Antropomorfisme

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Karakter antropomorfisme; kucing yang digambarkan dengan karakteristik manusia.

Antropomorfisme adalah atribusi karakteristik manusia ke makhluk bukan manusia. Subyek antropomorfisme seperti binatang yang digambarkan sebagai makhluk dengan motivasi manusia, dapat berpikir dan berbicara, atau benda alam seperti angin atau matahari. Istilah antropomorfisme berasal dari bahasa Yunani ἄνθρωπος (anthrōpos), manusia dan μορφή (morphē), bentuk. Tiga hewan antropomorfis yang paling terkenal sampai saat ini adalah Donal Bebek, Miki Tikus, serta Tom dan Jerry.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Antropomorfisme diyakini telah ada sejak 40,000 tahun yang lalu, salah satunya penggunaan patung-patung hewan pada bangsa mesir kuno, contohnya adalah patung dan ukiran dewa-dewa mesir, dan pada jerman, ditemukan figur manusia dengan kepala singa, yang diyakini berusia lebih dari 32,000 tahun

Literatur[sunting | sunting sumber]

Fabel[sunting | sunting sumber]

Dalam sastra, tak asing lagi istilah fabel, fabel merupakan cerita, yang didalamnya tokohnya berupa hewan, yang biasanya berwujud Antropomorfisme, di indonesia sendiri terdapat banyak cerita fabel, contohnya seperti cerita "si kancil"

Literatur modern[sunting | sunting sumber]

Mulai milenium 19, cerita dan film fabel dengan antrpomorfisme, banyak bermunculan, kebanyakan merupakan cerita untuk anak-anak dan pada tahun milenium 20, buku bergambar anak dengan tema ini, sedang berkembang pesat, dan kemudian, literatur dan media antropomorfisme, memimpin munculnya suatu fandom, yang dikenal sebagai Furry fandom, yang mempromosikan dan membuat cerita yang mengikutkan hewan antropomorfisme, dan sekaligus menggemarinya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]