Pixar Image Computer

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
P-II Pixar Image Computer milik Pixar Animation Studio.

Pixar Image Computer adalah sebuah komputer desain grafis yang awalnya dikembangkan oleh Pixar, yang pada waktu itu merupakan bagian dari Divisi Komputer Lucasfilm, pada bulan Mei 1986. Komputer ini ditujukan kepada pasar visualisasi canggih, seperti obat-obatan. Mesin ini dijual seharga $135.000, tetapi membutuhkan pula stasiun kerja senilai $35.000 dari Sun Microsystems atau Silicon Graphics. Mesin aslinya lebih maju daripada zamannya dan menghasilkan banyak penjualan untuk laboratorium dan penelitian.[1] Sayangnya, sistem ini tidak terjual secara kuantitas. Pada tahun 1987, Pixar merancang ulang mesin ini untuk menciptakan mesin generasi kedua P-II yang dijual seharga $30000.

Bisnis Pixar Image Computer dijual ke Vicom pada tahun 1990 dengan nilai $2.000.000. Vicom kemudian mengajukan Bab 11 pada tahun berikutnya.

Walt Disney Feature Animation, yang perusahaan induknya kelak membeli Pixar tahun 2006, memakai lusinan Pixar Image Computer untuk CAPS dan menggunakannya dalam pembuatan film Pocahontas tahun 1995.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama deutschman

Pranala luar[sunting | sunting sumber]