Amsterdam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Amsterdam
Munisipalitas/kota
RijksmuseumAmsterdamMuseumplein2.50,1.jpg
KeizersgrachtReguliersgrachtAmsterdam.jpg Paleis op de dam.JPG
Concertgebouw3x2.jpg Replica VOC-schip Amsterdam.jpg
Amsterdam rainbow coffeeshop.jpg Amsterdam red light district 24-7-2003.JPG
Zuidas by night, Amsterdam.jpg
Dari atas ke bawah, kiri ke kanan: Rijksmuseum,
Kanal Amsterdam, Istana Raja di Lapangan Dam,
Royal Concertgebouw, Museum Maritim Nasional,
sebuah toko kopi cannabis, distrik lampu-merah De Wallen,
distrik bisnis Zuidas di malam hari
Bendera Amsterdam
Bendera
Lambang Amsterdam
Lambang
Julukan: Mokum, Venesia di Utara
Semboyan: Heldhaftig, Vastberaden, Barmhartig
(Berani, Tegar, Penyayang)
Letak kota Amsterdam
Letak kota Amsterdam
Koordinat: 52°22′23″LU 4°53′32″BT / 52,37306°LU 4,89222°BT / 52.37306; 4.89222
Negara Belanda
Provinsi Holland Utara
COROP Amsterdam
Borough Borough
Pemerintahan
 • Walikota Eberhard van der Laan (Partai Buruh)
 • Aldermen Lodewijk Asscher
Eric van der Burg
Andrée van Es
Carolien Gehrels
Freek Ossel
Maarten van Poelgeest
Eric Wiebes
 • Sekretaris Henk de Jong
Luas[1][2]
 • Munisipalitas/kota 219 km2 (85 sq mi)
 • Darat 166 km2 (64 sq mi)
 • Air 53 km2 (20 sq mi)
 • Metro 1.815 km2 (701 sq mi)
Ketinggian[3] 2 m (7 ft)
Populasi (31 December 2010)[4][5]
 • Munisipalitas/kota 780.152
 • Kepadatan 3.506/km2 (9,080/sq mi)
 • Kota 1.209.419
 • Metro 2.158.592
 • Kawasn Metro 2,431,000
 • Randstad 7,100,000
Zona waktu CET (UTC+01)
 • Musim panas (DST) CEST (UTC+02) (UTC)
Kode pos 1011–1109
Kode wilayah 020
Situs web www.amsterdam.nl

Amsterdam (/ˈæmstərdæm/; bahasa Belanda [ˌɑmstərˈdɑm]  ( dengarkan)) adalah kota terbesar sekaligus ibu kota Belanda. Posisi Amsterdam saat ini sebagai ibu kota Kerajaan Belanda diatur oleh konstitusi 24 Agustus 1815 dan penerusnya.[6] Amsterdam memiliki jumlah penduduk sebanyak 980.876 jiwa di dalam batas kota, populasi perkotaan 1.209.419 jiwa dan populasi metropolitan 2.158.592 jiwa.[7] Kota ini terletak di provinsi Holland Utara di sebelah barat negara ini. Wilayah Amsterdam mencakup bagian utara Randstad, salah satu konurbasi terbesar di Eropa dengan jumlah penduduk sekitar 7 juta jiwa.[8]

Nama kota ini berasal dari kata Amstelredamme,[9] yang merupakan asal usul kota ini, yaitu sebuah bendungan di sungai Amstel. Dulunya dihuni sebagai desa nelayan kecil pada akhir abad ke-12, Amterdam menjadi salah satu pelabuhan terpenting di dunia selama Masa Keemasan Belanda, akibat pengembangan perdagangan yang inovatif. Pada waktu itu, kota ini merupakan pusat keuangan dan permata terdepan.[10] Pada abad ke-19 dan ke-20, kota ini memperluas diri dan banyak permukiman serta kota pinggiran yang dibangun. Kanal-kanal Amsterdam (Belanda: 'Grachtengordel') abad ke-17 yang berada di jantung Amsterdam dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada Juli 2010.

Kota ini adalah ibu kota keuangan dan budaya Belanda.[11] Banyak perusahaan besar Belanda memiliki kantor pusat di sana, dan 7 dari 500 perusahaan teratas dunia, termasuk Philips dan ING, berpusat di kota ini.[12] Pada tahun 2010, Amsterdam menempati peringkat ke-13 dalam daftar kota dengan kualitas hidup terbaik di dunia[13] oleh Mercer, dan sebelumnya peringkat ke-3 dalam inovasi oleh 2thinknow pada Indeks Kota Inovasi 2009.[14]

Bursa Saham Amsterdam, bursa saham tertua di dunia, terletak di pusat kota. Tempat-tempat wisata utama Amsterdam, termasuk kanal-kanal bersejarahnya, Rijksmuseum, Van Gogh Museum, Stedelijk Museum, Hermitage Amsterdam, Anne Frank House, Amsterdam Museum, distrik lampu merah, dan kedai kopi cannabisnya menarik lebih dari 3,66 juta wisatawan mancanegara setiap tahunnya.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Bursa Saham Amsterdam adalah bursa saham tertua sedunia.
Pemotong berlian

Amsterdam adalah pusat keuangan dan bisnis di Belanda.[15] Amsterdam saat ini merupakan salah satu kota terbaik di Eropa bagi bisnis internasional. Kota ini menempati peringkat kelima dan hanya kalah dari London, Paris, Frankfurt dan Barcelona.[16] Banyak perusahaan dan bank ternama berkantor pusat disini, diantaranya Akzo Nobel, Heineken International, ING Group, ABN AMRO, TomTom, Delta Lloyd Group, Booking.com dan Philips. Kantor pusat KPMG International berlokasi di Amstelveen, tidak jauh dari kota ini.

Meski banyak kantor kecil masih berkantor di kanal tua, banyak perusahaan yang pindah ke luar kota. Zuidas saat ini menjadi tempat perkantoran keuangan dan hukum baru.[17] 5 firma hukum terbesar di Belanda, termasuk Boston Consulting Group dan Accenture, juga World Trade Center Amsterdam juga berlokasi di Zuidas.

Ada 3 distrik keuangan lainnya yang lebih kecil di Amsterdam. Yang pertama adalah kawasan yang mengelilingi Stasiun Kereta Amsterdam Sloterdijk, dimana beberapa koran seperti De Telegraaf berkantor. Juga, Deloitte, Gemeentelijk Vervoerbedrijf (perusahaan transportasi umum kota) dan kantor pajak Belanda (Belastingdienst) berkantor disini. Yang kedua adalah distik keuangan di sekitar Amsterdam Arena. Yang ketiga, kawasan disekitar Stasiun Kereta Amsterdam Amstel. Gedung tertinggi di Amsterdam, Menara Rembrandt, terletak disini, juga kantor pusat Philips.[18][19]

Bursa Saham Amsterdam (AEX) (saat ini bagian dari Euronext) adalah bursa saham tertua di dunia dan salah satu yang terbesar di Eropa. Terletak di dekat Lapangan Dam di pusat kota.

Pelabuhan Amsterdam[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan Amsterdam adalah pelabuhan terbesar keempat di Eropa, terbesar ke-38 di dunia dan kedua terbesar di Belanda menurut metrik ton kargo. Pada tahun 2014, Pelabuhan Amsterdam mengangkut 97,4 juta ton kargo, sebagian besarnya adalah bulk cargo. Amsterdam memiliki pelabuhan khusus cruise terbesar di Belanda dengan lebih dari 150 kapal cruise tiap tahunnya.

Bersama dengan Eindhoven (Brainport) dan Rotterdam (Seaport), pelabuhan ini menyumbang banyak bagi perekonomian Belanda.[20]

Pariwisata[sunting | sunting sumber]

Perahu kanal, seperti yang satu ini di Keizersgracht, menyewakan tur bagi wisawatan.

Amsterdam adalah salah satu destinasi wisata paling populer di Eropa dengan 4,63 juta wisatawan mancanegara setiap tahunnya, ini belum termasuk 16 juta "pengunjung sehari" yang datang ke kota ini tiap tahunnya.[21] Jumlah pengunjung mengalami kenaikan tetap dari dekade lalu. Dua per tiga hotel terletak di pusat kota. Hotel dengan 4 atau 5 bintang berkontribusi 42% dari jumlah total kamar dan 41% tinggal bermalam di Amsterdam. Tingkat keterisian kamar adalah 78% tahun 2006, sedangkan tahun 2005 70%.[22] Sebagian besar wisatawan (74%) berasal dari Eropa. Sedangkan wisatawan non-Eropa terbesar dari Amerika Serikat, menyumbang 14% total.[22]

Distrik lampu-merah juga banya dikunjungi wisatawan.

Distrik lampu merah[sunting | sunting sumber]

De Wallen, juga dikenal dengan Walletjes atau Rosse Buurt, adalah kawasan yang dikhususkan untuk prostitusi legal dan merupakan distrik lampu-merah paling besar dan terkenal di Amsterdam.

Ritel[sunting | sunting sumber]

Toko di Amsterdam bervariasi mulai dari ritel kelas atas seperti De Bijenkorf sampai toko kecil khusus. Pertokoan kelas elit Amsterdam ditemukan di jalan P.C. Hooftstraat dan Cornelis Schuytstraat. Salah satu jalan tersibuk di Amsterdam adalah Kalverstraat di tengah kota yang sudah ada sejak abad pertengahan.

Fashion[sunting | sunting sumber]

Merek fashion terkenal seperti G-star, Gsus, BlueBlood, PICHICHI, Iris van Herpen, MUD Jeans, 10 feet dan Warmenhoven & Venderbos, juga perancang busana seperti Mart Visser, Viktor & Rolf, Sheila de Vries, Marlies Dekkers dan Frans Molenaar tinggal di Amsterdam.

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Metro, tram, bus[sunting | sunting sumber]

Sebuah trem di Damrak dengan Stasiun Centraal di latarnya
Amsterdam Metro adalah kereta komuter bawah tanah dan melayang

Saat ini, ada 16 rute trem dan 4 rute metro, dan rute kelimanya direncanakan akan selesai tahun 2017. Sistem transportasi umum dioperasikan oleh GVB, yang juga mengoperasikan jaringan bus kota.

Bus regional dan beberapa bus luar kota dioperasikan oleh Connexxion dan EBS. Layanan bus coach internasional disediakan oleh Eurolines dari stasiun kereta Amsterdam Amstel, IDBUS dari stasiun kereta Amsterdam Sloterdijk dan Megabus dari Zuiderzeeweg di timur kota.

Mobil[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1932, Amsterdam ditunjuk sebagai penghubung utama untuk sistem jalan tol di Belanda,[23] dengan jalan no 1-8 direncanakan berawal dari sini.[23] Meletusnya Perang Dunia II mengubah prioritas pembangunan menjadi saat ini, dengan hanya jalan A1, A2, and A4 yang dibangun. Jalan A3 ke Rotterdam dibatalkan tahun 1970 untuk melestarikan Groene Hart. Jalan A8, mengarah utara ke Zaandam dan jalur lingkar A10 dibuka antara tahun 1968 dan 1974.[24] Selain itu, ada juga A7 dan A6 yang utamanya menuju ke Amsterdam.

Di pusat kota, mengendarai mobil tidak disarankan. Biaya parkir sangat mahal, banyak jalan ditutup untuk mobil atau hanya satu arah.[25] Pemerintah lokal mensponsori berbagi mobil seperti Autodelen dan Meerijden.nu.[26]

Kereta api[sunting | sunting sumber]

Stasiun kereta Amsterdam Centraal adalah stasiun kereta api utama di kota ini

Amsterdam dilayani oleh 10 stasiun Nederlandse Spoorwegen (Kereta api Belanda).[27] 6 diantaranya pemberhentian antar kota: Sloterdijk, Zuid, Amstel, Bijlmer ArenA, Lelylaan dan Amsterdam Centraal. Stasiun untuk layanan lokal adalah: RAI, Holendrecht, Muiderpoort danScience Park. Amsterdam Centraal juga merupakan stasiun kereta internasional. Dari stasiun ini ada layanan reguler ke Austria, Belarusia, Belgia, Ceko, Denmark, Perancis, Jerman, Hungaria, Polandia, Rusia dan Swiss. Beberapa diantaranya merupakan kereta internasional seperti Nederlandse Spoorwegen (Amsterdam-Berlin), Thalys (Amsterdam-Brussels-Paris/Lille), CityNightLine, dan InterCityExpress (Amsterdam–Koln–Frankfurt).[28] Di masa datang ada jalur kereta cepat Amsterdam-London yang rencanaya dibuka akhir 2017.[29]

Bandara[sunting | sunting sumber]

Bandara Schipol Amsterdam menempati peringkat ke-5 bandara tersibuk di Eropa dan ke-14 tersibuk di dunia.

Bandara Schipol Amsterdam (IATA: AMSICAO: EHAM) dapat dicapai kurang dari 20 menit dengan kereta dari stasiun kereta Amsterdam Centraal. Schiphol adalah bandara terbesar di negara ini, terbesar keempat di Eropa, dan terbesar ke-14 di dunia dari jumlah penumpang. Lebih dari 50 juta penumpang per tahun menggunakannya dan menjadi penghubung utama bagi 5 maskapai yaitu KLM, transavia.com, Martinair, Arkefly dan easyJet.[30] Hingga 2014, Schiphol adalah bandara tersibuk kelima di dunia menurut jumlah penumpang internasional.[31]

Bersepeda[sunting | sunting sumber]

Polisi Amsterdam bersepeda melewati jembatan di Prinsengracht.

Amsterdam adalah salah satu kota paling ramah bagi para pesepeda sedunia dan pusat bagi budaya sepeda - ditunjang dengan fasilitas yang sangat baik seperti jalur sepeda dan rak sepeda, beberapa penyimpanan sepeda yang dijaga (fietsenstalling). Tahun 2013, ada sekitar 1.200.000 sepeda di Amsterdam, melebihi jumlah penduduk kotanya sendiri.[32] Namun pencurian sepeda juga marak - tahun 2011 ada 83.000 sepeda dicuri di Amsterdam.[33] Sepeda digunakan oleh semua kelompok sosio-ekonomi karena kenyamanannya, ukuran kota yang kecil, panjang jalur mencapai 400 kilometer (249 mile),[34] jalanan rata, dan ketidaknyamanan menggunakan mobil.[35]

Hubungan internasional[sunting | sunting sumber]

Kota kembar[sunting | sunting sumber]

Amsterdam kembar dengan kota-kota berikut:[36]

Kota Munisipalitas / Distrik / Kanton / Provinsi / Negara Bagian / Region Negara Sejak
Blason-alger.png Aljir Provinsi Aljir Bendera Aljazair Aljazair
Athena Attica's flag. Attica Bendera Yunani Yunani
Beijing[37] Munisipalitas Beijing Bendera Republik Rakyat Tiongkok Cina
Brasão do Distrito Federal (Brasil).svg Brasilia Bandeira do Distrito Federal (Brasil).svg Distrik Federal Brasil Bendera Brasil Brasil
Istanbul[38][39] Marmara Bendera Turki Turki
COA of Kyiv Kurovskyi.svg Kiev Munisipalitas Kota Kiev Bendera Ukraina Ukraina
Escudo de Managua.svg Managua Flag of Managua.svg Munisipalitas Managua Bendera Nikaragua Nikaragua 1984
Armoiries de Montréal.svg Montreal Flag of Quebec.svg Quebec Bendera Kanada Kanada
Coat of Arms of Moscow.svg Moskwa Flag of Moscow.svg Kota Federal Moskwa Bendera Rusia Rusia
Nicosia Distrik Nikosia Bendera Siprus Siprus
Brasaorecife.jpg Recife Bandeira de Pernambuco.svg Pernambuco Bendera Brasil Brasil 2009
Coat of Arms of Riga.svg Riga Munisipalitas Riga Bendera Latvia Latvia
Coat of arms of Sarajevo.svg Sarajevo Flag of Sarajevo Canton.png Kanton Sarajevo Bendera Bosnia dan Herzegovina Bosnia dan Herzegovina
Willemstad Distrik Willemstad Bendera Curaçao Curaçao 2009

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Kerncijfers voor Amsterdam en de stadsdelen". www.os.amsterdam.nl. Research and Statistics Service, Kota Amsterdam. 1 January 2006. Diakses tanggal 4 April 2007. 
  2. ^ "Area, population density, dwelling density and average dwelling occupation". www.os.amsterdam.nl. Research and Statistics Service, Kota Amsterdam. 1 January 2006. Diakses tanggal 13 August 2008. 
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama elevation
  4. ^ [pranala nonaktif] "Gemiddelde bevolking per regio naar leeftijd en geslacht" (dalam Dutch). Statistics Netherlands. Diakses tanggal 9 July 2007. 
  5. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama randstad
  6. ^ Dutch Wikisource. "Grondwet voor het Koningrijk der Nederlanden (1815) (Dutch)". Diakses tanggal 2 May 2008. 
  7. ^ "Facts and Figures". I amsterdam. Diakses tanggal 1 June 2011. 
  8. ^ "Randstad2040; Facts & Figures (p.26)(in Dutch)" (PDF). VROM.  Text "http://www.rijksoverheid.nl/onderwerpen/randstad/documenten-en-publicaties/brochures/2007/12/01/randstad-2040-facts-figures-wat-komt-er-op-de-randstad-af.html" ignored (bantuan);
  9. ^ Encyclopædia Britannica Eleventh Edition, Vol 1, p896-898.
  10. ^ Cambridge.org, Capitals of Capital -A History of International Financial Centres – 1780–2005, Youssef Cassis, ISBN 978-0-521-84535-9
  11. ^ After Athens in 1888 and Florence in 1986, Amsterdam was in 1986 chosen as the European Capital of Culture, confirming its eminent position in Europe and the Netherlands. See EC.europa.eu for an overview of the European cities and capitals of culture over the years.
  12. ^ Forbes.com, Forbes Global 2000 Largest Companies – Dutch rankings.
  13. ^ "Best cities in the world (Mercer)". City Mayors. 26 May 2010. Diakses tanggal 10 October 2010. 
  14. ^ "2thinknow Innovation Cities Global 256 Index – worldwide innovation city rankings". Innovation-cities.com. 30 July 2009. Diakses tanggal 10 October 2010. 
  15. ^ "Amsterdam – Economische Zaken" (dalam Dutch). Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 June 2008. Diakses tanggal 22 May 2008. 
  16. ^ "European Cities Monitor 2007" (dalam Dutch). I Amsterdam. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 January 2008. Diakses tanggal 11 June 2008. 
  17. ^ "Zuidas" (dalam Dutch). Diarsipkan dari versi asli tanggal 24 December 2007. Diakses tanggal 22 May 2008. 
  18. ^ "Rembrandt Tower". Diakses tanggal 22 May 2008. 
  19. ^ "Philips" (dalam Dutch). Diarsipkan dari versi asli tanggal 27 May 2008. Diakses tanggal 22 May 2008. 
  20. ^ "Over Brainport". brainport.nl. Diakses tanggal 19 February 2014. 
  21. ^ "Key Figures Amsterdam 2009: Tourism". City of Amsterdam Department for Research and Statistics. 2009. Diarsipkan dari versi asli tanggal 1 May 2011. Diakses tanggal 30 September 2009. 
  22. ^ a b Fedorova, T; Meijer, R (January 2007). "Toerisme in Amsterdam 2006/2007" (PDF) (dalam Dutch). Diarsipkan (PDF) dari versi asli tanggal 28 May 2008. Diakses tanggal 22 May 2008. 
  23. ^ a b "Autosnelweg.nl – Geschiedenis Autosnelwegen in Nederland" (dalam Dutch). Autosnelweg.nl. Diarsipkan dari versi asli tanggal 10 March 2007. Diakses tanggal 19 April 2007. 
  24. ^ "Autosnelweg.nl – Geschiedenis Autosnelwegen in Nederland" (dalam Dutch). Autosnelweg.nl. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 March 2007. Diakses tanggal 19 April 2007. 
  25. ^ "Amsterdam Fietst" (dalam Dutch). Diarsipkan dari versi asli tanggal 6 August 2007. Diakses tanggal 19 April 2007. 
  26. ^ "Amsterdam.nl – Auto" (dalam Dutch). Diarsipkan dari versi asli tanggal 5 April 2007. Diakses tanggal 19 April 2007. 
  27. ^ "Stationsweb-Noord Holland" (dalam Dutch). Diarsipkan dari versi asli tanggal 29 April 2007. Diakses tanggal 19 April 2007. 
  28. ^ "Bestemmingen". NS internationaal.nl. Nederlandse Spoorwegen. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 March 2007. Diakses tanggal 19 April 2007. 
  29. ^ http://www.railwaygazette.com/news/high-speed/single-view/view/eurostar-plans-details-of-london-amsterdam-service.html
  30. ^ 2016, UBM (UK) Ltd. "easyJet to open Amsterdam Base in Spring 2015". 
  31. ^ "International passenger Rankings". ACI Airports Council International. Diakses tanggal 3 June 2014. 
  32. ^ Research and Statistics Division. "Introduction". Traffic and Infrastructure (dalam Dutch). City of Amsterdam. Diarsipkan dari versi asli tanggal 16 March 2008. Diakses tanggal 4 October 2008. 
  33. ^ Research and Statistics Division. "Core Numbers in Graphics: Fewer Bicycle Thefts". Safety and Nuissance (dalam Dutch). City of Amsterdam. Diarsipkan dari versi asli tanggal 22 August 2008. Diakses tanggal 4 October 2008. 
  34. ^ "Cycling in Amsterdam". amsterdamtips.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 17 September 2010. Diakses tanggal 11 August 2010. 
  35. ^ Tagliabue, John (20 June 2013). "The Dutch Prize Their Pedal Power, but a Sea of Bikes Swamps Their Capital". The New York Times. 
  36. ^ nrc handelsblad (2011 [last update]). "nrc.nl – International – Features – Amsterdam redefines town twinning as aid". vorige.nrc.nl. Diakses tanggal 2 July 2011. 
  37. ^ "Sister Cities". Beijing Municipal Government. Diakses tanggal 23 June 2009. 
  38. ^ "Sister Cities of Istanbul". Diakses tanggal 1 July 2009. 
  39. ^ Erdem, Selim Efe (1 July 2009). "İstanbul'a 49 kardeş" (dalam Turkish). Radikal. Diakses tanggal 22 July 2009. 49 sister cities in 2003 

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BMA_Gesch1" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BMA_Gesch2" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BMA_Gesch5" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "BMA_Topo5" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.

Kesalahan pengutipan: Tag <ref> dengan nama "Paul_Bairoch" yang didefinisikan di <references> tidak digunakan pada teks sebelumnya.
Attribution

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Panduan wisata Amsterdam di Wikivoyage.