Oklahoma

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Oklahoma
Bendera OklahomaLambang resmi Oklahoma
Peta Amerika Serikat dengan ditandai
Peta Amerika Serikat dengan ditandai
NegaraAmerika Serikat
Sebelum menjadi negara bagianOklahoma Territory
Bergabung ke Serikat16 November 1907 (46)
Kota terbesarOklahoma City
Pemerintahan
 • GubernurC. Brad Henry (D)
 • Wakil GubernurJari Askins (D)
 • Majelis tinggi{{{Upperhouse}}}
 • Majelis rendah{{{Lowerhouse}}}
Senator ASJames M. Inhofe (R)
Thomas A. Coburn (R)
Delegasi DPR AS4 Republicans, 1 Democrat (daftar)
Populasi
 • Total3,642,361 (perk. 2.008)[1]
 • Kepadatan52,7/sq mi (20,34/km2)
Bahasa
 • Bahasa resmiNone
Singkatan lamaOkla.

Oklahoma merupakan sebuah negara bagian Amerika Serikat. Negara bagian ini terletak di bagian selatan. Pada tahun 2008, negara bagian ini memiliki jumlah penduduk sebesar 3.642.361 jiwa dan memiliki luas wilayah 178.023 km². Ibu kotanya adalah Oklahoma City. Negara bagian ini memiliki angka kepadatan penduduk sebesar 20,34 jiwa/km².

Nama negara bagian ini berasal dari bahasa Choctaw yaitu kata okla dan humma, yang berarti "orang merah". Oklahoma juga dikenal secara informal dengan julukannya, "The Sooner State", mengacu pada pemukim non-Pribumi yang mempertaruhkan klaim mereka di atas tanah sebelum tanggal pembukaan resmi tanah di Wilayah Oklahoma barat atau sebelum Indian Appropriations Act tahun 1889, yang meningkatkan pemukiman Eropa-Amerika di Teritori Indian bagian timur. Teritori Oklahoma dan Teritori Indian digabungkan menjadi Negara Bagian Oklahoma ketika menjadi negara bagian ke-46 yang bergabung pada tanggal 16 November 1907.

Dengan pegunungan kuno, prairi, mesa, dan hutan timur, sebagian besar Oklahoma terletak di dataran Great Plains dan semua wilayah yang rentan terhadap cuaca buruk. Oklahoma berada di pertemuan tiga wilayah budaya utama Amerika dan secara historis berfungsi sebagai rute untuk menggembalakan ternak, tujuan bagi pemukim Selatan, dan wilayah yang disetujui pemerintah untuk penduduk asli Amerika. Dua puluh lima bahasa penduduk asli Amerika digunakan di Oklahoma.

Penghasil utama gas alam, minyak, dan produk pertanian, Oklahoma bergantung pada basis ekonomi penerbangan, energi, telekomunikasi, dan bioteknologi. Kota Oklahoma dan Tulsa berfungsi sebagai jangkar ekonomi utama Oklahoma, dengan hampir dua pertiga penduduk Oklahoma tinggal dalam wilayah statistik metropolitan mereka.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Agama[sunting | sunting sumber]

Afiliasi agama warga Oklahoma menurut WorldAtlas

  Protestan (69%)
  Katolik Roma (13%)
  Tanpa agama (12%)
  Lainnya (6%)

Hampir 80% penduduk menganut agama Kristen dengan 20% sisanya terbagi di antara agama lain dan mereka yang tidak menganut agama sama sekali.  Pada skala yang lebih luas, persentase Protestan Injili di negara bagian itu lebih dari dua kali lipat rata-rata nasional, sedangkan persentase umat Katolik kira-kira setengah dari rata-rata nasional.  Satu-satunya negara bagian lain di AS yang memiliki jumlah Protestan Injili yang begitu tinggi adalah negara bagian Arkansas.

Melihat angka-angka, persentase terbesar orang Kristen di negara bagian adalah Protestan yang terdiri dari 53% dari populasi sementara Protestan Arus Utama mencapai sekitar 16%. Katolik Roma berada di posisi ketiga dengan sekitar 13% dari populasi.  12% adalah orang-orang yang tidak berafiliasi dengan agama apa pun, sementara agama kecil lainnya hanya 6%.

Data tahun 2010 menunjukkan bahwa gereja di negara bagian dengan anggota terbanyak adalah Southern Baptist Convention dengan 886.394 anggota. Gereja United Methodist berada di posisi kedua dengan 282.347 anggota sedangkan Gereja Katolik Roma memiliki sekitar 178.430 anggota.  Assemblies of God memiliki sekitar 85.926 anggota sementara Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir memiliki 47.349 anggota.  Agama-agama kecil dengan jumlah kecil termasuk seperti Islam, Hindu, dan Buddha.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "State Fact Sheets: Oklahoma". Economic Research Service. United States Department of Agriculture. 2008-07-02. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2007-08-11. Diakses tanggal 2008-07-10. 
  2. ^ "Religious Beliefs In Oklahoma". WorldAtlas (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-08-20. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]