Turning Red

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Turning Red
Poster film Turning Red.jpg
Poster rilis
Sutradara
ProduserLindsey Collins[1]
Penulis
Penulis skenario
Pemeran
Penata musikLudwig Göransson[2]
SinematograferMahyar Abousaeedi Jonathan Pytko
Penyunting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
Negara
Bahasa

Turning Red adalah film animasi fantasi remaja yang diproduksi Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios serta didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures. Ditulis dan disutradarai Domee Shi, diproduseri oleh Lindsey Collins, dan dibintangi oleh Rosalie Chiang dan Sandra Oh.

Turning Red dirilis di Disney+ tanggal 11 Maret 2022.[3][4]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Berlatar pada April 2002, Meilin "Mei" Lee adalah seorang gadis berprestasi tinggi yang baru saja menginjak usia 13 tahun dan menganggap dirinya sempurna dengan menguasai kelasnya sebagai siswa A+ dan selalu mendapatkan nilai 100; berikut kumpulan teman-teman sekolahnya yang berpikiran sama dengannya, terdiri dari Miriam yang berkepala dingin, Priya yang datar, Abby yang intens, dan mengabdikan diri pada kuil keluarga yang menghormati leluhurnya Sun Yee, seorang pecinta binatang. Mei dan teman-temannya terobsesi dengan grup vokal laki-laki baru 4*Town yang akan datang ke Toronto 18 Mei, kata Abby. Saat pulang dari sekolah, gadis-gadis melewati Daisy Mart, dan memata-matai pegawai berusia 17 tahun, Devon. Sementara teman-teman Mei menganggapnya menarik, Mei sendiri meremehkannya. Setelah itu, Mei juga tidak mengikuti kesempatan untuk pergi ke karaoke bersama teman-temannya agar dia bisa kembali ke rumah untuk membantu ibunya, Ming, membersihkan kuil. Teman-temannya mengerti, tapi percaya dia "dicuci otak".

Mei tiba di kuil tempat dia berbicara dengan penduduk setempat dan bertemu dengan Ming dan ayahnya yang lebih santai, Jin. Ming berharap banyak dari Mei dan, meskipun dia sangat mencintainya, Ia memberi banyak tekanan padanya. Mereka membuka kuil untuk turis dan setelah itu, Mei kembali ke studinya. Saat menulis di jurnalnya, Mei mulai melamun menggambar Devon dan mendapati dirinya sangat tertarik secara romantis dengannya. Dia mencoba untuk menyembunyikan jurnalnya dibawah ranjang ketika Ming datang untuk memeriksanya, tetapi setelah menemukan jurnalnya, Ming bereaksi berlebihan dan berasumsi bahwa Devon mencoba menggoda anaknya. Dia dengan paksa membawa Mei ke Daisy Mart untuk menghadapi Devon dan menyuruhnya menjauh dari Mei sambil memberikan gambar Mei kepadanya; kejadian itu menarik perhatian dari pengunjung termasuk teman sekelas Mei yang menyebalkan, Tyler. Meski marah dan malu, Mei menyembunyikan perasaannya dari ibunya.

Malamnya, Mei mengalami mimpi buruk yang melibatkan kuil dan di pagi hari bangun menemukan bahwa dia telah berubah menjadi panda merah raksasa! Dia bersembunyi di kamar mandi dari orang tuanya; menuntut agar mereka tidak masuk. Namun, Ming, yang menganggap seruannya sebagai akibat menstruasi, menawarkan pembalut. Ming terbagi perhatiannya cukup lama sehingga Mei kembali ke kamarnya di mana dia mengetahui bahwa ketika dia tenang, dia kembali normal, meskipun rambut hitamnya yang dulu hitam sekarang telah berubah menjadi oranye-merah cerah; memaksanya untuk memakai topi beanie merah. Mei memasang wajah tenang saat Ming mengantarnya ke sekolah dan bertemu kembali dengan teman-temannya yang memberi tahu dia bahwa Tyler telah menyebarkan insiden di Daisy Mart ke seluruh sekolah. Meskipun marah, Mei berjuang untuk menyembunyikan panda merahnya.

Di kelas matematika, Miriam tumbuh prihatin terhadap Mei dan memberitahu dalam secarik kertas bahwa ibunya di luar memata-matai Mei. Ming berkelahi dengan penjaga keamanan sekolah saat semua siswa dan Tuan Kieslowski, guru matematika, menyaksikan kekacauan yang terjadi. Ketika Ming mengungkapkan bahwa dia datang karena lupa memberikan beberapa pembalut, Mei akhirnya malu lalu meledak berubah menjadi panda merah. Ming melihat apa yang terjadi pada putrinya dan Mei melarikan diri sebelum orang lain bisa melihatnya. Mei berjalan melalui jalan-jalan, menyebabkan kehancuran, tetapi juga menemukan bahwa refleksnya agak meningkat. Setelah kembali ke kamarnya sambil menangis, Ming mencoba menghiburnya, setelah itu Jin masuk dan tanpa sengaja berkata, "Ini sudah terjadi?!"; terpaksa Ming mengungkapkan sejarah leluhur keluarganya.

Ketika suami Sun Yee pergi berperang, di meminta para dewa untuk memberikan kekuatan untuk melindungi anak-anaknya dan rakyatnya. Di bawah bulan merah, dia diberikan kemampuan untuk berubah menjadi panda merah raksasa dan berhasil melindungi rumah dan desanya. Sejak itu, dia telah mewariskan kemampuan ini kepada putrinya di mana itu telah menjadi bagian dari sejarah mereka sejak saat itu. Mei kesal, tapi Ming mengungkapkan bahwa ada penangkalnya. Di bawah bulan merah berikutnya, yaitu tanggal 25 Mei, mereka akan melakukan ritual untuk mengumpulkan kekuatan panda, yang pada Ming adalah semacam medali dia pakai di lehernya. Namun dia memperingatkannya bahwa semakin dia sering berubah, semakin sulit untuk mengumpulkan kekuatan dan mengatakan padanya untuk tidak berubah.

Keesokan harinya, Mei bersembunyi di kamarnya mencoba untuk mengontrol kekuatannya ketika dia mendengar teman-temannya di luar jendelanya. Dia secara tidak sengaja mengungkapkan dirinya dalam bentuk panda merah raksasa kepada mereka dan menarik mereka ke kamarnya sambil mencoba membuat mereka tenang. Teman-temannya kaget, geli dengan penampilan barunya. Kesal karena 4*Town akan datang sebelum upacara ritual, Mei kehilangan semua harapan, sampai teman-temannya masuk ke versi acapella dadakan dari "Nobody Like U (Tiada yang seperti Kamu)" untuk menyemangatinya. Menyadari teman-temannya mencintainya apa pun yang terjadi, Mei kembali normal dan menemukan bahwa dia mampu mengendalikan transformasinya terlepas dari keadaan emosinya. Dia berterima kasih kepada mereka dan menantang orang tuanya dengan mengungkapkan bahwa dia memiliki kendali penuh atas keadaan emosinya. Ming dan Jin terkesan, tetapi ketika Mei meminta untuk pergi menonton konser 4*Town, mereka, atau lebih tepatnya hanya Ming, mengatakan tidak. Setelah Mei pergi dengan kecewa, Ming mendapat telepon dari ibunya yang melihat Mei mengamuk di berita TV dan telah memutuskan untuk datang untuk memeriksa Mei, yang membuat Ming sangat khawatir.

Di sekolah selama latihan dodgeball, keempat gadis itu mengungkapkan bahwa mereka tidak dapat meyakinkan orang tua mereka untuk membelikan mereka tiket karena harganya sangat mahal. Ketika Tyler mulai mengejek Mei setelah mereka menyadari bahwa Ming memata-matai mereka, Mei dengan marah menggunakan kekuatan tangan panda merahnya untuk melemparkan bola begitu keras hingga memecahkan jendela. Teman-teman Mei membawanya ke WC sekolah di mana dia menyesali kenyataan bahwa ibunya selalu mendorongnya untuk menjadi "Mei Mei kecil yang sempurna" dan mengatakan bahwa dia ingin membebaskan diri. Setelah dia berubah lagi, seorang gadis bernama Stacy, bersama dengan teman-temannya, memasuki kamar mandi dan melihat Mei dalam bentuk panda merahnya. Setelah melihatnya, Stacy malah jatuh cinta dengan penampilannya yang menggemaskan. Gadis-gadis itu kemudian mendapatkan ide untuk menggunakan wujud panda merah Mei untuk menghasilkan uang dari teman sekelas mereka dan dengan demikian mendapatkan dana yang diperlukan untuk mendapatkan tiket. Mei menyembunyikan penampilan pribadinya sebagai panda merah dari orang tuanya dengan berpura-pura pergi ke latihan les matematika.

Saat membuat lebih banyak barang dagangan panda merah, Tyler secara pribadi mendekati Mei dan menawarkan untuk membayarnya $200 agar dia muncul di pesta ulang tahunnya, jumlah yang tepat yang dibutuhkan keempat gadis untuk masuk ke konser, dan dengan enggan setuju. Tepat sebelum Mei hendak berangkat ke rumah Tyler, Nenek dan Bibinya tiba, menahannya dari pesta. Setelah itu, Mei mencoba untuk pergi melalui jendela, tetapi dihentikan oleh Nenek yang mengatakan kepadanya betapa berbahayanya panda merah dan menyiratkan bahwa bekas luka di matanya berasal dari Ming saat dia berubah. Mei akhirnya berhasil melarikan diri, tetapi merobohkan foto dirinya dan ibunya.

Mei akhirnya tiba di pesta itu, dengan setelan panda merah yang murah dan mengakui kepada teman-temannya bahwa dia takut berubah lagi setelah apa yang baru saja dia pelajari. Setelah menyadari bahwa dia akan mengecewakan teman-temannya, Mei akhirnya menyerah dan berubah; membuat pesta Tyler sukses. Kembali di rumah, Ming memasuki kamar tidur Mei dan melihat foto yang dirobohkan dan menemukan barang dagangan panda merah di bawah ranjang dan pelariannya. Saat bersantai dengan teman-temannya di atap rumah Tyler, gadis-gadis itu mendengar melalui radio bahwa 4*Town akan datang ke Toronto pada 25 Mei, hari yang sama dengan bulan merah. Ternyata Abby salah membaca jadwal, alias 4*Town akan berada di "Toledo" pada 18 Mei. Berita itu membuat Mei kesal dan dia berubah. Ketika Tyler dengan marah memintanya untuk turun dan memberi tumpangan pada anak-anak lain, Mei menyerangnya tepat saat Ming datang untuk menyaksikannya.

Semua anak dikirim pulang saat orang tua Tyler memarahi Mei karena menyerang putra mereka. Ming menuduh teman Mei mempengaruhinya, tetapi ketika mereka mencoba menjelaskan diri mereka sendiri, Mei terlalu takut untuk membela mereka. Saat Ming membawa pulang Mei, dia menjatuhkan tamagotchi, hewan peliharaan digitalnya ke belakang. Dia kembali ke kamarnya dengan lesu dan sedih. Saat membersihkan ruang bawah tanah, Jin menemukan camcorder yang digunakan Mei untuk merekam video dengan teman-temannya saat menggunakan transformasi pandanya disekolah. Setelah itu, Ia mendekati Mei dan mengatakan kepadanya bahwa dia menyaksikan Ming berubah hanya sekali ketika dia bertengkar dengan ibunya. Alasannya adalah karena dia karena Nenek tidak menyetujuinya sebagai menantu, itulah sebabnya Ming memberi Nenek bekas lukanya. Jin mengatakan padanya bahwa Mei menerima siapa dia sebenarnya.

Pada tanggal 25, Miriam, Priya, dan Abby pergi ke konser sendiri sementara Mei tinggal di rumah bersama keluarganya untuk melakukan ritual bersama tetangga mereka, Tuan Gao, yang ternyata adalah dukun di sampingnya. Para wanita bernyanyi senandung berbahasa kanton saat jiwa Mei menuju ke alam spiritual di mana dia bertemu Sun Yee yang memegang cermin yang harus dia masuki untuk menghilangkan kekuatan panda merahnya. Namun, saat menjalaninya, dia mulai mengingat betapa panda merah telah mengubah hidupnya dan menolak untuk disembuhkan. Ritual itu gagal dan Mei dengan senang hati pergi ke konser dalam bentuk panda merahnya. Ming, sangat marah karena putrinya melakukan ini, menyebabkan medalinya retak dan hancur dan mulai berubah menjadi panda merah.

Mei tiba di konser dan bertemu kembali dengan teman-temannya yang masih kesal dengannya. Namun, Mei memperhatikan bahwa Miriam menyiman tamagotchi dan mereka berbaikan. Tyler tiba, mengungkapkan dirinya sebagai penggemar 4*Town, dan gadis-gadis itu memeluknya ke dalam lingkaran teman mereka, dan membuatnya malu. 4*Town muncul, itu menjadi segalanya yang diinginkan dan ditunggu-tunggu oleh mereka, tetapi konser tiba-tiba terganggu oleh Ming dalam bentuk pandanya yang telah tumbuh menjadi ukuran Kaiju raksasa menuntut untuk mengetahui di mana Mei berada. Semua orang melarikan diri dari konser saat Ming meraih Mei dan menghukumnya karena tidak mematuhinya dan memberontak. Mei mengakui bahwa dia menyukai siapa dia yang sebenarnya dan mengungkapkan bahwa teman-temannya tidak pernah bersalah atas keputusannya; membuat Ming semakin marah. Namun selama pertarungan, Mei secara tidak sengaja menggugurkan Ming dengan menghentakkan kepala panda merahnya.

Keluarga Mei dan Tuan Gao tiba untuk menyelesaikan ritual sebelum bulan merah hilang, para nenek dan bibinya melepaskan medali, gelang, liontin, cincin, dan kalung mereka untuk berubah menjadi panda merah dan bernyanyi. Teman-teman Mei meminta 4*Town tampil untuk memberdayakan Mei dan ritual saat cahaya terang menyelimuti mereka. Mei menemukan dirinya di alam roh lagi dan menemukan Ming remaja yang sedih takut menyakiti ibunya. Mei mengatakan kepadanya bahwa semuanya akan baik-baik saja meskipun betapa menakutkannya itu, segalanya akan menjadi lebih baik. Ming kembali ke bentuk dewasa saat dia berbaikan dengan Nenek dan Bibi satu per satu memasuki cermin Sun Yee untuk menghilangkan kekuatan transformasi mereka. Mei memberi tahu Ming bahwa dia tidak akan melepaskan kekuatan panda merahnya karena dia telah mencintai panda merahnya sendiri apa adanya. Terlepas dari kekhawatiran Ming, dia masih cukup percaya diri untuk mengetahui apa yang dilakukan Mei.

Setelah penghancuran Skydome, segalanya menjadi lebih baik bagi Mei karena dia sekarang memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kemampuannya dan menyeimbangkan tugas kuilnya dengan kehidupan sosialnya. Semakin banyak orang mengunjungi kuil untuk melihat Mei dalam transformasi panda merahnya, dengan hasil jualan merchandise akan membangun kembali Skydome. Sementara itu, sebenarnya Ming masih mengkhawatirkan putrinya, tetapi sekarang dia lebih menghormati Mei saat dia pergi bersama teman-temannya dan keputusan yang dibuatnya

Dalam adegan pasca-kredit, Mei mencari Jin, yang ternyata berada di ruang bawah tanah mendengarkan 4*Town dan memeluk memorabilia.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Rosalie Chiang sebagai Meilin "Mei" Lee, remaja yang berubah menjadi panda merah raksasa apalagi terlalu asyik atau cemas.
  • Sandra Oh sebagai Ming Lee, ibu Mei yang overprotektif.
  • Ava Morse sebagai Miriam, sahabat Mei
  • Maitreyi Ramakrishnan sebagai Priya, salah satu sahabat Mei yang lebih deadpan
  • Hyein Park sebagai Abby, salah satu sahabat Mei
  • Orion Lee sebagai Jin Lee
  • Wai Ching Ho sebagai nenek Mei
  • Tristan Allerick Chen sebagai Tyler, kakak kelas Mei
  • Addie Chandler sebagai Devon

Penayangan[sunting | sunting sumber]

Turning Red dirilis di Disney+ pada 11 Maret 2022, oleh Walt Disney Studios Motion Pictures.[3][5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Turning Red Official Announcement and Logo". 
  2. ^ Burlingame, Jon (September 7, 2021). "'Black Panther' Score Headed to Hollywood Bowl for Live-to-Picture Performance". Variety. Diakses tanggal September 7, 2021. 
  3. ^ a b "The Walt Disney Studios Announces Updated Release Schedule". The Walt Disney Company (dalam bahasa Inggris). April 3, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal April 29, 2020. Diakses tanggal July 30, 2020. 
  4. ^ https://www.theverge.com/22575165/turning-red-disney-pixar-trailer-panda-release-date#:~:text=Turning%20Red%20is%20set%20to,be%20returning%20to%20theaters%20soon.
  5. ^ Julie & T.J. (December 10, 2020). "Disney Investor Day 2020 — Pixar Announces Series, Shorts, & 2 Films for 2022 'Turning Red' and 'Lightyear'". Pixar Post. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 17, 2020. Diakses tanggal December 10, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]