Piagam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Contoh piagam (Magna Carta).

Sebuah piagam adalah pemberian wewenang atau hak, yang menyatakan bahwa pemberi hibah secara resmi mengakui hak prerogatif penerima untuk menggunakan hak yang ditentukan. Secara implisit bahwa pemberi hibah mempertahankan superioritas (atau kedaulatan), dan bahwa penerima mengakui status terbatas (atau inferior), dalam hubungan tersebut, dan dalam arti bahwa piagam secara historis diberikan, dan rasa itu dipertahankan dalam penggunaan modern dari syarat.

Kata itu memasuki bahasa Inggris dari bagan bahasa Perancis kuno melalui carta Latin, dan akhirnya dari bahasa Yunani χάρτης (khartes, yang berarti "lapisan papirus"). Itu telah menjadi identik dengan dokumen yang menetapkan pemberian hak atau hak istimewa.

Penggunaan sehari-hari[sunting | sunting sumber]

Istilah ini digunakan untuk kasus khusus (atau sebagai pengecualian) untuk piagam institusional. Sebuah piagam sekolah, misalnya, adalah sekolah yang memiliki aturan, peraturan, dan undang-undang yang berbeda dari sekolah negeri.

Piagam kadang-kadang digunakan sebagai sinonim untuk "alat" atau "sewa", seperti dalam "piagam"' sebuah bus atau perahu atau pesawat oleh suatu organisasi, dimaksudkan untuk ditujukan kelompok yang sama.

Anggota piagam suatu organisasi adalah anggota asli; yaitu, seseorang yang menjadi anggota ketika organisasi menerima piagamnya.

Berbagai jenis piagam[sunting | sunting sumber]

Piagam Anglo-Sachsen[sunting | sunting sumber]

Piagam Anglo-Sachsen adalah dokumen dari periode awal abad pertengahan di Inggris yang biasanya memberikan hibah tanah atau merekam hak istimewa. Mereka biasanya ditulis di atas perkamen, dalam bahasa Latin tetapi sering dengan bagian-bagian dalam bahasa sehari-hari, menggambarkan batas-batas wilayah, yang sering berhubungan erat dengan batas-batas paroki modern. Piagam-piagam yang bertahan paling awal dibuat pada tahun 670-an; piagam tertua yang masih bertahan memberikan tanah kepada Gereja, tetapi dari carter yang masih ada di abad ke-8 semakin digunakan untuk memberikan tanah kepada kaum awam.

Piagam koloni[sunting | sunting sumber]

Imperium Britania menggunakan tiga jenis koloni utama ketika berusaha memperluas wilayahnya ke bagian bumi yang jauh. Ketiga jenis ini adalah koloni kerajaan, koloni milik, dan koloni korporat. Koloni sewaan menurut definisi adalah "koloni ... yang disewa oleh individu, perusahaan perdagangan, dll., Oleh mahkota Inggris."[1] Meskipun piagam koloni yang tidak lazim dari tiga jenis koloni-koloni di Imperium Britania, mereka tidak berarti tidak signifikan.

Piagam kongres[sunting | sunting sumber]

Piagam kongres adalah undang-undang yang disahkan oleh Kongres Amerika Serikat yang menyatakan misi, wewenang dan kegiatan kelompok. Kongres mengeluarkan piagam federal dari tahun 1791 hingga 1992 di bawah Judul 36 Kode Amerika Serikat.

Piagam munisipalitas[sunting | sunting sumber]

Sebuah perusahaan munisipalitas adalah istilah hukum untuk badan pemerintahan setempat, termasuk (tetapi tidak harus terbatas pada) kota, county, kotamadya, kotapraja, piagam kotapraja, desa, dan borough. Penggabungan Kota terjadi ketika munisipalitas tersebut menjadi badan pemerintahan sendiri di bawah undang-undang negara bagian atau provinsi di mana mereka berada. Seringkali, perisitiwa ini ditandai dengan penghargaan atau deklarasi piagam munisipalitas.

Piagam Ordo[sunting | sunting sumber]

Piagam untuk ordo ksatria dan perintah lain, seperti Ordo Militer Berdaulat Malta.

Piagam Proyek[sunting | sunting sumber]

Dalam manajemen proyek, sebuah piagam proyek atau definisi proyek (kadang-kadang disebut istilah rujukan) adalah pernyataan ruang lingkup, tujuan dan peserta dalam sebuah proyek. Ini memberikan gambaran awal tentang peran dan tanggung jawab, menguraikan tujuan proyek, mengidentifikasi pemangku kepentingan utama, dan mendefinisikan otoritas manajer proyek. Ini berfungsi sebagai referensi otoritas untuk masa depan proyek.

Piagam kerajaan[sunting | sunting sumber]

Di Eropa abad pertengahan, piagam kerajaan digunakan untuk membuat kota (yaitu, daerah dengan hak hukum dan hak istimewa yang diakui). Tanggal yang diberikan piagam tersebut dianggap ketika sebuah kota "didirikan", terlepas dari kapan lokalitas awalnya mulai diselesaikan.

Pada suatu waktu piagam kerajaan adalah satu-satunya cara di mana badan berbadan hukum dapat dibentuk, tetapi cara lain (seperti proses pendaftaran untuk perusahaan terbatas) umumnya sekarang digunakan sebagai gantinya.

Piagam Inspeximus[sunting | sunting sumber]

Piagam "Inspeximus" (bahasa Latin, secara harfiah "Telah kami periksa") sering merupakan piagam kerajaan, dengan mana piagam atau seri piagam sebelumnya yang berkaitan dengan yayasan tertentu (seperti biara atau serikat) dibacakan dan dimasukkan ke dalam piagam baru, biasanya untuk mengkonfirmasi dan memperbarui validitasnya di bawah otoritas yang ada sekarang. Ketika dokumen asli hilang, piagam inspeximus terkadang dapat menyimpan teks dan daftar saksi mereka.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]