Borough

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Borough (bahasa Inggris: borough [ˈbʌrə][1]british., [ˈbɜroʊ, ˈbʌroʊ][2]Amer.); (bahasa Rusia: район; rayon) adalah sebuah nama pembagian administratif di beberapa negara yang sebagian besar berbahasa Inggris. Awalnya, istilah itu berarti kota yang dikelilingi tembok dan memiliki pemerintahan sendiri, tetapi seiring waktu mulai menunjukkan berbagai konsep.[3] Dalam kebanyakan kasus, pembagian administratif ini diterjemahkan ke dalam bahasa Rusia dalam arti yang mirip, tetapi kadang-kadang ditransmisikan berbeda melalui transliterasi.[4]

Pembagian administratif kebanyakan terdapat di wilayah Kanada, Britania Raya, Amerika Serikat, Australia, dan Irlandia. Istilah Borough juga dapat dikatakan sebagai bagian dari unit teritorial. Dalam bahasa Indonesia, istilah ini dinamakan kota sektor.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Kata borough berasal dari akar bahasa Indo-Eropa, yang secara harfiah berarti "tempat yang tinggi, kering, tidak berawa". Dalam rumpun bahasa Slavia, kata "pantai" berasal dari akar kata ini, serta dalam rumpun bahasa Jermanik dan rumpun bahasa Roman, akar kata ini berangsur-angsur mulai menunjukkan tempat yang tinggi (bukit atau gunung), yang kemudian maknanya beralih ke benteng di tempat atau bukit yang tinggi, selanjutnya hanya benteng saja (bahasa Jerman: Burg)[5] (bahasa Inggris: borough, bury, bahasa Scots: burgh, bahasa Jerman: Burg, bahasa Prancis: bourg, bahasa Spanyol: burgo, bahasa Swedia: borg, bahasa Italia: borgo, bahasa Belanda: burcht). Penggunaan umum kata-kata ini sebagai sufiks untuk nama geografis, seperti:

Status sebuah borough di Inggris berarti adanya keistimewaan tertentu bagi penduduknya dalam hal pemerintahan sendiri, jenis kepemilikan tanah perkotaan yang seragam, kehadiran pengadilannya sendiri dan kemudian perwakilan di Parlemen Inggris (2 orang).

Status ini dapat diberikan oleh piagam kerajaan. Borough juga bermunculan di tanah kerajaan dan di tanah penguasa gerejawi dari zaman Anglo-Saxon, kemudian pertama kali terdaftar dalam buku Domesday. Dalam pemerintahan, ada seorang wali kota borough atau yang lebih dikenal dengan juru sita.[9]

Penggunaan[sunting | sunting sumber]

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Di Britania Raya, 6 county metropolitan dan London Raya secara administratif dibagi menjadi 68 distrik dengan pemerintahan sendiri. Semuanya diberkahi dengan piagam kerajaan, yang menurutnya mereka menerima status distrik. Dari jumlah tersebut, 32 adalah wilayah London, dan 36 berada di kabupaten metropolitan lainnya: 10 di Manchester Raya, 5 di Yorkshire Barat, 5 di Merseyside, 5 di Tyne dan Wear, 7 di Midlands Barat, dan 4 di Yorkshire Selatan. Selain itu, beberapa kawasan non-perkotaan juga dapat memiliki status kehormatan borough.

Australia[sunting | sunting sumber]

Borough adalah satu-satunya wilayah pemerintah lokal di Australia.

Irlandia[sunting | sunting sumber]

Di Irlandia, di bawah Undang-Undang Reformasi Pemerintah Daerah 2014 (bahasa Inggris: Local Government Reform Act 2014); empat munisipalitas borough (Clonmel, Drogheda, Sligo dan Wexford) telah dibentuk. Gelar ini memberikan hak kepada ketua dewan borough untuk disebut wali kota.

Kanada[sunting | sunting sumber]

Di provinsi Quebec, Kanada, istilah borough dalam bahasa Inggris digunakan sebagai terjemahan dari istilah bahasa Prancis yaitu arondissement, yang berarti daerah perkotaan di kota-kota besar.

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Di Amerika Serikat, borough adalah divisi sipil tingkat kedua di negara bagian Alaska, setara dengan paroki di Louisiana dan distrik di negara bagian lainnya.

Juga sejenis munisipalitas di negara bagian Alaska, Connecticut, New Jersey, Pennsylvania, dan Minnesota di Amerika Serikat.

Selain itu, Kota New York secara administratif dibagi menjadi lima borough dengan pemerintahan sendiri.

Menurut Kode Virginia (bahasa Inggris: Code of Virginia), ketika banyak pemerintah daerah digabungkan untuk membentuk sebuah kota, kota dapat dibagi menjadi unit-unit teritorial yang bukan badan pemerintah daerah. Misalnya, kota Chesapeake dibagi menjadi enam borough, salah satunya sesuai dengan bekas kota di selatan Norfolk, dan lima lainnya — lima kabupaten utama (bahasa Inggris: magisterial district), bagian dari bekas distrik administratif Norfolk. Contoh kedua: kota Suffolk dibagi menjadi tujuh borough, salah satunya berhubungan dengan bekas kota Norfolk selatan, dan enam ke kabupaten utama di bekas distrik Nansemonde.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ borough Diarsipkan 20120812041735 di www.collinsdictionary.com Galat: URL arsip tidak dikenal. CollinsDictionary.com. Collins English Dictionary — Complete & Unabridged 11th Edition. Retrieved September 30, 2012.
  2. ^ "Dictionary.com Unabridged. Based on the Random House Dictionary, © Random House, Inc. 2011". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-11. Diakses tanggal 2011-02-18. 
  3. ^ Templat:Cite web 2
  4. ^ Templat:Cite web 2
  5. ^ Реформатский А. А. «Введение в языковедение» // Аспект Пресс, М. 1997, ISBN 5-7567-0202-4
  6. ^ FARNBOROUGH | Meaning & Definition for UK English | Lexico.com
  7. ^ «Saltsburg» in the American Heritage Dictionary Diarsipkan 2014-09-27 di Wayback Machine.
  8. ^ «Salzburg» in the Oxford English Dictionary
  9. ^ "Бург". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-15. Diakses tanggal 2020-02-15. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]