Dino yang Baik

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
The Good Dinosaur
The Good Dinosaur poster.jpg
Poster film
SutradaraPeter Sohn
ProduserDenise Ream[1]
SkenarioMeg LeFauve
Cerita
Pemeran
Musik
PenyuntingStephen Schaffer
Perusahaan
produksi
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 10 November 2015 (2015-11-10) (Paris premiere)
  • 25 November 2015 (2015-11-25) (Amerika Serikat)
  • 27 November 2015 (2015-11-27) (Indonesia)
Durasi
93 Menit[4]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$175 Juta[5]
Pendapatan kotor$332.3 Juta[6]

Dino Yang Baik (atau yang disebut dalam Bahasa Inggris:The Good Dinosaur ) adalah film petualangan drama animasi komputer 3D Amerika pada 2015 diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures. Disutradarai oleh Peter Sohn dalam debut sutradara dan ditulis oleh Meg LeFauve dari ide asli oleh Bob Peterson, film ini diatur dalam sejarah alternatif di mana dinosaurus tidak pernah punah. Film ini menceritakan Apatosaurus muda dan pemalu bernama Arlo, yang bertemu dengan teman manusia yang tidak biasa saat bepergian melalui lanskap yang keras, berbahaya dan misterius. Film ini menampilkan suara-suara Raymond Ochoa, Jack Bright, Sam Elliott, Anna Paquin, A.J. Buckley, Steve Zahn, Jeffrey Wright dan Frances McDormand.

John Peterson, yang datang dengan ide untuk cerita tersebut, mengarahkan film ini hingga Agustus 2013. Pada Oktober 2014, Sohn diumumkan sebagai sutradara baru. Film ini, bersama Inside Out , menandai pertama kalinya Pixar merilis dua film fitur pada tahun yang sama.[7]

The Good Dinosaur ditayangkan perdana pada 10 November 2015 di Paris dan dirilis di Amerika Serikat pada 25 November 2015. Film ini meraup $ 332 juta di seluruh dunia dengan anggaran $175 juta. Ini menghasilkan kerugian bersih total $85 juta, menjadi film Pixar pertama yang menjadi bom box office.[8]

Alur cerita[sunting | sunting sumber]

Dalam sejarah alternatif, asteroid yang menyebabkan kepunahan dinosaurus 65 juta tahun yang lalu melewati dengan aman di atas Bumi. Jutaan tahun kemudian, petani jagung Apatosaurus, Henry dan Ida memiliki anak: Libby, Buck dan si kerdil, Arlo, yang kesulitan menyesuaikan diri dengan kehidupan pertanian. Sementara saudara kandungnya yang sukses diizinkan untuk "membuat jejak" (jejak lumpur pada silo jagung keluarga), sifat takut-takut Arlo membuat tugas menjadi sulit baginya. Henry berusaha memberi Arlo rasa tujuan dengan menugaskannya menjaga silo mereka, dan membantunya menjebak. Ia menangkap seekor caveboy, tetapi Arlo tidak bisa memaksa dirinya untuk membunuhnya, dan membebaskannya. Kecewa, Henry membawa Arlo untuk melacak caveboy, memimpin mereka ke jurang. Henry menyelamatkan Arlo dari banjir bandang sebelum disapu dan dibunuh.

Tanpa ayahnya, Arlo mempunyai beban pekerjaan lebih banyak. Dia melihat laki-laki yang sama di dalam silo dan, menyalahkannya atas kematian ayahnya, mengejarnya ke sungai, di mana dia memukul kepalanya di atas batu dan dipukul sampai pingsan. Terbangun, ia menemukan dirinya jauh dari rumah dan mencoba untuk bertahan hidup sendiri, tetapi menjadi terjebak ketika sebuah batu besar menjepit kakinya. Keesokan harinya, Arlo bangun untuk menemukan kakinya telah dibebaskan, dan burung hantu muncul dengan makanan untuknya. Laki-laki itu kemudian membawa Arlo ke pohon berry, tempat laki-laki itu menangkis seekor ular besar, menakjubkan Arlo dan mengesankan seorang Styracosaurus eksentrik di dekatnya yang ingin menjaga bocah itu. Dia memaksa Arlo untuk bersaing dengannya untuk memberikan nama yang akan dia respons, yang akhirnya menang ketika dia memanggilnya "Spot". Ikatan Arlo dan Spot sebagai Arlo menyesali keluarganya yang hilang, dan Spot mengungkapkan bahwa orang tuanya sendiri sudah mati. Belakangan, ketika badai terjadi, Arlo melarikan diri dalam ketakutan dan kehilangan tepian sungai yang telah dia ikuti pulang. Pagi berikutnya, Arlo bangun untuk menemukan Spot di sisinya. Mereka diperhatikan oleh sekelompok pterodactyl, yang dipimpin oleh Thunderclap, yang tampaknya melakukan operasi penyelamatan tetapi ternyata karnivora kejam. Ketika pterodactyl mencoba untuk mengambil Spot, Arlo dan Spot melarikan diri, terjadi ketika sepasang Tyrannosaurus bernama Nash dan Ramsey, yang menghadang pterodactyl. Nash, Ramsey, dan ayah mereka, Butch, telah kehilangan banyak sekali longhorns, jadi Arlo menawarkan bantuan Spot untuk mengendus mereka.

Kelompok itu menemukan kawanan itu, tetapi Butch mengakui pekerjaan para perampok ternak, dan menggunakan Arlo sebagai umpan. Arlo dan Spot menarik perhatian empat perampok Velociraptor, yang memungkinkan Butch dan keluarganya untuk menyerang. Setelah pencuri telah diusir dari padang rumput, Arlo bergabung dengan Tyrannosaurus dalam mengarahkan ternak ke selatan ketika dia melihat puncak gunung yang terkenal dari tanah airnya di kejauhan, dan pergi dengan Spot untuk pulang ke rumah. Sepanjang jalan, mereka bertemu manusia gua liar dewasa di kejauhan, dan meskipun Spot menunjukkan minat, Arlo mencegahnya dan mereka melanjutkan. Ketika badai lain mendekat, Thunderclap dan pterodactyl kembali dan menyerang serta membawa Spot pergi. Arlo menjadi terjerat dalam tanaman merambat, di mana ia memiliki pengelihatan terhadap ayahnya yang sudah mati utnuk membawanya pulang. Arlo bukannya memutuskan untuk menyelamatkan Spot, membuat arwah ayahnya bangga sebelum menghilang. Arlo menemukan dan menyerang pterodactyl, yang telah memojokkan Spot di sungai. Arlo dan Spot bersama-sama menjatuhkan Thunderclap dan pterodactyl ke dalam air, di mana mereka tersapu ke hilir tanpa daya. Ketika banjir bandang terjadi lagi, Arlo melompat ke dalam air untuk menyelamatkan Spot ketika keduanya tersapu ke arah air terjun. Arlo melindungi Spot saat keduanya jatuh, dan membawanya ke pantai. Ketika mereka mendekati rumah Arlo, keduanya kembali mendengar panggilan manusia gua yang tidak dikenal, dan didekati oleh seluruh keluarga goa. Dengan sangat enggan, Arlo mendorong Spot untuk bergabung dengan keluarga angkatnya, dan mereka berdua saling mengucapkan selamat tinggal. Arlo akhirnya tiba di rumah untuk ibu dan saudara-saudaranya, dan membuat tanda di lambung padi di antara ibu dan ayahnya.

Pemeran suara[sunting | sunting sumber]

Produksi[sunting | sunting sumber]

Pengembangan[sunting | sunting sumber]

Bob Peterson dan Peter Sohn mulai mengerjakan film tersebut pada tahun 2009, ketika Peterson muncul dengan ide tersebut.[14] Tanggal rilis film pertama pada 27 November 2013, pertama kali diumumkan pada Juni 2011.[15] Alur cerita, sutradara dan co-sutradara, produser dan detail kecil lainnya diumumkan di D23 Expo pada 20 Agustus 2011. Peterson dan John Walker mengumumkan film ini sebagai The Untitled Pixar Movie About Dinosaurs. Pada 24 April 2012, Pixar mengumumkan bahwa ia akan diberi judul The Good Dinosaur.[16]

Para pembuat film ingin mengeksplorasi apa yang diwakili dinosaurus hari ini, dan bagaimana mereka diwakili dalam stereotip. Peterson menyatakan: "Sudah waktunya untuk membuat film di mana Anda mengenal dinosaurus, seperti apa rasanya menjadi dinosaurus dan bersama dinosaurus." Peterson mengatakan bahwa inspirasi untuk proyek tersebut berasal dari kunjungan masa kanak-kanak ke 1964 New York World's Fair di mana ia terkesan oleh beberapa dinosaurus Audio-Animatronics.

Pertimbangan[sunting | sunting sumber]

Pada musim panas 2013, Peterson dan Walker telah dikeluarkan dari film karena masalah cerita.[17] Peterson, yang tidak dapat memecahkan tindakan ketiga film itu, tidak hadir dari D23 Expo di mana John peter Sohn dan produser Denise Ream menyajikan cuplikan dari film tersebut. Presiden Pixar Ed Catmull menjelaskan kedatangan: "Semua sutradara benar-benar terlibat dalam film mereka. Kadang-kadang Anda hanya perlu perspektif yang berbeda untuk mengeluarkan idenya. Kadang-kadang sutradara ... begitu tertanam dalam ide-ide mereka sehingga orang lain perlu menyelesaikannya. "Peterson pindah ke proyek lain yang ia kembangkan di Pixar sementara Ream menggantikan Walker, yang pergi bekerja di film Tomorrowland milik Disney.

Desain dan pengeditan[sunting | sunting sumber]

Pembuat film ingin alam menjadi antagonis untuk karakter utama Arlo. Ream mencatat, "Alam dapat mengatasi apa pun, termasuk dinosaurus besar." Untuk mencapai realisme yang dibutuhkan, tim film melakukan perjalanan ke Barat laut Amerika, menghabiskan waktu di Jackson Hole, Wyoming, Juntura, Oregon, dan Montana selatan. Perancang produksi Harley Jessup menyatakan: "Daerah ini memiliki beragam lanskap yang fantastis, mulai dari Lembah Jackson dan Teton hingga geyser dan air terjun yang menakjubkan di Yellowstone, kami mempelajari padang rumput Montana dan Gurun Merah, kemudian menggabungkan semua itu di Perjalanan Arlo. " Untuk menggunakan lanskap yang telah mereka alami, pembuat film menggunakan data dari U.S. Geological Survey, dan gambar satelit dari Google Earth.

Permainan video[sunting | sunting sumber]

  • The Good Dinosaur: Dino Crossing adalah game yang didasarkan pada film Pixar The Good Dinosaur. Itu dirilis di App Store, Google Play, dan Amazon App Store pada 19 November 2015.

Perilisan[sunting | sunting sumber]

The Good Dinosaur dirilis secara teatrikal pada tanggal 25 November 2015. Sebelum penjadwalan ulang dari 2014 hingga 2015, sebuah film pendek Monster University berjudul Party Central diatur untuk bersama film tersebut, tetapi sebaliknya ditampilkan dengan rilis teater Disney's ' 'Muppets Most Wanted' '. Pada bulan April 2015, diumumkan bahwa Pixar menampilkan film pendek barunya, Tim Super Sanjay , yang disutradarai oleh Sanjay Patel, akan ditampilkan di depan The Good Dinosaur sebagai gantinya.

Trailer teaser film ini dirilis pada 2 Juni 2015, dan trailer resmi pertama dirilis pada 21 Juli 2015. Film ini menerima tayangan eksklusif di The Grand Rex di Paris seminggu sebelum pemutaran perdana di Amerika serikat dan Eropa.

Home media[sunting | sunting sumber]

The Good Dinosaur dirilis oleh Walt Disney Studios Home Entertainment pada Blu-ray (2D dan 3D), DVD, dan unduhan digital di Amerika Serikat pada 23 Februari 2016. Fitur bonus Blu-ray termasuk Tim Super Sanjay, komentar audio, di belakang Fitur-adegan-adegan, adegan yang dihapus, dan klip pendek promosi "Hide and Seek".[19] The Good Dinosaur dirilis pada 4K UHD Blu-Ray pada 10 September 2019.[20]

Versi bahasa Indonesia[sunting | sunting sumber]

Dino Yang Baik
Dino Yang Baik.jpg
Poster layar lebar
PemeranAdam Farrel
DistributorWalt Disney Studios
Motion Pictures
Tanggal rilis
  • 27 November 2015 (2015-11-27) (Indonesia)
Durasi
100 Menit
NegaraIndonesia
BahasaIndonesia

Versi dubbing bahasa Indonesia dari film ini, dikenal sebagai Dino Yang Baik, dirilis di bioskop seluruh Indonesia pada tanggal 27 November 2015. Dan ini merupakan film kedua Disney-Pixar yang dirilis secara dubbing bahasa Indonesia di bioskop seluruh Indonesia, setelah WALL-E pada tahun 2008. Salah satu pengisi suara yang terkenal dalam versi ini adalah Adam Farrel yang mengisi suara Arlo. Dino Yang Baik juga ditayangkan di RCTI pada tanggal 17 Juni 2018 dan di GTV pada tanggal 23 Juni 2018.

Penghasilan[sunting | sunting sumber]

Box office[sunting | sunting sumber]

The Good Dinosaur mendapat $ 123,1 juta di Amerika Serikat dan Kanada dan $ 209,1 juta di negara-negara lain, dengan total $ 332,2 juta di seluruh dunia.[21] dibandingkan dengan anggaran produksi $ 175–200 juta, Menambah anggaran pemasaran , film ini menelan biaya $ 350 juta, yang tidak dapat dikembalikan - menyebabkan Walt Disney Studios kehilangan $ 85 juta yang tidak disesuaikan karena inflasi. Namun, film ini terbukti jauh lebih sukses secara finansial dalam penjualan video rumahan.[22]

Di Amerika Utara, The Good Dinosaur dibuka pada hari Rabu, 25 November 2015 bersama Creed dan Victor Frankenstein, serta dirilis luas Brooklyn, Spotlight, dan Trumbo. Film ini diproyeksikan mencapai $ 60-65 juta dari 3.749 bioskop dalam lima hari pertama, termasuk $ 45 juta di akhir pekan pembukaannya. Itu menghasilkan $ 1,3 juta dari preview Selasa malam dan $ 9,8 juta pada hari pertama. Film ini akhirnya meraup $ 55,6 juta dalam lima hari pertama, termasuk $ 39,2 juta pada akhir pekan pembukaannya, menempati urutan kedua di box office di belakang akhir pekan kedua The Hunger Games: Mockingjay - Part 2

Respon kritik[sunting | sunting sumber]

Situs agregasi ulasan Rotten Tomatoes memberi film ini peringkat 76%, berdasarkan 211 ulasan, dengan rata-rata peringkat 6,59 / 10. Konsensus kritis situs itu berbunyi, "The Good Dinosaur memberikan animasi yang sangat indah dalam melayani cerita yang layak, bahkan jika itu tidak cukup memenuhi standar tinggi yang ditetapkan oleh Pixar, masih menambah hiburan yang menarik dan ramah keluarga".[23] Di Metacritic, film ini memiliki skor rata-rata tertimbang dari 66 dari 100, berdasarkan ulasan dari 37 kritikus, yang menunjukkan" ulasan yang umumnya menguntungkan.[24] "Audiens yang disurvei oleh CinemaScore memberi film ini nilai rata-rata" A "pada skala A + ke F

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama LATYanks
  2. ^ Chang, Justin (November 13, 2015). "Film Review: 'The Good Dinosaur'". Variety. Diakses tanggal November 13, 2015. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama VarietyPixarMold
  4. ^ "THE GOOD DINOSAUR [2D, with short: Sanjay's Super Team] (PG)". British Board of Film Classification. November 11, 2015. Diakses tanggal November 11, 2015. 
  5. ^ Pamela McClintock (November 23, 2015). "Box-Office Thanksgiving Preview: 'Good Dinosaur' Takes On 'Hunger Games: Mockingjay'". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal November 24, 2015. 
  6. ^ "The Good Dinosaur (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal November 26, 2015. 
  7. ^ "'Inside Out' brings joy back to Pixar". USA TODAY (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-23. 
  8. ^ "'Good Dinosaur': Analyzing Pixar's First Box-Office Disaster". The Hollywood Reporter (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-23. 
  9. ^ a b c d e f g h i "Meet the New Cast of Disney•Pixar's The Good Dinosaur". The Walt Disney Company. June 12, 2015. Diakses tanggal June 12, 2015. 
  10. ^ a b c d e f Han, Angie (June 17, 2015). "'The Good Dinosaur' Preview: How John Ford and Hayao Miyazaki Helped Inspire Pixar". /Film. Diakses tanggal June 18, 2015. 
  11. ^ a b c d e f g h i "'The Good Dinosaur' Official Character Descriptions". stitchkingdom.com. November 10, 2015. Diakses tanggal November 10, 2015. 
  12. ^ Dougherty, Robert (October 12, 2015). "'The Good Dinosaur' Characters Receive Profiles". themovienetwork.com. Diakses tanggal October 12, 2015. 
  13. ^ "The Good Dinosaur Bubbha Feature Action Figure". Disney Store. Diakses tanggal October 24, 2015. 
  14. ^ Desta, Yohana. "How Pixar created the beautiful, dangerous world of 'Good Dinosaur'". Mashable (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-02. 
  15. ^ "Big Screen Animation: Untitled Pixar feature coming Nov. 27, 2013". web.archive.org. 2013-03-17. Diakses tanggal 2019-09-02. 
  16. ^ "CinemaCon 2012: Pixar's Dinosaur Film Gets A Title, New Lee Unkrich Project Announced". The Pixar Times (dalam bahasa Inggris). 2012-04-25. Diakses tanggal 2019-09-02. 
  17. ^ "Pixar Animation yanks director Bob Peterson off 'The Good Dinosaur'". Los Angeles Times (dalam bahasa Inggris). 2013-08-30. Diakses tanggal 2019-09-02. 
  18. ^ Bradley, Dan (2015-11-03). "Disney Infinity 3.0 November Figures and The Good Dinosaur Power Discs Out Now". TheHDRoom (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-04-23. 
  19. ^ http://www.washingtontimes.com, The Washington Times. "Blu-ray review: The Good Dinosaur, Pixar's prehistoric travelogue". The Washington Times (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-09-02. 
  20. ^ The Good Dinosaur 4K Blu-ray, diakses tanggal 2019-09-02 
  21. ^ "The Good Dinosaur (2015) - Box Office Mojo". www.boxofficemojo.com. Diakses tanggal 2019-09-02. 
  22. ^ "The Good Dinosaur Somehow Managed To Find Its Audience On Home Video". CINEMABLEND. 2016-03-04. Diakses tanggal 2019-09-02. 
  23. ^ The Good Dinosaur (2015) (dalam bahasa Inggris), diakses tanggal 2019-09-02 
  24. ^ The Good Dinosaur, diakses tanggal 2019-09-02 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]