Vantaa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lokasi Vantaa di Finlandia

Vantaa (Vanda dalam bahasa Swedia) adalah sebuah kota di Finlandia yang berbatasan dengan Helsinki, ibu kota Finlandia, di sebelah utara dan timur laut. Kota-kota yang berdekatan termasuk Espoo di barat, Nurmijärvi, Kerava dan Tuusula di utara dan Sipoo di timur. Bersama dengan Helsinki, Espoo, Vantaa, dan Kauniainen, Vantaa membentuk Wilayah Metropolitan Helsinki. Pusat pemerintahan Vantaa terletak di Tikkurila (atau Dickursby dalam bahasa Swedia).

Vantaa mempunyai populasi sebesar 205 479 jiwa (hingga 31 Januari 2013) dan merupakan kota terbesar keempat di Finlandia. Lapangan terbang terbesar di Finlandia, Bandara Helsinki-Vantaa terletak di sini. Selain itu, ada pula sebuah taman ilmiah, Heureka.

Luas Vantaa adalah 243 km², di mana 1,90 km² merupakan air. Kepadatan penduduknya adalah 769,93/km².

Nama Vantaa mulai digunakan sejak tahun 1972 saat kota ini memperoleh hak-hak "kota pasar" (hak untuk mendirikan pasar di kota tersebut). Catatan pertama mengenai wilayah ini, yang menyebutnya Helsinge, adalah pada tahun 1351 saat Raja Magnus II dari Swedia memberikan hak penangkapan ikan salmon di sungai Vantaa kepada para biarawan Padise dari Estonia.

Pada 11 Oktober 2002, kota ini dikejutkan ledakan sebuah bom di pusat perbelanjaan Myyrmanni yang menewaskan 7 orang.

Kota ini juga merupakan tempat dicapainya kesepakatan damai antara pemerintah Indonesia dan Gerakan Aceh Merdeka pada 17 Juli 2005.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]