnya dan bergaul bersama.[14] Menurut produser Kori Rae, Tom dan Chris melakukan improvisasi pada beberapa dialog mereka ketika mengisi suara bersama-sama.[15] Pada 17 Desember 2019, Wong, Waithe dan Rodriguez berperan dalam film ini.[6] Pada 18 Februari 2020, Valderrama, Ullman, Bornheimer, Foley, Psarras dan Ratzenberger terungkap berperan dalam film ini.[7]

Musik[sunting | sunting sumber]

Pada 16 April 2019, Mychael dan Jeff Danna, yang sebelumnya menyusun lagu bagi Dino yang Baik, diumumkan menyusun lagu film ini.[1] Pada 12 Februari 2020, Brandi Carlile mengungkap dirinya merekam lagu "Carried Me With You" yang diputar di kredit akhir film. Brandi menulis lagu itu bersama Phil dan Tim Hanseroth.[16] Jalur suara film ini akan diluncurkan pada 28 Februari 2020.[16]

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Onward ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Berlin ke-70 pada 21 Februari 2020.[17] Onward mulai ditayangkan pada 6 Maret 2020 di Amerika Serikat dan 4 Maret 2020 di Indonesia oleh Walt Disney Studios Motion Pictures.[3] Pada 27 Februari 2020, diumumkan akan ada film pendek berjudul Playdate with Destiny yang ditayangkan sebelum film ini diputar. Film pendek ini berpusat di sekitar Maggie Simpson dari The Simpsons.[18][19]

Onward dirilis secara digital pada malam hari tanggal 20 Maret 2020 dan tersedia untuk pelanggan Disney+ pada tanggal 3 April 2020 di Amerika Serikat. Pengumuman ini mengikuti rilis Disney yang lebih awal dari yang direncanakan Frozen II di Disney+ akibat dari pandemi COVID-19.

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Pada 29 Mei 2019, dua potongan adegan dari film yang menampilkan Barley, Ian, dan ibunya, terungkap. Pada hari berikutnya, poster penggoda film ini diluncurkan, dan trailer penggoda film ditayangkan selama penayangan Final NBA 2019 di ABC.[20] Trailer juga ditampilkan dengan Toy Story 4 dan Spider-Man: Far From Home. Trailer resmi diluncurkan pada 10 Oktober 2019. Trailer lain dirilis pada 17 Desember 2019.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Mychael & Jeff Danna to Score Pixar's 'Onward' - Film Music Reporter". 
  2. ^ "Programme - Onward". Berlinale (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2020-02-16. 
  3. ^ a b c d McNary, Dave (December 12, 2018). "Chris Pratt, Tom Holland, Julia Louis-Dreyfus, Octavia Spencer to Voice Pixar's 'Onward'". Variety. Penske Media Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 12, 2018. Diakses tanggal December 12, 2018. 
  4. ^ a b c Pixar Post. "Breaking: First Look at Characters Ian and Barley Lightfoot from Pixar's Suburban Fantasy Film, 'Onward' (In Theaters March 6, 2020)". Diarsipkan dari versi asli tanggal May 29, 2019. Diakses tanggal May 29, 2019. 
  5. ^ White, James (August 25, 2019). "D23: Pixar Brings New Onward Clips". Empire. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 25, 2019. Diakses tanggal August 26, 2019. 
  6. ^ a b c d "Behold: Character posters for #PixarOnward, including newly-announced cast @AliWong, @LenaWaithe, and @_MelRodriguez_.✨ Check back tomorrow to see the brand-new trailer for the film" – via Twitter. 
  7. ^ a b c d e f g "Stars attended the world premiere of Disney Pixar's "Onward" at the El Capitan Theatre on Feb. 18, 2020 in Hollywood, Calif". New York Daily News. Diakses tanggal February 21, 2020. 
  8. ^ "Disney-Pixar's "Onward" Will Feature the First Openly LGBTQ Character" – via Inside the Magic. 
  9. ^ Frishberg, Hannah (February 24, 2020). "Pixar's first out gay character to be voiced by Lena Waithe in 'Onward'". New York Post. Diakses tanggal February 25, 2020. 
  10. ^ Variety staff (July 14, 2017). "D23: Pixar Announces Untitled Quest Movie Set in 'Suburban Fantasy World'". Variety. Penske Media Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 15, 2017. Diakses tanggal July 21, 2017. 
  11. ^ Bell, Crystal (July 17, 2017). "Pixar's New 'Suburban Fantasy' Sounds Like A Real Tearjerker". MTV News. MTV. Diarsipkan dari versi asli tanggal July 18, 2017. Diakses tanggal April 6, 2019. 
  12. ^ Weiss, Josh (December 12, 2018). "Pixar Moves Forward with Suburban Fantasy Film 'Onward'; Cast Includes Chris Pratt, Tom Holland". Syfy. NBCUniversal Cable Entertainment Group. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 12, 2018. Diakses tanggal December 12, 2018. 
  13. ^ Hipes, Patrick (December 12, 2018). "Pixar's 'Onward' To Star Chris Pratt, Tom Holland, Julia Louis-Dreyfus & Octavia Spencer". Deadline Hollywood. Penske Media Corporation. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 12, 2018. Diakses tanggal December 12, 2018. 
  14. ^ Falcone, Dana Rose (May 29, 2019). "See Chris Pratt, Julia Louis-Dreyfus & Tom Holland as Elves in Disney-Pixar's Onward: First Look!". People. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 29, 2019. Diakses tanggal May 30, 2019. 
  15. ^ Marvel's Tom Holland and Chris Pratt being cast in Onward was "dumb luck"
  16. ^ a b Willman, Chris (12 February 2020). "Brandi Carlile Records Theme Song for Pixar Pic 'Onward'". Variety. Diakses tanggal 17 February 2020. 
  17. ^ Wiseman, Andreas (January 29, 2020). "Berlin Competition Lineup: Kelly Reichardt, Sally Potter, Abel Ferrara, Christian Petzold; Disney's 'Onward' & Hillary Clinton Also Heading To Fest". Deadline.com. Diakses tanggal February 16, 2020. 
  18. ^ "New 'The Simpsons' Short Film To Play In Theaters In Front of Pixar's 'Onward'". February 28, 2020. 
  19. ^ thesimpsons on Instagram (February 27, 2020). "Maggie Simpson is speechless... Playdate with Destiny, a new Simpsons short film before Disney & Pixar's Onward. Exclusively in theaters! #TheSimpsons". 
  20. ^ Haring, Bruce (May 30, 2019). "Disney/Pixar 'Onward' Bows First-Look Trailer During NBA Finals Game 1". Deadline Hollywood. Diarsipkan dari versi asli tanggal May 31, 2019. Diakses tanggal June 12, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]