Coco (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Coco
Berkas:Coco (2017 film) poster.jpg
Poster film Coco
SutradaraLee Unkrich
ProduserDarla K. Anderson
Penulis skenarioAdrian Molina
Pemeran
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Pictures
Tanggal rilis
  • 22 November 2017 (2017-11-22) (Amerika Serikat)
  • 24 November 2017 (2017-11-24) (Indonesia)
NegaraAmerika Serikat
BahasaBahasa Inggris

Coco adalah film animasi-komputer fantasi 3D Amerika Serikat tahun 2017 yang diproduksi oleh Studio Animasi Pixar, Darla K. Anderson sebagai produser dan dirilis oleh Walt Disney Pictures.[1] Cerita ini disutradarai oleh Lee Unkrich dan Adrian Molina, Lee Unkrich yang memiliki ide orisinal sementara Adrian Molina yang menulis skenario.[2] Film ini diisi oleh suara Anthony Gonzalez, Gael García Bernal, Benjamin Bratt, Renée Victor dan Ana Ofelia Murguía. Film ini dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 22 November 2017 dan di Indonesia pada tanggal 24 November 2017.[3]

Plot[sunting | sunting sumber]

Di sebuah desa di Santa Cecilia, Meksiko, seorang ibu rumah tangga, Imelda Rivera merupakan istri seorang musisi yang meninggalkannya dan putri mereka yang berusia 3 tahun, Coco untuk mengejar kariernya di bidang musik. Karena hal itu, Imelda melarang keras musik dalam keluarganya dan beralih ke bisnis pembuatan sepatu, yang menjadi bisnis keluarga. Sembilan puluh enam tahun kemudian, cicit dari Coco, Miguel yang berusia 12 tahun, diam-diam bermimpi menjadi musisi seperti Ernesto de la Cruz, seorang bintang film dan penyanyi populer pada generasi Imelda. Suatu hari, Miguel tidak sengaja merusak foto Imelda bersama Coco di tengah keluarga ofrenda dan tidak mengembalikannya, Miguel menemukan bahwa suaminya Imelda (yang wajahnya disobek) memegangi gitar terkenal milik Ernesto. Kemudian, ketika Miguel mencoba memasuki pertunjukan bakat untuk Día de Muertos (hari peringatan bagi orang-orang yang telah meninggal), neneknya Elena menghancurkan gitarnya.

Menyimpulkan bahwa dia adalah cucu buyut Ernesto, Miguel memasuki makamnya dan mencuri gitarnya untuk digunakan dalam pertunjukan tersebut. Ketika dia memetiknya, dia menjadi tidak terlihat oleh semua orang di plaza desa, tapi bisa melihat dan dilihat oleh anjingnya Xoloitzcuintli Dante dan kerabatnya yang meninggal yang berkunjung dari Negeri Orang Mati untuk liburan. Membawanya ke sana, mereka menemukan bahwa Imelda tidak dapat menyeberang karena fotonya telah dihapus dari ofrenda. Miguel harus kembali ke Tanah Hidup sebelum matahari terbit, atau dia akan menjadi salah satu dari orang mati; Untuk melakukannya, dia harus menerima berkah dari keluarganya yang bisa mengurungkan kutukan yang ditimpakan kepadanya dengan mencuri gitar Ernesto. Imelda memberi Miguel berkah karena dia meninggalkan pencarian musiknya, dan karena tidak mau menerima kondisi Imelda, Miguel mencari restu Ernesto.

Miguel bertemu dengan Héctor, sebuah kerangka keberuntungan yang dulu pernah dimainkan dengan Ernesto dan menawarkan untuk membantu Miguel menghubunginya. Sebagai gantinya, Héctor meminta Miguel untuk membawa fotonya kembali ke Tanah Hidup agar dia bisa mengunjunginya sebelum dia melupakannya dan dia benar-benar lenyap. Héctor mencoba mengembalikan Miguel ke sanak saudaranya, tapi Miguel kabur dan menyusup ke rumah Ernesto, belajar sepanjang pertemanan lama antara keduanya telah memburuk sebelum kematian Héctor. Ernesto menyambut Miguel sebagai keturunannya, tapi Héctor menghadapkan mereka, memohon agar Miguel mengambil fotonya. Héctor menyadari kebenaran tentang kematiannya: Ernesto meracuni dia dan mencuri lagu yang dia tulis, menyampaikannya sebagai miliknya untuk menjadi terkenal. Ernesto mencuri foto Héctor dan memilikinya dan Miguel melemparkan sebuah lubang cenote.

Miguel menyadari bahwa Héctor adalah, sebenarnya, kakek buyutnya dan Coco adalah anak perempuannya, satu-satunya orang yang masih mengenangnya. Dengan bantuan Dante - diturunkan menjadi alebrije - Sungai mati menemukan dan menyelamatkan mereka. Miguel menjelaskan bahwa kematian Héctor adalah hasil keputusannya untuk kembali ke rumah dan Coco, dan Imelda dan Héctor mendamaikan. Mereka menyusup ke konser matahari terbit Ernesto untuk mengambil foto Héctor dari Ernesto dan mengungkapkannya sebagai penipuan kepada orang banyak. Ernesto diliputi oleh bel yang jatuh, menirukan kematiannya yang sebenarnya, namun foto itu hancur.

Saat matahari terbit, Héctor dalam bahaya dilupakan dan menghilang. Imelda memberkati Miguel tanpa syarat sehingga dia bisa kembali ke Tanah Hidup, di mana dia memainkan lagu untuk Coco yang ditulis Héctor untuknya selama masa kecilnya. Lagu itu memicu ingatannya akan Héctor dan merevitalisasinya, dan dia memberi Miguel foto yang tercabik dari ofrenda, yang menunjukkan wajah Héctor. Elena berdamai dengan Miguel, menerima keduanya dan musik kembali ke keluarga.

Satu tahun kemudian, Miguel dengan bangga mempersembahkan keluarga ofrenda-yang menampilkan foto Coco yang sekarang sudah meninggal - ke adik bayinya yang baru. Surat yang disimpan oleh Coco berisi bukti bahwa Ernesto mencuri musik Héctor; Akibatnya, warisan Ernesto hancur dan masyarakat melupakannya dan menghormati Héctor sebagai gantinya. Di Negeri Mati, Héctor dan Imelda bergabung dengan Coco untuk berkunjung ke Riveras yang hidup saat Miguel bernyanyi dan bermain untuk sanak saudaranya, untuk relatif mereka yang meninggal maupun yang hidup.

Pengisi suara[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ http://www.wdsmediafile.com/media/Coco/writen-material/Coco5a023fe31b99f.pdf
  2. ^ Robinson, Joanna. "Pixar's Coco Is a "Love Letter to Mexico" When It's Needed Most". HWD (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-03-21. 
  3. ^ Douglas, Edward; Lesnick, Silas (August 14, 2015). "D23: Pixar Animation Presents New Footage from Upcoming Slate". ComingSoon.net. CraveOnline. Diakses tanggal August 15, 2015. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]