Helsinki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Helsinki
HelsinkiHelsingfors
Kota
Helsingin kaupunki
Helsingfors stad
Searah jarum jam dari atas: Katedral Helsinki, pemandangan pusat Helsinki, Kantor Pusat Sanoma, pusat kota Helsinki di malam hari, pantai di Aurinkolahti, Gedung Parlemen dan Suomenlinna.
Searah jarum jam dari atas: Katedral Helsinki, pemandangan pusat Helsinki, Kantor Pusat Sanoma, pusat kota Helsinki di malam hari, pantai di Aurinkolahti, Gedung Parlemen dan Suomenlinna.
Lambang Helsinki
Lambang

Julukan: Stadi (for Helsinkians)

Hesa (for out-of-towners)
Lokasi di kawasan Uusimaa dan sub-region Helsinki
Lokasi di kawasan Uusimaa dan sub-region Helsinki
Helsinki is located in Finland
Helsinki
Lokasi Helsinki di Finlandia
Koordinat: 60°10′15″LU 024°56′15″BT / 60,17083°LU 24,9375°BT / 60.17083; 24.93750
Piagam 1550
Ibukota 1812
Pemerintahan
 • Walikota Jussi Pajunen
Demonim

helsinkiläinen (Finnish)
helsingforsare (Swedish)

Helsinkian (English)
Situs web www.hel.fi
Gedung Senat dan Katedral Luther

Helsinki (/ˈhɛlsɪŋki/; Finnish pronunciation: [ˈhelsiŋki] ( listen); bahasa Swedia: Helsingfors) adalah ibu kota sekaligus kota terbesar di Finlandia. Kota ini terletak di bagian selatan Finlandia, di tepi Teluk Finlandia dan Laut Baltik. Daerah urban Helsinki termasuk kota Espoo, Vantaa, dan Kauniainen, yang disebut juga Wilayah Ibukota dengan penduduk sebanyak 992.836 jiwa. Daerah Helsinki Raya (Greater Helsinki) melingkupi lebih banyak kota-kota di sekitarnya dan memiliki 1,4 juta penduduk, menjadikannya munisipalitas dengan penduduk paling banyak dan kawasan urban terbesar di Finlandia.[1] Helsinki berjarak 80 kilometres (50 mi) sebelah utara Tallinn, Estonia, 400 kilometres (250 mi) timur laut Stockholm, Swedia, dan 300 kilometres (190 mi) sebelah barat Saint Petersburg, Rusia. Helsinki memiliki hubungan sejarah yang dekat dengan ketiga kota ini.

Kawasan metropolitan Helsinki termasuk kawasan urban Helsinki, Espoo, Vantaa, Kauniainen, dan kota kecil di sekelilingnya.[2] Kota ini adalah kawasan urban paling utara diatas satu juta orang, dan ibukota paling utara diantara Negara anggota Uni Eropa. Kawasan metropolitan Helsinki adalah metropolitan Nordik terbesar keempat setelah Copenhagen, Stockholm, dan Oslo.

Helsinki adalah pusat bisnis, keuangan, mode, hiburan, media, dan budaya di Finlandia dengan jajaran museum, galeri, dan tempat pertunjukan. Sekitar 70% perusahaan luar negeri yang beroperasi di Finlandia bertempat di kota ini.[3] Munisipalitas terdekat di Vantaa adalah lokasi Bandar Udara Helsinki yang memiliki jadwal penerbangan di beberapa kota di Eropa dan Asia. Helsinki memiliki jumlah warga asing terbesar di Finlandia baik dalam jumlah nyata maupun persentasenya. Mereka terdiri dari sekitar 130 kewarganegaraan dengan mayoritas dari Rusia, Estonia, dan Swedia. Saat ini, Helsinki mendapat perhatian dari dunia karena Finlandia memegang jabatan Presiden Uni Eropa dari Juli sampai Desember 2006.

Tahun 2009, Helsinki terpilih sebagai World Design Capital di tahun 2012[4] oleh Dewan Internasional Perkumpulan Desain Industri, secara tipis mengalahkan Eindhoven.

Survei hidup Economist Intelligence Unit bulan Agustus 2012 menempatkan kota ini di posisi kedelapan terbaik dunia.[5] Tahun 2011, Majalah Monocle menempatkan Helsinki sebagai kota terbaik untuk hidup di dunia pada "Indeks Kota Layak Huni 2011".[6]

Geografi[sunting | sunting sumber]

Sebagian Helsinki dan Espoo dari SPOT

Disebut sebagai "Putri Baltik", Helsinki terletak di ujung semenanjung dan dikelilingi 315 pulau. Bagian dalam kota menempati bagian selatan semenanjung, dengan nama resminya Vironniemi. Kepadatan penduduk di bagian dalam kota ini sangat tinggi, mencapai 16.494 penduduk per km2 di distrik Kallio, tapi secara keseluruhan kepadatan kota ini adalah 3.050 jiwa per km2.[7][8] Taman Central Park Helsinki, yang berada sepanjang Templat:Conv dari bagian dalam kota sampai batas utara kota, adalah kawasan rekreasional utama bagi penduduk. Kota ini juga memiliki 11.000 kapal berth dan lebih dari 14.000 hektar kawasan memancing.

Kepulauan utama di Helsinki adalah Seurasaari, Vallisaari, Lauttasaari, dan Korkeasaari – terakhir adalah lokasi kawasan kebun binatang terbesar di negara ini. Kepulauan besar lainnya adalah Suomenlinna (Sveaborg), pulau militer Santahamina, dan Isosaari. Pulau Pihlajasaari adalah pulau populer di musim panas.

Kawasan Metropolitan[sunting | sunting sumber]

Kawasan urban Helsinki Raya

Daerah Ibukota Helsinki terdiri dari 4 munisipalitas: Helsinki, Espoo, Vantaa, dan Kauniainen[9] dan dianggap menjadi satu-satunya metropolis di Finlandia.[10] Jumlah penduduknya lebih dari 1,1 juta, terbesar dan paling padat di Finlandia, 4 kali lebih besar daripada Tampere dengan luas kawasan Templat:Conv.

Kawasan Metropolitan Helsinki (Helsinki Raya) terdiri dari kota-kota di Daerah Ibukota dan 10 munisipalitas di sekelilingnya. Kawasan metropolitannya berluas 3,697 square kilometres (1,427 sq mi) dengan populasi 1,4 juta jiwa atau seperempat total populasi Finlandia. Kawasan ini menyediakan lebih dari 750.000 pekerjaan.[11] Meski kawasan metropolitan, kota ini banyak memiliki ruang rekreasi dan ruang hijau.

Pemandangan kota[sunting | sunting sumber]

Wooden Vallila
Aleksanterinkatu di pusat Helsinki
Aleksi di pusat Helsinki
Pemandangan Eläintarhanlahti di musim panas
Katedral Helsinki adalah gedung paling terkenal di kota ini dan juga merupakan simbol kota.
Parlemen Finlandia di sebelah kanan, perkantoran baru di sebelah kiri

Carl Ludvig Engel (1778–1840) ditunjuk untuk mendesain pusat kota baru. Ia mendesain beberapa gedung neoklasik di Helsinki. Titik pusat dari rencana kota yang dibuat Engel adalah Lapangan Senat yang dikelilingi Istana Pemerintah (sebelah timur), gedung utama Universitas Helsinki (sebelah barat), dan Katedral, di sebelah utara yang selesai 1852, 12 tahun setelah C. L. Engel meninggal. Helsinki juga terkenal dengan bangunan Art Nouveau (Jugend dalam bahasa Finlandia) bergaya romantik nasionalisme yang didesain awal 1900an. Gaya Art Nouveau juga dihadirkan di banyak kawasan perumahan seperti Katajanokka dan Ullanlinna. Master dari seni Art Nouveau Finlandia adalah Eliel Saarinen (1873–1950), yang salah satu karyanya adalah Stasiun kereta Sentral Helsinki.

Helsinki juga memiliki beberapa bangunan yang didesain oleh arsitek Finlandia kaliber dunia, Alvar Aalto (1898–1976), terkenal sebagai salah satu pionir fungsionalisme. Meski begitu, beberapa proyeknya, seperti kantor pusat Stora Enso dan venue konser Finlandia Hall menuai opini yang terbelah dari masyarakat.[12][13][14]

Bangunan fungsionalis lain di Helsinki diantaranya Stadion Olimpiade Helsinki, Tennispalatsi, Rowing Stadium, Stadion Renang, Velodrome, Glass Palace, Exhibition Hall (sekarang Töölö Sports Hall), dan Bandar Udara Helsinki-Malmi. Venue olahraga dibangun untuk ajang Pesta Olimpiade Helsinki 1940, ajang ini awalnya dibatalkan karena pecahnya Perang Dunia II, namun akhirnya digunakan juga pada Olimpiade Musim Panas 1952.

Bangunan-bangunan neoklasik di Helsinki sering digunakan sebagai latar belakang untuk set film Hollywood yang terletak di Uni Soviet terutama di era Perang Dingin dimana melakukan pengambilan gambar di Uni Soviet tidak dimungkinkan. Beberapa diantaranya adalah The Kremlin Letter (1970), Reds (1981), dan Gorky Park (1983). Di saat yang sama pemerintah secara diam-diam menginstruksikan pada pihak berwenang untuk tidak melakukan pengawasan pada proyek film semacam itu.[15]

Di abad 21 kota ini mulai memperbolehkan pembangunan pencakar langkit. Beberapa diantaranya sedang dibangun, terutama di Pasila dan Kalasatama. Gedung tertinggi (40 lantai) akan memiliki tinggi minimum 150 meter. Di Pasila, akan ada 20 bangunan tinggi baru dalam 10 tahun ke depan.[16] Di Kalasataman Keskus REDI, ada gedung pemukiman 35-story pertama (130 meter) dan 32-story (122 meter) sedang dalam pembangunan. Di Kalasatama, diperkirakan akan ada 30 bangunan tinggi dalam 10 tahun ke depan.[17]

Transportasi[sunting | sunting sumber]

Jalan[sunting | sunting sumber]

Kawasan jalan Helsinki

Tulang punggung jaringan jalan tol Helsinki terdiri dari 3 jalan lingkar semilingkar, Lingkar I, Lingkar II, dan Lingkar III, yang menghubungkan kota ini ke bagian lainnya di Finlandia, dan ke bagian barat dan timur di Länsiväylä dan Itäväylä.

Helsinki memiliki kepadatan kendaraan sebesar 390 mobil per 1000 penduduk.[18] Hal ini lebih sedikit dan mirip dengan kota lain di Eropa seperti Brussels dengan 483 per 1000 penduduk, Stockholm 401 per 1000 penduduk, dan Oslo 413 per 1000 penduduk.[19][20]

Kereta dan bus[sunting | sunting sumber]

Di kawasan metropolitan Helsinki, transportasi umum diatur oleh Otoritas Transportasi Regional Helsinki. Sistem transportasi umum di Helsinki terdiri dari tram, komuter, metro, bus, 2 jalur feri, dan minibus.[21]

Saat ini, Helsinki adalah satu-satunya kota di Finlandia yang punya tram atau sistem metro. Dulunya, ada 2 kota lain yang memiliki tram: Turku dan Viipuri (Vyborg, sekarang di Rusia), tapi sekarang ditinggalkan. Helsinki Metro, dibuka 1982, adalah satu-satunya sistem angkutan cepat di Finlandia. Tahun 2006, konstruksi perpanjangan metro ke bagian barat di Espoo disetujui.[22]

Ada kemungkinan juga untuk membangun Terowongan Helsinki ke Tallinn. Terowongan ini akan menghubungkan Helsinki dengan Tallinn (ibukota Estonia), dan ke benua Eropa lainnya dengan Rail Baltica.

Aviasi[sunting | sunting sumber]

Hernesaari Heliport, terletak disebelah West Harbour yang digunakan cruiseliner

Untuk urusan transportasi udara, Helsinki memiliki Bandara Helsinki-Vantaa, terletak 17 kilometres (11 mi) sebelah utara pusat kota Helsinki di kota tetangga Vantaa. Bandar udara Helsinki-Malmi digunakan untuk penerbangan pribadi. Helikopter dari Tallinn tersedia dari Hernesaari Heliport.

Transportasi laut[sunting | sunting sumber]

Helsinki memiliki jalur pelayaran reguler ke Stockholm, Tallinn, dan St. Petersburg sejak 1837. 300 kapal cruise dan 360.000 penumpang penumpang cruise mengunjungi kota ini tiap tahunnya. Dok untuk kapal cruise internasional berada di South Harbour, Katajanokka, West Harbour, dan Hernesaari. Pelabuhan penumpang Helsinki adalah kedua tersibuk di Eropa dengan 11 juta penumpang tahun 2013.[23] Koneksi feri tersedia ke Tallinn, Mariehamn, dan Stockholm. Feri Finnlines ke Gdynia, Polandia; Travemünde, Jerman; dan Rostock, Jerman juga tersedia. St Peter Line juga menyediakan pelayanan ke Saint Petersburg beberapa kali seminggu.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Helsinki memiliki 190 sekolah umum dan 15 sekolah kejuruan. Ada pula delapan universitas dan empat politeknik.

Universitas[sunting | sunting sumber]

Politeknik[sunting | sunting sumber]

Budaya[sunting | sunting sumber]

Museum[sunting | sunting sumber]

Museum sejarah terbesar di Helsinki adalah Museum Nasional Finlandia, yang menampilkan beragam koleksi dari zaman prasejarah hingga abad ke-21. Gedung museumnya sendiri, bergaya romantik nasional neomedieval, adalah atraksi bagi turis. Museum sejarah lainnya adalah Museum Kota Helsinki yang isinya adalah sejarah kota ini selama 500 tahun. Universitas Helsinki juga mempunyai beberapa museum, diantaranya Museum Universitas Helsinki "Arppeanum" dan Museum Sejarah Alam Finlandia.

Galeri Nasional Finlandia terdiri dari 3 museum: Museum Seni Ateneum untuk seni Finlandia klasik, Museum Seni Sinebrychoff untuk seni Eropa klasik, dan Museum Seni Kiasma untuk seni modern. Ateneum, istana neo-Renaissance dari abad 19, adalah salah satu gedung bersejarah utama. Ketiga museum ini dimiliki pemerintah melalui Properti Senat.

Museum Desain ditujukan untuk memajang desain karya dari Finlandia maupun luar negeri, termasuk diantaranya desain industri, fashion, dan desain grafis. Museum lainnya antaranya Museum Militer Finlandia, Museum Seni Didrichsen, Museum Seni Amos Anderson, dan Museum Tram.

Teater[sunting | sunting sumber]

Teater Nasional Finlandia (1902), dedesain oleh arsitek Onni Tarjanne

Helsinki memiliki 3 teater utama: Teater Nasional Finlandia, Teater Kota Helsinki, dan Teater Swedia (Svenska Teatern). Teater lain di kota ini antara lain Teater Alexander, Q-teatteri, Teater Savoy, KOM-theatre, dan Teatteri Jurkka.

Musik[sunting | sunting sumber]

Helsinki adalah rumah dari 2 orkestra simfoni: Helsinki Philharmonic Orchestra dan Orkestra Simfoni Radio Finlandia, keduanya tampil di aula konser Helsinki Music Centre. Komposer kontemporer ternama Kaija Saariaho, Magnus Lindberg, Esa-Pekka Salonen, dan Einojuhani Rautavaara, besar di Helsinki dan belajar di Akademi Sibelius. Opera Nasional Finlandia, satu-satunya perusahaan opera profesional di Finlandia, terletak di Helsinki. Penyanyi opera Martti Wallén, solois terkenal, juga besar di kota ini, begitu juga penyanyi mezzo-soprano Monica Groop.

Beberapa band terkenal juga berasal dari kota ini, seperti Hanoi Rocks, HIM, Stratovarius, The 69 Eyes, Finntroll, Ensiferum, Wintersun, The Rasmus, Poets of the Fall, dan Apocalyptica.

Venue musik utama kota ini adalah Opera Nasional Finlandia, aula konser Finlandia, dan Helsinki Music Centre. Music Centre juga sebagian dari Akademi Sibelius. Acara dan konser besar biasanya diadakan di salah satu dari 2 arena hoki es besar di kota ini: Hartwall Areena atau Helsinki Ice Hall.

Helsinki Arena menyelenggarakan Kontes Lagu Eurovision 2007, Kontes Lagu Eurovision pertama di Finlandia.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Taulukko: Taajamat väkiluvun ja väestöntiheyden mukaan 31.12.2013". 31 December 2013. 
  2. ^ "Cities of Finland". Eurostat. Diakses tanggal 10 February 2013. 
  3. ^ "Helsinki Region Marketing Ltd — Helsinki Region in Brief". Web.archive.org. 2 December 2007. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2 December 2007. Diakses tanggal 17 February 2014. 
  4. ^ "Past capital: Helsinki". Worlddesigncapital.com. Diakses tanggal 19 May 2015. 
  5. ^ "Liveabililty Ranking and Overview August 2012 - Economist Intelligence Unit". Eiu.com. Diakses tanggal 12 March 2013. 
  6. ^ "Most liveable city: Helsinki — Monocle Film / Affairs". Monocle.com. Diakses tanggal 12 March 2013. 
  7. ^ "Geography of Helsinki, Overview of Finland". easyexpat.com. Diakses tanggal 5 February 2014. 
  8. ^ "Helsinki — School of Computer Science — SOCS". McGill University. Diakses tanggal 5 February 2014. 
  9. ^ "Aluejaot". Tietopalvelu (in Finnish). Uudenmaan liitto. Diakses tanggal 29 May 2014. 
  10. ^ "Uudenmaan maakuntakaava selostus" (PDF) (in Finnish). Helsinki-Uusimaa Region. Diakses tanggal 17 February 2014. 
  11. ^ "Helsingin seutu tiivistetysti". Kaupunkitieto (in Finnish). Helsinginseutu.fi. 
  12. ^ "Stora Enson pääkonttori, Kanavaranta 1". "Helsingin Aallot" blog (in Finnish). 25 February 2007. Diakses tanggal 5 February 2011. 
  13. ^ "Kohtaako Enson konttori voittajansa?". Helsingin Sanomat (in Finnish). 14 June 2008. Lead editorial. Diakses tanggal 5 February 2011. 
  14. ^ Penttilä, Vappu. "Kiasma nousi inhokkien ykköseksi". Verkkoliite (in Finnish). Helsingin Sanomat. Diakses tanggal 5 February 2011. 
  15. ^ Ministry for Foreign Affairs of Finland, Political Department: Memo 56 of 20 January 1982 (labelled highly confidential in 1982)PDF (1.37 MB)
  16. ^ "Uutta Helsinkiä". 
  17. ^ "REDI" (PDF). 
  18. ^ [1][pranala nonaktif]
  19. ^ "Runge" (PDF). European Academy of the Urban Environment. Diakses tanggal 17 February 2014. 
  20. ^ "Tietokeskus: suunnatframe". Hel2.fi. Diakses tanggal 8 July 2009. 
  21. ^ Barry, Keith (10 November 2013). "New Helsinki Bus Line Lets You Choose Your Own Route". Wired. Diakses tanggal 4 April 2014. 
  22. ^ "Länsimetro rakentaa tulevaisuutta turvallisesti". Lansimetro.fi. Diakses tanggal 17 February 2014. 
  23. ^ "Helsinki port". 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]