Elemental: Forces of Nature

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Elemental: Forces of Nature
Poster rilis bioskop
SutradaraPeter Sohn
ProduserDenise Ream
Skenario
  • John Hoberg
  • Kat Likkel
  • Brenda Hsueh
Cerita
  • Peter Sohn
  • John Hoberg
  • Kat Likkel
  • Brenda Hsueh
Pemeran
Penata musikThomas Newman
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 27 Mei 2023 (2023-05-27) (Cannes)
  • 16 Juni 2023 (2023-06-16) (Amerika Serikat)
  • 21 Juni 2023 (2023-06-21) (Indonesia)
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$200 juta
Pendapatan
kotor
$495,9 juta

Elemental: Forces of Nature (judul asli Elemental) adalah sebuah film animasi komputer drama komedi percintaan asal Amerika Serikat yang diproduksi oleh Walt Disney Pictures dan Pixar Animation Studios serta didistribusikan oleh Walt Disney Studios Motion Pictures.[1] Disutradarai Peter Sohn dan diproduksi Denise Ream, ditulis John Hoberg, Kat Likkel, Brenda Hsueh, dan Sohn. Secara keseluruhan film ini merupakan yang kedua puluh tujuh yang diproduksi, para suara dikarakter diisi antara lain Leah Lewis, Mamoudou Athie, Ronnie del Carmen, Shila Ommi, Wendi McLendon-Covey, Catherine O'Hara, Mason Wertheimer, Joe Pera, dan Matt Yang King. Bertempat di dunia yang dihuni oleh antropomorfik alam, ceritanya mengikuti elemen api Ember Lumen (Lewis) dan elemen air Wade Ripple (Athie), bertemu dan jatuh cinta setelah Wade mengalami kecelakaan pipa ledeng di toko kelontong milik ayah Ember, Bernie (Carmen). Meskipun mereka tidak dapat saling menyentuh, Ember dan Wade menemukan banyak kesamaan yang sebenarnya mereka miliki.

Setelah penayangan Dino yang Baik (2015), Sohn mulai mengerjakan proyek ini ketika idenya pertama kali dimulai. Dia mengajukan konsep tersebut ke Pixar untuk mengembangkan Elemental berdasarkan gagasan apakah api dan air dapat terhubung atau tidak. Elemental terilhami dari masa muda Sohn yang tumbuh sebagai putra imigran di Kota New York selama dasawarsa 1970-an, menyoroti keragaman budaya dan etnis kota yang berbeda, sedangkan ceritanya terilhami dari film-film percintaan, seperti Guess Who's Coming to Dinner (1967), Moonstruck (1987), dan Amélie (2001).[2] Alih-alih mengunjungi negara untuk melakukan penelitian, tim menghabiskan berjam-jam menonton tur kota secara maya di YouTube seperti Venesia dan Amsterdam untuk mendapatkan ilham. Alat animasi digunakan untuk merancang efek visual dan tampilan masing-masing karakter, terutama Ember Lumen dan Wade Ripple. Produksi Elemental berlangsung selama tujuh tahun, baik di studio maupun di rumah pembuat film, dengan cerita diselesaikan dari jauh-jauh hari. Thomas Newman yang telah mengerjakan berbagai film animasi Pixar sebelumnya menggubah musik Elemental.[3][4][5]

Elemental memulai debutnya di luar kompetisi sebagai film penutup di Festival Film Cannes ke-76 pada 27 Mei 2023, dan ditayangkan di Amerika Serikat pada 16 Juni, di Indonesia pada 21 Juni.[6][7]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Elemen api Bernie dan Cinder Lumen berimigrasi ke Element City, tempat mereka menghadapi xenofobia dari elemen lain dan berjuang untuk menemukan rumah. Mereka memiliki seorang putri, Ember, dan akhirnya mendirikan toko serba ada bernama Perapian, menyiapkan Api Biru yang mewakili warisan dan tradisi mereka dan menarik banyak pelanggan elemen api dari waktu ke waktu. Bernie bermaksud memberikan toko itu kepada Ember ketika dia pensiun, tetapi pertama-tama dia harus mengendalikan amarahnya yang membara. Ketika Bernie mengizinkan Ember untuk menjalankan tokonya sendiri, dia menjadi kewalahan oleh pelanggan dan bergegas ke ruang bawah tanah. Ledakannya yang berapi-api memecahkan pipa air, membanjiri ruang bawah tanah dan memanggil Wade Ripple, elemen air dan inspektur kota. Wade mencatat pipa ledeng yang rusak dan dengan enggan pergi ke Balai Kota untuk mengirimkan laporan pelanggaran kepada majikan elemen udaranya, Gale Cumulus, yang akan menutup Perapian. Ember mengejar Wade tapi terlambat.

Mengasihani Ember, Wade membawanya ke Stadion Topan untuk meyakinkan Gale agar mempertimbangkan kembali penutupan toko ayahnya. Ketika Wade menyebutkan bahwa dia sedang menyelidiki banjir yang berulang sebelum berakhir di Perapian, Gale memberikan tenggat waktu yang ketat kepada keduanya untuk menemukan sumbernya. Jika mereka mampu menutup kebocoran, maka pelanggaran akan dimaafkan. Saat mencari sumber kebocoran di kanal, Wade menduga bahwa amarah Ember berasal dari dia yang mencoba mengatakan pada dirinya sendiri sesuatu yang belum siap dia terima, tetapi Ember menyangkalnya. Mereka kemudian menemukan lubang di bendungan yang memungkinkan limpasan gelombang dari kapal membanjiri pipa ledeng kota, jadi mereka menutup lubang itu dengan karung pasir. Sementara itu, Bernie mengatasi kebocoran air di seluruh Perapian.

Wade dan Ember menghabiskan waktu bersama di kota dan belajar lebih banyak tentang satu sama lain. Belakangan, Wade memberi tahu Ember bahwa karung pasir tidak dapat menahan, jadi Ember menggunakan kemampuan membuat kacanya untuk membuat segel yang lebih kuat untuk lubang di bendungan. Sementara itu, Cinder mencurigai Ember sedang berkencan dengan seseorang dan mengikutinya. Ember mengunjungi keluarga Wade di sebuah apartemen mewah, di mana dia menggunakan apinya untuk memperbaiki kendi kaca yang pecah, membuat Brook terkesan, ibu Wade, yang merekomendasikannya untuk magang pembuatan kaca. Ember juga memainkan permainan menangis dengan Wade, di mana dia berhasil membuatnya menangis ketika dia mengakui bahwa dia memiliki perasaan padanya. Gale kemudian menelepon Wade dan memberikan persetujuannya atas segel kaca Ember, sehingga menyelamatkan Perapian dari penutupan. Ember kemudian menyadari bahwa dia tidak ingin mengambil alih toko tersebut.

Bernie mengumumkan niatnya untuk pensiun dan menyerahkan Perapian kepada Ember. Dia memberi tahu putrinya bagaimana, ketika meninggalkan tanah airnya, dia membungkuk kepada ayahnya tetapi ayahnya menolak untuk tunduk kembali. Wade membawa Ember ke Garden Central Station untuk melihat bunga Vivisteria, yang ditolaknya saat kecil. Dengan stasiun yang sekarang kebanjiran, Gale memberi Ember gelembung udara untuk keselamatan sementara Wade mendorongnya ke bawah air melalui stasiun. Setelah itu, Wade dan Ember mengetahui bahwa mereka dapat saling bersentuhan tanpa melukai satu sama lain dan berbagi tarian romantis, tetapi Ember mengingatkan dirinya akan tugasnya di Perapian dan prasangka keluarganya terhadap elemen air, dan pergi, membuat Wade kesal.

Saat Ember akan mengambil alih Perapian, Wade muncul dan menyatakan cintanya padanya, sementara juga membiarkannya tergelincir sehingga dia menyebabkan pipa rusak. Ember menolak Wade, tapi Cinder merasakan kasih sayang yang tulus. Kecewa, Bernie memutuskan untuk tidak pensiun dan menyangkal toko Ember. Saat segel baru di bendungan pecah, distrik kebakaran banjir. Setelah menyelamatkan Api Biru, Ember dan Wade terperangkap di sebuah ruangan di Perapian, menyebabkan Wade menguap dari panas yang tertutup.

Saat banjir surut, Ember yang dilanda kesedihan mengaku kepada Bernie bahwa dia tidak ingin menjalankan Perapian dan mengungkapkan cintanya pada Wade. Menyadari Wade telah merembes ke langit-langit batu, Ember memainkan permainan menangis untuk membuatnya kembali ke bentuk normalnya. Ember membalas kasih sayang Wade dan mereka berciuman.

Beberapa bulan kemudian, Wade dan Ember, sekarang menjadi pasangan, meninggalkan Element City agar Ember dapat mempelajari pembuatan kaca jauh dan berkeliling dunia bersama. Sebelum naik ke kapal, Ember membungkuk kepada Bernie yang membalas isyarat itu.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Upcoming". Pixar Animation Studios (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-12. 
  2. ^ Lang, Jamie (2022-05-16). "Pixar Announces New Feature Elemental, Shares Early Concept Art". Cartoon Brew (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-09-14. 
  3. ^ Odman, Sydney (November 17, 2022). "Elemental Director Peter Sohn on His Personal Connection to the Pixar Film, Honoring His Late Parents". The Hollywood Reporter. 
  4. ^ Moreau, Jordan (May 16, 2022). "Pixar Announces Next Movie, Elemental, From Good Dinosaur Director Peter Sohn". Variety. Diakses tanggal May 16, 2022. 
  5. ^ D'Alessandro, Anthony (October 28, 2022). "Verve Signs Pixar Elemental Screenwriter Brenda Hsueh". Deadline Hollywood. 
  6. ^ "Elemental, the 27th Film by Pixar Animation Studios, to be the "Last Screening" at the 76th Festival de Cannes". 
  7. ^ Azad, Navid Nikkhah. "Elemental, the 27th Film by Pixar Animation Studios, to be the "Last Screening" at the 76th Festival de Cannes - Deed News". www.deed.news (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2023-04-19. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]