Lava (film 2014)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lava
Sutradara
Produser
Penulis
Penulis skenarioJames Ford Murphy
Pemeran
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
Durasi7 menit [1]
Negara
Bahasa

Lava adalah film pendek musikal animasi komputer Amerika tahun 2014, diproduksi oleh Pixar Animation Studios.[2] Di sutradarai dan ditulis oleh James Ford Murphy dan diproduksi oleh Andrea Warren, itu perdana di Hiroshima International Animation Festival pada 14 Juni 2014, dan teatrikal dirilis bersama Pixar Inside Out , pada tanggal 19 Juni 2015.[1] Film pendek ini adalah kisah cinta musik yang terjadi lebih dari ribuan tahun yang lalu.[3]

Diatur ke sebuah lagu yang ditulis oleh Murphy,[4]  dan terinspirasi oleh "keindahan terpencil pulau-pulau tropis dan daya pikat ledakan gunung berapi lautan."[5]  Dalam wawancara dengan KHON , Murphy menjelaskan bahwa ketertarikannya di Hawaii dimulai 25 tahun sebelumnya saat berbulan madu di pulau utama Hawai'i .

Bertahun-tahun kemudian, dia mendengar lagu Israel Kamakawiwoʻole membawakan " Somewhere over the Rainbow", yang menyentuhnya.[5]  "Saya mengumpulkan ketertarikan dan cinta ini dan pengalaman yang saya miliki dengan istri saya di Hawaii, dengan perasaan yang saya miliki untuk lagu ini dan berpikir, wow, jika saya bisa memadukan kedua hal itu, itu akan benar-benar — sebuah film Saya ingin sekali melihatnya. "[6]

Ide itu mulai menyatu saat menghadiri pernikahan saudara perempuannya, yang menikah pada usia 43 tahun. "Saat saudara perempuan saya berdiri di atas altar, saya berpikir tentang betapa bahagianya dia dan berapa lama dia menunggu hari istimewanya. . Di sana, di pernikahan saudara perempuan saya, saya ingat Loihi dan saya mendapat pencerahan ... Bagaimana jika saudara perempuan saya adalah gunung berapi? Dan bagaimana jika gunung berapi menghabiskan seluruh hidup mereka untuk mencari cinta, seperti yang dilakukan manusia? "[6]

Alur[sunting | sunting sumber]

Di sebuah pulau tropis di Samudra Pasifik , gunung berapi yang sunyi menyaksikan makhluk liar bermain-main dengan pasangan mereka dan ingin menemukan salah satu miliknya. Dia menyanyikan lagu (lava) ke laut setiap hari selama ribuan tahun, secara bertahap mengeluarkan lahar dan tenggelam ke dalam air, tetapi tidak menyadari bahwa gunung berapi betina bawah laut telah mendengarnya setiap hari dan telah jatuh cinta padanya.

Dia muncul pada hari ketika gunung berapi itu hampir punah, tetapi wajahnya berpaling dan dia tidak dapat melihatnya. Dia tenggelam sepenuhnya ke laut, patah hati, tetapi bangkit, penuh dengan lahar ketika dia mendengarnya menyanyikan lagunya untuknya. Apinya menyala kembali, dia meletus kembali ke permukaan, kali ini tepat di sebelahnya, dan keduanya membentuk satu pulau tempat mereka bersama, menyanyikan lagunya bersama.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Kuana Torres Kahele sebagai Uku, gunung berapi yang kesepian mencari cinta sejatinya.[7]  Wajahnya merupakan penggabungan dari wajah Kahele , Israel "IZ" Kamakawiwo'ole , The Honeymooners bintang Jackie Gleason dan bulldog Marc Antony dari Chuck Jones film animasi pendek Feed Kitty .[8]
  • Nāpua Greig sebagai Lele, gunung berapi dan bunga cinta Uku.[7]

Versi Indonesia[sunting | sunting sumber]

Penerimaan[sunting | sunting sumber]

Nicholas Garrett memberikan ulasan positif singkat; dia berkata bahwa "itu adalah salah satu dari (celana pendek) mereka yang paling menyentuh dan halus".  Oliver Lyttelton mengatakan bahwa itu "indah".  Pat Mullen memberikan 3 setengah bintang pendek dari 5, memuji "visual yang fantastis" dan "keseluruhan orisinalitas dan kesenian".  Nelson Rivera berkata "Ceritanya diceritakan secara musikal, yang selalu menarik, karena musik benar-benar dapat mencapai emosi inti dan Lava pasti mencapai ini, hampir dengan mudah".

Namun, Pablo Ruiz memberikan ulasan negatif, menggambarkan storytelling-nya sebagai "malas" dan menyatakan bahwa "tidak ada pertumbuhan karakter, tidak ada busur. Tidak ada cerita. Itu hanya terjadi di layar."  Michael Colan menempatkan Lava sebagai salah satu film pendek terlemah Pixar berdasarkan tulisannya, dengan mengatakan bahwa film itu "terlalu banyak bercerita, tidak cukup menunjukkan". Dia memuji film pendek untuk "animasi yang indah", bagaimanapun, dan berpikir bahwa itu memiliki "ide yang bagus."[9][10][11][12]

Lagu[sunting | sunting sumber]

Lagu untuk pendek, juga berjudul "Lava", dirilis pada tanggal 16 Juni 2015, sebagai single digital, dan sebagai bonus lagu pada rilis CD Inside Out ' s soundtrack.[13][14]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b Keegan, Rebecca (July 11, 2014). "First Look: Pixar's 'Lava'". Los Angeles Times. Tribune Publishing. Diakses tanggal July 11, 2014. 
  2. ^ Emery, Debbie (June 19, 2014). "Pixar's Short Film 'Lava' Announced". The Hollywood Reporter. Prometheus Global Media. Diakses tanggal July 11, 2014. 
  3. ^ Calia, Michael (June 20, 2014). "Pixar Unveils Details of Next Projects: Inside Out and Lava". The Wall Street Journal. Dow Jones & Company. Diakses tanggal June 20, 2014. 
  4. ^ Siegemund-Broka, Austin (June 20, 2014). "Pixar's Pete Docter Promises 'Inside Out' Will Break New Ground". The Hollywood Reporter. Prometheus Global Media. Diakses tanggal June 22, 2014. 
  5. ^ a b Koch, Dave (May 29, 2014). "Inside Out Adds Animated Short". Big Cartoon News. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 20, 2014. Diakses tanggal June 20, 2014. 
  6. ^ a b "5 questions with Disney/Pixar's 'LAVA' director James Ford Murphy". KHON2. January 2, 2016. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2018-02-27. Diakses tanggal 2021-03-25. 
  7. ^ a b Mizutani, Ron (August 19, 2014). "Local singer on lead role in new Disney/Pixar animated short 'Lava'". KHON2. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-08-22. Diakses tanggal August 21, 2014. 
  8. ^ Jones, Oliver (August 28, 2014). "An Exclusive First Look at the Upcoming Pixar Short 'Lava'". Yahoo! Movies. Diakses tanggal August 28, 2014. 
  9. ^ "Review: Pixar's 'Lava' is a hunk of burning love". Ka Leo O Hawaii. 
  10. ^ "We Rank the Best Pixar Shorts From 'Lava' to 'Luxo Jr.'". yahoo.com. June 18, 2015. 
  11. ^ Pat Mullen. "Cinemablographer: OIAF Review: Pixar's 'Lava'". cinemablographer.com. 
  12. ^ "LAVA". FilmMunch. June 15, 2015. Diarsipkan dari versi asli tanggal June 15, 2015. 
  13. ^ "Inside Out (CD)". Amazon.com USA. Amazon. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2015-07-01. Diakses tanggal June 26, 2015. 
  14. ^ "Lava (From "Lava") - Single". iTunes Store (USA). Apple. Diakses tanggal June 26, 2015. 

Tautan Luar[sunting | sunting sumber]