Bendera

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Bendera adalah sepotong kain, sering dikibarkan di tiang, umumnya digunakan secara simbolis untuk memberikan sinyal atau identifikasi. Hal ini paling sering digunakan untuk melambangkan suatu negara untuk menunjukkan kemerdekaannya.

Bendera pertama digunakan untuk membantu koordinasi militer di medan perang, dan bendera sejak berevolusi menjadi alat umum untuk sinyal dasar dan identifikasi, terutama di lingkungan di mana komunikasi juga menantang (seperti lingkungan hidup maritim di mana semaphore digunakan). Bendera nasional adalah simbol-simbol patriotik kuat dengan interpretasi luas bervariasi, sering termasuk asosiasi militer yang kuat karena asli dan berkelanjutan militer mereka. Bendera juga digunakan dalam pesan, iklan, atau untuk tujuan hias lain. Studi tentang bendera dikenal sebagai vexillology


Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penggunaan bendera pada awalnya berasal dari dari India dan Cina, kemudian menyebar ke Indo-Cina Pada zaman dahulu, lapangan tanda-tanda atau standar yang digunakan dalam peperangan yang dapat dikategorikan sebagai vexilloid atau "seperti bendera". Contohnya dari legiun Romawi seperti elang dari legiun Xth Augustus Caesar, atau naga dari Sarmatians, yang kedua adalah membiarkan terbang bebas di angin, dibawa oleh seorang penunggang kuda, tetapi dinilai dari penggambaran itu lebih mirip dengan layang-layang naga panjang daripada bendera sederhana.

Selama puncak usia, dimulai pada awal abad ke-17, telah menjadi kebiasaan (dan kemudian persyaratan hukum) untuk kapal laut untuk membawa bendera kebangsaan mereka; bendera-bendera ini akhirnya berkembang menjadi bendera nasional dan bendera maritim di hari kemudian. bendera juga menjadi sarana pilihan komunikasi di laut, mengakibatkan berbagai sistem sinyal bendera; seperti bendera sinyal maritim Internasional.

Penggunaan bendera di luar konteks militer atau angkatan laut dimulai dengan munculnya sentimen nasionalis pada akhir abad ke-18, pada saat awal bendera nasional untuk periode tersebut, dan selama abad ke-19 itu menjadi umum untuk setiap negara berdaulat untuk memperkenalkan bendera nasional.

Bendera Nasional[sunting | sunting sumber]

Salah satu penggunaan yang paling populer bendera adalah untuk melambangkan sebuah bangsa atau negara. Beberapa bendera nasional telah sangat inspiratif untuk bangsa lain, negara, atau entitas subnasional dalam desain bendera sendiri. Beberapa contohnya adalah:

  1. Bendera Denmark adalah bendera negara tertua yang masih digunakan (abad ke-13). bendera ini, yang disebut Dannebrog itu, terinspirasi desain salib negara-negara Nordik lain: Norwegia, Swedia, Finlandia, Islandia, dan bendera Skandinavia regional untuk Kepulauan Faroe, Åland, Scania dan Bornholm, serta bendera untuk Shetland non-Skandinavia dan Orkney.
    Bendera Denmark, Danneborog
  2. The Tricolour dari Belanda adalah bendera triwarna tertua, pertama kali muncul pada 1572 sebagai Bendera Pangeran dalam oranye-putih-biru. Segera lebih terkenal merah-putih-biru mulai muncul-itu Namun tidak diketahui mengapa, walaupun banyak cerita diketahui. Setelah 1630 the-merah putih-biru adalah bendera paling sering terlihat. Bendera triwarna Belanda telah memberikan inspirasi[rujukan?] terutama orang-orang dari Rusia, New York City, dan Afrika Selatan (bendera 1928-1994).
    bendera dikibarkan setengah tiang di Central Plaza, Hong Kong, kecuali bendera Arab Saudi
  3. Bendera nasional Perancis, triwarna dirancang pada 1794. Sebagai pelopor revolusi, bendera triwarna gaya Perancis telah diadopsi oleh bangsa lain. Contoh: Italia, Kosta Rika, Republik Dominika, Irlandia, Haiti, Rumania, Meksiko, dll
  4. Bendera Rusia, sumber untuk warna Pan-Slavia merah, putih dan biru, diadopsi oleh banyak negara Slavia dan masyarakat sebagai simbol mereka. Contoh: Slowakia, Serbia, Kroasia, dan Slovenia.
  5. Bendera Union (Union Jack) dari Britania Raya adalah yang paling umum digunakan. koloni Inggris biasanya mengibarkan bendera berdasarkan salah satu bendera kapal ini, dan banyak bekas koloni telah mempertahankan desain untuk mengakui sejarah budaya mereka. Contoh: Australia, Fiji, Selandia Baru, Tuvalu, dan juga provinsi Kanada Manitoba, Ontario dan British Columbia, dan negara Hawaii Amerika.
  6. Bendera Amerika Serikat, juga berjuluk The Stars and Stripes atau Old Glory. Dengan cara yang sama bahwa negara-negara memandang ke Perancis untuk inspirasi, banyak negara juga terinspirasi oleh Revolusi Amerika, yang mereka rasakan telah dilambangkan dalam bendera ini. Contoh: Liberia, Chile, Malaysia, Uruguay, dan wilayah Perancis Brittany.
  7. Bendera triwarna Iran, sumber untuk warna Pan-Iran Hijau, Putih dan Merah diadopsi oleh negara-negara yang rakyatnya berasal dari Indo-Iran atau Ras Arya sebagai simbol mereka. Contoh: Tajikistan, Kurdistan, Republik Ararat, Talysh-Mughan.
  8. Ethiopia terlihat sebagai model dengan munculnya negara-negara Afrika tahun 1950-an dan 1960-an, sebagai salah satu negara merdeka tertua di Afrika. Oleh karena itu, bendera yang menjadi sumber warna Pan-Afrika, atau " warna Rasta ". Contoh: Togo, Senegal, Ghana, Mali.
  9. Bendera Turki, yang sangat mirip dengan bendera terakhir Kekaisaran Ottoman lama, telah inspirasi untuk desain bendera dari banyak negara Muslim lainnya. Selama masa Dinasti Utsmaniah sabit mulai dikaitkan dengan Islam dan ini tercermin pada bendera Aljazair, Azerbaijan, Komoro, Malaysia, Mauritania, Pakistan dan Tunisia.
  10. Warna-warna Pan-Arab, hijau, putih, merah dan hitam, berasal dari bendera di Pemberontakan besar Arab seperti terlihat pada bendera Yordania, Kuwait, Sudan, Suriah, Uni Emirat Arab, Sahara Barat, Mesir, Irak , Yaman dan Palestina.
  11. Bendera Uni Soviet, dengan simbol palu dan sabit berwarna emas dengan latar belakang merah, menjadi inspirasi bagi bendera negara-negara komunis lainnya, seperti Jerman Timur, Republik Rakyat Tiongkok, Vietnam, Angola, Afghanistan, dan Mozambik.
  12. Bendera Venezuela, diciptakan oleh Francisco de Miranda untuk mewakili gerakan kemerdekaan di Venezuela yang kemudian melahirkan "Gran Colombia", terinspirasi oleh bendera Kolombia dan Ekuador, pita kuning, biru dan merah mirip dengan bendera Venezuela.
  13. Bendera Argentina, diciptakan oleh Manuel Belgrano selama perang kemerdekaan, menjadi inspirasi bagi Provinsi Serikat bendera Amerika Tengah, misalnya bendera Guatemala, Honduras, El Salvador, dan Nikaragua.
  14. Pada saat dipimpin Muammar al-Qaddafi, Libya adalah satu-satunya negara yang memiliki bendera warna tunggal, yaitu hijau.

Desain bendera nasional sering digunakan untuk menandakan kebangsaan dalam bentuk lain, seperti potongan bendera.

bendera Sipil

bendera sipil adalah versi dari bendera nasional yang diterbangkan oleh warga sipil pada instalasi non-pemerintah atau kerajinan. Penggunaan flag sipil lebih umum di masa lalu, dalam rangka untuk menunjukkan bangunan atau kapal yang tidak dijaga oleh militer. Di beberapa negara bendera sipil adalah sama sebagai bendera perang atau bendera negara, namun tanpa lambang, seperti dalam kasus Spanyol, dan di lain itu adalah perubahan bendera perang.

Bendera Perang

Beberapa negara (termasuk Britania Raya dan Uni Soviet) telah memiliki bendera yang unik diterbangkan oleh angkatan bersenjata mereka, bukan bendera nasional.

Angkatan bersenjata Negara-negara lain (seperti Amerika Serikat atau Swiss) menggunakan bendera standar nasional mereka. angkatan bersenjata Filipina juga menggunakan bendera standar nasional mereka, tetapi selama masa perang bendera terbalik. bendera Bulgaria juga terbalik selama masa perang. Ini juga dianggap bendera perang, meskipun terminologi hanya berlaku untuk penggunaan militer bendera itu.

Versi besar bendera perang diterbangkan pada kapal perang angkatan laut negara. Dalam perang melambai-lambaikan bendera putih adalah bendera gencatan senjata (menyerah).

Empat bendera khas Afrika saat ini dalam koleksi Museum Maritim Nasional di Inggris dikibarkan dalam aksi oleh kapal Itsekiri bawah kendali Nana Olomu selama konflik di akhir abad 19. Salah satunya adalah bendera umumnya dikenal sebagai bendera Benin dan satu disebut sebagai bendera Olomu Nana

bendera Internasional

Di antara bendera internasional Bendera Perserikatan Bangsa-Bangsa, bendera Olimpiade, bendera Paralimpiade, Bendera Uni Eropa dan Bendera PBB.

bendera serupa[sunting | sunting sumber]

Silakan lihat Galeri bendera berdasarkan desain.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]