Finding Nemo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Finding Nemo
Nemo-poster2.jpg
Poster layar lebar
Sutradara Andrew Stanton
Lee Unkrich (co-director)
Produser John Lasseter
Graham Walters
Penulis Cerita:
Andrew Stanton
Skenario:
Andrew Stanton
Bob Peterson
David Reynolds
Pemeran Albert Brooks
Ellen DeGeneres
Alexander Gould
Willem Dafoe
Brad Garrett
Allison Janney
Austin Pendleton
Stephen Root
Geoffrey Rush
Nicolas Bird
Erica Beck
LuLu Ebeling
Barry Humphries
Musik Thomas Newman
Robbie Williams (end credits song, "Beyond the Sea")
Antonio Carlos Jobim
Bob Bain
Bernard Herrmann
Sinematografi Sharon Calahan
Jeremy Lasky
Penyunting David Ian Salter
Distributor Walt Disney Pictures
Tanggal rilis
Bendera Amerika Serikat Bendera Kanada 30 Mei 2003
Bendera Filipina 1 Juli 2003
Bendera Australia 27 Agustus 2003
Bendera Britania Raya 10 Oktober 2003
Durasi
104 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $94 juta[1]
Pendapatan kotor Domestik:
$339,714,978
Dunia: $864,625,978
DVD Sales:
lebih dari 40 juta kopi

Finding Nemo adalah sebuah film animasi grafik komputer buatan Amerika Serikat yang meraih penghargaan Academy Award. Dirilis pada 30 Mei 2003 di Kanada dan Amerika Serikat. Pemain utamanya ialah Albert Brooks, Ellen DeGeneres, Alexander Gould, Willem Dafoe, dan masih banyak lagi. Sutradaranya ialah Andrew Stanton.

Sebuah sekuel berjudul Finding Dory, dirilis pada tanggal 17 Juni 2016.

Sipnosis

Dua ikan badut bernama Marlin dan istrinya Coral, mengagumi rumah baru mereka di Great Barrier Reef dan kopling mereka telur ketika barracuda menyerang, mengetuk Marlin sadar. Dia bangun untuk mengetahui bahwa Coral dan semua kecuali satu dari telur telah dimakan oleh barracuda. Marlin namakan telur terakhir ini Nemo, nama yang Coral sukai.

Nemo mengembangkan sirip kanan lebih kecil sebagai akibat dari kerusakan sel telur selama serangan, yang membatasi kemampuan renangnya. Khawatir tentang keamanan Nemo, Marlin malu dengan Nemo selama perjalanan kelapangan sekolah. Nemo menyelinap jauh dari karang dan ditangkap oleh penyelam scuba. Sebagai perahu berangkat, seorang penyelam sengaja mengetuk masker menyelam nya ke laut. Ketika mencoba untuk menyelamatkan Nemo, Marlin bertemu Dory, ikan yang baik hati dan optimis regal tang biru dengan kehilangan memori jangka pendek. Marlin dan Dory memenuhi tiga hiu bernama Bruce, Anchor dan Chum yang mengaku menjadi vegetarian. Marlin menemukan topeng penyelam dan pemberitahuan alamat tertulis di atasnya. Ketika ia berpendapat dengan Dory dan sengaja memberinya mimisan, aroma darah menyebabkan Bruce memasukkan tak terkendali feeding frenzy. Pasangan ini melarikan diri dari Bruce tetapi topeng itu jatuh ke parit di laut dalam.

Selama perjuangan berbahaya dengan anglerfish di parit, Dory melihat topeng menyelam dan membaca alamat terletak di Sydney, Australia. Pasangan ini berenang di, menerima arah ke Sydney dari sekolah dari moonfish. Marlin dan Dory menghadapi mekar dari ubur-ubur yang hampir membunuh mereka. Marlin kehilangan kesadaran dan bangun pada penyu bernama Crush, yang mengambil Marlin dan Dory pada Arus Timur Australia. Marlin menceritakan rincian perjalanan panjang dengan sekelompok kura-kura laut, dan kisahnya tersebar di lautan. Dia juga melihat bagaimana menghancurkan mendapat baik dengan anaknya Squirt.

Sementara itu, Nemo ditempatkan dalam tangki ikan di kantor seorang dokter gigi bernama Phillip Sherman di Sydney Harbour. Dia bertemu ikan akuarium disebut Tank Gang, yang dipimpin oleh idola Moor bernama Gill, yang memiliki sirip rusak. Ikan belajar bahwa Nemo adalah untuk diberikan kepada keponakan Sherman, Darla, yang membunuh ikan dengan terus-menerus gemetar tasnya. Gill kemudian mengungkapkan rencananya untuk melarikan diri, kemacetan Filter tangki, memaksa dokter gigi untuk menghapus ikan untuk membersihkannya. Ikan akan ditempatkan dalam kantong plastik, dan kemudian mereka akan menggelar jendela dan ke pelabuhan. Setelah upaya melarikan diri yang salah, sebuah burung pelikan bernama, Nigel, membawa berita tentang petualangan Marlin ini. Terinspirasi oleh tekad ayahnya, Nemo berhasil kemacetan filter, tetapi dokter gigi menginstal filter baru berteknologi tinggi sebelum mereka dapat melarikan diri.

Setelah meninggalkan Arus Timur Australia, Marlin dan Dory ditelan oleh paus biru. Di dalam mulut ikan paus, Dory berkomunikasi dengan paus, yang membawa mereka ke Port Jackson dan mengusir mereka melalui blowhole nya. Mereka bertemu Nigel, yang mengakui Marlin dari cerita-cerita yang telah didengar, dan ia membawa mereka ke kantor Sherman. Darla baru saja tiba dan dokter gigi yang menyerahkan Nemo padanya. Nemo memainkan mati untuk menyelamatkan dirinya sebagai Nigel tiba. Marlin melihat Nemo dan percaya bahwa dia sudah mati sebelum Nigel adalah keras dibuang. Putus asa, Marlin meninggalkan Dory dan mulai berenang kerumah. Gill kemudian membantu Nemo melarikan diri ke dalam saluran yang mengarah ke laut. Dory kehilangan memori dan menjadi bingung, dan memenuhi Nemo, yang mencapai laut. Akhirnya, memori Dory ini kembali setelah dia membaca kata "Sydney" pada pipa pembuangan a. Dia mengarahkan Nemo untuk Marlin dan mereka bersatu kembali, tetapi kemudian Dory tertangkap dalam jaring ikan dengan sekolah kerapu. Nemo memasuki net dan memerintahkan kelompok untuk berenang ke bawah untuk istirahat bersih, memungkinkan mereka untuk melarikan diri. Setelah pulang ke rumah, Nemo pergi untuk sekolah, dengan anak Crush, Squirt, dan Marlin, tidak lagi protektif, bangga melihat Nemo berenang menjauh dengan Dory di sisinya.

Sementara itu di kantor dokter gigi, filter berteknologi tinggi rusak dan Gang Tank lolos ke pelabuhan, terlambat menyadari mereka masih terbatas pada kantong plastik mereka.

Kesuksesan

Finding Nemo adalah Animasi tersukses kedua dari Pixar, dengan jumlah keuntungan dunia 866.592.978 dolar Amerika Serikat, di belakang Toy Story 3 yang berhasil mendapatkan pendapatan $1,000,519,000 Dollar Amerika Serikat. Berikut ini adalah daftar peringkat film animasi buatan Pixar berdasarkan keuntungan yang diraih:

A Bug's Life adalah animasi Pixar yang mendapat keuntungan terendah dalam seminggu pemutaran perdananya, dan dilihat dari waktu perilisannya, Cars adalah satu-satunya kartun Pixar yang kurang mendapat sambutan yang meriah di pasaran.

Reaksi Kritikan

Pixar juga menjadi produsen film animasi pertama dan satu-satunya yang 90% dari semua filmnya mempunyai rating di atas 90% dari situs pengkritik internasional dan profesional, Rotten Tomatoes. Toy Story 2 dan Toy Story adalah film animasinya yang mempunyai rating tertinggi dari semua filmnya, yaitu 100% full positive. Sedangkan Cars menjadi film terendah rating-nya dan satu-satunya film animasi dari Pixar yang tidak mendapatkan rating di atas 90% oleh Rotten Tomatoes. Berikut adalah daftar peringkat film animasi buatan Pixar berdasarkan rating tertinggi yang diraih dari Rotten Tomatoes:

Penayangan di Televisi Indonesia

Di Indonesia, film ini sering ditayangkan di RCTI, Global TV dan Disney Channel Asia, dalam versi dubbing dalam bahasa Indonesia.

Pengisi suara

Referensi

Pranala luar