Alaska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Alaska

(Rusia: Территория Аляска)
Bendera Alaska
Lambang resmi Alaska
Motto: 
North to the Future
(Indonesia: "Dari Utara ke Masa Depan")
Peta Amerika Serikat dengan Alaska ditandai
Peta Amerika Serikat dengan Alaska ditandai
NegaraAmerika Serikat
Sebelum menjadi negara bagianTeritori Alaska
Bergabung ke Serikat3 Januari 1959 (ke-49)
Ibu kotaJuneau
Kota terbesarAnchorage
Metropolitan terbesarWilayah metropolitan Anchorage
Pemerintahan
 • GubernurMike Dunleavy (R)
 • Wakil GubernurKevin Meyer
LegislatifLegislatif Alaska
 • Majelis tinggiSenat Alaska
 • Majelis rendahDewan Perwakilan Rakyat Alaska
KehakimanMahkamah Agung Alaska
Senator AS
Delegasi DPR ASDon Young (R) (at-large) (daftar)
Luas
 • Total663,268 sq mi (1,717,856 km2)
 • Luas daratan571,951 sq mi (1,481,346 km2)
 • Luas perairan91,316 sq mi (236,507 km2)  13.77%
Peringkatke-1
Dimensi
 • Panjang1,420 mi (2,285 km)
 • Lebar2,261 mi (3,639 km)
Ketinggian
1.900 ft (580 m)
Ketinggian tertinggi20,310 ft (6.190,5 m)
Ketinggian terendah
0 ft (0 m)
Populasi
 (2020[3])
 • Total736.081
 • Peringkatke-48
 • Kepadatan1,26/sq mi (0,49/km2)
 • Peringkat kepadatanke-50
 • Median pendapatan rumah tangga
$73.181[2]
 • Peringkat pendapatan
ke−8
DemonimAlaskan
Bahasa
 • Bahasa lisan
Singkatan USPS
AK
Kode ISO 3166US-AK
Garis lintang51°20'N to 71°50'N
Garis bujur130°W to 172°E
Situs webalaska.gov

Alaska (/əˈlæskə/ ( simak)) adalah salah satu negara bagian Amerika Serikat yang terletak di Amerika Serikat Barat di ujung barat laut Amerika Utara. Alaska adalah sebuah semieksklave AS yang berbatasan darat dengan wilayah Kanada di Provinsi British Columbia dan Teritori Yukon di timur serta berbatasan laut dengan wilayah Rusia di Okrug Otonom Chukotka di barat, tepat di seberang Selat Bering. Di sebelah utara Alaska terdapat Laut Chukchi dan Laut Beaufort di Samudra Arktik, sedangkan Samudra Pasifik terletak di selatan dan barat daya.

Menurut luas wilayah, Alaska adalah negara bagian AS yang terbesar. Alaska merupakan divisi subnasional terbesar ke-7 di dunia. Negara bagian ini adalah yang ketiga paling sedikit penduduknya dan yang paling jarang penduduknya di Amerika Serikat. Namun, sejauh ini Alaska adalah wilayah dengan penduduk terbanyak di area utara paralel ke-60 Amerika, dengan populasi 736.081 jiwa pada tahun 2020—lebih banyak dari empat kali lipat populasi gabungan Kanada Utara dan Greenland.[4] Sekitar setengah dari total penduduk Alaska tinggal di wilayah metropolitan Anchorage. Ibu kota negara bagian adalah Juneau, kota terbesar kedua di AS berdasarkan luas wilayah, bahkan lebih luas daripada negara bagian Rhode Island dan Delaware. Bekas ibu kota Alaska, Sitka, adalah kota terbesar di AS berdasarkan luas wilayah.

Alaska telah menjadi rumah bagi berbagai masyarakat adat selama ribuan tahun; diyakini secara luas bahwa wilayah ini berfungsi sebagai titik masuk untuk pemukiman awal Amerika Utara melalui jembatan darat Bering. Kekaisaran Rusia adalah yang pertama secara aktif mengkolonisasi daerah ini sejak abad ke-18, yang akhirnya mendirikan Amerika Rusia, yang membentang di sebagian besar negara bagian saat ini. Biaya dan kesulitan untuk mempertahankan kepemilikan Alaska yang jauh ini mendorong Kekaisaran Russia untuk menjualnya ke AS pada tahun 1867 seharga US$7,2 juta (setara dengan $140 juta pada tahun 2021), atau sekitar Rp70.500/km². Alaska mengalami beberapa perubahan administratif sebelum diorganisasikan sebagai teritori pada 11 Mei 1912. Alaska diakui sebagai negara bagian ke-49 AS pada 3 Januari 1959.[5]

Meskipun menjadi salah satu negara bagian dengan ekonomi terkecil di AS, pendapatan per kapita Alaska termasuk yang tertinggi, karena ekonomi yang terdiversifikasi yang didominasi oleh perikanan, gas alam, dan minyak, yang semuanya berlimpah. Pangkalan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat dan pariwisata juga merupakan bagian penting dari ekonomi Alaska; lebih dari setengah wilayah negara bagian adalah tanah publik milik federal, termasuk banyak hutan nasional, taman nasional, dan suaka margasatwa.

Penduduk asli Alaska secara proporsional adalah yang tertinggi dari seluruh negara-negara bagian AS, lebih dari 15 persen.[6] 20 bahasa asli Alaska masih dituturkan dan Penduduk asli Alaska memiliki pengaruh yang cukup besar dalam politik lokal dan negara bagian.

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Nama "Alaska" (bahasa Rusia: Аля́ска, dibaca: Alyáska) diperkenalkan pada masa kolonial Rusia ketika nama tersebut digunakan untuk merujuk ke Semenanjung Alaska. "Alaska" berasal dari idiom bahasa Aleut, "alaxsxaq", yang berarti "daratan" atau lebih harfiah, "objek yang menjadi tujuan tindakan laut".[7][8] Wilayah ini juga dikenal sebagai "Alyeska", "tanah besar", sebuah kata Aleut dengan asal akar yang sama.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pra-kolonisasi[sunting | sunting sumber]

Penari Alutiiq modern dalam pakaian festival tradisional

Banyak masyarakat adat menduduki Alaska selama ribuan tahun sebelum kedatangan masyarakat Eropa ke daerah tersebut. Studi linguistik dan DNA yang dilakukan di sini telah memberikan bukti untuk pemukiman Amerika Utara melalui Jembatan darat Bering.[9] Di Upward Sun Riverside di Tanana Valley di Alaska, sisa-sisa bangkai berusia enam minggu bayi ditemukan. DNA bayi tersebut menunjukkan bahwa ia termasuk dalam populasi yang secara genetik terpisah dari kelompok asli lainnya yang ada di tempat lain di Dunia Baru pada akhir Pleistosen. Ben Potter, arkeolog Universitas Alaska Fairbanks yang menggali sisa-sisa di situs Upward Sun River pada tahun 2013, menamai kelompok baru ini Ancient Beringians.[10]

Orang Tlingit mengembangkan masyarakat dengan sistem kekerabatan matrilineal warisan properti dan keturunan di tempat yang sekarang disebut Alaska Tenggara, bersama dengan bagian dari British Columbia dan Yukon. Juga di Tenggara adalah Haida, yang sekarang terkenal dengan seni unik mereka. Orang-orang Tsimshian datang ke Alaska dari British Columbia pada tahun 1887, ketika Presiden Grover Cleveland, dan kemudian Kongres AS, memberi mereka izin untuk menetap di Pulau Annette dan menemukan kota Metlakatla. Ketiga masyarakat ini, serta masyarakat adat di Pantai Barat Laut Pasifik lainnya, mengalami cacar wabah dari akhir abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-19, dengan epidemi yang paling dahsyat terjadi pada tahun 1830-an dan 1860-an, mengakibatkan kematian yang tinggi dan gangguan sosial.[11]

Kepulauan Aleut masih menjadi rumah bagi masyarakat pelaut orang Aleut, meskipun mereka adalah penduduk asli Alaska pertama yang dieksploitasi oleh Rusia. Alaska Barat dan Barat Daya adalah rumah bagi Yup'ik, sementara sepupu mereka Alutiiq ~ Sugpiaq tinggal di tempat yang sekarang disebut Alaska Tengah Selatan. Orang Gwich'in di wilayah Interior utara adalah Athabaskan dan terutama dikenal saat ini karena ketergantungan mereka pada karibu di Suaka Margasatwa Nasional Arktik yang banyak diperebutkan. Lereng Utara dan Pulau Diomede Kecil ditempati oleh orang Inupiat yang tersebar luas.

Kolonisasi[sunting | sunting sumber]

Pemukiman Rusia di Pelabuhan St. Paul (sekarang Kota Kodiak), Pulau Kodiak, 1814
Penambang dan pencari emas mendaki Chilkoot Trail selama 1898 Klondike Gold Rush.

Beberapa peneliti percaya pemukiman Rusia pertama di Alaska didirikan pada abad ke-17.[12] Menurut hipotesis ini, pada tahun 1648 beberapa koches dari ekspedisi Semyon Dezhnyov mendarat di Alaska oleh badai dan mendirikan pemukiman ini. Hipotesis ini didasarkan pada kesaksian Chukchi ahli geografi Nikolai Daurkin, yang telah mengunjungi Alaska pada tahun 1764–1765 dan yang telah melaporkan tentang sebuah desa di Sungai Kheuveren, yang dihuni oleh "pria berjanggut" yang "berdoa kepada ikon". Beberapa peneliti modern mengaitkan Kheuveren dengan Sungai Koyuk.[13]

Kapal Eropa pertama yang mencapai Alaska umumnya dianggap sebagai St. Gabriel di bawah otoritas surveyor M. S. Gvozdev dan asisten navigator I. Fyodorov pada 21 Agustus 1732, selama ekspedisi Siberian Cossack A. F. Shestakov dan penjelajah Rusia Dmitry Pavlutsky (1729–1735).[14] Kontak Eropa lainnya dengan Alaska terjadi pada tahun 1741, ketika Vitus Bering memimpin ekspedisi ​​untuk Angkatan Laut Rusia di atas kapal St . Petrus. Setelah krunya kembali ke Rusia dengan sea berang-berang bulu yang dinilai sebagai bulu terbaik di dunia, asosiasi kecil pedagang bulu mulai berlayar dari pantai Siberia menuju Kepulauan Aleutian. Pemukiman permanen Eropa pertama didirikan pada tahun 1784.

Antara 1774 dan 1800, Spanyol mengirim beberapa ekspedisi ke Alaska untuk menegaskan klaimnya atas Pacific Northwest. Pada tahun 1789, sebuah pemukiman Spanyol dan benteng dibangun di Nootka Sound. Ekspedisi ini memberi nama tempat-tempat seperti Valdez, Bucareli Sound, dan Cordova. Kemudian, Perusahaan Rusia-Amerika melakukan program kolonisasi yang diperluas selama awal hingga pertengahan abad ke-19. Sitka, berganti nama menjadi New Archangel dari tahun 1804 hingga 1867, di Pulau Baranof di Alexander Archipelago di tempat yang sekarang Alaska Tenggara, menjadi ibukota Amerika Rusia. Itu tetap menjadi ibu kota setelah koloni dipindahkan ke Amerika Serikat. Rusia tidak pernah sepenuhnya menjajah Alaska, dan koloni itu tidak pernah sangat menguntungkan. Bukti pemukiman Rusia dalam nama dan gereja bertahan di seluruh tenggara Alaska.

William H. Seward, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat ke-24, menegosiasikan Pembelian Alaska (juga dikenal sebagai Seward's Folly) dengan Rusia pada tahun 1867 seharga $7,2 juta. Penguasa kontemporer Rusia Tsar Alexander II, Kaisar Kekaisaran Rusia, Raja Polandia dan Grand Duke of Finland, juga direncanakan obralnya;[15] pembelian dilakukan pada tanggal 30 Maret 1867. Enam bulan kemudian para komisaris tiba di Sitka dan pemindahan resmi diatur; pengibaran bendera resmi berlangsung di Fort Sitka pada tanggal 18 Oktober 1867. Dalam upacara tersebut 250 tentara AS berseragam berbaris ke rumah gubernur di "Castle Hill", di mana tentara Rusia menurunkan bendera Rusia dan bendera AS dikibarkan. Acara ini diperingati sebagai Hari Alaska, hari libur resmi pada tanggal 18 Oktober.

Alaska awalnya diperintah secara longgar oleh militer, dan diadministrasikan sebagai distrik mulai tahun 1884, dengan gubernur yang ditunjuk oleh presiden Amerika Serikat. Sebuah pengadilan distrik federal bermarkas di Sitka. Untuk sebagian besar dekade pertama Alaska di bawah bendera Amerika Serikat, Sitka adalah satu-satunya komunitas yang dihuni oleh pemukim Amerika. Mereka mengorganisir "pemerintahan kota sementara", yang merupakan pemerintahan kotamadya pertama Alaska, tetapi tidak dalam pengertian hukum.[16] Undang-undang yang mengizinkan komunitas Alaska untuk bergabung secara legal sebagai kota tidak muncul sampai tahun 1900, dan aturan rumah untuk kota sangat terbatas atau tidak tersedia sampai negara bagian mulai berlaku pada tahun 1959.

Alaska sebagai wilayah AS yang tergabung[sunting | sunting sumber]

Mulai tahun 1890-an dan meluas di beberapa tempat hingga awal 1910-an, demam emas di Alaska dan Yukon Territory di dekatnya membawa ribuan penambang dan pemukim ke Alaska. Alaska secara resmi dimasukkan sebagai wilayah terorganisir pada tahun 1912. Ibu kota Alaska, yang berada di Sitka hingga 1906, dipindahkan ke utara ke Juneau. Pembangunan Rumah Gubernur Alaska dimulai pada tahun yang sama. Imigran Eropa dari Norwegia dan Swedia juga menetap di Alaska tenggara, di mana mereka memasuki industri perikanan dan penebangan kayu.

Pasukan AS menavigasi salju dan es selama Pertempuran Attu pada Mei 1943

Selama Perang Dunia II, Kampanye Kepulauan Aleutian berfokus pada Attu, Agattu dan Kiska, yang semuanya diduduki oleh Kekaisaran Jepang.[17] Selama pendudukan Jepang, seorang warga sipil kulit putih Amerika dan dua personel Angkatan Laut Amerika Serikat masing-masing tewas di Attu dan Kiska, dan hampir total 50 warga sipil Aleut dan delapan pelaut diinternir di Jepang. Sekitar setengah dari Aleut meninggal selama masa penahanan.[18] Unalaska/ Pelabuhan Belanda dan Adak menjadi pangkalan penting bagi Angkatan Darat Amerika Serikat, Angkatan Udara Amerika Serikat dan Angkatan Laut Amerika Serikat. Program Pinjam-Sewa Amerika Serikat melibatkan menerbangkan pesawat tempur Amerika melalui Kanada ke Fairbanks dan kemudian Nome; Pilot Soviet mengambil alih pesawat ini, mengangkutnya untuk melawan invasi Jerman ke Uni Soviet. Pembangunan pangkalan militer berkontribusi pada pertumbuhan penduduk di beberapa kota di Alaska.

Kenegaraan[sunting | sunting sumber]

Bob Bartlett & Ernest Gruening, Senator AS perdana Alaska, memegang Bendera AS bintang 49 setelah Alaska diakui sebagai negara bagian ke-49.

Kenegaraan untuk Alaska adalah penyebab penting James Wickersham di awal masa jabatannya sebagai delegasi kongres. Puluhan tahun kemudian, gerakan kenegaraan memperoleh momentum nyata pertamanya setelah referendum teritorial pada tahun 1946. Komite Kenegaraan Alaska dan Konvensi Konstitusi Alaska akan segera menyusul. Pendukung kenegaraan juga mendapati diri mereka bertempur dalam pertempuran besar melawan musuh politik, sebagian besar di Kongres AS tetapi juga di Alaska. Statehood disetujui oleh Kongres AS pada 7 Juli 1958; Alaska secara resmi diproklamasikan sebagai negara bagian pada 3 Januari 1959.

Gempa Jumat Agung[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 27 Maret 1964, Gempa Jumat Agung yang besar menewaskan 133 orang dan menghancurkan beberapa desa dan sebagian besar komunitas pesisir, terutama oleh tsunami yang diakibatkannya dan tanah longsor. Itu adalah gempa paling kuat kedua dalam sejarah yang tercatat, dengan besar magnitudo 9,2 (lebih dari seribu kali lebih kuat dari Gempa San Francisco 1989).[19] Waktu (5: 36 sore), waktu dalam setahun (musim semi) dan lokasi pusat gempa semuanya disebut-sebut sebagai faktor yang berpotensi menyelamatkan ribuan nyawa, khususnya di Anchorage.

Berlangsung selama empat menit tiga puluh delapan detik, kekuatan 9,2 SR tetap menjadi gempa bumi paling kuat yang tercatat dalam sejarah Amerika Utara, dan paling kuat yang tercatat dalam sejarah dunia. 600 mil (970 km)* patahan pecah sekaligus dan naik ke 60 ft (18 m), melepaskan sekitar 500 tahun penumpukan stres. Pencairan tanah, retakan, tanah longsor, dan kegagalan tanah lainnya menyebabkan kerusakan struktural besar di beberapa komunitas dan banyak kerusakan properti. Anchorage mengalami kehancuran besar atau kerusakan pada banyak rumah, gedung, dan infrastruktur Rekayasa gempa yang tidak memadai (jalan beraspal, trotoar, saluran air dan saluran pembuangan, sistem kelistrikan, dan manusia lainnya peralatan buatan), khususnya di beberapa zona longsor di sepanjang Knik Arm. 200 mil (320 km)* barat daya, beberapa daerah di dekat Kodiak secara permanen dibangkitkan oleh 30 kaki (9 m). Tenggara Anchorage, area di sekitar kepala Turnagain Arm dekat Girdwood dan Portage turun sebanyak 8 kaki (2,4 m), membutuhkan rekonstruksi dan pengisian untuk menaikkan Seward Highway di atas tanda tide tinggi yang baru.

Di Pangeran William Sound, Port Valdez mengalami tanah longsor bawah laut yang besar, mengakibatkan kematian 32 orang di antara runtuhnya pelabuhan kota Valdez dan dermaga , dan di dalam kapal yang sedang berlabuh di sana pada saat itu. Di dekatnya, tsunami 27-kaki (8,2 m) menghancurkan desa Chenega, menewaskan 23 dari 68 orang yang tinggal di sana; orang-orang yang selamat melewati gelombang, mendaki ke tempat yang tinggi. Tsunami pascagempa sangat mempengaruhi Whittier, Seward, Kodiak, dan komunitas Alaska lainnya, serta orang dan properti di British Columbia, Washington, Oregon, dan California.[20] Tsunami juga menyebabkan kerusakan di Hawaii dan Jepang. Bukti gerakan yang terkait langsung dengan gempa juga dilaporkan dari Florida dan Texas.

Ledakan minyak Alaska[sunting | sunting sumber]

Penemuan minyak tahun 1968 di Teluk Prudhoe dan penyelesaian Sistem Saluran Pipa Trans-Alaska tahun 1977 menyebabkan ledakan minyak. Pendapatan royalti dari minyak telah mendanai anggaran negara yang besar dari tahun 1980 dan seterusnya.

Pada tahun yang sama, bukan kebetulan, Alaska mencabut pajak penghasilan negara bagiannya.[butuh rujukan]

Pada tahun 1989, Exxon Valdez menghantam karang di Prince William Sound, tumpah lebih dari 11 juta galon A.S. (42 megaliter) minyak mentah di atas 1.100 mil (1.800 km) garis pantai. Hari ini, pertempuran antara filosofi pembangunan dan konservasi terlihat dalam perdebatan kontroversial tentang pengeboran minyak di Suaka Margasatwa Nasional Arktik dan Tambang Kerikil yang diusulkan.

Pandemi COVID-19[sunting | sunting sumber]

Pandemi COVID-19 dikonfirmasi telah mencapai negara bagian Alaska AS pada 12 Maret 2020.[21]

Pada tanggal 11 Maret, kantor Gubernur Mike Dunleavy mengumumkan keadaan darurat untuk memastikan semua entitas memiliki sumber daya respons yang diperlukan.[22] Keesokan harinya, kasus pertama, seorang warga negara asing di Anchorage, diumumkan kepada publik.[23]

Ketchikan, salah satu tempat yang terkena dampak COVID-19 selama wabah 2020 di Alaska

Pada 21 Maret 2020, Ketchikan, sebuah kota pesisir kecil berpenduduk sekitar 8.000 penduduk yang terletak di Alaska Tenggara ditetapkan memiliki enam kasus COVID-19. Kota berlindung di tempat selama 14 hari ke depan.[24] Pada 24 Maret 2020, ditemukan tiga kasus COVID-19 lagi di Ketchikan, sehingga totalnya menjadi sembilan.[25] Keesokan harinya, total kasus di sana mencapai 11,[26] Pada 1 April 2020, jumlah kasus positif COVID-19 di Ketchikan naik menjadi 14.[27]

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Produk negara bagian bruto pada tahun 2018 adalah US$55 miliar, peringkat ke-48 di AS. Pendapatan pribadi per kapita Alaska untuk 2018 adalah US$73.000, peringkat ke-7 di AS. Menurut studi tahun 2013 oleh Phoenix Marketing International, Alaska memiliki jumlah jutawan per kapita terbesar kelima di AS, dengan rasio 6,75 persen.[1] Industri minyak dan gas mendominasi perekonomian Alaska, dengan lebih dari 80% pendapatan negara bagian ini berasal dari ekstraksi minyak bumi. Produk ekspor utama Alaska (tidak termasuk minyak dan gas alam) adalah makanan laut, terutama salmon, kod, pollock, dan kepiting.

Energi[sunting | sunting sumber]

Alaska memiliki sumber daya energi yang besar, meskipun cadangan minyaknya sebagian besar telah habis. Cadangan minyak dan gas utama ditemukan di Alaskan North Slope (ANS) dan cekungan Cook Inlet, tetapi menurut Administrasi Informasi Energi (EIA), pada Februari 2014 Alaska telah jatuh ke posisi keempat di AS dalam produksi minyak mentah setelah Texas, Dakota Utara, dan California.[28][29] Teluk Prudhoe di Lereng Utara Alaska masih merupakan ladang minyak dengan hasil tertinggi kedua di Amerika Serikat, biasanya memproduksi sekitar 400.000 barel per hari (64.000 m³/hari), meskipun pada awal 2014 Bakken Formation di Dakota Utara memproduksi lebih dari 900.000 barel per hari (140.000 m³/hari).[30] Teluk Prudhoe adalah ladang minyak konvensional terbesar yang pernah ditemukan di Amerika Utara, tetapi jauh lebih kecil dari ladang pasir minyak Athabasca yang sangat besar di Kanada, yang pada tahun 2014 memproduksi sekitar 1.500.000 barel minyak tidak konvensional per hari (240.000 m³/hari), dan memiliki ratusan tahun cadangan yang dapat diproduksi pada saat itu.[31]

Pipa Trans-Alaska mengangkut minyak, barang ekspor Alaska yang paling penting secara finansial, dari North Slope ke Valdez. Pipa panas di dudukan kolom relevan karena pipa-pipa menyebarkan panas ke atas dan mencegah pencairan lapisan es.

Pipa Trans-Alaska dapat mengangkut dan memompa hingga 2,1 juta barel (330.000 m3) minyak mentah per hari, lebih banyak daripada pipa minyak mentah lainnya di Amerika Serikat. Alaska juga menawarkan beberapa potensi pembangkit listrik tenaga air tertinggi di negara ini dari banyak sungainya. Petak besar garis pantai Alaska menawarkan potensi energi angin dan panas bumi juga.

Perekonomian Alaska sangat bergantung pada bahan bakar diesel yang semakin mahal untuk pemanas, transportasi, tenaga listrik, dan penerangan. Meskipun tenaga angin dan pembangkit listrik tenaga air berlimpah dan belum berkembang, proposal untuk sistem energi di seluruh wilayah negara bagian Alaska (misalnya dengan sambungan listrik berbiaya rendah khusus) dinilai tidak ekonomis karena bahan bakar yang rendah, harga bahan bakar, jarak yang jauh, dan populasi yang rendah.

Pertanian dan perikanan[sunting | sunting sumber]

Karena iklim utara dan musim tanam yang pendek, pertanian yang relatif sedikit terjadi di Alaska. Sebagian besar pertanian berada di Lembah Matanuska, sekitar 64 km (40 mil) sebelah timur laut Anchorage, atau di Semenanjung Kenai, sekitar 97 km (60 mil) sebelah barat daya Anchorage. Musim tanam 100 hari yang pendek membatasi tanaman yang dapat ditanam, tetapi hari-hari musim panas yang cerah dan panjang membuat musim tanam yang produktif. Tanaman panen utama adalah kentang, wortel, selada, dan kubis.

Alaska memiliki banyak makanan laut, dengan perikanan utama terletak di Laut Bering dan Pasifik Utara. Makanan laut adalah salah satu dari sedikit makanan yang seringkali harganya lebih murah di dalam negara bagian daripada di luar. Banyak orang Alaska memanfaatkan musim salmon untuk memanen porsi makanan rumah tangga mereka sambil memancing untuk penghidupan, serta olahraga. Hal ini termasuk ikan yang diambil dengan kail, jaring atau roda.[32]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Elevations and Distances in the United States". United States Geological Survey. 2001. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-10-15. Diakses tanggal 21 Oktober 2011. 
  2. ^ "Median Annual Household Income". The Henry J. Kaiser Family Foundation. Diarsipkan dari versi asli tanggal 28 Desember 2017. Diakses tanggal 27 Januari 2018. 
  3. ^ "2020 Census Apportionment Results". census.gov. United States Census Bureau. Diarsipkan dari versi asli tanggal 26 April 2021. Diakses tanggal 30 April 2021. 
  4. ^ Bureau, US Census. "2020 Census Apportionment Results". Census.gov. Diakses tanggal 2022-06-23. 
  5. ^ 49th Star. Alaska Statehood, New Flag, Official, 1959/01/05, 1959, diakses tanggal 2022-06-23 
  6. ^ "U.S. Census Bureau QuickFacts: Alaska". www.census.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-23. 
  7. ^ Bergsland, Knut (1994). Aleut Dictionary: Unangam Tunudgusii. Alaskan Native Language Center. hlm. 49, 50, 508. ISBN 978-1-55500-047-9. 
  8. ^ Bright, William (2007). Native American Placenames in the United States. University of Oklahoma Press. ISBN 978-0806135984. 
  9. ^ "Peta Migrasi Manusia". Diarsipkan dari / versi asli Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal Mei 19, 2017. Diakses tanggal 5 November 2016. 
  10. ^ "Hilangnya Leluhur Penduduk Asli Amerika Terungkap dalam DNA Anak Purba". National Geographic. 3 Januari 2018. Diarsipkan dari [https:/ /news.nationalgeographic.com/2018/01/alaska-dna-ancient-beringia-genome/ versi asli] Periksa nilai |url= (bantuan) tanggal Parameter |archive-url= membutuhkan |archive-date= (bantuan). Diakses tanggal 3 Januari 2018. 
  11. ^ Brian C. Hosmer, American Indians in the Marketplace: Persistence and Innovation between the Menominees and Metlakatlans, 1870–1920 (Lawrence, Kansas: University Press of Kansas, 1999), hlm. 129-131, 200.
  12. ^ Свердлов . . ое оселение а е XVII .? "Природа". ., 1992. No. 4. .67–69.
  13. ^ Postnikov, Alexey V. (2000). "Garis Besar Sejarah Kartografi Rusia". Wilayah: Prisma untuk Melihat Dunia Eurasia Slavia. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2013-01-17. Diakses tanggal 2022-08-07. 
  14. ^ Аронов . . атриарх амчатского ореходства. // "Вопросы ории ой омышленности амчатки": орико-краеведческий .—Вып. 3.—2000. а . окорители еликого океана. етроп.-Камч.: амштат, 1993.
  15. ^ The man who $old Alaska – Anchorage Berita Harian
  16. ^ {{cite book|last=Wheeler|first=Keith|chapter=Belajar mengatasi 'Seward's Icebox'| title=The Alaskans|url=https://archive.org/details/alaskans00time%7Curl-access=registration%7Cyear=1977%7Cpublisher=Time–Life Books|location=[[Alexandria, Virginia|Alexandria] ]|isbn=978-0-8094-1506-9|pages=57–64}}
  17. ^ tiga pulau terluar Aleutian ini berjarak sekitar 460 mil (740 km) dari daratan Uni Soviet, 920 mil (1.480 km) dari daratan Alaska, 950 mil (1.530 km) dari Jepang.
  18. ^ Cloe, John Haile; Layanan, Taman Nasional Amerika Serikat (2017). Attu: pertempuran yang terlupakan. Kantor Percetakan Pemerintah. ISBN 978-0-9965837-3-2. 
  19. ^ Taylor, Alan. /photo/2014/05/1964-alaskas-good-friday-earthquake/100746/ "1964: Gempa Jumat Agung Alaska – Atlantik" Periksa nilai |url= (bantuan). www.theatlantic.com. Diakses tanggal 2021-02-04. 
  20. ^ USC, Tsunami Research Group. "1964 Tsunami Alaska". University of Southern California. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 Mei 2015. Diakses tanggal 18 Juli 2015. 
  21. ^ -things-stand/ "Tanggapan virus corona di Alaska telah meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah kasus dewasa. Di sinilah hal-hal berdiri" Periksa nilai |url= (bantuan). Anchorage Daily News. 22 Maret 2020. Diakses tanggal 22 Maret 2020. 
  22. ^ "Governor Issues Kesehatan Masyarakat Darurat Bencana Deklarasi untuk COVID-19". Pemerintah Alaska. Diakses tanggal 19 Maret 2020. 
  23. ^ -health-laboratory-is-an-international-resident/ "Kasus pertama COVID-19 yang dikonfirmasi oleh Laboratorium Kesehatan Masyarakat Negara Bagian Alaska adalah penduduk internasional" Periksa nilai |url= (bantuan). Pemerintah Alaska. Diakses tanggal 19 Maret 2020. 
  24. ^ Stone, Eric (21 Maret 2020). "Pejabat mengumumkan tiga kasus COVID-19 lagi di Ketchikan". KRBD via KTOO-TV. Diakses tanggal 22 Maret 2020. 
  25. ^ 19-569066131.html "UPDATE: Ketchikan mengkonfirmasi 3 kasus baru COVID-19" Periksa nilai |url= (bantuan). KTUU-TV. 24 Maret 2020. Diakses tanggal 24 Maret 2020. 
  26. ^ Stone, Eric (26 Maret 2020). "Dua kasus virus corona baru menjadikan total kasus Ketchikan menjadi 11". KR BD. Diakses tanggal 26 Maret 2020. 
  27. ^ [https ://www.kinyradio.com/news/news-of-the-north/ketchikan-covid-19-cases-rise-to-14-after-new-diagnosis/ "Ketchikan Kasus COVID-19 meningkat menjadi 14 setelah diagnosis baru"] Periksa nilai |url= (bantuan). KINY. 1 April 2020. Diakses tanggal 1 April 2020. 
  28. ^ "U.S. Energy Information Administration - EIA - Independent Statistics and Analysis". www.eia.gov. Diakses tanggal 2022-06-23. 
  29. ^ "U.S. Energy Information Administration - EIA - Independent Statistics and Analysis". www.eia.gov. Diakses tanggal 2022-06-23. 
  30. ^ "North Dakota Department of Mineral Resources" (PDF). 2014-07-14. Diakses tanggal 2022-06-23. 
  31. ^ "Crude Oil Forecast, Markets and Transportation". Canadian Association of Petroleum Producers. 2014-05-22. Diakses tanggal 2022-06-23. 
  32. ^ dfg.webmaster@alaska.gov. "Personal Use Fishing, Alaska Department of Fish and Game". www.adfg.alaska.gov (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2022-06-23. 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]