Soul (film 2020)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Soul
Soul Poster.jpeg
Poster rilis resmi (Amerika Serikat)
SutradaraPete Docter
ProduserDana Murray
Penulis
CeritaPete Docter
Pemeran
Musik
Sinematografi
  • Matt Aspbury
  • Ian Megibben
PenyuntingKevin Nolting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
Durasi
100 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Indonesia
Anggaran$150 juta+ (Rp2 triliun+)[2]

Soul adalah film animasi komputer petualangan komedi fantasi Amerika Serikat tahun 2020 yang diproduksi Pixar Animation Studios untuk Walt Disney Pictures. Film ini disutradarai Pete Docter dan diproduksi Dana Murray. Awalnya akan dirilis di bioskop, film ini dirilis secara digital di Disney+ pada tanggal 25 Desember 2020.[3][4] Di Indonesia, film ini juga tersedia versi sulih suara dalam bahasa Indonesia di Disney+ Hotstar. Film ini menerima ulasan yang sangat positif dari para kritikus, dengan pujian untuk animasi, cerita, akting suara, dan musiknya.

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Joe Gardner, seorang guru musik sekolah menengah, merasa terjebak dalam hidup dan tidak puas dengan pekerjaannya. Dia memimpikan karir di jazz, yang menjadi objek dari ibu penjahitnya, Libba. Secara kebetulan, mantan muridnya, Curly, memberi tahu dia tentang pembukaan band legenda jazz Dorothea Williams. Joe mengesankan Dorothea dengan permainan pianonya dan ditawari pekerjaan saat itu juga. Saat Joe dengan senang hati bersiap untuk penampilan pertamanya malam itu, dia jatuh ke lubang got.

Joe menemukan dirinya sebagai jiwa yang menuju ke "Great Beyond". Tidak ingin mati sebelum terobosan besarnya, dia mencoba melarikan diri tetapi berakhir di "Great Before", di mana para penasihat jiwa — semuanya bernama Jerry — mempersiapkan jiwa yang belum lahir untuk kehidupan di Bumi. Joe berperan sebagai instruktur yang diatur untuk melatih jiwa dan ditugaskan 22, jiwa sinis yang tetap di Yang Agung sebelumnya selama ribuan tahun dan tidak melihat ada gunanya hidup di Bumi. 22 mengungkapkan bahwa dia memiliki lencana yang dipenuhi dengan sifat. Dia perlu menemukan "percikan" nya untuk menyelesaikannya dan mengatakan dia akan memberikannya kepada Joe agar dia bisa kembali ke rumah.

Joe mencoba membantu 22 dalam menemukan gairah, tetapi upaya itu terbukti sia-sia. Tanpa pilihan lain, 22 membawanya keluar ke "zona", area yang dimasuki orang saat gairahnya membuat mereka kesurupan; itu juga menampung jiwa-jiwa yang terhilang yang menjadi terobsesi. Mereka bertemu Moonwind, tanda berputar yang memasuki zona untuk menyelamatkan jiwa yang hilang. Dia setuju untuk membantu Joe kembali ke tubuhnya dan mereka mengetahui bahwa Joe jatuh ke lubang got membuatnya koma. Joe dengan bersemangat melompat kembali ke Bumi tetapi secara tidak sengaja membawa 22, mengakibatkan 22 memasuki tubuhnya dan Joe berakhir di tubuh kucing terapi. Sementara itu, Terry, seorang akuntan yang ditunjuk untuk menghitung jiwa menuju ke Great Beyond, menemukan hitungan dan meyakinkan Jerry untuk membiarkan dia mengembalikan jiwa yang hilang.

22 dan Joe melarikan diri dari rumah sakit. Awalnya ketakutan, 22 mengendap dalam tubuh Joe dan menemukan kenikmatan luar biasa dalam hal-hal kecil dalam hidup. Mereka menuju ke apartemen Joe di mana Connie, salah satu siswa Joe, datang untuk memberitahunya bahwa dia keluar dari band. Sebelum pergi, Connie memainkan solo trombone yang penuh gairah, menakjubkan, yang meyakinkannya akan bakat yang dimilikinya dan bahwa musik itu untuknya. Senang, Connie berterima kasih pada "Joe" dan pergi, setelah berubah pikiran. Mereka selanjutnya pergi untuk potong rambut di mana 22 mengadakan percakapan yang mendalam dan pedih dengan Dez, tukang cukur. Setelah 22 robekan celana Joe sambil membungkuk, keduanya pergi menemui Libba untuk memperbaikinya; setelah "Joe" berdamai dengan ibunya, Libba akhirnya menerima kecintaan Joe pada musik dan menawarkan setelan lama mendiang ayahnya.

Sebelum Moonwind dapat memulihkan Joe, 22, yang sama-sama mengalami pencerahan dan memutuskan bahwa dia harus menemukan tujuannya di bumi, menolak untuk melanjutkan pemulihan Joe. Saat dia melarikan diri dengan Joe membuntuti di belakang, Terry menyusul dan membawa keduanya kembali ke Great Before, di mana 22 melihat bahwa lencananya telah diisi. Namun, Joe memberi tahu dia bahwa pengalaman dan seleranya menghasilkan lencana. Marah, 22 melemparkan lencana ke Joe dan menghilang ke zona itu. Joe belajar dari seorang Jerry bahwa alih-alih tujuan hidup, percikan berarti bahwa jiwa siap untuk hidup. Dia kembali ke Bumi dan memiliki penampilan pertama yang sukses dengan kuartet Dorothea, tetapi tidak merasa benar tentang apa yang terjadi.

Terinspirasi oleh 22 objek yang dikumpulkan saat berada di tubuhnya, Joe memainkan piano untuk memasuki zona tersebut dan mencari 22, yang sekarang adalah jiwa yang hilang. Dia mencoba mengembalikan lencananya, tetapi 22 tetap putus asa dan hancur tentang tujuannya. Menggunakan benih maple kecil yang telah dikumpulkan 22, Joe meyakinkannya bahwa dia siap untuk hidup, dan dia kembali normal. Dengan lencana punggungnya, 22 akhirnya memasuki Bumi dengan Joe menemaninya selama dia bisa. Saat dia bersiap untuk menuju ke Great Beyond, Joe dihentikan oleh seorang Jerry yang mengatakan kepadanya bahwa dia telah menginspirasi mereka dan akan memberinya kesempatan lain dalam hidup. Joe berterima kasih kepada mereka dan kembali ke tubuhnya di Bumi, sekarang dengan niat untuk menjalani hidupnya sepenuhnya.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Selain itu, John Ratzenberger telah berperan dalam peran yang dirahasiakan.[11]

Rilis[sunting | sunting sumber]

Soul pada awalnya dijadwalkan akan dirilis di Amerika Serikat pada 19 Juni 2020,[12] tetapi karena pandemi koronavirus 2019–2020, film ini ditunda hingga 20 November 2020.[13] Slot ini menggantikan film Disney Animation Raya and the Last Dragon, yang rilisnya ditunda hingga 12 Maret 2021.[13][14] Pada 3 Juni 2020, Soul terpilih sebagai bagian dari susunan pemain untuk Festival Film Cannes 2020.[15] Pada 8 September 2020, diumumkan bahwa film tersebut akan tayang perdana dunianya di Festival Film London BFI pada 11 Oktober 2020.[16][17]

Pada 15 September 2020, Variety melaporkan bahwa Disney sedang mempertimbangkan pembatalan rilis bioskop film tersebut dan menggantinya dengan pemutaran perdana film di Disney+, meskipun orang dalam Disney membantah klaim tersebut.[18][19] Pada 17 September, Soul terpilih sebagai bagian dari daftar untuk Festival Film Roma, sebagai film pembuka pada 15 Oktober 2020.[20] Pada 23 September, di tengah perubahan tanggal rilis dari Disney, studio mengumumkan bahwa film tersebut akan tetap tayang di bioskop pada 20 November.[21] Pada akhirnya, pada 8 Oktober 2020, diumumkan bahwa film tersebut akan melewati bioskop sama sekali dan tayang perdana secara eksklusif di Disney+ pada 25 Desember 2020. Tidak seperti Mulan, film tersebut tidak akan dirilis sebagai rilis "akses pemutaran perdana", dan akan gratis untuk semua pelanggan.[22]

Sebuah film pendek animasi 2D baru dari "SparkShorts" Pixar berjudul Burrow pada awalnya diumumkan untuk muncul sebelum film itu ditayangkan secara teatrikal.[23] Pada 9 Oktober 2020, diumumkan bahwa film pendek tersebut juga akan tayang perdana di Disney+.[24] Pada hari yang sama, diumumkan bahwa Soul akan menjadi subjek film dokumenter yang mencatat upaya Pixar untuk menyelesaikan pembuatan film selama pandemi. Fitur lengkap, berjudul "Soul, Improvised", menunjukkan bagaimana tim Sistem Pixar dan kru film berhasil menyelesaikan produksi sesuai jadwal selama puncak pandemi COVID-19, dan dirilis sebagai "tambahan" di Disney+ bersama film tersebut.[25][26]

Pada 16 Desember 2020, tiga episode pertama podcast Soul Stories yang dibawakan oleh co-director dan co-writer Kemp Powers dirilis sebagai eksklusif Spotify. Dalam episode tersebut, Powers mewawancarai beberapa orang yang mengerjakan film terutama tentang mentor dan karier mereka, serta beberapa cerita di balik layar di balik pembuatan film tersebut.[27]

Penayangan penonton[sunting | sunting sumber]

Beberapa hari setelah dirilis, firma riset Screen Engine melaporkan bahwa 13% pemirsa telah berlangganan Disney+ untuk menonton film tersebut, dan film tersebut terlalu banyak diindeks di antara orang tua, terutama para ibu. Perusahaan juga mengatakan bahwa Soul sudah menjadi salah satu judul streaming langsung yang paling banyak ditonton tahun ini, tepat di belakang sesama rilis Disney+ Hamilton dan sesama rilis Natal Wonder Woman 1984.[28]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Soul - BFI". British Film Institute. Diakses tanggal October 8, 2020. 
  2. ^ Brueggemann, Tom (September 15, 2020). "A 'Black Widow' Delay Might Benefit Disney in the Short Term — If Theaters Can Survive". Deadline Hollywood. Diakses tanggal September 20, 2020. 
  3. ^ CNN Indonesia. 2020. "Soul Tayang di Layanan Streaming 25 Desember". CNN Indonesia. Diakses 27 Des 2020.
  4. ^ Marvela. 2020. "Soul Tayang 25 Desember, Perjalanan Spiritual Musisi Jazz. Tempo. Diakses 27 Des 2020.
  5. ^ a b Fuster, Jeremy (August 24, 2019). "'Soul': Jamie Foxx and Tina Fey Star in Pixar's Most Existential Adventure Yet". The Wrap. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 24, 2019. Diakses tanggal August 24, 2019. 
  6. ^ a b c Radulovic, Petrana (August 24, 2019). "Pixar's latest film Soul is a metaphysical comedy with the studio's first black lead". Polygon.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal August 24, 2019. Diakses tanggal August 25, 2019. 
  7. ^ a b c @TheDisInsider (August 24, 2019). "'Soul' will feature music from John Batiste and original score from Trent Reznor & Atticus Ross. Questlove from The Roots will be playing a Jazz Drummer, Phylicia Rashad plays Joe's mother, Daveed Diggs also starring, as well as Tina Fey, Jamie Foxx and Zendaya" (Twit) – via Twitter. 
  8. ^ Angela Bassett [@ImAngelaBassett] (February 22, 2020). "Hey Everybody you good? This summer, discover your brilliant, passionate self! So thrilled to finally let the world know that I am part of Disney and Pixar's new movie Soul! You'll be hearing a lot more from my character Dorothea Williams very soon. #PixarSoul" (Twit). Diakses tanggal March 17, 2020 – via Twitter. 
  9. ^ Kemp Powers [@powerkeni] (March 13, 2020). "Richard Ayoade is also one of my favorites. In fact, it was my idea to ask him to be in the film! I still watch old installments of Garth Marenghi's Darkplace!" (Twit). Diakses tanggal May 4, 2020 – via Twitter. 
  10. ^ Pixar’s ‘Soul’ Releases New Teaser Trailer (Watch)
  11. ^ Sneider, Jeff (April 13, 2020). "Disney Moves Pixar's 'Soul' to Fall, 'Raya and the Last Dragon' to Next Year". Collider. Diakses tanggal April 21, 2020. 
  12. ^ Walt Disney Studios Motion Pictures (May 7, 2019). Disney release schedule. Siaran pers.
  13. ^ a b Fuster, Jeremy (April 13, 2020). "Disney Moves 'Soul,' 'Raya and the Last Dragon' Release Dates". TheWrap. Diakses tanggal April 13, 2020. 
  14. ^ Fuster, Jeremy (April 13, 2020). "Disney Moves 'Soul,' 'Raya and the Last Dragon' Release Dates". TheWrap. Diakses tanggal April 13, 2020. 
  15. ^ "The films of the Official Selection 2020". Festival de Cannes. June 3, 2020. Diakses tanggal June 6, 2020. 
  16. ^ Grater, Tom (September 8, 2020). "BFI London Film Festival To Screen 'Soul', 'Nomadland' At Hybrid 2020 Edition". Deadline Hollywood. Diakses tanggal September 8, 2020. 
  17. ^ "Soul". BFI London Film Festival. September 8, 2020. Diakses tanggal September 8, 2020. 
  18. ^ Rubin, Rebecca; Lang, Brent (September 15, 2020). "'Black Widow' Eyes New Release Date, 'Soul' May Move to Disney Plus". Variety. Diakses tanggal September 15, 2020. 
  19. ^ D'Alessandro, Anthony (September 15, 2020). "'Black Widow' Pondering Release Date Move; 'Soul' Could Still Stay Theatrical". Deadline Hollywood. Diakses tanggal September 15, 2020. 
  20. ^ Vivarelli, Nick (September 17, 2020). "Pixar's 'Soul' Will Open Rome Film Festival". Variety. Diakses tanggal September 17, 2020. 
  21. ^ D'Alessandro, Anthony (September 23, 2020). "'Black Widow' Jumps To Summer 2021, Spurring Marvel Pics Release-Date Shift; 'West Side Story' Delayed A Year; 'Soul' Stays Theatrical". Deadline Hollywood. Diakses tanggal September 23, 2020. 
  22. ^ McClintock, Pamela (October 8, 2020). "Pixar's 'Soul' Bypasses Theaters, Sets Disney+ Christmas Debut". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal October 8, 2020. 
  23. ^ Laughing Place Disney Newsdesk (September 26, 2020). "2D Animated Short "Burrow" To Premiere With Pixar's "Soul" In Theaters on November 20th". Laughing Place. Diakses tanggal September 26, 2020. 
  24. ^ What's On Disney Plus (October 9, 2020). "PIXAR SPARKSHORTS "BURROW" COMING SOON TO DISNEY+". What's On Disney Plus. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 28, 2020. Diakses tanggal October 9, 2020. 
  25. ^ Romano, Nick (October 9, 2020). "Pixar's Soul to get documentary about finishing film amid COVID quarantines". Entertainment Weekly. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 25, 2020. Diakses tanggal October 9, 2020. 
  26. ^ "Soul on Disney+". Diarsipkan dari versi asli tanggal December 28, 2020. Diakses tanggal December 28, 2020. 
  27. ^ "Soul Stories by Disney". Spotify. December 16, 2020. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 24, 2020. Diakses tanggal December 16, 2020. 
  28. ^ McClintock, Pamela (December 30, 2020). "'Wonder Woman 1984' Shows Promise for HBO Max, Audience Survey Finds". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal December 31, 2020. Diakses tanggal December 30, 2020. 
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "TeaserTrailer" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]