Kongres Amerika Serikat

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kongres Amerika Serikat

United States Congress
Kongres Ke 117
Coat of arms or logo
Segel Kongres Amerika Serikat
Jenis
Jenis
MajelisSenat
Dewan Perwakilan Rakyat
Dibentuk4 Maret 1789; 233 tahun lalu (1789-03-04)
Pimpinan
Kamala Harris (D)
sejak 20 Januari 2021
Patrick Leahy (D)
sejak 20 Januari 2021
Kevin McCarthy (R)
sejak 7 Januari 2023
Komposisi
Anggota100 Senator
435 Anggota DPR
117th United States Senate.svg
Partai & kursi Senat
  •   Demokrat (48)
  •   Independen (2)[note 1]
  •   Republik (50)
(118th) US House of Representatives.svg
Mayoritas (220)
Minoritas (209)
Kosong (6)
  •   Kosong (1)
Tempat bersidang
United States Capitol west front edit2.jpg
Gedung Capitol, Washington, D.C, AS
Situs web
www.congress.gov
Kongres dalam Sesi Bersama.

Kongres Amerika Serikat (bahasa Inggris: United States Congress) adalah cabang legislatif dari pemerintahan federal Amerika Serikat. Sistem yang dianut adalah sistem dua kamar atau bikameral, terdiri dari Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat. Dewan Perwakilan terdiri dari 435 anggota, masing-masing mewakili sebuah distrik dan bertugas selama dua tahun. Jumlah kursinya dibagi berdasarkan jumlah penduduk tiap negara bagian; sedangkan dalam Senat, setiap negara bagian memiliki dua Senator, tidak memandang populasi. Ada 100 orang senator, yang menjabat selama enam tahun. Anggota DPR dan senator, dipilih secara langsung oleh masyarakat, tetapi di beberapa negara bagian gubernur dapat memilih pengganti sementara ketika sebuah kursi Senat kosong.

Latar belakang[sunting | sunting sumber]

Konstitusi Amerika Serikat memberikan seluruh kekuasaan legislatif dari pemerintah federal dalam Kongres. Kekuasaan kongres dibatasi kepada yang disebutkan dalam Konstitusi; seluruh kekuasaan lain diberikan kepada negara bagian dan masyarakat. Kekuasaan yang tertulis dari Kongres termasuk otoritas untuk mengatur perdagangan luar negeri dan antar negara bagian, memungut pajak, mendirikan pengadilan federal di bawah Mahkamah Agung, untuk mengatur angkatan bersenjata, dan menyatakan perang. Konstitusi juga memasukkan "klausa perlu dan layak", yang memberikan Kongres kekuasaan untuk "membuat seluruh hukum yang diperlukan dan layak dijalankan dalam kekuasaan sekarang". Tujuan umum yang ditampilkan dalam Mukadimah juga telah dianggap sebagai otoritas Acts of Congress.

Senat sepenuhnya setara kedudukannya dengan Dewan Perwakilan Rakyat, dan bukan merupakan "majelis peninjauan" keputusan, seperti halnya dengan majelis tinggi dalam sistem legislatif dua kamar di banyak negara. Namun ada sejumlah kekuasaan khusus yang diberikan kepada satu majelis saja. Di satu pihak, nasihat dan persetujuan Senat dibutuhkan untuk pengangkatan pejabat eksekutif dan posisi yudikatif tingkat tinggi oleh presiden dan untuk mengesahkan perjanjian. Di pihak lain, rancangan undang-undang untuk meningkatkan pendapatan hanya boleh diajukan oleh DPR saja.

DPR dan Senat bersidang di Gedung Capitol di Washington, D.C.

Gedung Capitol, tempat para anggota Kongres AS bertugas.

Kongres saat ini adalah yang ke-117 dengan para pemimpin sebagai berikut:

Senat[sunting | sunting sumber]

Pimpinan Mayoritas[sunting | sunting sumber]

Pimpinan Minoritas[sunting | sunting sumber]

Dewan Perwakilan Rakyat[sunting | sunting sumber]

Pimpinan Mayoritas[sunting | sunting sumber]

Pimpinan Minoritas[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Kesalahan pengutipan: Ditemukan tag <ref> untuk kelompok bernama "note", tapi tidak ditemukan tag <references group="note"/> yang berkaitan