David Hume

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
David Hume
David Hume
Lahir(1711-05-07)7 Mei 1711
Edinburgh, Skotlandia
Meninggal25 Agustus 1776(1776-08-25) (umur 65)
Edinburgh, Skotlandia
EraFilsafat abad ke-18
AliranPencerahan Skotlandia; Naturalisme, Skeptisisme, Empirisisme, Utilitarianisme, Liberalisme klasik
Minat utamaEpistemologi, Metafisika, Filsafat pikiran, Etika, Filsafat politik, Aestetika, Filsafat agama, Ekonomi klasik
Gagasan pentingMasalah sebab-akibat, induksi, masalah adalah-seharusnya, Utilitas, Sains manusia
AlmamaterUniversitas Edinburgh

David Hume (lahir 26 April 1711 – meninggal 25 Agustus 1776 pada umur 65 tahun)[1] adalah filsuf Skotlandia, ekonom, dan sejarawan. Dia dimasukan sebagai salah satu figur paling penting dalam filosofi barat dan Pencerahan Skotlandia. Walaupun kebanyakan ketertarikan karya Hume berpusat pada tulisan filosofi, sebagai sejarawanlah dia mendapat pengakuan dan penghormatan. Karyanya The History of England[2] merupakan karya dasar dari sejarah Inggris untuk 60 atau 70 tahun sampai Karya Macaulay.[3]

Riwayat Kehidupan[sunting | sunting sumber]

David Hume lahir di Edinburgh, Skotlandia, pada 26 April 1711 sebagai anak kedua dari seorang tuan tanah di daerah utara Skotlandia. Ia diharapkan keluarganya kelak menjadi seorang ahli hukum, namun ketertarikan Hume hanya pada filsafat dan pengetahuan. Sejak muda ia meyakini bahwa ia akan menemukan cara berpikir baru (suatu pemikiran universal yang baru), ia menyadari bahwa kerap kali cara berpikir dapat bertentangan dengan kehidupan sehari-hari yang lebih praktis. Setelah beberapa waktu bergulat dengan pemikirannya, ia kemudian berhenti dan melanjutkan pekerjaannya sebagai saudagar[4].

Hume sempat mengalami gangguan kesehatan jiwa berupa murung yang menyebabkan ia sedih tanpa alasan, ia kemudian pindah ke Prancis dan tetap melanjutkan aktifitas menulisnya. David Hume meninggal dunia sesudah menderita sakit pada 25 Agustus 1776[4].

Pengaruh[sunting | sunting sumber]

Hume sangat dipengaruhi oleh empirisis John Locke dan George Berkeley, dan juga bermacam penulis berbahasa Prancis seperti Pierre Bayle, dan bermacam figur dalam landasan intelektual berbahasa Inggris seperti Isaac Newton, Samuel Clarke, Francis Hutcheson, Adam Smith, dan Joseph Butler.[5]

Hume merupakan filsuf besar pertama dari era modern yang membuat filosofi naturalistis. Filosofi ini sebagian mengandung penolakan atas prevalensi dalam konsepsi dari pikiran manusia merupakan miniatur dari kesadaran suci; sebuah pernyataan Edward Craig yang dimasukan dalam doktrin 'Image of God'.[6] Doktrin ini diasosiasikan dengan kepercayaan dalam kekuatan akal manusia dan penglihatan dalam realitas, di mana kekuatan yang berisi seritikasi Tuhan. Skeptisme Hume datang dari penolakannya atas ideal di dalam'.[7]

Salah satu pemikiran skeptis radikal Hume dapat diringkas secara sederhana demikian: kausalitas itu tidak ada. Bila ada dua peristiwa yang biasanya dianggap orang sebagai sebab-akibat, misalnya (1) air mendidih pada 100 °C karena (2) air dipanaskan dengan api, itu hanyalah hubungan post-hoc, maksudnya peristiwa (1) terjadi setelah (post) peristiwa (2). Belum tentu di setiap tempat dan situasi air mendidih pada suhu 100 °C karena dipanaskan dengan api kecuali kalau ada orang yang telah membuktikannya sendiri, yakni dengan melakukan percobaan terus menerus. Keragu-raguannya itu membuatnya digolongkan dalam filsuf empirisme, tetapi secara khusus emprisme radikal.

Karya-karya[sunting | sunting sumber]

Karya-karya David Hume didominasi oleh tema-tema politik, agama, moral, dan filsafat pengetahuan yang tersebar dalam buku-buku maupun surat-suratnya, diantara karyanya yang terkenal adalah:

  • Treatise of Human Nature, being an attempt to introduce the experimental method of reasoning into moral subject (1737)
  • Essay on Miracles (1748)
  • An Inquiry Concerning Human Understanding (1749)
  • The Natural History of Religion (1755)
  • Inquiry Concerning the Principles of Morals (1751)

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ April 26 is Hume's birthdate in the Old Style Julian calendar, it is May 7 in New Style (Gregorian).
  2. ^ 6 vols., (London: Andrew Millar, 1754-1762).
  3. ^ Thomas Babington Macaulay, The History of England from the Accession of James II, 5 vols. (London: Longman, Brown, Green and Longmans, 1849-1861) [1], [2], [3], [4], [5] ; David F. Norton, ed. The Cambridge Companion to Hume (Cambridge: 1993), p. 211.
  4. ^ a b Daruni Asdi, Endang; Aksa, Husnan (1982). Filsuf-filsuf Dunia Dalam Gambar. Yogyakarta: Karya Kencana. hlm. 115–116. 
  5. ^ In the Introduction to his "A Treatise of Human Nature", Hume mentions "Mr Locke, Lord Shaftesbury, Dr Mandeville, Mr Hutcheson, Dr Butler, etc." as philosophers "who have begun to put the science of man on a new footing, and have engaged the attention, and excited the curiosity of the public".
  6. ^ See Edward Craig's The Mind of God and the Works of Man, (Oxford, 1987).
  7. ^ Term borrowed from Craig's book cited in previous fn.