Soul (film 2020)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Soul
Logo Soul.png
Logo film
SutradaraPete Docter
ProduserDana Murray
Penulis
Penulis ceritaPete Docter
Pemeran
Penata musik
Sinematografer
  • Matt Aspbury
  • Ian Megibben
PenyuntingKevin Nolting
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios Motion Pictures
Tanggal rilis
Negara Amerika Serikat
BahasaInggris

Soul adalah film animasi komputer Amerika Serikat tahun 2020 yang disutradarai Pete Docter, diproduksi Pixar Animation Studios, dan ditayangkan Walt Disney Pictures. Pengisi suara yang terlibat dalam film ini ialah Jamie Foxx, Tina Fey, Graham Norton, Rachel House, Alice Braga, Richard Ayoade, Phylicia Rashad, Donnell Rawlings, Questlove, dan Angela Bassett. Film ini menceritakan guru musik sekolah menengah pertama bernama Joe Gardner (Foxx) yang berusaha menyatukan jiwa dan tubuhnya kembali selepas keduanya tidak sengaja terpisah tepat sebelum ia menjadi pemusik jazz.

Pete mengembangkan film ini pada Januari 2016 dengan mengacu kepada perenungannya tentang asal-usul kepribadian manusia dan konsep determinisme. Ia ikut menulis naskah bersama Mike Jones dan Kemp Powers. Produser film berkonsultasi dengan berbagai pemusik jazz termasuk Herbie Hancock dan Terri Lyne Carrington, serta membuat animasi adegan musikalnya menggunakan sesi musisi Jon Batiste sebagai rujukan. Selain gubahan jazz asli Jon, pemusik Trent Reznor dan Atticus Ross juga menyusun skor film.

Soul ditayangkan perdana di Festival Film London pada 11 Oktober 2020. Film ini dijadwalkan akan ditayangkan pada 20 November, tetapi ditunda karena pandemi COVID-19, sehingga Soul kemudian ditayangkan secara direct-to-streaming di Disney+ pada 25 Desember dan di bioskop di negara-negara yang tidak tersedia Disney+. Film ini menjadi film pertama dari Pixar yang tidak ditayangkan di bioskop secara luas dan film pertama yang disebut sebagai Disney+ Asli. Soul mendapatkan penilaian positif oleh media karena animasi, cerita, pengisian suara, dan skor musik. Organisasi seperti National Board of Review dan American Film Institute menyebut film ini sebagai salah satu dari 10 film teratas tahun 2020. Soul tampil cemerlang dalam Academy Awards ke-93 dengan tiga nominasi (menang dua nominasi) dan menerima banyak penghargaan.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Jamie Foxx (left) in 2013 and Tina Fey in 2014. They voiced Joe Gardner and 22, respectively.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jazz compositions and arrangements only.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama D23
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama NortonTwitter
  3. ^ Felperin, Leslie (October 11, 2020). "'Soul': Film Review | London 2020". The Hollywood Reporter. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 12, 2020. Diakses tanggal October 11, 2020. 
  4. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama Polygon
  5. ^ a b Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama DisInsiderTwitter
  6. ^ Aftab, Kaleem (11 October 2020). "'Soul' Review: Pixar's Jazzy Existential Celebration Is One of the Studio's Very Best". IndieWire. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 13, 2020. Diakses tanggal October 11, 2020. 
  7. ^ "New Trailer Debuts for Disney and Pixar's 'Soul,' Coming to Disney+ on December 25". The Walt Disney Company. 2020-10-15. Diarsipkan dari versi asli tanggal October 17, 2020. Diakses tanggal 2020-10-15. 
  8. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama BassettTwitter

Pranala luar[sunting | sunting sumber]